PLACE TO GO: TAMAN BUNGA NUSANTARA

Suatu pagi di grup chat keluarga.

Mama: Ke Taman Bunga Nusantara yokkk

Me: Gaskeuunnnn

Dan begitulah akhirnya kami sekeluarga memutuskan weekend ini untuk main ke Taman Bunga Nusantara. Sebenernya udah lama pengen kesini lagi sejak belasan tahun yang lalu bener-bener terpukau sama Taman Bunga Nusantara. Waktu kami ke Kebun Raya Cibodas sebenernya awalnya kami memutuskan untuk ke Taman Bunga Nusantara tapi karena gak formasi lengkap akhirnya kami menunda yang akhirnya terwujud juga pas adikku lagi libur semester dan ada di rumah.

Kali ini kami bener-bener niat banget untuk datang ke Taman Bunga Nusantara. Berangkat dari rumah jam setengah 6 pagi, ngejer untuk sampe ke tempat itu pas masih pagi. Tapi kami juga cukup santai sebenernya karena menyempatkan sarapan dulu di Puncak Pass. Berangkat jam segitu aja ternyata di Tol Jagorawi udah rame banget… emang bener-bener ya Puncak tuh.

Setelah melalui perjalanan panjang dan terjebak sedikit oleh Google Maps (dibaca lewat perumahan dengan jalan yang cilik banget) akhirnya kami sampai juga di Taman Bunga Nusantara sekitar jam 9 pagi.


LOKASI

Alamat lengkapnya ada di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254 aksesnya emang agak lewat jalan kampung / desa gitu tapi jalannya bagus kok!

 

ENTRY FEE

Menuju Taman Bunga Nusantara ini kami menggunakan mobil pribadi. Untuk parkir dikenakan biaya Rp 15.000. Masuk ke Taman Bungan Nusantara sebesar Rp 50.000 per orang dan jika ingin naik Wara Wiri di dalam bisa langsung bayar Rp 60.000 untuk tiket masuk + Garden Tram atau Rp 70.000 untuk tiket masuk + Exotic Tram. Kami memutuskan untuk beli paket yang Exotic Tram.

sumber: https://www.tamanbunganusantara.com/home/sarana/garden-tram/


Perbedaan Garden Tram dan Exotic Tram itu cuma di kendaraan aja. Kalau Garden Tram itu bentuknya kayak kereta sedangkan Exotic Tram itu mirip golf cart versi lebih besar. Lebih enak yang Exotic Tram karena akses melihat dan menikmati itu lebih besar dibandingkan Garden Tram yang cuma berupa jendela.

Btw, kalo mau belinya nanti pas di dalem juga bisa kok untuk tram nya ini.


TAMAN BUNGA NUSANTARA

Aku cukup rewel ke keluarga aku untuk bisa sampai di Taman Bunga ini tuh pagi, kalau bisa baru buka kita udah sampe. Bukan ngejer sepinya tapi aku takut akan panas banget dan malah mengganggu kami menikmatin Taman ini lebih lanjut. Dan kebetulan pas aku sampe emang sepi banget, di parkir cuma ada 3 mobil + 1 bus yang ternyata mau ngadain acara gathering di dalem jadi mereka ga keliling sih.

Bener aja, kami datang jam segitu matahari gak panas banget dan masih enak untuk dijalani. Karena kami langsung beli tiket exotic tram, kami masuk langsung lewat pintu khusus exotic tram ini. Jam setengah 10 dan belum ada orang lain yang mau naik alhasil serasa naik exotic tram private!

Beruntungnya lagi kami dapet supir / pemandu yang baik banget! Beliau bawanya santai, jelasin dengan baik dan jawab pertanyaan orang tua ku yang minat terhadap tanamannya tinggi banget. Belom lagi karena masih sepi dan di tram cuma kami, beliau menawarkan diri untuk jadi fotografer kami! Wah beruntung banget, sudah pasrah menyiapkan tongsis aja untuk foto berempat eh ditawarin dong. Belom lagi beliau jago banget nyari lokasi dan posisi yang pas. Ngarahin gaya lagi! Untuk kami yang tidak jaim dalam berfoto ya puas dong. Hasilnya juga bagus-bagus banget. Btw beliau sih tidak menarik biaya jasa atau apa tapi ga ada salahnya temen-temen berbagi kalo dapat pelayanan yang memuaskan, karena efek pandemi ini emang Taman Bunga Nusantara belum pulih setelah 2 tahun ditutup dan karyawannya mengalami pengurangan jam kerja menjadi 15 hari perbulannya.

Konsep tram ini sih kalian bisa turun/naik di halte yang udah disediakan asalkan tiketnya yang bercap itu enggak hilang. Kami bener-bener kelilingin semua tempatnya dan akhirnya diturunkan di Taman Jepang karena abis ini udah balik lagi ke tempat kami naik. Emang enaknya naik ini kita jadi bisa milih dulu kira-kira mau ke Taman yang mana ya karena emang kita baru liat dari luar aja.

