DRAMA KOREA 'NO ROMANCE' YANG JADI FAVORIT!

Akhirnya ngomongin Drama Korea juga di blog ini 😆 Beberapa waktu yang lalu sebenarnya aku blogwalking dan nemuin ada challenge nulis yang diadain BloggerPerempuan dengan tema ‘5 Serial Favorite’. Trus pas banyak baca jadi kepengen ikutan juga dan voila akhirnya tulisan ini pun terbit deh karena aku mau share juga versi aku.

Sebenernya mau nulis serial, tapi serial yang aku ikutin itu masih dikit banget dan kalo disuruh milih yang akan aku rekomendasiin gak bakalan sampe 5. Akhirnya aku melirik list Drakor-ku dan ternyata udah hampir 100 dong yang udah aku tonton 🤣 Kalo ditambaha drama Taiwan dan Jepang fix mah udah lebih banget dari 100. Makanya aku share deh kesini, siapa tau ada yang lagi butuh juga nih asupan Drakor yang beda.

Ketika ngeliat list-nya yang panjang banget dan banyak yang aku suka akhirnya memutuskan untuk memilih yang ‘No Romance’ aja deh, biar lebih kerucut yang harus aku pilih meskipun ya tetep aja banyak. Gak buku gak Drakor, genre yang aku suka itu berkutat disitu-situ aja alias fantasy dan mystery. Jadi sebagian besar sih ya akan berkutat dengan 2 genre ini. Nah, drama apa aja ya kira-kira yang pingin banget aku rekomendasiin?  Siap-siap baca postingan yang panjang ya 😆

1. Ghost (2012)

Ghost (sumber: asianwiki)

Genre: Detective, Mystery, Thriller

Sinopsis:

Kim Woo Hyun adalah anak satu-satunya dari seorang polisi berjabatan tinggi. Woo Hyun masuk di akademi kepolisian dengan nilai tertinggi dan lulus pun dengan nilai tertinggi. Woo Hyun bekerja di departemen cyber crime dan berusaha mengungkap rahasia di dunia cyber.

What do I Think?

Kisahnya cukup klasik sih karena sebagian besar pingin membongkar korupsi yang ada di kepolisian. Uniknya lagi disini dilibatin hacker gitu. Jadi, ada banyak kasus dimana kita bisa ngeliat hacker vs hacker disini karena si kelompok jahat ini pake hacker gitu buat mempermulus aksi mereka. Di kota yang serba digital dan harus diganggu hacker hebat, bayangin gimana kacaunya itu kota!

Yang membuat keributan itu adalah ketika Woo Hyun yang dikenal sebagai detektif hebat ini ternyata bukan Woo Hyun melainkan hacker yang ia buru dulu! Jadi………. Karena suatu hal ada penyamaran yang harus dilakukan dan ini nih yang bikin deg-degan banget karena mikir gimana kalo ketauan dan masih banyak pertanyaan lain lagi karena ternyata si Woo Hyun yang asli menyimpan rahasia yang besar banget!

2. Circle (2017)

Circle (sumber:wikipedia)

Genre: Mystery, sci-fi

Sinopsis:

Mengambil waktu di tahun 2017 dan 2037, ketika orang percaya bahwa masa depan mereka bergantung dengan pengendalian manusia dan pengaturan emosi mereka. Ketika alien mengunjungi Bumi, manusia mempelajari ilmu baru dari mereka dan mengambil keuntungan dari mereka. Yang selanjutnya adalah kisah aliansi, perlawanan dan cinta.

What do I Think?

Hmm… gak inget sih ya awal mula kenapa aku mau nonton drama ini. Kayaknya sih karena ada Yeo Jin Goo sih soalnya aku suka aktingnya. Menurutku drama ini keren banget sih! Pertama drama ini ada 2 setting waktu yaitu 2017 dan 2037 yang keduanya ini saling berhubungan alias sebenarnya menggambarkan kisah-kisah para tokohnya yang ada di tahun 2017 tapi setelah 20 tahun lewat. Berawal dengan pembunuhan tak beratur yang terjadi yang ternyata ada hubungannya sama alien juga. Inget banget pas on going aku nungguin banget buat nonton ini.

