LIBURAN SINGKAT DI LAMPUNG, DARI GRAND ELTY KE HOTEL BUKIT RANDU


Liburan tahun baru ini kebetulan dapat libur yang agak panjang, jadi sekeluarga sepakat untuk liburan ke Lampung. Apalagi sejak tol Palembang – Lampung udah jadi perjalanan yang biasanya butuh 12 jam lebih bisa dihemat jadi 4 jam saja! Apalagi kalo  ngebut banget (seperti ayahku kemarin) 3 jam udah sampe. Gila emang, aku merasakan banget dulu perjalanan ke Lampung yang padat merayap, jalan kecil dan penuh truk. Sekarang bisa lari sampe 120 km/hr. Terima kasih siapa pun yang kerja bikin ini!

Tujuan utama ke Lampung tentunya untuk mandi di laut dong! Ngapain udah jauh-jauh ke Lampung tapi cuma mendep doang di kotanya apalagi di Lampung ada banyak banget pantai-pantai cantik yang bisa kita pilih untuk datangi, lautnya Lampung termasuk “tenang” artinya kitab oleh berenang di lautnya tanpa khawatir ombak yang super gede dan laut yang dalam ganggu berenang kita. Oke langsung saja ya aku share perjalanan 3 hari 2 malamku!

DAY-1

Karena kami sekeluarga suka banget berenang di pantai, jadi memang memutuskan hari pertama untuk dihabiskan di pantai. Sempat bingung apakah harus memilih resort yang sudah punya pantai pribadi atau datang ke Pulau Tegal Mas yang lagi hits banget di Lampung dan seakan-akan semua orang sudah kesana. Tapi, karena kami memang tujuannya adalah berenang bukan sekedar foto-foto jatuhlah pilihan ke resort dan yang kami datangi adalah Grand Elty Krakatoa Resort.

Pemandangan pantai di Grand Elty

Grand Elty Krakatoa Resort ini berada di daerah Kalianda dan persis berada di pinggir pantai. Menyediakan penginapan dalam bentuk kamar layaknya hotel biasa ataupun mini villa. Kami sekeluarga memilih mini villa supaya dapet yang connecting room karena meskipun namanya villa tapi hanya 2 orang dewasa per kamar yang diizinkan dan memang ukuran kamarnya seukuran kamar hotel biasa tapi kamar mandinya gede banget apalagi ada pemandian private di belakang kamar mandi kita jadi kalau habis main di pantai dan penuh pasir bisa mandi di luar aja supaya gak penuh pasir kamar mandi kita.

Salah satu villa
Kawasan Villa
Ada nilai plus minus juga dalam pemilihan kamar ini. Kalau kita memilih villa akan terasa lebih private karena berbentuk rumah dan punya teras sendiri asik untuk ngobrol malam-malam bersama keluarga bahkan kemarin ada yang bakar-bakar di depan villanya.  Selain itu ada banyak jenis villanya dan kebetulan kami memilih yang berhadapan dengan kolam renang dan ada juga yang menghadap ke taman. Kekurangannya, lokasi villa ini lumayan jauh dari pantai jadi kalau habis berenang atau main di pantai cukup jauh perjalanan yang harus ditempuh untuk kembali ke kamar.
Jika ingin dekat sekali dengan pantai, bisa memilih kamar biasa. Ada 2 jenis juga yang menghadap ke kolam renang dan menghadap ke pantai langsung. Jadi, sehabis berenang akan mudah membersihkan diri karena dekat dan didepan kamar disediakan air untuk membersihkan diri. Apalagi kalau pagi-pagi ingin langsung berenang bisa banget bangun tidur langsung lompat deh ke laut.

Selain berenang laut ada beberapa permainan juga kok yang disediakan di Grand Elty ini seperti permainan kapal dan banana boats. Tapi untuk masing-masing permainan ini kita dikenakan biaya yang berbeda ya. Untuk kapal / perahu dayung itu per orang dikenakan biaya 20.000 rupiah maksimal penumpangnya 2 orang sedangkan untuk banana boats dikenakan 200.000 rupiah dengan maksimal 5-6 orang penumpangnya. Ada juga sepeda disewakan jika ingin berkeliling karena memang lumayan besar wilayah yang dicakup. Permainan anak-anak pun ada disediakan, ingin main ATV pun bisa disini.

Jika tidak ingin menginap dan hanya bermain saja juga bisa kok. Tapi, kalian tetap harus membayar sebesar 50.000 rupiah. Begitu memasuki wilayah Grand Elty ini juga ada banyak pantai-pantai lain loh dan bisa dipilih yang mana kita suka, harganya pun beragam ada yang 18.000, 20.000 dan berbagai harga lainnya. Ada sekitar 5 pantai di daerah Grand Elty ini.

