PLACE TO GO: TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Ada yang tahu nggak sih kalau Taman Mini Indonesia itu baru aja memperbarui wajahnya? Atau jangan-jangan sudah ada yang pernah berkunjung ke sana? Jadi tahun 2023 ini akhirnya Taman Mini Indonesia dibuka kembali untuk umum setelah direvitalisasi, waktu libur panjang kemarin aku memutuskan untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia karena bingung sih mau libur kemana dan kayaknya pengen yang dekat-dekat aja terus karena Taman Mini udah buka lagi akhirnya ya udah memutuskan aja untuk datang ke sana karena terakhir datang ke Taman Mini itu mungkin waktu aku masih SMP dan itu belasan tahun yang lalu. Jadi sebenarnya sama sekali blank dan gak ada rencana apapun.

Sebelumnya aku juga udah nonton beberapa video di tiktok dan Instagram jadi ya taulah seenggaknya ada apa aja disana sekarang. Akhirnya kami memutuskan untuk beli tiket secara online karena katanya sih sekarang beli tiketnya harus online. Kami beli tiket online melalui websitenya Taman Mini, pilih untuk 4 orang dan langsung beli pilih juga untuk mobil jadi kita beli totalnya 5 tiket, harganya Rp25.000 per tiket dan ada biaya tambahan Rp5.000 per transaksi. Setelah beli nanti kita dikirimin tiketnya melalui email dan ada juga nanti di WA yang tinggal kita simpan aja tuh qr-code untuk masuk.

Waktu sampai di Taman Mini itu agak bingung sih, di tiketnya tertulis masuk melalui pintu 3 akhirnya kita cari aja tuh jalan menuju ke pintu. Emang pintu 3 Itu khusus untuk umum masuknya kalau Pintu 1 itu untuk bis dan karyawan taman mini. Pas masuk  kok ngantrinya panjang dan ternyata emang masih bisa beli tiket secara offline tapi pembayarannya hanya 2 kalau nggak pakai QR Code ya pakai debit. Bingung sih masa udah beli online tetap harus antri lagi. Nekat aja pilih jalur yang kosong toh udah beli tiket online juga, siapa tau emang itu jalur khusus karena ga ada tulisannya mana jalur untuk orang yang udah beli tiket duluan. Dan bener aja tinggal scan langsung masuk deh kedalam yang ternyata rame banget mungkin karena memang lagi libur panjang ya posisinya padahal itu kita datang pagi loh, nyampe sekitar jam 9 kurang aja itu udah rame menurutku tapi ternyata  makin lama itu semakin rame yang datang.  Satu hal yang baru di Taman Mini katanya dulu itu kita bisa keliling naik kendaraan kita sendiri jadi misalnya kita mau ke Istana anak-anak kita tinggal parkir dekat istana anak-anak mau ke museum mau ke mana kita tinggal parkir di dekat lokasi tersebut, tapi sekarang itu tidak bisa.

Jadi kita harus ke gedung parkir atau ke lahan khusus parkir dan ya udah kita tidak boleh lagi membawa masuk kendaraan ke dalam. Jadi ada regulasi baru yang diterapkan oleh Taman Mini dengan menggunakan Green Zone jadi yang boleh masuk dan boleh berkeliling itu ya hanya yang bertenaga listrik doang jadi kalau kalian punya mobil listrik bisa sih untuk masuk tapi kemarin lihat ada mobil listrik juga  menuju ke arah parkiran, belum pasti juga. Tapi jangan khawatir di dalam tuh ada bus wara wiri atau kendaraan  yang bisa kita sewa. Mau jalan kaki juga bisa cuma ya siap-siap gempor aja karena TMII tuh gede nya minta ampun. Kemarin pertama nyampe kita memutuskan untuk coba naik gondola dulu deh untuk melihat apa sih wajah baru Taman Mini itu maksudnya seperti apa kan, melihat dari atas dan bisa kelihatan semuanya.

Per orang itu akan bayar lagi kalau mau naik gondola. Emang Taman Mini itu murah di awal ya, masuk cuman Rp25.000 per orang tapi untuk masuk ke setiap wahana itu berbayar lagi nggak terlalu mahal sih cuman kalau banyak yang mau kita masuki jadi gede juga jadinya. Bisa di cek dulu kok di web nya berapa biaya masuk tiap wahananya. Untuk melihat seluruh Taman Mini kita naik gondola bayar Rp50.000 per orang itu juga bayar pakai QR Code.  Sebagian besar kita akan menikmati anjungan dari Sumatera ke Papua, anjungan itu maksudnya kompleks rumah adat gitu. Kalo seharian mau kelilingi anjungan dan melihat rumah adat seluruh Indonesia bisa tapi kalo mau lihat-lihat aja bisa kok lewat Gondola dan nanti kita tinggal putusin deh mau kunjungin anjungan mana karena emang photoable banget.

