HOLIDAY D-1: SINGGAH SEBENTAR KE SEMARANG

Badan lagi capek-capeknya tapi seneng banget karena baru aja dapet kesempatan libur selama 1 minggu! Kali ini aku bakal cerita perjalanan liburan sekalian mengantar adikku yang akan mulai kuliah lagi di Malang. Semoga catatan liburan yang aku buat bisa jadi inspirasi buat temen-temen yang mungkin lagi merencanakan liburannya!

Bener-bener bersyukur dapat atasan yang baik dan mau kasih kesempatan untuk cuti panjang selama 1 minggu. Awalnya udah deg-degan gak akan dapat izin eh ternyata bisa dan malah dapet rekomendasi tempat-tempat wisata juga dari Pak Bos.

Perjalananan kali ini kami lalui via darat karena supaya bisa keliling dengan leluasa. Perjalanan dari rumahku untuk sampai Malang itu kira-kira 10-11 jam nonstop tapi kami akhirnya memutuskan untuk menginap sebentar ke Semarang supaya selama liburan bisa fit dan gak capek duluan.

Pilih Semarang karena kebetulan emang jalurnya lewat dan pas ditengah gitu, orang tua ku juga belom pernah kesana jadi ga ada salahnya mampir sebentar aja sekalian istirahat. Aku memutuskan ajak mereka menginap dekat Kota Lama Semarang supaya sorenya bisa melihat-lihat sedikit tempat di Semarang karena besok pagi kami langsung ke Malang.

MASJID AGUNG JAWA TENGAH

Aku yang udah 2 kali kesini tuh suka banget sama Masjid satu ini karena konsepnya yang mirip di Madina. Aku pun ajak keluargaku untuk istirahat dan sholat disini karena pas banget sampe Dzuhur di Semarang. Sampe jam 12-an tau dong sepanas apa itu dan Semarang tuh emang parah banget sih panasnya. Karena dulu aku datangnya kalo gak pagi ya sore, jadi gak expect akan sepanas ini. Mau ajakin foto setelah solat Dzuhur aja didepan payung-payungnya gak bisa karena panas banget dan kaki aku kebakar!

Jadi karena aku dulu waktu mampir sini tuh bukan pas waktu solat dan adem jadi masih agak bingung masuknya lewat mana. Naiklah kami lewat payung itu karena aku taunya lewat situ. Sayangnya masuk wilayah payung itu kena batas suci dong jadi harus lepas sepatu, bayangkan keramik yang panas vs kaki telanjang, apa gak melepuh! Mana jaraknya jauh banget kan batas suci itu dan payungnya gak dibuka jadi kebakar banget lah.

Ternyata kalo mau nyaman itu lewat samping dan bawah, pokoknya deket gedung serbaguna dan kearah tempat wudhu. Dijamin gak akan kena zonk kayak aku dan aman tentram bahagia lah. Karena sudah tidak mood dengan kondisi super panas dan kaki kebakar, kami akhirnya memutuskan untuk cari makan dan ke hotel. Buat yang dateng kesini pas siang-siang jangan lewat atas ya kalo mau solat di masjidnya!

HOTEL HORISON KOTA LAMA SEMARANG

Karena tujuan untuk singgah sebentar itu di Kota Lama akhirnya mencari lah hotel yang terdekat dengan harga yang gak terlalu mahal karena toh cuma sebentar aja. Melihat ada Horison yang namanya udah cukup terkenal dan aku punya pengalaman pernah menginap disini akhirnya memutuskan untuk menginap disini.

Tapi, cukup disayangkan menurutku untuk Hotel Horison Kota Lama ini agak mengecewakan ya. Sebenarnya lokasinya tuh strategis banget, kalo mau ke Kota Lama cukup jalan kaki jadi tidak perlu menerjang padatnya jalanan tapi sayangnya fasilitasnya kurang banget dibandingkan yang pernah aku tinggali dulu.

Hotelnya tuh emang gak terlalu besar sih, parkirnya juga kecil jadi susah kalo pengunjungnya rame. Kamarnya sih nyaman cuma kurang kedap deh, soalnya suara-suara dari luar tuh kedengaran apalagi di lorongnya tuh kan dipasang musik-musik gitu sama hotelnya suka masuk ke dalam kamar, kasian aja yang tidurnya sensitif jadi gak nyenyak. Belum lagi kamar mandinya yang kecil dan agak menyedihkan sebenernya. Gagang pintunya lepas, selang pipanya pendek banget dan kaca tuh cuma ada di kamar mandi! Ribet banget kalo ada yang pake kamar mandi dan kita harus bersiap. Sayang banget sih untuk bintang 3 tapi aku rasa jauh sekali penurunan kualitasnya. Btw, kami ga ambil sarapan sih karena mau jajan aja di sekitar Hotel.

