SIAP-SIAP KEDINGINAN DI SAFARI LODGE!

Kali ini aku berkesempatan untuk cobain nginep di Safari Lodge nih. Safari Lodge ini adalah penginapan yang disediakan oleh Taman Safari Indonesia, jadi lokasinya persis ada di dalam Taman Safari Indonesia lho. Tapi, jangan khawatir gak akan ketemu dengan singa yang berkeliaran kok 😉

Istana Panda (sumber: instagram TSI @tsi_safarilodge)

LOKASI

Seperti yang aku sebut di paragraf pembuka, Safari Lodge ini persis berada bersamaan dengan Taman Safari Indonesia atau lengkapnya berada di Jl. Taman Safari Indonesia, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia.

Untuk menuju Safari Lodge ini kalian jangan masuk langsung ke loket pembelian tiket ke Taman Safari ya! Ikuti papan tanda jalan yang menyuruh kalian untuk berbelok ke kanan untuk menuju ke Safari Lodge ini. Perjalanan ke Safari Lodge ini ya sudahlah ya tidak perlu aku jelaskan lagi. Kalau akhir pekan atau libur panjang pasti macet! Yap, ke puncak kapan sih bisa lowong kalo pas lagi liburan gini? 😥

So, persiapkan lah diri kalian untuk menerjang alur yang buka-tutup dan macet. Akan lebih bagus lagi kalian udah tau nih jam-jam buka-tutup arah Puncak jadi gak terjebak macet deh. Tapi, kemarin ada lho yang nawarin untuk nganterin lewat jalan belakang asalkan bayar Rp 150.000! Tekor juga tapi bisa ditawar sih. Tapi, sebenernya kalo kalian jago pake google maps cukup pake itu aja deh buat coba jalur belakang menuju Taman Safarinya!

FASILITAS

Sebelum menceritakan fasilitas kamarnya kalian harus tau dulu ada banyak banget macam kamar yang bisa kalian pilih. Pertama ada hotel room dengan tipe kamar standard, deluxe dan suite. Gedungnya layaknya hotel biasa dan akan aku jelaskan lebih lanjut nanti.

Lalu ada juga jenis Caravan, tau mobil caravan? Itu lho yang sering dipake sama traveller buat pergi bertualang dan cuma tinggal di dalam mobil. Nah disana ada tipe kamar seperti itu lho! Jadi bisa nyicipin tinggal di mobil caravan, tapi kamarnya lumayan luas kok bisa untuk 4 orang dan ada bunk bed-nya, isinya sama seperti kamar biasa.

Caravan Room (sumber: https://hotelsafarilodge.com/)

Ada juga tipe bungalow. Ini biasanya buat yang rame-rame gitu. Jadi kayak sewa mini rumah, ada 2 tipe nih yang 2 kamar dan 3 kamar. Fasilitasnya kurang lebih sama tapi disini ada ruang tamunya dan juga ada terasnya gitu.

Bungalow Room (sumber: https://hotelsafarilodge.com/)

Treehouse, ini yang unik nih! “Dibangun di atas akar pohon yang besar dan kuat. Menginap di ketinggian membuat anda bisa menikmati pemandangan kaki Gunung Gede Pangrago yang mengagumkan.” Serunya ada juga Treehouse yang ada seluncurannya di dalem jadi kan seru banget ya! Isinya juga bisa untuk 4 orang dengan fasilitas lengkap dan sama dengan ruangan lainnya!

Tree House (sumber: https://hotelsafarilodge.com/)
Karena aku hanya sendiri hiks 😥 akhirnya aku ditempatkan di hotel dengan dengan tipe kamar yang standard. Jadi untuk lokasi hotelnya ini tidak di komplek rumah-rumah yang lain meskipun masih dekat sih karena hotel berada di paling depan.

Untuk tipe kamar standard ya standard lah ya layaknya kamar hotel pada umumnya. Tapi, kamarnya itu luas banget lho. Enggak sesak kayak hotel-hotel bertingkat. Jadi kalian bisa kali untuk 3-4 orang dengan syarat nambah bed aja. Isi kamarnya biasa dan lengkap jadi ada TV, kulkas, pemanas air, lemari dan kamar mandi yang juga lengkap isinya. Bagian belakang kita bisa keluar dan disediakan kursi untuk duduk-duduk gitu ya untuk menikmati dinginnya pagi enak banget sambil ngopi hehehe

