[REVIEW] NOVEL PERCY JACKSON #6 : THE CHALICE OF THE GODS - RICK RIORDAN

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Judul: Percy Jackson and The Olympians #6 - The Chalice of the Gods

Penulis: Rick Riordan

Tanggal Terbit: 26 September 2023

Jumlah Halaman: 252 halaman

ISBN: 978-623-242-412-8

Bahasa: Indonesia

 

BLURB

Terkadang, aku bisa sangat membenci ayahku (baca: Poseidon).

Pada usia 17, dalam kesibukanku mendaftar kuliah di Universitas Roma Baru, aku diberi tahu bahwa aku membutuhkan 3 surat rekomendasi dari 3 dewa berbeda. Untuk alasan menyebalkan: eksistensiku di dunia ini menyalahi aturan. Aku tidak layak masuk Roma Baru hanya karena ayahku melanggar perjanjian: dewa Tiga Besar tidak boleh punya anak demigod.

Tentu saja Dad sangat membantu. Zeus minta 25, Dad menawar jadi 3 surat saja. Dan, aku tidak boleh menyodorkan formulir kepada para dewa. Merekalah yang harus mendatangiku, dengan misi untuk kuselesaikan (AKU BENCI MISI!).

Bagian yang membuatku membenci Poseidon? Dia memasang posterku di seluruh penjuru Olympus. Foto yang diambil dari cermin kamar mandiku saat rambutku basah, dengan mata mengantuk, dan mulut menjepit sikat gigi. Foto nista yang entah diambil oleh siapa dan kini dilihat oleh semua dewa dan—aku sungguh tidak ingin membicarakannya.


Percy Jackson,

Mengubah jadwal kencanku dengan Annabeth menjadi sesi curhat

 

REVIEW

Kaget sekagetnya waktu Rick Riordan ngumumin buku ke-6 Percy Jackson tahun lalu. Aku yang beneran ngikutin Percy Jackson sejak tahun 2008 dan jatuh cinta banget sama mereka tentu seneng banget dan gak nyangka bisa ketemu lagi sama salah satu couple favorit aku yaitu Percy dan Annabeth! Salah satu series yang gak perlu aku baca ulang meskipun ada buku baru saking udah hapalnya karena sering banget aku rereading. Cuma sedih aja sih karena buku Percy Jackson aku cetakan pertama jadi gak matching dengan buku terbaru ini.

Aku bahkan ikut acara baca bareng Mizan Fantasi demi bisa dapetin buku ini pertama dan tetep aja ternyata aku lambat membacanya ya… gak pengen cepet-cepet selesai. Sedikit obrolan ternyata Om Rick buat buku ini untuk naikin lagi hype Percy Jackson yang bakal tayang seriesnya akhir tahun nanti di Disney. Dan aku berharap sih bakal dilanjutin lagi buku ini terus sama Om Rick. Aku sanggup sih nunggu belasan tahun lagi buat ada terus bukunya hahahaha

Karena buku ini tuh lebih untuk fan serving jadi emang cerita yang diangkat bakalan beda banget dengan buku Percy yang lainnya. Kalo biasanya kita melihat Percy harus mengorbankan nyawanya demi nyelamatin dunia, buku ini tidak punya tujuan sebesar itu. Tidak ada ramalan, tidak ada anak rahasia dari Dewa besar lagi. Kasusnya cuma gimana caranya supaya Percy bisa sekolah bareng dengan Annabeth dimana Percy harus mengumpulkan 3 surat rekomendasi dari 3 Dewa yang berbeda. Nah di buku ini kita bakalan ngikutin perjalanan Percy untuk dapetin surat rekomendasi pertamanya!

Ciri khas Om Rick belum hilang dan baca buku ini tuh emang bakal sukses banget bikin senyum atau ketawa sendiri karena emang banyak banget bagian yang kocak dan absurd banget. Bacanya selalu fun sih sama kayak buku-buku sebelumnya. Trio Percy, Annabeth dan Grover pun makin solid banget. Udah terbiasa dengan urusan hidup dan mati jadi mereka udah makin kompak dan tau apa yang dibutuhkan oleh yang lainnya. Suka banget sih liat persahabatan mereka ini. Cuma cukup sedih aja pas Grover takut bakal ditinggal sama Percy dan Annabeth pas mereka kuliah bareng. Untuk Percy selalu yakinin Grover kalo persahabatan mereka tuh sekuat itu!

Dan jangan lupakan juga hubungan Percy dan Annabeth yang makin makin banget kesini! Gilaaaa aku makin cinta banget sama mereka berdua! Bucin parah banget sih si Percy, apapun Percy lakuin demi bareng sama Annabeth. Udah gak perlu diragukan banget sih gimana ikatan mereka berdua tuh, bacanya tuh bikin aku makin senyum lebar banget. Tipe hubungan mereka yang fun dan banyak berdebat kocak itu bikin hubungan mereka makin erat sih. Suka banget lah liat mereka yang makin dewasa dan makin bucin tentu saja, sampe Grover muak hahahaha

Aku membawa pesan untuk Annabeth Chase, "Aku mencintaimu" - Percy Jackson

Overall, buku ini emang buku yang santai sih. Tetep ada konflik melawan berbagai makhluk mitologi disana sini tapi emang dunia bukan lagi menjadi ancaman melainkan masa depan Percy. Baca ini tuh bener-bener kayak ngeliat lagi kenangan aku baca Percy Jackson 15 tahun yang lalu. Seneng bisa liat tokoh favorit aku muncul lagi. Untuk rating aku kasih 4.5/5 ⭐! Kurang sedikit mungkin karena terbiasa melihat aksi heroik Percy dibandingkan konflik yang diangkat disini. Tapi tetep seneng banget dan bakal ikutin terus kalo ada lanjutannya!

Post a Comment

4 Comments

  1. Baca ulasannya jadi pengen baca juga. Sempat liat beberapa filmnya, ada 2 apa 3 gitu, dan seru. Kayaknya memang harus mulai baca biar ikutan seru-seruan sama si Percy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ayok bergabung ke dunia Percy Jackson hehehehe
      Bakalan ada series Disney nya juga loh nanti Desember!

      Delete
  2. Replies
    1. betul... udah lama banget emang, ini juga gak terlalu nyambung kok sama yang lama

      Delete