[STORY] MY BLOG RECAP IN 2020

blog recap in 2020
sumber: unsplash.com/sincerelymedia

2021 tinggal hitungan minggu dan berakhir! Saatnya kita melihat perjalanan panjang di tahun 2020 yang berat ini. Tapi kali ini aku gamau omongin tentang kehidupan deh, kayaknya terlalu berat dan ntar malah jadi galau. Baiknya kali ini aku mau omongin tentang blog aja.

Kalau ngomongin perkembangan blog pribadi sebenarnya miris gak miris ya. Resolusi yang mau aku jalanin di akhir 2019 itu gak bisa dengan lancar aku eksekusi di 2020. Bahkan separuh awal 2020 itu aku sepertinya minim sekali posting di blog. Padahal aku memberikan target minimal itu setiap bulan itu ada postingan 4 post, alias kalau bisa 1 minggu itu ada 1 post yang aku bagikan. Sayangnya aku tergiur menulis di platform lain yang lebih menghasilkan dan akhirnya blog-ku terbengkalai hahaha.

Akhir tahun 2019, memang aku bergabung menjadi penulis lepas dan sejak mendapat bayaran pertama aku menjadi ketagihan, mungkin ini efek karena aku tidak bisa memaksimalkan blog untuk monetasi dan malah berpaling. Tapi, tiba-tiba aja aku mendapat pesan dari pembaca blog-ku yang tanya kenapa kok aku gak pernah keliatan lagi dan rasanya langsung merasa bersalah. Aku lupa bahwa meskipun begini, blog ini tetap ada yang kunjungin sekedar untuk cari-cari buku atau film yang bisa diikutin. Bersamaan juga dengan reading slump-ku yang memperparah keadaan blog ini. Akhirnya aku pun bertekad sekali untuk kembali mengisi blog-ku ini.

New Domain

Menandai keseriusanku akhirnya aku mengubah blog ini menjadi blog TLD. Sebenarnya sejak tahun 2018, dimana aku ingin serius lagi nulis blog yang lebih berfaedah dibandingkan curhat kegalauanku, aku sudah berpikiran untuk membeli domain. Sudah kepo dan cari-cari tempat untuk membeli domain dan membandingkan harganya.

Keraguan terbesarku belum mengganti domain adalah karena aku merasa blogku yang dulu itu sudah lumayan ramai pengunjungnya dan jika aku ganti maka aku akan kehilangan itu semua. Padahal setelah kita ganti domain, posting yang lama tetap bisa di-direct ke domain baru. Dasar aku yang kurang ilmu dalam dunia blog.

Lalu, aku juga takut kehilangan DA/PA aku yang sebenarnya sih gak gede tapi kayaknya aku baru kali ini melihat angka itu ada di blog-ku makanya aku ragu. Untung sekarang secara perlahan udah mau kembali ke DA/PA ku yang lama.

Alasan yang juga sangat membebaniku yaitu kalau aku tidak bisa konsisten menulis. Kan sayang aja ya, uang yang aku pakai untuk beli domain di tahun itu malah terbuang sia-sia karena aku malas menulis. Pemborosan yang paling nyesek kayaknya karena gak ada yang didapat. Tapi, akhirnya aku malah memanfaatkan alasan ini untuk mendorongku menulis blog. “Ayo tik, udah bayar mahal domain blog, sayang kalau dianggurin!”

Dan ya akhirnya berhasil lahir juga tikbookholic ini, meskipun sedikit berbeda dengan domain sebelumnya karena sudah ada yang pakai.

Dilema Reviewer

Setelah perjalanan panjang memikirkan arah perjalanan blog ini, ya akhirnya aku memang memutuskan jadi reviewer buku dan film. Inginnya sih menjadi book blogger 100%, tapi mengingat kesibukanku yang padat juga dengan bekerja akhirnya aku combine deh dengan film karena kebetulan aku juga suka banget nonton.