cuplik pemandangan dari atas

Setelah selesai kami memutuskan untuk naik bus wara-wiri, Taman Mini itu menyediakan bus wara-wiri gratis untuk siapapun, cuman ya memang harus bersabar karena bisnya enggak terlalu besar untuknya mungkin muat sekitar 20-an orang dan yang mau naik itu banyak jadi kita bisa nunggu antrian itu sekitar dua sampai tiga kali, jujur aja kemarin itu aku agak kesal karena lama nunggu bisnya daripada nikmatin wahananya jadi hampir sejam itu belum dapat apa-apa sangat mungkin banget, cuman ya tidak ada pilihan lain kecuali naik bus wara-wiri atau kalau mau mengeluarkan biaya lebih kita bisa sewa sebenarnya. Sewa kendaraan di situ bisa Rp500.000 sampai Rp600.000 untuk 2 jam (yang ini bisa untuk agak rame 4-6 orang)  ada juga yang kayak motor listrik motor listrik bisa boncengan gitu kayak sepeda motor listrik cuman agak gede itu kalau nggak salah Rp120.000 per 2 jam. Kalau emang udah tahu arahnya kemana atau apa yang mau di kunjungin dari awal mungkin bisa menghemat waktu dengan menyewa karena lumayan berguna sih kalo yang mau cepet. Tapi kalau yang nggak tahu tujuan terus  ya mau coba-coba dulu mungkin kurang disarankan sih karena lumayan Rp500.000 untuk 2 jam padahal masuk ke wahana nanti kita bayar lagi tuh kan jadi kita mutusin untuk naik bus wara-wiri yang gratis.

Ternyata konsep bus wara wiri disini tuh kayak angkot, ada jurusan sendiri pertama yang di depan parkiran itu jurusnya cuman sampai ke pusat informasi, terus ntar masuk ke dalam tiap halte beda lagi tujuannya kemana, kita bisa ngomong sih ke driver-nya kalo mau diturunin dimana, karena mereka selalu sebutin wahana apa aja yang akan kita lewati selama perjalananan.

source: https://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/

Kemarin kami pertama lewat rute ke arah Taman Iptek, Taman burung terus ada juga lewat Istana Anak. Selama naik bis juga bisa menikmati anjungan-anjungan dari dekat. Dan kalo udah sampe di halte tujuan semuanya wajib turun dan ga boleh balik nebeng ke tempat semula. Jadi kalo mau balik ya harus naik bus wara wiri yang tujuannya balik.

Sayangnya waktu aku kunjungi kemarin masih banyak banget wahana dan museum yang tutup. Informasinya tuh ada di web sayang aja pas aku kesana gak ada inisiatif untuk catet jadi ya mampir-mampir ternyata masih ditutup, sayang sih dan lumayan banyak juga yang seperti itu. Akhirnya kita ke Dunia Air Tawar deh, enaknya disini dekat dengan Kuliner Nusantara setelah capek keliling kita bisa makan-makan dulu di wilayah Kuliner Nusantara yang lumayan banyak pilihan makanannya.

Untuk masuk ke Dunia Air Tawar ini harus membayar lagi Rp35.000  tapi ini udah sekalian dengan dunia Serangga. Isinya ya ikan - ikan dan aquarium kayak Mini Seaworld tapi kan kalau Seaworld itu ikan-ikan laut ini yang disini ya dari air tawar, ada berbagai macam ikan di aquarium berbagai ukuran yang bikin takjub sih dan banyak juga ikan-ikan predator, ikan raksasa jadi tetep menikmati banget. Tapi cukup di sayangkan menurutku masih kurang terawat. Yang paling mengganggu adalah kaca aquarium itu ada beberapa yang cukup burem nggak kayak kaca di Seaworld yang jernih terus bersih disini agak kotor emang sih masuknya cuma Rp35.000 yaaa mungkin cukup sulit dibandingkan dengan ikan-ikan menakjubkan yang harus dirawat.

Jujur aku nggak expect kalau dunia air tawar tuh gede banget aku pikir kayak masuk aquarium beberapa ikan trus udah selesai eh ternyata makin masuk tuh makin gede, banyak dan beragam banget ikan-ikan yang ada jujur aja sih aku suka,  fantastis banget liat Arapaima yang panjang hampir 4 meter trus ada ikan-ikan predator banyak banget koleksi-koleksi ikannya dan aku gak jadi kecewa karena emang di luar ekspektasi aku. Dunia serangga nya juga kayak bangkainya aja jadi kayak museum gitu sih jatuhnya kalo disini.