Menurutku unik sih, karena aku jarang nonton drama sci-fi dan disini sci-fi nya dapet banget. Apalagi penuh plot twist banget kalo udah bawa- bawa setting 2037, bawaannya curiga mulu dan menduga-duga. Btw, di tahun 2037 itu ceritanya bumi udah sekarat karena penuh debu halus gitu dan mereka membuat kota elit khusus dimana lingkungannya bersih banget dan elit banget alias mahal! Gak semua orang bisa tinggal disana. Apalagi mereka mengkampanyekan kota dengan ‘zero criminals’ karena para penduduknya diatur menggunakan chips gitu untuk mengatur emosi mereka kalo udah marah atau mengarah ke yang buruk.

Kisahnya berputar di sekitar Kim Woo Jin dan Kim Beom Gyun, kakak beradik yang saling mencari satu sama lain. Satu mencari di tahun 2017 dan satu lagi mencari saat tahun 2037.

3. Tunnel (2017)

Tunnel (sumber: asianwiki)

Genre: Thriller, Mystery, Sci-Fi, Time Travel

Sinopsis:

Pada tahun 1986, Park Gwang Ho bekerja sebagai detektif yang sangat antusias. Hidupnya berubah ketika ia dihadapi dengan pembunuhan berantai dan akhirnya berakhir ke masa depan melalui time portal. Ia bertemu dengan partner baru, Kim Sun Jae, detektif elit yang eksentrik dan memiliki skill investigasi yang luar biasa. Dua detektif ini juga akan dibantu oleh seorang professor psikologi, Shin Jae Yi.

What do I Think?

Udah ga tau berapa kali aku re-watch drama ini. Meskipun aku udah hapal banget alurnya tapi tetep aja seru banget untuk diikutin. Yang seru itu sih ketika para tim detektif ini harus mencari terus siapa pelaku pembunuhan  berantai yang terjadi di Seoul masa kini itu. Apalagi ternyata ada 2 pembunuh berantai dan satunya adalah yang Gwang Ho incar waktu ia masih di tahun 1986.

Apalagi ngeliat usahanya Gwang Ho yang mati-matian mencari cara untuk kembali ke masa lalu supaya bisa bertemu dengan keluarga kecilnya lagi. Ngikutin trio Gwang Ho, Sun Jae dan juga Jae Yi yang sering banget berantem dan adu mulut juga asik banget. Yang awalnya saling benci sampe akhirnya kompak banget, gimana gitu nontonnya 😆

Kalo yang suka sama drama mystery+crime udah deh, fix banget aku nyaranin drama ini karena sebagus itu. Oh iya, bahkan drama ini juga diadaptasi jadi serial Indonesia lho! Bisa ditonton di Go Play tuh!

4. Player (2018)

The Player (sumber: asianwiki)

Genre: Action, Friendship, Suspense, Crime, Comedy

Sinopsis:

Seorang jaksa bekerja sama dengan sekelompok tim yang terdiri dari penipu, petarung, elite hacker dan pengemudi yang berbakat. Mereka diminta untuk mengambil kembali property yang disembunyikan oleh para kriminal dengan cara apapun!

What do I Think?

Ngikutin karena mau nonton Krystal eh malah jatuh cinta sama tim “orang jahat” ini! Mereka emang dari awal udah kerjasama untuk menipu para kriminal dan bantu jaksa/polisi diem-diem untuk jeblosin kriminal ini ke penjara tapi sebelumnya uang para kriminal ini mereka ambil dulu untuk keuntungan mereka. Hingga akhirnya diajak kerjasama deh sama salah satu Jaksa yang gak bisa pake cara ‘kotor’ buat nangkep para kriminal.

Asik banget ngeliatin mereka nyamar, ngambil data dan bertarung dengan orang-orang jahat itu. Keren sih dan kebetulan aku suka banget dengan konsep ‘penipu yang menipu si penjahat’. Apalagi cara mereka itu seakan selalu didepan gitu meskipun ya tetep aja ada gagalnya juga. Karena ada genre komedinya jadi drama ini gak terlalu berat dan jadi asik untuk diikutin.

