[REVIEW] FILM KOREA KINGDOM: ASHIN OF THE NORTH - ASAL MUASAL ZOMBIE DI JOSEON

sumber: Asianwiki

Kingdom: Ashin of the North ini adalah film prequel dari Serial Original Netflix Kingdom. Serial Kingdom ini terdiri dari 2 season dan saat di akhir episode season 2 kita kemunculan tokoh baru yang misterius. Season 2 dari Kingdom juga tidak bisa dibilang memuaskan ya karena menurutku masih agak gantung dan ada potensi cerita baru dan berharap ada season 3 dan ternyata Neflix malah mengeluarkan film prequelnya.

Film Kingdom: Ashin ini menceritakan tentang tokoh misterius yang muncul di akhir season 2 yaitu Ashin. Film prequel ini berdurasi 92 menit dan menceritakan dengan jelas latar belakang sosok Ashin dan bagaimana ia bisa mengetahui tentang Bunga Pembangkit Mayat. Film ini sudah tayang sejak 23 Juli 2021 di Netflix. Bintang utama dari film Kingdom: Ashin ini adalah Jun Ji Hyun.

 

SPOILER! (bisa langsung skip ke Review kalo gamau spoiler)


KAUM TERBUANG

Setelah pertempuran dengan Jepang, Joseon menjadi sangat kacau. Semua wilayahnya terbagi-bagi dan menyisakan para kaum terbuang yang tidak ikut andil ketika masa perang ini terjadi. Kaum terbuang ini berada di wilayah perbatasan dan mereka dianggap rendah dan dikucilkan oleh pihak-pihak lain dan hanya dimanfaati saja. Mereka sehari-hari untuk makan saja sangat sulit namun kaum ini memiliki kekeluargaan yang sangat dekat satu sama lain.

Ashin adalah salah satu anak yang tinggal di Desa perbatasan ini. Ashin adalah seorang anak yang pemberani, ia seorang diri mencari cara untuk membantu ibunya yang terbujur sakit. Salah satu cara yang ia temukan adalah dengan menggunakan bunga pembangkit mayat yang tidak sengaja ia temukan di altar penyembahan dewa dalam hutan.

BACA JUGA: [REVIEW] KINGDOM - KOREAN SERIES

PERSELISIHAN JOSEON

Setumpuk mayat ditemukan di Pyesa-Gun, tempat terlarang di Joseon Utara. Mayat ini ternyata adalah warga Pajeowi yang sedang mencari ginseng liar di Pyesa-Gun. Jika pihak Pajeowi mengetahui hal ini maka mereka akan menyerang Joseon Utara dan terjadi perang besar yang sudah pasti akan membuat Joseon Utara kalah karena orang Pajeowi sangat bengis. Mereka memutuskan untuk menyebarkan gossip bahwa warga Pajeowi yang terbunuh ini karena di mangsa oleh harimau.

Ayah Ashin yang merupakan mata-mata dari Joseon pun pergi ke desa Pajeowi untuk menyebarkan cerita tentang harimau yang membunuh warga Pajeowi. Untuk mendukung pernyataan ini, pihak Joseon pun berpura-pura untuk memburu harimau agar tidak terjadi kecurigaan dari pihak Pajeowi. Sayangnya, pihak Pajeowi ternyata telah mengetahui hal ini.

Sebagai korban, ayah Ashin dibunuh karena dianggap penghianat dan desa milik Ashin, desa perbatasan, dihabisi seluruhnya oleh Pajeowi dan tak satupun ada yang hidup dari desa itu, kecuali Ashin yang saat itu sedang tidak berada di desa karena pergi mengambil bunga pembangkit mayat. Disitu Ashin tau bahwa orang-orangnya dihabisi oleh Pajeowi.


PEMBERONTAKAN ASHIN

Ashin yang sendirian menemui Kepala Tentara Joseon yang memerintahkan ayahnya untuk pergi ke Pajeowi. Ia meminta agar pihak Joseon membalaskan dendamnya dan keluarga yang dihabisi oleh pihak Pajeowi.  Ashin berkata bahwa ia akan menunggu terus hingga dendamnya terbalaskan. Ashin pun akhirnya tinggal bersama tentara ini dan membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, Ashin juga berlatih diam-diam untuk mengasah kemampuan memanahnya.

Hingga dewasa Ashin selalu setia pada tentara Joseon ini dan bersedia menjadi mata-mata seperti ayahnya. Namun, apa yang Ashin temukan berbeda dengan yang ia ketahui selama ini. Ia pun akhirnya membalaskan dendamnya sendiri dengan cara yang lebih kejam!


REVIEW

Kingdom: Ashin ini menjadi film anticipated aku di bulan Juli. Awalnya sih aku lebih berharap agar ada season 3 untuk Serial Kingdom mengingat potensi cerita di akhir seasonnya yang menggantung. Sayangnya pihak Netflix belum memutuskan apakah akan ada season 3 atau tidak. Lalu tiba-tiba muncullah poster Ashin ini dan dinyatakan sebagai prequel dengan fokus cerita di tokoh Ashin. Awalnya agak males sih karena mikirnya “emang cerita apaan sih yang bisa dibawa lagi kan udah jelas asal muasal zombie-nya”. Tapi, akhirnya aku tertarik karena yang main Jun Ji Hyun, apalagi dia muncul seuprit banget pas di season 2 dan akhirnya malah makin gak sabar setelah nonton teasernya.