Taman Bunga Nusantara emang cakep banget sih. Sekarang makin banyak Taman baru yang dibuat dan ditambah untuk memanjakan pengunjung. Dijamin stok foto kalian langsung banyak banget! Ada banyak konsep taman yang dibawa seperti Taman Jepang, French Garden, Clock Garden, Musical Garden, Taman Amerika, Rose Garden, Flower Tunnel, Dinosaurus Garden, Snow Lake Garden, Taman Mediteranian dan banyak pollll pokoknya.

Musical Garden (air mancur sesuai dengan musik yang mengalun)

Swan Lake

Taman Jepang


Taman Amerika


French Garden

Mediterranean Garden

Rose Garden

Clock Garden

Mediterranean Garden

Karena alhamdulillah masih punya fisik yang kuat, tanpa sadar kami malah masuk ke semua taman yang ada. Emang engga selalu jalan karena jangan khawatir disini disediakan banyak banget gazebo dan kursi-kursi untuk istirahat. TIPS: jangan lupa bawa perbekalan kayak snack dan air minum. Jadi kalo capek tiba-tiba bisa tuh ngadem dulu sambil makan-makan. Istirahat 20 - 30 menit misalnya baru lanjut keliling lagi jadi enggak kerasa capeknya. Tapi jangan khawatir dibeberapa lokasi juga ada yang jualan kok. Bisa beli minum dan jajan juga.

Fasilitasnya emang patut diacungi jempol banget sih. Toiletnya bersih banget dan banyak, musholla juga mudah banget diakses jadi engga perlu khawatir sama sekali kalo udah masuk jam solat. Agak beda dengan Kebun Raya Cibodas yang banyak banget orang gelar tiker untuk piknik ala-ala. Disini gak begitu banyak, paling memanfatkaan gazebo yang ada atau cari tempat yang adem kalo mau makan siang pas di taman. Karena aku liat ada tuh sekeluarga kayak ambil gazebo, gelar tiker dan jadi basecamp. Yang mau keliling silahkan tapi ada yang jaga gazebo dan barangnya. Patut dicoba. Tapi kalo ga bawa makan ada juga resto nya. Gak perlu khawatir dan buru-buru keluar.

Sekitar jam setengah 11 hari udah mulai panas. Sudah mulai gak nyaman kalo misal mau berburu foto karena udah silau gitu. Tapi meskipun panas terik tapi aku kemarin gak keringetan loh mungkin karena emang udaranya tuh termasuk adem sih. TIPS: usahakan bawa topi atau payung! Apalagi kalau kalian sampai di lokasi itu siang, akan sangat membantu banget. Kemarin sih awalnya mau bawa topi aja tapi kok malah susah akhirnya aku memutuskan bawa payung aja, ada untungnya juga aku selalu rajin baca review atau cerita orang ke suatu tempat jadi bisa prepare. Sempet diolokin tuh sama keluarga karena aku rempong bawa payung eh ujung-ujungnya malah ikutan nebeng payung hahaha. Tapi disana ada yang jual topi dan payung juga kok kalo kalian tertarik. Tapi ini wajib banget ada biar gak keganggu keliling-kelilingnya.

Disini juga ada Labirin dan Gardu Pandang, lokasinya dekat dengan Taman Bali kalo Gardu Pandang dan Labirinnya persis sebelahan. Awalnya aku pengen banget naik ke Gardu Pandang. Ayahku gak sanggup karena itu tinggi banget dan harus naik tangga biasa. Melihat-lohat Labirin akhirnya mau nyoba. Gede banget sih dan kayaknya susah tapi diluar udah disediakan maps gitu dan bisa di foto untuk jadi panduan. Untungnya pas kami itu ada barengan mba-mba gitu yang jago banget baca map-nya alhasil kami ga butuh waktu lama untuk keluar. Kalo kata mama aku sih kurang seru karena cepet banget tapi aku yakin kami malah ga bisa keluar nanti. Sayangnya karena keluar di sisi lain agak jauh juga balik lagi ke Gardu Pandang akhirnya gak jadi deh melihat Taman Bunga Nusantara dari atas.

Gardu Pandang

Labirin

Disini juga ada area permainan gitu tapi kayaknya sih lebih ke anak-anak ya. Bisa naik kereta-kereta dan ada beberapa kios makanan juga. Pas aku kepo-kepo ternyata ada Area Piknik khusus. Aku kira itu kami bisa datang dan gelar tikar disana khusus buat yang emang mau piknik gitu (udah sampe bawa tiker loh kami) ternyata itu hanya bisa untuk rombongan besar yang mau ada acara gitu dan harus hubungin pihak Taman Bunga Nusantara dulu sebelumnya.