KOTA LAMA SEMARANG

Kota Lama Semarang ini emang sebenernya cuma kayak jalanan dengan banyak bangunan-bangunan lama yang dipertahankan diselingi berbagai macam cafe dan rumah makan juga. Beda dengan Kota Tua Jakarta yang bener-bener lokasi khusus jadi ramenya itu rame orang jalan dan keliling kalo disini tuh rame motor iya, rame mobil juga iya. Jadi kurang nyaman emang karena padet banget apalagi kayak aku kemarin yang dari ujung ke ujung jalan kaki jadi takut ketabrak dan kena debu banyak banget. Apalagi aku datang pas hari Minggu, ramenya minta ampun sampe malam.

Tapi kalo engga lewat jalan utamanya sih masih bisa tenang, paling motor aja lewat dan kalo mau lihat-lihat gedung tua sekaligus foto-foto sih tetep masih bisa terpuaskan. Apalagi selama kami berjalan itu banyak banget yang foto-foto di lokasi yang emang udah terkenal gitu, ada yang photoshoot ada yang prewed, macem-macemlah.

Aku sedikit khawatir sih orang tuaku ga cocok diajak kesini, syukurlah mereka suka ngeliat-liat gedung tua trus kalo capek tinggal beli minum atau jajan di kafe-kafe kecil yang banyak banget sepanjang jalan.

KAMPUNG BATIK

Tepat di belakang hotel kami ada Kampung Batik. Seharusnya sih kalo mau datang kesini tuh agak siangan ya supaya banyak yang buka. Sedangkan kami kesana jam 6 pagi, ceritanya sih sekalian mau jalan pagi dan cari sarapan gitu. Untungnya meskipun namanya Kampung Batik dan emang di konsep penuh dengan mural batik dan pernak-pernik batik, masuk ke kampung ini bebas banget. Melihat-lihat dan ya selayaknya jalan di kampung aja. Tapi kalo siangan mungkin akan rame yang jualan batik sih.

Warganya juga ramah-ramah kok, mereka dan nyapa kita meskipun kita cuma lewat dan pagi-pagi banget lagi. Gak ada tuh wajah sinis ngeliatin gitu, jadi nyaman banget untuk keliling-keliling melihat apa aja yang ada di dalam Kampung Batik ini.

Sayangnya karena singkatnya waktu kami di Semarang gak bisa bener-bener puas sih, nyobaik Lekker Paimo aja gak kesampean dan keluargaku gak terlalu suka dengan lumpia karena bau rebungnya itu jadi emang gak terlalu mau nyobain. Akhirnya kami pun harus melanjutkan perjalanan kurang lebih 6-7 jam untuk ke Batu dan memulai liburan sesungguhnya! Tunggu kelanjutan cerita selanjutnya!

Post a Comment

4 Comments

1. Mba Tikaaa I feel you, Semarang panas banget kalo siang kayak mataharinya ada tiga. 😆 Dulu pas ke masjidnya juga aku sampe jingkat-jingkat soalnya panas banget keramiknya, wkwk. Tapi seneng banget soalnya wishlist sudah terpenuhi. 😍 Kota Lama juga ruame banget, dulu aku datang ke sana pas masih ada pembangunan, jadi debu-debunya bertebaran. Bangunannya jadi pelipur lara soalnya bagus😍

ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaaa mba, kok bisa Semarang tuh sepanas itu.... aku bukan jingkat-jingkat lagi mbaaa, lari ngebut nyari bayangan buat dinginin kaki yang tetep aja panas. Aku kemarin juga pas datang ada beberapa spot yang lagi perbaikan tapi untungnya engga lagi dalam pengerjaan.. mungkin hari minggu libur jadi gak banyak debu cuma musuhnya motor sama mobil yang rame banget!

Delete
  2. Kak Tikaaa akhirnya jalan-jalan jauh kali ini yaaa 🙈. Hotelnya sayang sekali kurang memuaskan. Biasanya kalau di hotel kan penginnya tidur lelap sehabis capek jalan-jalan ya, jadi kalau kamarnya kurang kedap tuh lumayan menurunkan penilaian sih ya 😂. Apalagi kondisi kamar mandinya begitu, makin drop aja penilaian buat hotel ini.
    Btw, aku nggak sangka kota lama Semarang seramai itu!! itu padat banget motonyaaa. Aku pikir jalanannya ditutup kayak di Jakarta jadi bisa puas jalan-jalannya 😂. Tapi oke juga Kak Tika masih bisa dapat foto di lokasi yang sepi hahaha

ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa Li, untungnya aku bisa tidur dalam kondisi apapun jadi gak keganggu tapi kasian sih buat yang mudah banget keganggu tidurnya.
      Parah sih ramenya emang... beberapa tahun yang lalu aku juga pernah kesini tapi engga pernah liat motor mobil sebanyak ini, ruame poll...
      Kami inisiatif jalan ke dalam aja menjauhi jalan raya jadi dapet spot-spot kosong juga akhirnya