PLACE TO TRY: MAKAN BAWAH POHON


Berawal dari iseng cari tempat makan yang agak beda di sekitar rumah di tiktok dan tetep penuh keraguan karena beberapa review di google. Makan Bawah Pohon ini udah agak lama aku tandai karena menu makanannya ngingetin aku sama makanan di Kopi Klotok. Liat-liat beberapa video kayaknya lokasinya luas dan malah aku kira di lokasi ini tuh ada beberapa rumah makan gitu karena kayak terpisah-pisah tempat duduknya tapi ternyata salah. Tempatnya tuh emang luas banget dan jadi satu kesatuan.

Yang bikin aku ragu tuh beberapa reviewnya bilang tuh tempatnya rame banget, makanannya lama dateng, trus pegawainya judes gitu. Sebagai orang yang sangat percaya review jadi was-was dong tapi akhirnya kita nekat aja deh nyobain kalo ternyata beneran zonk yaudah ga perlu kesana lagi kan ya.


Lokasi

Alamatnya ada di Jl. Raya kalimanggis, no 90, Jati Karya, Jati Sampurna, RT.001/RW.003, Jatikarya, Kec. Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17435. Sudah tidak heran emang dengan wilayah tempat tinggal aku ini kadang di Bogor, Depok tiba-tiba Bekasi hahaha. Jadi tempat makannya ini sebenernya tuh Makan Bawah Pohon x Uniquepot Gallery. Plangnya agak kecil jadi bisa jadi kelewat soalnya lokasi emang pinggir jalan tapi masuk lagi ke dalam gitu.


Ambience

Begitu sampe kita langsung disodori kartu parkir karena parkirnya disini bayar 5000 rupiah dan punya parkir yang lumayan luas kok jadi gak perlu khawatir. Satu hal tempat ini tuh luas banget! Tempat duduknya tuh emang kebagi-bagi kayak di beberapa joglo gitu. Bahkan ada juga yang dibawah pohon gitu aja. Karena banyak pohon dan rindang jadi gak bakal panas sih meskipun dateng pas makan siang.

Kemarin pas aku dateng jam setengah 12 itu udah lumayan rame dan banyak banget yang reserved gitu jadi was-was juga gak dapet tempat tapi untungnya ada karena emang banyak spot nya gitu. Furniture yang dipake tuh juga kayu-kayu gitu jadi satu meja dengan yang lain ga ada yang sama dan kayak di rumah Jawa di kampung-kampung yang ada kursi gede juga. Tempatnya juga open space gitu jadi gak pake AC dan kita ngadem dari angin semilir aja tapi tetep gak panas kok.




Aku suka sama lokasinya sih. Ngajak orang tua cocok banget kesini karena kayak ramah banget sama mereka. Suasananya juga yang rimbun jadi enak dipandang, buat yang mau foto-foto juga banyak spot bagus kok. Disini juga disediain tempat bermain untuk anak-anak gitu. Jadi bisa sambil nunggu makanan mereka main dulu.


Sesuai nama lokasinya, disini tuh kolaborasi sama galeri tanaman gitu. Buat orangtua aku yang suka sama taneman tuh ini surganya banget! Baru nyampe udah kelayapan buat ngeliat-ngeliat taneman, kita anak-anaknya bingung ini mereka mau dipesenin makanan apa. Tapi emang galeri tanemannya gede banget dan banyak pilihan tanaman gitu. Harganya juga ga terlalu mahal kok yang anakannya meskipun ada yang mahal juga. Orangtua aku aja sampe balik lagi besoknya buat beli taneman lagi padahal udah borong sebelumnya.




Makanan & Minuman

Makanan yang disajikan itu rumahan banget. Menunya kayak sayur lodeh, telur kribo, pecak ikan, ayam, dll. Minumannya juga spesialis di teh-teh gitu. Karena pertama kali pesen disini agak bingung pesen apa dan cuma liat dari meja sebelah aja dan akhirnya di rekomendasiin beberapa sama pelayannya. Kita pesen telur kribo, sayur lodeh kampung, pecak ikan goreng dan ayam bakar buat adekku.

Kita kira makanan yang datang bakalan gede porsinya ternyata itu cuma bisa untuk porsi 1-2 orang aja.  Jadi pas makanannya dateng kok dikit yang datang hahaha harusnya pesen beberapa karena keliatannya aja yang gede padahal aslinya gak terlalu. Salah strategi sendiri jadinya gak puas. Buat makanannya datang emang bisa dibilang agak lama sih mengingat pas kami datang emang lagi rame banget tapi menunya datangnya sekaligus jadi kalau sudah diantar ya bisa langsung makan deh tanpa perlu nunggu-nunggu.


Rasa makanannya enak kok menurutku. Makanan yang kami pesen gak ada yang gagal kecuali porsinya wkwkwk. Pecak ikan gorengnya aja enak banget! Kuahnya seger dengan ikannya yang garing. Aku gak suka ikan aja doyan makan ini. Rekomendasi banget! Minumannya juga oke. Yang pesen teh cuma ayah aku tapi aku juga lupa apa yang dipesen tapi enak tehnya.


Overall

Aku suka dan puas sih makan kesini. Lain kali kalo kesini lagi mungkin akan pesen yang lebih banyak dan kalo bisa dapet yang diluar di bawah pohon atau yang ngadep sawahnya. Buat ajak orang tua dan anak-anak juga oke. Harganya mungkin emang agak mahal ya karena porsinya yang ternyata cukup kecil tapi ya lumayan terbayarkanlah dengan suasananya yang juga enak banget.

Post a Comment

2 Comments

  1. Kalau udah baca review yang bilang pelayannya judes, aku pun langsung dilema mau dateng atau nggak, Kak 😂. Pelayanan kan salah satu aspek penting ya, orang pasti nggak nyaman banget kalau pelayannya judes, udah keburu males duluan sebelum dateng 😂. Tapi bersyukur sekali Kak Tika nggak ketemu pelayan judesnya wkwk
    Konsep rumah makannya bagus banget sih, perpaduan resto dan toko tanaman, sambil nunggu makanan bisa sambil jalan-jalan di tokonyaa. Kreatif! Dan nggak sangka kalau ini adanya di Bekasi 🤣. Ketemu tempat yang ijo-ijo di Bekasi tuh ibarat kayak ketemu Oase di tengah padang gurun wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Li, apalagi bisnis F&B, pelayan kan salah satu bentuk servis yang harus diutamain banget ya.

      Bener tuh, jadi pas udah pesen ya udah gantian aja keliling liat-liat atau foto-foto karena emang tempatnya enak. Siapa tau balik-balik makanan udah terhidang hahaha... kayaknya skrg emang udah banyak banget yang mulai buka open space resto dengan konsep hijau-hijau gini ya... orang-orang mulai butuh kerindangan ini wkwkwk

      Delete