Untuk kondisi kamar kebetulan aku dapat yang sepertinya udah cukup lama ya. Di bagian lantai 1 sepertinya itu memang kamar-kamar yang lama dan tidak ada peningkatan signifikan dari pihak hotel. Kuncinya masih pake kunci biasa bukan yang pake kartu, lalu air panasnya juga yang tipe harus kita campur sendiri takarannya antara air panas dan air dingin. Kayaknya aku udah lama banget gak ketemu hotel yang kayak gini. Biasanya kan kita tinggal atur tingkat kepanasan air aja ya dan juga ada jatah! Ya ampun udah lama banget gak ngerasain air panas yang dijatah 🤣 untung aku sendirian jadi bisa foya-foya haha. Tapi, aku kurang tau ya untuk fasilitas kamar yang diatas gimana kayaknya sih lebih modern deh. Sayangnya aku gak berani naik karena ya ntar dikirain ngapain juga kan naik-naik ke kamar orang hehehe

Layaknya hotel lainnya pasti di kasih sarapan dong. Nah, lokasinya ini udah masuk ke wilayah caravan jadi buat yang di hotel sekitar 150m deh tapi kalo jalan kaki enak kok karena pemandangannya mantep! Asalkan gak hujan 😥. Jam sarapan dimulai jam 07.00-09.00 termasuk telat dan cepet banget! Biasanya hotel itu mulai nerima sarapan kan jam 06.00-10.00 ya jadi emang riskan banget nih buat tempat makannya padat! Kayaknya pihak hotel harus bisa pertimbangkan ini deh apalagi pas pandemi.

Karena situasi yang rame banget aku jadi gak bisa foto-fotoin makanannya deh. Tapi, untuk makanannya seperti biasa ada bubur, goreng-gorengan, sup ikan, makanan berat seperti nasi dan mie, spaghetti, roti-rotian juga ada. Bedanya disini variannya cenderung sedikit dan gak ada stand salad yang biasanya paling depan. Varian dikit itu kayak jenis lauk cuma 1 dan sayur 1. Roti-rotian juga cuma 2 jenis + roti tawar emang serba dikit sih pilihannya.

Pas pandemi gini emang hati-hati banget deh apalagi pas rame-ramenya. Untungnya disini pihak hotel mengizinkan kita bungkus makanan lho! Jadi nanti disediakan kotak makanan gitu deh, tinggal pilih yang kita mau dan bawa ke kamar. Mungkin gak enaknya kita gak bisa bebas refill sih kalo masih pengen.

HARGA

Harganya tentu bervariasi banget ya sesuai dengan jenis kamar atau rumah yang akan kalian tempati. Dan harganya mulai dari 1,2 juta rupiah. Waktu aku berkunjung kesana itu sudah termasuk tiket ke Taman Safari dan Istana Panda juga lho.

LOKASI HIBURAN

Tentu Taman Safari dong! Hahaha ya apalagi ya kalo nginep disini pasti main ke taman safari. Kemarin waktu menginap sih udah langsung dapet tiket masuk juga jadi mungkin emang udah langsung dapet deh pas beli kamar.

Tapi, di lokasi hotelnya sendiri juga enak banget lho! Pas aku datang memang lagi musim hujan di Bogor dari aku sampe sampai aku pulang masih aja hujan. Padahal pas aku sampai rumah gak ada tuh hujan 😅 Ya namanya juga Kota Hujan ya jadi udah harus siap deh kalo liburan ke Kota Hujan.

Lokasinya itu asri banget! Pepohonannya sejuk dan kalo buat jogging pagi pasti enak banget tuh meskipun dingin. Ada danau-danau buatan yang gede dan ada juga burung pelikannya tuh. Sambil keliling bisa ngeliatin juga rumah-rumah caravan dan bungalow. Luas banget lho jadi persiapkan stamina!

Tapi kalau takut capek bisa sewa sepeda juga tuh disediain oleh pihak hotel. Rencananya pagi-pagi aku pengen sewa sepedanya tapi karena hujan ambyar lah rencanaku. Btw, mau foto-foto cantik juga bisa banget lho! Disini ada banyak banget spot foto yang oke, dengan latar belakang pepohonan semuanya cantik banget.

Tersedia juga kolam renang dan jacuzzi disini. Kolam renangnya sih gak terlalu besar tapi bagus dan lokasinya dekat dengan resto tempat sarapan alias persis disebelahnya. Dan tak jauh darisana ada jacuzzinya.

Kalau bosan di Taman Safari aja, tinggal keluar dan naik aja ke Puncak. Kita kan bisa bebas keluar masuk. Apalagi kalo malem sih udah gak ada tuh yang namanya macet. Sekalian cari makan dan nikmatin dinginnya puncak. Sekedar buat makan jagung bakar aja udah enak banget lho itu. Duh jadi pengen jagung bakar 🤣 Ohiya, di penginapan gak ada resto / kantin yang buka pas malem hari, gak tau ini sejak pandemic aja atau gimana, jadi emang mau gak mau kita harus keluar dari hotel untuk cari makan kalau gak bawa makanan sendiri. Karena ada juga lho yang masak-masak selama disana. Dekat hotel banyak kok resto-resto yang lumayan bagus dan kearah puncak lagi lebih banyak lagi bertebaran resto dan café.