Dilema terbesar itu bukan karena aku me-review buku atau filmnya. Meskipun ya cukup was-was juga kalau ada yang tidak berkenan dengan hasil review. Tapi yang paling membingungkan itu sejauh apa aku harus berbagi. Awalnya aku akan pure membahas bukunya mulai dari alur, tokoh, bagian yang seru, kekurangan dan kelebihan. Tapi, setelah baca beberapa blog-blog teman ada juga yang membeberkan isi cerita buku tersebut.

Awalnya aku bingung, karena ini kan termasuk spoiler tapi sepertinya beberapa orang ada yang memang membaca isinya dulu terlepas dari blurb sebelum memutuskan apakah akan membaca buku itu atau tidak. Ya akhirnya aku pun bertahap mengubah gaya review-ku dengan menambahkan sinopsis singkat tentang buku tersebut meskipun tidak sampai akhir kisahnya.

Cukup kesulitan awalnya karena agak sulit juga merangkai kata-kata sendiri lagi dan menceritakan ulang dengan bahasa yang lebih sederhana dan tidak terlalu banyak tapi bisa menggambarkan cerita apa yang sedang dikisahkan dan tentu saja berupaya supaya gak memberikan spoiler terlalu banyak!

Kalau teman-teman sendiri suka tipe review yang seperti apa? Tolong share ya 😊

Komunitas Baru

Sejak serius di 2018, aku hanya ikut 1 komunitas saja yaitu BloggerPerempuan. Pilihan ini jatuh ke komunitas ini karena ada banyak challenge dan juga kita bisa “pamer” hasil tulisan kita ke website mereka jadi bisa mengundang pembaca juga.

Lalu di 2020 ini aku bergabung ke komunitas baru yaitu 1minggu1cerita .Komunitas yang aku juga udah tau dari lama namun masih takut bergabung karena merasa tidak bisa posting artikel setiap minggunya. Namun akhirnya aku nekat aja dan aku gak menyesal sama sekali!

Pertama aku dapat teman baru banyak banget (gatau aku dianggap temen gak ya ☹). Karena ada grup chat khusus sendiri jadi lebih sering aja komunikasi dengan para blogger lain. Apalagi ada banyak banget sesi sharing yang jadi nambah ilmu baru, seriusan deh! Ilmu tentang SEO, kepenulisan sampe ilmu tentang blogwalking!

Yap, bagi blogger baru blogwalking itu penting banget! Sebenarnya aku udah melakukan blogwalking ke blog-blog yang aku lihat di dashboard BloggerPerempuan. Sayangnya, aku itu sekedar berkunjung, baca-baca lalu pergi dan tidak meninggalkan jejak sama sekali. Padahal meninggalkan jejak alias komentar itu penting supaya si empunya blog tau kalo ada orang yang berkunjung dan biasanya kalau blogger yang baik sih akan berkunjung balik dan meninggalkan jejak juga.

Apalagi seru aja baca-bacain komentar orang tentang postingan yang kita buat. Kita juga jadi tau cerita-cerita apa yang di share oleh orang lain. Seru sih sejujurnya makanya sekarang aku kalau blogwalking pasti meninggalkan jejak supaya si empunya blog jadi seneng dan siapa tau jadi dikunjungin balik deh ehehehe.

Resolusi 2021

Hmmm…. Ngomongi resolusi ini pasti jawabannya ingin blognya lebih baik lagi dari sebelumnya. Yang pasti minimal ingin mempertahankan lah blog yang sudah cukup ramai ini. Postingannya kalau bisa lebih dari 2 per minggu mungkin akan lebih baik, tapi aku gamau memaksa diri sih daripada nanti aku malah kabur dari blog ini hahaha.

Jadi kalau aku simpulkan sih, resolusinya:

Pertama, konsisten menulis. Seperti yang aku sebutin sebelumnya kalau tahun ini benar-benar kemajuan bisa menulis sampai 8 postingan dalam 1 bulan! Padahal mah biasanya cuma 4 mentok-mentok di 5. Tapi emang perjuangannya lebih sih buat sampai angka 8 per bulan. Tahun 2021 sih harapannya bukan jadi malah menurun ya ini, kalau bisa malah lebih. Tapi kalau untuk 1 day 1 post sepertinya aku masih belum sanggup deh mengingat blog ini emang bener-bener sampingan aja.