‘Keakraban’ tim penipu ini juga seger banget buat dilihat. Meskipun penuh caci maki mereka peduli banget untuk satu sama lain kalo ada dari mereka yang lagi kesulitan atau ketangkep gitu.

5. 365: Repeat the Year

365: Repeat the Year (sumber: asianwiki)

Genre: Fantasy, Mystery

Sinopsis:

Mengisahkan 10 orang yang diberikan kesempatan kedua untuk mengulang kehidupan mereka 1 tahun belakang demi mengubah hidup mereka yang sengsara jadi lebih baik lagi. Namun, kejadian misterius terjadi ketika mereka ikut campur mengubah takdir mereka.

Ji Hyung Joo adalah polisi di divisi kriminal yang juga mendapat kesempatan untuk me-reset hidupnya 1 tahun kebelakang, ia mulai mencari kebenaran dibelakang kasus misterius yang terjadi pada orang-orang yang mengalami reset bersamanya.

What do I Think?

Awalnya gak ngikutin sama sekali karena aku ga paham sama sinopsisnya. Takut malah bikin pusing akhirnya aku abaikan aja drama ini sampe akhirnya banyak yang nyaranin karena bagus banget dan katanya agak underrated gitu. Dan setelah nonton eh malah ga bisa berhenti!

Di drama ini mengajak aku mencurigai semua orang yang ngelakuin reset. Bahkan sampe pemeran utamanya juga aku curigain karena kemungkinan pembunuhan dilakuin sama mereka itu mungkin banget. Btw, kejadian misteriusnya itu adalah ketika satu persatu para peserta yang reset ini dibunuh oleh pembunuh misterius.

Aku suka banget sama kedua tokoh utamanya yang kerjasama buat mencari kebenarannya dan bahkan sampai berkorban banyak banget buat partnernya! Bikin nangis padahal ini drama mystery. Apalagi aku juga suka chemistry mereka yang memaksa penontonnya buat nge-ship tapi sampe ending ga akan ada apa-apa…. Kalo kata orang-orang sih ini yang namanya couple terhalang genre 🤣

6. Missing the Other Side (2020)

Missing the Other Side (sumber: aminoapps)

Genre: Fantasy, mystery

Sinopsis:

Mengisahkan sebuah desa misterius yang dihuni oleh orang-orang yang telah meninggal namun tubuhnya belum ditemukan. Sebuah pencarian yang dilakukan oleh Kim Wook dan Pan Seok untuk membantu menemukan tubuh orang-orang des aini dan juga mengungkapkan alasan kematian mereka serta menangkap orang-orang yang bertanggung jawab.

What do I Think?

Salah satu drama yang berawal tanpa ekspektasi dan sukses bikin jatuh cinta!! Bukan cuma aku ya tapi orang-orang yang aku rekomendasiin pun pada suka semua! Aku suka karena konsepnya yang bagus sih, ada desa penuh dengan “orang hilang” dan ada orang baik lain yang mau membantu mereka. Meskipun awalnya karena keperluan pribadi juga sih karena mereka mau nyari keluarga yang berujung tetep bantuin orang-orang malang ini.

Bersiap nangis deh nonton drama ini! Beberapa scene-nya parah bikin banjir banget! Mungkin karena mengangkat tema kepedihan antara orang yang kehilangan dan yang tidak bisa kembali ke orang tersayang karena sudah tiada tapi tubuhnya ntah ada dimana.

Endingnya agak menggantung emang tapi ternyata eh ternyata bakal dibikin season 2 nya!! Ngarep banget deh pemain yang lama bakal join lagi karena aku suka banget sama trio yang nyari-nyariin orang yang hilang ini.

7. Memorist (2020)

Memorist (sumber: mydramalist)

Genre: Fantasy, mystery

Sinopsis:

Dong Baek memiliki kekuatan yang spesial. Ia memiliki kemampuan untuk melihat kenangan/ingatan dari orang-orang yang ia sentuh. Dengan kekuatan supernaturalnya ini ia dikenal sebagai detektif superstar. Namun, ia memiliki emosi tinggi sehingga sering terlibat dalam masalah.