Sebenarnya di Safari Lodge itu udah banyak banget lho nyediain acara-acara khusus. Salah satunya ada Safari Trek tuh yang terbaru kayak semacam outbound gitu. Tapi untuk info lebih lengkap lagi bisa kunjungi website mereka di http://hotelsafarilodge.com dan cek sendiri apalagi sih yang bisa kita lakuin di Safari Lodge atau ke Instagram mereka untuk kepo foto-foto kerennya di @tsi_safarilodge

Nah inilah review singkat tentang Safari Lodge yang tentunya jauh banget dari kata lengkap. Soalnya keterbatasan waktu dan cuaca yang gak mendukung bikin aku sendiri agak susah untuk explore secara keseluruhan. Tapi, kalau cuaca baik dan sedang tidak libur aku rasa akan sangat menyenangkan nginep disini dan jangan lupa bawa jaket ya! Dingin banget lho padahal aku udah pake kaos kaki dan baju panjang pas tidur tapi tetep aja kedinginan 🤣Siapa tau bisa menjadi pilihan baru buat teman-teman yang pingin ganti suasana saat weekend datang!

Post a Comment

8 Comments

1. Tempatnya bagus ya kak bernuansa alam gitu, jadinya sejuk dan ya pastinya adem dingin, tapi kalo membuang penat menurutku sangat cocok

Replies
    1. Iya, emang alam banget sih ini jadi yang pecinta alam pasti suka kalo nginep disini juga

Delete
  2. Kemarin baru baca cerita mba Jane soal Taman Safari, terus sekarang baca cerita Safari Lodge dari blog mba Tika, fixed saya tambah rindu mau main ke Safari Park 🤣 By the way, pilihan akomodasi di Taman Safari Cisarua ada banyak ya, mba 😍 Bahkan ada yang tipe caravan dan tree house juga.

Soalnya yang di Bali pilihannya nggak banyak, mungkin karena areanya yang nggak seluas Cisarua 😆 Dan seru bangettt karena lokasinya dekat puncak, jadi malam bisa naik ke puncak cari makan sambil lihat lampu-lampu kota di bawah. Hehe, terima kasih sudah diajak jalan-jalan virtual, mba Tika 🥳

1. Iya nih Mba Eno, karena postingan Mba Jane jadi inget ada ini di draft 🙈

Iya Mba disini banyak banget pilihan kamarnya dan wilayahnya juga gede puas banget klo main.

Baru tau malahan di Bali juga ada ya ternyata... iya kalo malem2 asik Mba Eno makan jagung bakar gitu hihihi

Makasih juga udah berkunjung ya Mba

Delete
  3. Harganya bikin glek ya buat dompet saya hahahaha.
    Tapi worth it ya, dengan segala view dan pengalaman barunya :D

Ini kayaknya mirip dengan hotel di Taman Safari Prigen di sini, ratenya juga luwar biasa, tapi view ya asyik sih, bisa liat binatang, bisa ngasih makan binatang.

Btw juga, kalau saya agak serem lewat jalan tembusan pake google maps, soalnya sering banget tuh Google nyasarin orang, mana di hutan pula, ckckckckc

1. Iya Mbaaa emang bikin nangis sih harganya tuh 🥲

Sayangnya kemarin gak nyobain tuh ngasih makan hewan, tp kayaknya pas pandemi emang lagi ga ada deh

Hahaha emang harus siap mental sih, karena jalan yang dipilihin luar biasa banget! Mana super kecil lagi duh duh 🤦‍♀️

Delete
  4. Eee, aku baru tahu kalau ada hotel di Taman Safari 😂. Bahkan fasilitasnya juga banyak dan areanya luas 😱 Selama ini tahunya bisa menginap tapi di caravan aja, ternyata ada gedung hotelnya juga 😱. Barusan aku lihat harganya di web, termasuk oke juga kalau ingin menginap ramai-ramai hahaha. Apalagi suasananya enak banget untuk dinikmati 😍. Aku jadi ingin liburan di sana #plakk. Kalau pagi sehabis hujan pasti super dingin ya 🤣
    Kak Tikaa, terima kasih atas reviewnya!

Replies
    1. Ada juga Lia, jadi kalo ragu buat nyoba yang aneh-aneh gitu bisa nginep di hotelnya. Enak banget emang kesini kalo rame-rame gitu Lia jadi seru pasti apalagi nyewa bungalow dan malemnya bakar-bakar wah asik banget! Wihh kalo pagi mah dingin banget, siap2 menggigil 😆