Kedua, tambah banyak teman blog + blogwalking. Tahun ini sudah banyak blog-blog rutin yang selalu aku kunjungi setiap pagi untuk melihat ada update tidak ya dan akan meninggalkan komentar kalau menarik untuk dibahas. Semoga kedepannya sih makin banyak lagi nih blog-blog yang bisa aku jadikan rutin untuk “kunjungan” karena kan butuh waktu lebih juga ya untuk melakukan blogwalking itu.

Ketiga, semakin rajin promosi! Dulu aku tuh gak PD banget sama apa-apa yang aku tulis di blog ini. Alhasil cuma share aja di komunitas-komunitas blogger. Gatau kenapa tapi aku merasa malu aja kalo orang-orang yang aku kenal baca blogku. Perlahan-lahan aku mulai deh itu share di twitter, terus sekarang di Instagram juga. Meskipun engagement-nya yaaa masih biasa-biasa aja seenggaknya supaya tau sedikit demi sedikit. Nah tahun depan aku mau coba untuk lebih intens lagi nih share-nya. Siapa tau bisa ningkatin pengunjung lebih banyak lagi.

Nah, kalau teman-teman sendiri gimana nih? Udah kilas balik perjalanan 1 tahun bersama blognya? Ada kemajuan atau malah mundur nih? Hehehe

Lalu 2021 nya mau dibawa kemana nih blognya? Jangan lupa share ceritanya ya! 😊

Post a Comment

29 Comments

  1. Aku baru September kemaren balik nge-blog, lumayanlah perkembangannya.
    Aku kalo review buku ato film gak masalah kalo misalnya di spoiler-in. Toh, kesimpulan akhirnya pasti beda utk setiap org after baca ato nonton filmnya.
    Maunya tahun depan dapet banyak job dari blog ini

    Salam kenal yaaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ayo Mbaaa lebih semangat lagi ya nge-blognya supaya tahun depan bisa dapet banyak job nih dari blog.

      Wahh, oke deh siap. Ga masalah ya di spoilerin hihihi

      Salam kenal juga Mba :)

      Delete
  2. Resolusinya sederhana but keren mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mba! Ayo Mba bikin resolusi juga supaya terus berkembang 😊

      Delete
  3. Aku sendiri tipe blogger buku yang menulis ulasan tanpa spoiler. Kalau kepepet harus membicarakan spoiler, biasanya ada disclaimer dulu di awal tulisan. Tapi sedapatnya memang tidak menyinggung spoiler (I'm not a fan of them). Selain itu aku sering curhat pengalaman membacaku dalam ulasan. Akhirnya ulasan bukunya suka kepanjangan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh bener nih Mba, aku juga awalnya ga suka tuh spoiler2 karena sayang aja kan... Tapi kok kayaknya pembaca itu ada juga yang suka di spoilerin hahaha makanya disclaimer itu emang penting banget ya Mba.

      Gapapa Mba kepanjangan ulasannya, kan emang apa yang kita rasakan tentang buku itu hehehe

      Delete
  4. Waah seruu juga baca perkembangan Mba Tika dlm ngeblog 😍😍 Semangat terus yaa Mba. Postingan Mba selalu aku nanti2, apalagi buat review bukunya..

    Aku mau coba jawab bbrapa pertanyaan di atas ya,
    Tipe reviewer seperti apa? Aku jarang cerita detail tentang isi buku. Lebih banyak tntng kesan aku saat membaca bukunya. Mungkin malah bikin orng jd ga kebayang mungkin dg isinya krna bnr2 singkat aku ceritain 😅 Aku sejauh ini ga masalah dg review tipe apapun asal ga spoiler. Klo pun spoiler,gpp juga asal dikasi remark di awal post 😆

    Buat komunitas, aku juga baru gabung 1m1c tahun ini. Awalnya sama kaya mba tika, ga berani gabung krna takut ga sanggup. Tp aku dikomporin temenku katanya kan bisa bolos sampe 5 kali yg ujung2ny jd post sebulan sekali pun gpp 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Thessa 😍 aku juga selalu nungguin Mba update lhooo hihihi