Setelah selesai menonton, aku puas banget. Soalnya kita bener-bener jadi tau masalah zombie ini munculnya darimana. Yang awalnya aku pikir gak terlalu berhubungan teryata emang jadi inti banget kenapa bisa ada zombie. Alasan kenapa Ashin juga malah “mempromosikan” bunga ini sampai ke Raja juga jadi terlihat di film ini. Tidak menyangka sih bakal dibawa ke arah ini ceritanya karena jujur aku sih enggak terlalu penasaran dengan awal bunga ini tapi ternyata malah makin melengkapi.

Tokoh Ashin juga keren banget, dari yang waktu kecil itu pemberani dan sayang banget sama keluarganya. Tetep peduli seperti apapun kondisi keluarganya. Dia bahkan dibilang yang mengubur semua warga desanya ketika dibantai habis-habisan. Begitu besar cinta Ashin untuk keluarganya sampai-sampai Ashin bisa berubah menjadi wanita yang bengis ketika dikhianati oleh negara yang dijunjung tinggi oleh ayahnya. Perkembangan tokohnya keren banget lah!

Sedikit yang bikin aku bingung adalah bagaimana bisa Ashin tau banyak banget tentang bunga itu. Sempat dijelaskan diawal tapi enggak sampe cara penggunaan dan akibatnya. Ada sih sedikit flashback tapi menurutku masih kurang menjelaskan. Atau emang aku yang kurang paham 🤔

Kalo ngomongin acting sepertinya enggak usah diragukan lagi ya. Baik Ashin saat kecil maupun udah dewasa bener-bener dibawakan dengan apik banget. Meskipun aku pas nonton mikir, ini kok Jun Ji Hyun gak muncul-muncul karena emang porsinya gak terlalu banyak. Tapi, auranya beda banget dengan film atau drama dia yang pernah aku tonton.

Seperti pendahulunya, film ini juga akan penuh dengan zombie jadi buat yang takut zombie mungkin bisa pikir-pikir lagi. Tapi, selain itu juga film ini akan penuh darah, bukan hanya dari zombie tapi juga antar manusia karena ada perselisihan, ada balas dendam, ada pembantaian manusia dan itu tanpa sensor jadi hmm siap-siap yang gak kuat liat darah ya!

Untuk rating aku akan kasih 4/5 untuk series ini. Bagus dan seperti biasa Netflix selalu menggantung. Meskipun diakhir enggak gantung-gantung banget tapi aku tetep aja penasaran, pembalasan seperti apa yang akan Ashin lakukan ke pihak Pajeowi karena emang menggantung banget di bagian ini. Buat yang udah ngikutin Kingdom Series wajib banget buat ikutin film ini! Karena makin paham deh latar belakang semua kejadiannya!

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA 'ALIVE' - BERJUANG HIDUP DITENGAH ZOMBIE

Post a Comment

7 Comments

  1. skornya berapa dong film ini ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kalo aku pribadi kasih rate 4/5 untuk film ini :)

      Delete
  2. Aku kemarin baru aja denger podcast ngedrakor! yang bahas film ini. Isinya beuhhh tentang bunuh-bunuhan, mayat, zombie, darah-darah...udah deh nggak mau nonton daripada trauma xD terus kata mereka Jun Jihyun di sini bisa lepas dari karakter-karakter yang biasa dia mainkan di drama rom-com. Terus mereka punya ide gitu gimana misalnya kalau Jun Jihyun ini sekali-sekali dikasih drama yang perannya psikopat, tapi psikopat yang beneran bukan yang unyu-unyu ada cinta-cintanya wkwkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener Mba isinya emang itu hahaha harus siap sih kalo mau nonton ini. Setuju banget! Disini Jun Ji Hyun beda banget emang Mba! Karakternya yang biasa kita lihat itu lucu dan gak serius disini beda banget. Gak ada sama sekali tuh senyumnya muncul disini. Kayaknya kalo Jun Ji Hyun dapet peran yang begitu bakal pecah banget sih Mba

      Delete
  3. Ah!!!! Ternyata ini prequelnya toh! Aku baru banget nih ngikutin serial Kingdomnya. Masih belom kelar jadi tadi aku skip kaga baca spoiler wkwkwkw
    Aku pikir si cantik Jun Ji Hyun bakalan muncul di season 2, ternyata cuma seuprit di akhir season 2 yak 😅 Aahhh padahal uda nunggu-nunggu kemunculan dia wkwkwk

    Thanks reviewnya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ini prequelnya, bener2 menceritakan latar belakang si zombie itu darimana... ternyata enggak yang kayak kita tau selama nonton series Kingdomnya!

      Delete
    2. Siap kak. Aku sudah donlod dan tinggal ditonton ehehehe

      Delete