[REVIEW] FILM KOREA INTRUDER - KETIKA SANG ADIK KEMBALI

www.hancinema.net

Pandemik COVID-19 ini memang belum sepenuhnya mereda namun di Korea sudah mulai perlahan-lahan bangkit dengan berbagai sector bisnis mulai diperbolehkan untuk berbisnis kembali, termasuk bioskop. Film Intruder menjadi deretan film pertama yang tayang di bioskop Korea di masa pandemik ini. Bahkan film ini berhasil membawa predikat Film dengan ‘penonton terbanyak’ sejak pandemik di Korea Selatan.


Film ini awalnya akan rilis di bioskop Korea pada bulan Maret dan akhirnya diundur untuk tayang di tanggal 4 Juni lalu. Menceritakan tentang Seo Jin yang kehilangan adiknya, Yoo Jin, saat ia masih kecil. Kejadian ini memberikan rasa trauma dan bersalah dalam dirinya. 25 tahun berlalu tiba-tiba ia mendapatkan kabar bahwa adiknya yang hilang telah ditemukan. Yoo Jin pun kembali untuk hidup bersama keluarganya. Namun Seo Jin merasakan ada yang aneh dari adiknya ini.


Berikut review singkat dari Film Intruder.


          Film bergenre Thriller-Mystery


Kembalinya Yoo Jin ke keluarganya sendiri saja sudah menjadi misteri tersendiri di dalam film ini. Seperti Seo Jin yang mencurigai sang adik, ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai si adik ini. Apalagi keluarganya sangat mempercayai Yoo Jin tanpa ada kejelasan mengenai latar belakangnya selama 25 tahun ia menghilang. Tidak mempertanyakan apapun layaknya anak yang memang hilang.


Awal mulanya kita hanya dihadapkan dengan Seo Jin yang ternyata juga mengalami stress tidak hanya tentang adiknya yang hilang tapi juga tentang istrinya yang baru saja meninggal. Belum lagi anaknya yang selalu bertanya-tanya mengenai ibunya. Namun, kelama-lamaan kita akan bisa merasakan kengerian yang ingin disampaikan oleh film ini.


          Keluarga yang terhipnotis


Pada awalnya kita akan melihat kemampuan Yoo Jin yang sangat hebat yang bisa membuat keluarganya dengan cepat menerima dirinya ke dalam hidup mereka. Bukan hanya orang tuanya tapi Ye Na, anak Seo Jin, yang awalnya tidak menyukai Yoo Jin malah tidak bisa terlepas dari Yoo Jin. Segala sesuatu ingin Ye Na lakukan bersama Yoo Jin dibandingkan dengan ayahnya sendiri.


Ketika kecurigaan Seo Jin semakin mendalam terhadap Yoo Jin, ternyata Yoo Jin bisa membuat semua orang berbalik mendukungnya dan mencurigai Seo Jin. Yoo Jin mempersiapkan segala sesuatunya sangat rapi hingga pihak kepolisian yang awalnya curiga dengannya malah berbalik mendukungnya dan malah menjatuhkan Seo Jin. Dari seluruh orang yang berhubungan dengan Yoo Jin hanya Seo Jin yang tidak terpengaruh.


          Bak ‘parasit’ yang merasuki sebuah keluarga


Yoo Jin yang telah berhasil ‘kembali’ ke keluarganya tidak berhenti sampai disini saja. Ia juga berusaha memasukkan orang-orangnya ke keluarga ini. Dimulai dari pembantu rumah tangga yang bisa ia buat hilang dan digantikan dengan orang bawaannya, terapis ibunya Seo Jin yang memang sudah tidak bisa berjalan bahkan sampai ke terapis dari Seo Jin yang sejak istrinya meninggal mengikuti sesi pengobatan hypnosis untuk menghilangkan traumanya dan mencari kebenaran tragedi istrinya.


Jika kalian menonton ini, pada awalnya kalian akan langsung ingat dengan film ‘Parasite’ yang mendunia, tapi film ini berbeda jauh dengan film tersebut. Apalagi tujuan utama dari Yoo Jin pun sangat berbeda jauh dengan film ‘Parasite’ meskipun modus operandinya bisa dikatakan mirip.


BACA JUGA: [REVIEW] FILM PARASITE – FILM KOREA YANG HEBOH DIMANA MANA


            Memberikan vibes yang seram


Film thriller ini mampu memberikan aura yang seram selama kita menontonnya. Seram yang diberikan bukan seperti ketika kita menonton film horror yang penuh jump scare tapi lebih ke penyampaian jalan cerita yang cenderung gelap dan juga tokoh Yoo Jin yang misterius membuat kita juga ikut deg-degan dalam setiap adegannya. Membayangkan apa yang akan dilakukan oleh Yoo Jin ke keluarga ini. Apalagi film ini juga berhubungan dengan sekte-sekte agama terlarang yang membuat film ini semakin mengerikan.