      Iyaaa bener aku juga awalnya malah cuma share pendapatku tentang bukunya hahaha
      Okeyy Mba nanti kalo ada spoiler pasti aku kasih warning biar gak kejebak hihihi

      Nahh aku juga baru tau tuh setelah gabung kalo ternyata ada jatah bolosnyaa... kirain harus selalu setor makanya ragu terus tapi akhirnya ga menyesal kok 😆

      Delete
  5. Pertama kali tahu blog ini karena gabung di 1M1C. Tertarik karena blog ini sering posting review buku seperti blogku. Trus template nya juga oke. Dan aku suka keputusan kak Tika utk fokus ke review (baik buku, film dan ada beberapa penginapan yak?). Kesan pertamaku, wah idenya mengisi blog seperti ini menarik juga. Blog ini juga menginspirasiku membuat label "series" di blogku. Jadi tetep semangadh ya kak ngeblognya.

    Untuk review buku aku suka yg tanpa spoiler. Review di bukulova aku usahakan begitu. Tapi namanya belajar kan ya buat ulasan yg baik dan menarik, ada juga masa dimana aku kayak spoiler padahal sebenarnya gak brmksd seperti itu. Mungkin jalan tengahnya, kalau memang perlu spoiler kasih pemberitahuan dulu di awal paragrafnya. Yg suka bisa lanjut, yg gak suka skip baca paragraf tsb hehe.

    Sama, aku kadang pemalu gitu buat promosiin blog sendiri. Tapi tahun ini beraniin buat promo postingan sendiri di IG pribadi haha. Goals utk tahun depan kurang lebih sama dgn kak Tika. Sukses kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Rizki 🥰 aku juga suka main ke bukulova buat cari2 buku baru apalagi pas liat Mba bisa sanggup abisin banyak buku sebulan tuh bikin iri bangettt hehehe

      Iyaaa kadang susah ya kalo mau review tapi enggak spoiler in isinya, pasti adaaa aja cerita atau momen di buku yang bikin kita pengen ceritain

      Ayoo Mba semangat juga untuk blognya yaaa dan semoga makin PD buat promoin tulisan sendiri di dunia maya 😁

      Delete
  6. Wah mantap mbak, kalo saya baru bulan juli ini mulai ngeblog jadi belum ada kisah hehe, btw semangat terus mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa belom ada kisah yang penting semangat terus buat ngisi blognya dan engga di anggurin hehehe

      Semangat terus juga yaaa 😊

      Delete
  7. Semoga resolusi tahun 2021 bisa terwujud, Kak Tika 💪🏻💪🏻
    Bisa menulis 2 post dalam 1 minggu udah bagus banget 😍

    Btw, aku suka kalau baca review kadang yang ada spoilernya dan kadang yang nggak ada spoilernya, tergantung mood wkwk. Tapi kalau baca yang ada spoilernya, aku harap dikasih spoiler warning di awal tulisan jadi tahu ini isinya spoiler atau nggak, jadi para pembaca yang lain juga bisa langsung skip seandainya isinya spoiler hahaha

    Oiya, terima kasih udah menjadi temankuuuu di tahun ini! Semoga pertemanan kita bisa berlangsung untuk waktu yang lama 🥰. Terima kasih juga atas racun-racun Kak Tika 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn semoga yang Lia inginkan juga bisa terkabul yaaa di tahun 2021 nanti 😍

      Hahaha moody sekali yaaa dalam membaca review hihihi siap Liaaa akan aku usahakan akan selalu ada warning supaya gak kejebak spoiler yaaa

      Waaaa terima kasih juga Liaaa sudah menjadi temanku di tahun ini. Aamiin semoga pertemanan ini akaaaan berlanjuut terus sampai tak terhingga yaaa 😍😍😍

      Delete
  8. aku jadi merasa tertampar nih 🤣

    tenang mabk, kamu nggak sendirian. aku juga gtu kok
    niat hati mau rajin ngeblog tapi susah amaatt
    tp, bisa yok bisaa semangaat mbaakk!