Han Sun Mi adalah seorang superintendent termuda dan pintar di kepolisian. Ia berhasil menyelesaikan “cold cases” dan dikenal sebagai profiler yang genius.

Kedua orang ini bekerja sama untuk menangkap pembunuh bayaran dengan kemampuan mereka masing-masing.

What do I Think?

Yap, another fantasy-mystery cause why not? 😆 Alasan utama nonton sih karena kedua pemeran utamanya itu favorit aku banget yaitu Yoo Seung Ho dan Lee Se Young, makanya semangat banget ngikutin drama ini dan berakhir pusing! 🤣

Drama ini banyak banget plot twistnya bahkan sampe ending pun masih plot twist. Bener-bener bikin kita pusing dan gak ketebak siapa sih pelaku yang sesunggguhnya, apalagi semua orang tuh mencurigakan banget bikin kita gatau yang mana yang baik dan jahat. Meskipun ada sedikit bumbu fantasy (bisa baca kenangan) gak bikin drama ini menjadi kurang sih, malah membantu banget meskipun tetep aja ada batasan-batasan tertentu.

Buat yang suka mystery drama ini cocok banget buat diikutin dan siap-siap aja kalo teori yang kita pikirin itu serba salah 🤦️ Dan drama ini juga menjadi drama selanjutnya yang menjadi couple terhalang genre, karena kekompakan dan adu mulut ala-ala antara Dong Baek dan Sun Mi itu bikin kita pengen mereka ada sesuatu meskipun sampe ending ga ada sama sekali, jadi jangan berharap 😅

Well, 7 drama aja kayaknya udah cukup ya. Kalo mau dimasukin semua yang udah aku pikirin gatau deh ini postingan akan sepanjang apa 🤣 Nah, ada yang suka juga kah dengan drama-drama di atas? Atau ada yang mau rekomendasiin drama lain ke aku? Yuk, sharing disini 😆

BACA JUGA: [MOVIE] 5 FILM KOREA RINGAN COCOK UNTUK BERSANTAI

Post a Comment

16 Comments

  1. Aku cuman pernah nonton 365Repeat the year aja nih. Dan samaan! Aku juga ngeship Gayeon sama si detektif *lupa namanya*, chemistry nya manis sekali ya mba uhuhu.

    Aku belom nonton Tunnel, padahal dari kapan hari mau nonton tapi gak jadi terus. Btw mba Tika kalo suka drama yang serupa sama tunnel, mesti coba nonton Voice deh 😁 tapi lumayan sih ada 3 season

    Anywayyy mba, banyak banget drama yang udah ditonton 😮😮 yaampun sampe 100 itupun belum ditambah sama Taiwan dan Jepang wkwkwkwk. Kayaknya kalo nanyain soal Kdrakor sama mba Tika aja deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbaaa, kenapa chemistry mereka super banget padahal ga ada romance-nya sama sekali!

      Udah nonton dong Mba kalo Voice hahaha lengkap dari season 1-3 dan sekarang lagi nungguin season 4 nya 🙈 sengaja gak aku masukin kesini karena Voice udah terkenal banget jadi aku cari alternatif lain deh

      Hahaha udah ngikutin drama2 gitu dari lama sih jadi kalo diitung banyak banget emang 😅 boleh Mba, kalo mau tanya2 mah silahkan hahaha siapa tau genre drakor kita cocok 😆

      Delete
  2. Kak Tika, salfok sama template barunya dong 😆 bagus nih, jadi fresh tampilannya hihihi.