Selain itu film ini juga cukup keras mengingat ada beberapa adegan yang berhubungan dengan kekerasan. Kekerasan menggunakan fisik, alat tajam dan juga kecelakaan-kecelakaan yang terjadi. Penuh darah dan beberapa orang meninggal yang mungkin bisa mengganggu bagi Sebagian orang.


            Dibintangi oleh aktor dan aktris luar biasa


Bintang utama dari film ini adalah Song Ji Hyo yang berperan sebagai Yoo Jin dan Kim Mu Yeol yang berperan menjadi Seo Jin. Song Ji Hyo sudah melebarkan sayapnya di dunia layar kaca sejak lama, tidak hanya sebagai aktris di film dan drama ia juga aktif sebagai anggota variety show ‘Running Man’ sudah lebih dari 10 tahun lamanya! Namanya sudah terkenal di dunia dan kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi. Bahkan banyak orang yang sangat menyukai acting Song Ji Hyo khususnya di film ini karena mampu menampilkan sosok yang misterius sekaligus sadis, ia dianggap berhasil membangkitkan lagi bagian thriller di film ini. Senyumannya yang misterius, mukanya yang sayu mampu menipu keluarga hingga penonton film ini.


Kim Mu Yeol juga seorang veteran di dunia film dan drama Korea meskipun ia lebih sering terjun di film. Tahun 2020 saja ia diperkirakan akan muncul di 3 film! Aktingnya di film ini pun sangat apik. Emosinya, kemampuan ia menampilkan depresinya dan segala aksinya sangat sempurna membuat film Intruder ini semakin bagus. Kita bisa sangat paham dengan karakter seperti apa yang ingin disampaikan oleh kedua tokoh utama ini.


Bagi yang sudah rindu untuk menonton film terbaru apalagi film thriller bisa untuk mengikuti film ini karena sangat cocok bagi pecinta thriller. Tidak akan mengecewakan. Paling penting untuk diperhatikan agar tidak menonton film ini bersama anak-anak karena ada banyak adegan yang tidak cocok untuk anak-anak. Film ini aku beri rating 4,5/5! Nah, selamat menonton 😊


Post a Comment

12 Comments

  1. Ih mba aku dari kemarin pengen nonton ini tapi belum kelaksana juga, ditambah baca review mba Tika jadi makin penasaran😭 Harus nonton ASAP sih kayaknya, thx for the review mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh jangan kelewatan, ini film bagus bangettt! Apalagi kalo suka thriller dan horror, auranya beda lah sama film thriller biasanya...

      anw, thanks juga udah mampir :)

      Delete
  2. Film ini awalnya memang sekilas mirip Parasite, tapi ternyata twist-nya beda jauh dari Parasite, terus agak mirip-mirip Forgotten juga yang 'kembali setelah menghilang', tapi cuma vibe-nya yang mirip karena alur ceritanya sangat beda :D hihihi ~ seru dan nggak sangka jadi salah satu film terlaris saat pandemi.

    Ditunggu review-review berikutnya, mba :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget, emang vibenya mirip dengan 2 film itu tapi alur ceritanya beda banget. Kalo menurutku emang cocok sih bisa jadi film terlaris selama pandemi. Cerita thrillernya fresh banget!

      Makasih sudah berkunjung juga ya :)

      Delete
  3. Waaahhh ini adegan nggak cocok buat anak karena apakah? adegan dewasa atau berdarah-darah?
    Saya penasaran dengan film misteri, tapi nggak kuat kalau liat berdarah-darah.
    Selalu kebawa mimpi, mending juga liat film hantu ketimbang film berdarah-darah.
    Padahal kalau baca reviewnya kok ya menarik nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak terlalu banyak tapi ada adegan berdarah-darahnya makanya saya bilang kurang cocok.
      Bagus ini filmnya, mungkin bisa dilewatin aja tuh kalau ada bagian berdarahnya

      Delete
  4. Kayaknya Song Ji Hyo lebih pantes ambil karakter film misteri gini deh. Dia kalo diem aura misterinya lebih kuat. Daripada main di drama romcom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Song Ji Hyo emang mantep banget kalo main misteri gini, soalnya auranya sendiri udah beda kan. Tapi, beberapa romcom dia juga lumayan bagus kok

      Delete
  5. Seru kayaknya nih, thriller gt. Aku selama ini cm satu dua kali nonton film korea, gara2 nonton parasite jd pengen nonton film korea lagi. Nice review, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kok, gak bakalan nyesel deh nonton ini.
      Terima kasih udah mampir juga mba :)

      Delete
  6. Film inie bercerita ttg kenyataan di hanguk sana, yg ternyata sampai hari ini memang banyak aliran2 sesat. agak kaget kan? negara maju tp banyak aliran2 sesat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget... pernah diceritain sama orang yang tinggal di Korea kalo disana malah aliran2 gitu gencar banget nyari anggota baru2 gitu

      Delete