Jam setengah 1 perut mulai lapar akhirnya kapi ke resto yang ada di dalam. Ada resto Indonesia dan resto Arab. Yap, disini banyak banget orang Arabnya! Berasa lagi di Arab tapi ini mah Indo wkwkwk banyak polll, mungkin emang pas banget baru selesai haji dan mereka belum kembali ke Arab. Nah kami makan di Kafe Marigold. Ada banyak banget jenis makanan dan minuman kayak mie ayam, nasi timbel, gado-gado, nasi goreng sesuai selera aja. Harganya juga standar kok menurutku dan emang yang gak spesial banget tapi lumayan untuk menghilangkan lapar.

Agenda selanjutnya abis makan dan solat pengennya sih duduk-duduk di taman. Cuma udah ada yang rewel ingin pulang akhirnya kami keluar deh. Area selanjutnya yang ada diluar yaitu yang jual tanaman! Ini mama dan ayah aku udah ga sabar banget mau kesini hahaha. Dan ya sebagai pecinta bunga mereka borong dong banyak banget! Emang banyak banget jenisnya dan harganya itu enggak mahal-mahal dan ada diskonnya juga. Kata ayah sih harganya mirip dengan yang ada di deket rumah.

Jam 2 siang kami keluar dari Taman Bunga Nusantara dan akhirnya memutuskan pulang. Hari ini seru banget sih. Aku puas dan orang tuaku yang suka banget sama tanaman puas. Cocok banget buat ngajak orang tua ataupun yang punya anak kecil. Emang ada beberapa yang cukup disayangkan kayak Peacock Garden, dulu kami sampe foto pake fotografer disana dan dicetak karena cantik banget. Bunganya warna-warni banget sayangnya kami kemarin cuma satu warna dan banyak yang baru ditanam jadi masih ijo-ijo. Sama ada rumah kaca dulu kami bisa masuk gratis dan isinya lumayan menarik tanamannya tapi sekarang harus bayar Rp 5.000 dengan jenis tanaman yang kurang menarik gitu.

Post a Comment

6 Comments

  1. Foto cover post ini bagus banget, saya kira malah cover buku yang sudah publish.
    Senang melihat sekeluarga bisa weekend bareng, biasanya kalau cowok pasti males dan punya agenda sendiri di hari libur. You are blessed.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya itu salah satu spot yang ada di Taman Bunga Nusantara 😊
      Alhamdulillah emang masih bisa kumpul-kumpul bareng keluarga

      Terima kasih udah berkunjung
      Salam kenal juga

      Delete
  2. Seru banget baca cerita Kak Tika 😍. Aku makin suka berkunjung ke sini sejak ada tema traveling 😆. Please sering-sering posting ya!
    Btw, iya banget Taman Bunga Nusantara tuh guede banget! Dan kayaknya dulu belum ada mobil wara-wiri deh? Seingetku dulu aku sama temen-temen jalan kaki ngiterin semua area di taman yang mana luas banget 😂 untung udaranya sejuk-sejuk meski terik, jadi jalan kaki masih kuat wkwk. Kalau taman Mediteranian kayaknya ini baru ya, Kak? Aku cuma inget ada taman Jepang dan Bali wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Li, akhirnya cita-cita punya sesi travel di blog bisa dipenuhi setelah pending gara-gara pandemi 😆

      Kayaknya emang fasilitas baru ya, dulu pas kesini juga belum ada deh aku liat mobil wara-wirinya. Emang kayaknya banyak banget yang diupdate dan dirubah dari taman ini aku juga yang paling inget cuma Taman Jepang sama Peacock Garden sisanya emang banyak yang baru termasuk Taman Mediteranian itu

      Delete
  3. bersih banget, sukak liatnya, betah juga ya kalau ngeliat yang bersih dan ijo royo royo kayak gini,. Jadi mau juga kesana, tapi jauhhhh, hiks

    aku juga kadang "rewel" mbak kalau urusan pergi pergi, biasanya nih kalau sama sohibku udah aku kasih ultimatum, kalau bisa berangkat pagi pagi, kalau perlu pas jam buka tet, kita udah didepan pintu tujuannya hahaha

    nama tamannya juga banyak nih, terus apakah ada satu tanaman yang mungkin juga ditanam di taman yang lain mbak? misalnya taman rose garden dan clock ada tanaman yang sama gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa... enak banget untuk ngademin mata yang sehari-hari depan laptop terus liat yang ijo-ijo gitu kan yaa

      sama banget kita mba! aku juga pengen kalo bisa pas baru buka banget kita udah sampe dan langsung masuk

      hmmm aku gak terlalu merhatiin tapi ada beberapa sih yang emang bunganya tuh kayaknya nyebar di beberapa taman tapi bukan bunga spesifik kayak mawar itu emang cuma ada di Rose Garden gitu tapi kalo yang biasa warna warni lumayan mudah ditemuin di banyak lokasinya

      Delete