    btw, kemarin aku baru gabung 1minggu1cerita lho 😄
    bingung sih asli kalo baca chat di group
    sering ketinggalan jadi nggak nyambung
    padal ada beberapa yang bahas tips seo


    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga mba Dea! Aku yakin kita di 2021 lebih rajin lagi yaaa hehehe

      Iya Mbaaa grup 1M1C emang aktif bangettt dan banyak share pengalaman2 blog harus rajin pantenginnn

      Delete
  9. Mba aku sering galau juga soal review, terutama akhir-akhir ini belom ada lagi postingan full review di blog, sedih juga rasanya. Kalo boleh jujur aku suka reviewer yang singkat tapi isinya bisa merangkuk semua nah ini yg susah :/, tapi kalo aku baca review mba Tika tuh udah enak banget di baca lho, yg penting bahasanya sih hehe mudah di pahami.

    Resolusi kita sama nih mba, konsisten menulis dan rajin promosi 😁 semoga tahun depan bisa terealisasikan ya ! ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Reka~ semangat lagi review2nyaaa!
      Wahhh iya tuh, paling enak emang kalo review singkat tapi lengkap, tapi ya susah... belom nemuin formulanya gimana tuh. Wah, syukur deh kalo Mba Reka suka ☺

      Semoga tercapai Mbaaa apa yang kita resolusikan yaaa 😆

      Delete
    2. Eh iya mba Tika btw beli domain blognya di mana mba? Aku mau juga deh tapi gak tau lewat mana yang bagus :D

      Delete
    3. Aku belinya di Domainesia Mba, petunjukknya lengkap dan CS nya cepet jawab jadi gak ada masalah apa2 kemarin pas ganti domain

      Delete
  10. wah selamat ya sudah TLD! samaan saya juga tahun 2020 mulai pindah ke blog TLD. Semoga 2021 lebih produktif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh terima kasih yaaa
      Aamiin semoga kita jadi lebih produktif lagi ngurusin blognya 😊

      Delete
  11. "Gatau kenapa tapi aku malu aja kalau orang yang kukenal baca blogku..."
    Ini aku banget mba.. Aku jarang promoin blogku di sosmed. Aku lebih lega kalo yg baca di blogku itu stranger atau orang yg gak kukenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bener kan Mba? Ntah kenapa jadi malu aja ya...
      Tapi, aku sekarang rajin promote sih Mba, lumayan buat nambah pengunjung ke blog juga

      Delete
  12. Semangaaatttt selalu yaaa...

    Saya bahkan lebih parah tuh, blog nya sooooo gado-gado hahaha.

    Tapi emang sejak awal tuh blog temanya ya personal, yang namanya personal off course semua hal yang saya alami dan pikirkan.

    Saya baru sering nulis review film tuh akhir-akhir ini dong, dan believe or not... saya dong abru tahu apa itu sinopsis, apa itu review, wakakakakaka.

    Intinya, menurut saya, nulis aja dulu, terlihat salah tak mengapa, asal konsisten, lama-lama bakalan menemukan gaya penulisan reviewnya biar punya ciri khas.

    Dan maengenai spoiler, sejujurnya banyak juga loh yang suka spoiler, apalagi yang sinopsisnya lengkap.
    Saya salah satunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Reyyy! Mba juga semangat terus ya... 😍

      Meskipun blog Mba Rey gado-gado tapi isinya bagus2 Mba, nambah ilmu lagi jadi tetep asik banget buat dipantengin terus!

      Siap Mba Rey, tentang spoiler nanti aku variasikan juga deh karena banyak pendapat nih ada yang suka dan engga jadi nanti siapa tau bisa aku selang seling jenis spoilernya 😁

      Delete
  13. Tahun 2020, resolusi saya bisa menulis 2 post setiap bulan. Tapi kenyataannya, kemageran lebih berkuasa dibandingkan keinginan untuk menulis. Semoga tahun depan kita bisa lebih produktif ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mba, yang penting tetep semangat terus!
      Aamiin semoga tercapai keinginannya Mba

      Delete