Nah, balik lagi ke Grand Elty. Disini juga disediain spot-spot foto jadi ada banyak orang yang berkunjung memang untuk foto-foto saja meskipun beda dengan yang ada di Pulau Tegal Mas ya. Beberapa hal yang bisa kalian dapat lagi kalau menginap disini yaitu ada Welcome Drink, gratis biaya masuk, gratis untuk berenang di kolam renang. Sarapannya juga enak-enak kok, bisa sarapan pagi dipinggir laut. Keren deh!



Pemandangan di Grand Elty Krakatoa Resort
Tapi, tetap ada beberapa kekurangannya juga. Pertama akan sulit mencari makan karena bukan daerah yang ramai jika ingin mencari keluar dari wilayah Grand Elty pun akan tetap sulit mencari makan dan satu-satunya pilihan adalah makan di resto hotel jika kalian tidak bawa makanan dan tentunya dengan harga yang lumayan juga. Lalu, menurut orang tuaku agak sayang karena kurang dirawat oleh pihak hotel karena agak menurun kualitasnya (karena mereka pernah kesini 2 tahun lalu), villanya juga cukup tua jadi ada beberapa masalah ringan yang dihadapi. Tapi, tetap puas juga untuk menghabiskan sehari semalam disini karena pagi-pagi sekali saat masih sepi kita bisa berenang puas di laut. Sulit didapat kalau kita secara khusus kesana karena pagi-pagi sepertinya belum dibuka untuk umum (atau emang tidak ada yang kesana pagi-pagi hmm)

Lounge
DAY-2

Menjauhi laut, akhirnya kami menuju ke pusat kota, ya kami ke Bandar Lampung. Menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kalianda. Tujuan pertama adalah ke Bakso Son Haji Sony Lampung yang hits sekali dan menjadi tujuan wajib kalau lagi di Lampung. Menu yang disajikan cuma Mie Ayam dan Bakso tapi ramenya minta ampun. Apalagi isi baksonya hanya seperti ini (lihat gambar), aku saja agak underestimate tapi ternyata rasanya enak banget, meskipun simple tapi rasanya kaya (?) nah gimana tuh. Tapi, pokoknya wajib coba deh supaya makin resmi kalo udah ke Lampung.

Bakso Son Haji Sony
Hari ke-2 ini kami menginap di Hotel Bukit Randu. Hotel diatas bukit jadi kita bisa menikmati keindahan kota Lampung dari atas apalagi saat malam hari bagus banget pemandangannya. Satu-satunya yang tidak disangka adalah jalan masuk ke hotel yang menanjak dan tinggi banget hotelnya. Benar-benar tinggi, diatas dan agak tidak menyangka setinggi ini tapi tidak akan menyesal deh.

Hotel ini cukup lengkap dengan segala fasilitasnya ada kolam renang, restoran yang asik banget buat nongkrong dan juga tempat karaoke. Tempatnya pun instagrammable banget, banyak spot-spot foto yang pihak hotel memang sudah siapkan. Ternyata banyak juga pengunjung luar yang khusus datang kesini untuk menikmati restorannya pada malam hari.



Fasilitas di Hotel Bukit Randu
Karena di Hari-2 ini hujan turun dari sore sampai magrib akhirnya rencana kami untuk datang ke tempat Hits lainnya di Lampung pun batal yaitu ke Puncak Mas. Satu management dengan Pulau Tegal Mas disini juga bisa puas berfoto-foto sayang sekali kemarin hujan dan batal lah rencananya, kami hanya nongkrong sambil quality time bersama.

DAY-3

Hari terakhir di Lampung dan juga harus kembali ke Palembang. Hari ini hanya fokus untuk mencari oleh-oleh dan pulang ke rumah. Tujuan oleh-oleh tentu aja balik lagi ke Aneka Sari Rasa. Ruame poooool karena emang lagi musim liburan sih jadi semua orang juga berburu oleh-oleh, bahkan kemarin sampai dibatasi jumlah oleh-oleh yang harus dibeli.

Wilayah oleh-oleh ini juga ada di jalan ikan-ikan. Jadi, kalau mau cari ikan segar bisa mampir ke Gudang pegadaian khusus ikan-ikan segar yang baru ditangkep sama nelayan. Tapi jangan telat yaaa karena cepet banget loh habisnya.

Sebelum jalan pulang berencana untuk makan siang dulu. Tercapai juga makan di Jumbo Seafood karena dekat banget sama lokasi oleh-oleh dan pasar ikan ini. Kenapa pengen kesini? Ya, karena emang suka seafood dan banyak banget yang nyaranin untuk makan kesini. Karena datang masih lumayan pagi (jam 11) belum ramai juga restonya tapi sayangnya jadi gak lengkap deh seafood yang dihidangin tapi kalo kesana jangan lupa coba kerapunya ya, enak banget!

Jambo Seafood
Selesai makan selesai pula lah liburan di Lampung. Lumayan untuk jadi short escape setelah lelah kerja dan bisa kumpul dengan keluarga lagi. Semoga tol nya bisa segera beres yaa supaya makin mudah untuk kemana-mana!

Post a Comment

0 Comments