Gak lama dari itu kami memutuskan untuk makan dan solat sebelum akhirnya pulang. Cuaca ga menentu kalo udah siang apalagi kayak gelap mau hujan gitu terpaksa disudahi dulu. Kejadian ngenes waktu mau nunggu bis balik ke pusat informasi. Lama dan tiap bis yang lewat itu penuh banget. Emang bukan halte transit jadi ya cuma bisa berharap ada kursi kosong tapi sulit banget dapet. Memutuskan untuk jalan kaki aja deh, eh gak lama bis kosong dateng dong ke halte itu mungkin liat rame yang nungguin. Salutnya disini mereka tertib, cuma mau naikin penumpang dari halte jadi kita ga bisa sembarang mau ikut naik meskipun bisnya kosong. Tapi kami kemarin jalan kaki juga gak jauh ternyata, nikmatin beberapa anjungan eh nyampe deh ke pusat informasi bisa langsung cari bis ke parkiran atau lanjut jalan lagi.

Meskipun emang panas sih dan ga dapet banyak museum atau wahana yang diliat menurutku liburan kali ini tetep worth the price. Selanjutnya mungkin aku bakal planning dulu sih mau kemana dan mastiin yang buka tuh apa aja karena emang gak bisa sehari datengin semua lokasi. Atau kalo temen-temen sekedar mau piknik ala-ala gitu juga bisa loh dan lumayan banyak gitu. Sambil nikmatin makanan dan mungkin sesekali keliling naik bis atau nyewa scooternya. Di Pusat Kontrol Mobilitas kita bisa sewa scooter selama 15 menit dengan Rp25.000 atau 30 menit dengan Rp35.000 dengan jaminannya tuh KTP kita. Buat liburan bareng keluarga sih rekomendasi banget ke TMII! Jangan lupa disini tuh juga udah serba pake qr-code yaaa pastiin baterai hp dan kuotanya ada selalu 😆

Post a Comment

8 Comments

1. Belum pernah sih kesini Kak, tapi dari artikel ini Teddy jadi cukup tertarik ke TMII walau setiap wahana berbayar tapi cukup layak lah ya Kak?

Replies
    1. Iya tetep rekomendasi kok. Karena bayarannya juga gak bikin teriak-teriak banget.

2. terakhir ke TMII sebelum renov tahun 2019. ke museum teknologi. hehe
    mahal juga ya sewa motor dan mobilnya. ada sewa sepeda gak ya? barangkali lebih murah. hehe.
    aku pun tertarik ingin olahraga minggu pagi disana

Replies
    1. wah kemaren gak sempet kesana... kayaknya masih belom buka juga apa ya..
      kalo sewa sepeda ada deh kalo ga salah, bawa sendiri juga bisa tapi emang harus bayar gitu lagi hahahaha
      asik emang buat olahraga disana, kalo pagi-pagi pasti masih sepi banget

Delete
  3. aku naik gondola di Ancol tiketnya 75000 mba wkwkwk mahil mending ke TMII yah

Replies
    1. eh ternyata di Ancol lebih mahal yaaak, aku malah belom pernah nyobain deh kalo yang di Ancol. cuss mbaa ke TMII yang baru ini hehehe

Delete
  4. Dunia air tawar ini salah satu tempat yang aku suka kunjungin kalau ke TMII! Memang kalau dibanding Seaworld sih beda banget, tapi koleksinya cukup banyak dan beragam. Paling takjub sih lihat Arapaima-nya, gede-gede banget! 🙈. Museum-museum lainnya juga bagus sebenernyaaa. Seru sih kalau ke TMII kayak nggak cukup seharian 😂. Kak Tika pernah ke Museum Reptil nggak? Itu juga bagus koleksinyaa.
    Semenjak habis direnovasi jadi lebih rapih banget ya!! Cuma sayang banget kalau emang harus naik bus wara-wiri harusnya diperbanyak busnya biar kalau lagi ramai tuh antrinya nggak kelamaan 😂. Terus kayaknya masih cukup gersang di sana ya 😂

Replies
    1. Iya Lii seru emang ke Dunia Air Tawar... gak nyangka isinya gede banget ternyata... aku belom pernah Li ke Museum Reptil, kemarin karena baru pertama kali lagi kesana setelah revitalisasi jadi kagok dengan suasana barunya mana cuma bisa naek bis kan jadi masih keliling semua wilayah yang banyak, bener kayak kata Lia, ga cukup sehari wkwkwk

Betul, harusnya diperbanyak apalagi musim libur dan weekend, itu tuh rame banget dan bikin antri panjang.. mungkin karena baru jadi pohonnya masih kecil-kecil wkwkwk tapi emang panas sih kalo pas kelilingnya tuh