    Dari semua list di atas, belum ada yang aku tonton dong Kak 😂. Aku bisa terbilang jarang nonton K-movie soalnya 😂, tapi Tunnel aku tahu, kayaknya ini pernah diputar di bioskop TransTv 🤣. Aku lebih sering nonton K-drama, tapi belum sebanyak Kak Tika juga tontonannya sih wkwk

    Btw, Kak Tika ngetrack film dan drama yang udah pernah ditonton lewat apa? Ada app tertentu atau Gsheet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Li, udah lama mau ganti tapi belom nemu yang klik, pas ketemu ini langsung deh ganti hahaha

      Wooo cobain aja Li, kalo lagi senggang dan bosen ga ngapa2in... coba deh nonton drama-drama ini, siapa tau cocok nih drama-dramanya

      Aku ngetrack semuanya pake Notion Li, dia lengkap juga fitur2nya jadi enak trackingnya

      Delete
    2. Aku pernah coba pakai Notion tapi nggak bisa menggunakan fitur-fiturnya dengan maksimal karena bingung pakainya 😂
      Kak Tika bikin templatenya sendiri kah?

      Delete
    3. Aku juga sambil liat tutorial youtube Li pas bikin Notionnya hahahaha.
      Iya aku bikin sendiri tapi simple doang sih gak yang complete2 banget, yang penting info yang aku pengen ada hehehe

      Delete
  3. Wah 100 lebih dong nontonnya! Dari daftar disana, belum pernah 1 pun yg saya tonton. Tapi klo dari ulasannya, 365 Repeat the year itu kayaknya mirip2 sama serial Please Come Back, Mister.

    Ceritanya ngulang kehidupan di dunia lagi karena masih ada urusan dan mau bongkar kematian tokoh2nya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha soalnya aku udah lama banget ngikutin drama-drama Korea nih. Yap, temanya sama dengan Please Come Back, Mister tapi bedanya kalo di 365 itu masih hidup semua dan kalo yang PCB itu kalo ga salah udah meninggal ya?

      Delete
  4. Hai kak, salam kenal ya. Perkenalkan nama saya Izzuddin, saya anak baru di 1M1C 😊

    Keren kak ulasannya! Kalau boleh merepotkan, bisa tolong rate masing-masing filmnya gak? Terutama 365 Repeat the Year 👉🏻👈🏻

    Soalnya belum ada yang ditonton dari list di atas 😅

    Makasih sebelumnya kak 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Salam kenal juga, aku Tika 😊 Makasih udah berkunjung yaaaa
      Untuk rating semua drama diatas itu dapet bintang 5/5 bintang dari aku, karena emang 7 drama ini favorit banget dan sering aku re-watch, makanya aku saranin di postingan ini deh 😆

      Delete
  5. belum ada yang kutonton dari daftar di atas. maklum aku lebih suka drama keluarga atau romance. hehe. tapi ada 1 drama korea no romance favoritku yakni Signal. Asli suka banget sama drama itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba cobain, siapa tau kalo lagi jenuh sama yang genre family atau romance bisa banget nih nonton ini hehehe 🤣 Kalo Signal sih emang udah terkenal pake banget ya Mba, kayaknya pecintanya emang banyak banget, karena udah terkenal banget sih makanya aku gak masukin sama sekali kesini...

      Delete
  6. Favorit banget sih Tunnel, apa lagi plot twist nya pembunuhnya ternyata ....
    sekarang lebih suka genre action, thriller sama crime sih.. lebih berasa nggak cuma nonton, tapi ikutan bikin teori, walaupun pada akhirnya pusing sendiri sama teorinya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu biasa banget terjadi sih sama yang suka genre2 thriller misteri, ikutan bikin teori tapi malah pusing sendiri sama teori yang udah dibikin hahaha

      Delete
  7. mbak tikkk, aku udah ucapin maaf lahir batin belum ya hahaha, lupa, maaf lahir batin mbak tik, mohon maaf kalau ada salah salah ya

    baideweii, dari pertama kenal drakor, drama taiwan atau jepang, sampe umur segini kalau dilist kayaknya ga sampe 100an yang aku tonton.
    untuk yang Ghost itu ada hantu hantuannya ga ya? aku kalau baca judul udah mengandung Ghost pasti ngiranya akan ada hantu disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mohon maaf lahir bathin ya Mbaaa kalo ada salah2...

      Hahaha aku juga kaget Mba kok bisa nonton drakor banyak banget... sekarang udah lewat kayaknya angka 100 wkwkwk
      Bukan Mbaaa, bukan tentang hantu itu tentang hacker yang nyamar gitu makanya dikatain Ghost gitu

      Delete