HOLIDAY D-2: OTW KE BATU MALANG - THE BATU HOTEL & VILLAS DAN BUKIT BINTANG

Karena sudah setengah perjalanan akhirnya kita memutuskan gak terlalu terburu-buru untuk sampai ke Batu nya. Berangkat dari hotel kira-kira jam 9-an. Karena kami berjalan di hari kerja beneran sepi banget itu jalan Tol, tetep ada mobil lain cuma ya gak padat dan kita sesekali berhenti di rest area untuk jajan atau sekedar meluruskan badan. Capek jugaaa berjam-jam di dalam mobil.

REST AREA KM 456

Ini rest area yang terkenal banget karena katanya udah kayak mall dan yang paling terkenal sih Sky Bridge nya. Jadi ada rest area KM 456 A dan B nah kalo biasanya kita ga bisa ngunjungin rest area yang diseberang, beda dengan disini kita bisa lewat Sky Bridge nya, apalagi katanya sih rest area ini tuh dikelilingin sama gunung makanya kita makin kepo dan memilih untuk istirahat disini.

ini rest area km 456B ke arah Jakarta (lupa foto yang kearah Malang)

Tempatnya emang bagus dan wah banget sih, tempatnya luas dan emang kayak mall gitu bentuknya. Yang jual baju ber-merk aja ada disini. Cuma menurutku belum terlalu banyak sih pilihannya.

Tempatnya dingin sejuk gitu, bikin nyaman buat istirahat. Tapi aku enggak nyobain sih sky bridge nya kalo dibilang cantik ya emang cantik banget sih tempatnya, tapi sayang belom ada pom bensinnya jadi kayak 2x kerja gitu deh kalo beneran kepepet butuh bensin bakal susah sih.

THE BATU HOTEL & VILLAS

Karena tujuan kami ke Batu dari Semarang, jadi si google maps bawa kami lewat jalan kecil berliku dan naik turun setelah keluar dari Tol. Agak salah rencana sih karena dengan PD nya mau makan aja nanti pas ke arah Batu eh malah susah nyari tempat makan, yang banyak pun jualnya itu bakso itupun banyak yang tutup. Jadi mungkin temen-temen yang bernasib sama bisa nyari makan di rest area aja sih yang udah pasti terjamin pilihan makanannya.

Setelah membaca ntah berapa review-revie hotel di Traveloka yang juga masih masuk ke budget kami akhirnya kami sekeluarga memutuskan untuk menginap di The Batu Hotel & Villas. Tempatnya strategis banget karena dekat dengan berbagai tempat yang sudah kami rencanakan untuk kunjungi. Awalnya kami bingung sih apakah kami beli kamar yang family atau pisah kamar aja karena agak heran di Batu itu rame banget jadi sisa kamarnya dikit-dikit banget padahal bukan lagi musim libur loh. Setelah menimbang-nimbang akhirnya kami memutuskan aja untuk beli kamar yang Family Suite Balcony. Ini kamar untuk 4 orang dengan balkon luar yang disediakan buat duduk-duduk sambil memandang. Ada 2 jenis family suite, 1 lagi yang access pool dimana depan kamar kita itu langsung kolam renang jadi bisa nyemplung aja tuh. Cuma takut enggak leluasa karena pasti ada orang yang berenang akhirnya kami memutuskan pilih yang pakai balkon aja.

pemandangan dari Balkon

Kamarnya itu engga gede sih karena penuh dengan tempat tidur, cuma aku suka karena dia tuh full jendela jadi terang banget. Apalagi di Batu dingin banget, kami gak pernah pake AC cukup buka aja jendela dan balkon. Balkonnya juga enak karena diatas jadi kalo malam bisa menikmati lampu-lampu disediain bean bag lagi. Tapi kayaknya semua kamarnya sih disediakan balkon deh.

Kamar mandinya lega, ada bathtub juga dengan pemandangan Gunung Arjuna. Kalo mau berendam bisa banget sambil melamun ngeliatin Gunung Arjuna. Cuma emang samping hotel ini tuh kayak vila terbengkalai jadi agak gak enak sih kalo liatin ke bawah. Fasilitas lengkap di kamar dan nyaman sih.

Gn. Arjuna

Yang unik tuh disini gak dikasih botol minum! Aku yang awalnya udah mau protes pas baca aturan di kamar ternyata mereka mau mengurangi plastik gitu dan nyediain semacam keran air yang airnya langsung dari gunung tapi udah di filter juga di tiap lantainya. Jadi cuma disediain teko kaca dan teko panas. Aku sih suka karena kadang air yang dikasih dengan hotel tuh gak pernah cukup dan harus beli lagi. Kalo gini kan bisa puas nambah terus. Tapi kalo merasa gak nyaman bisa minta ke resepsionis kok nanti dikasih yang botol 1 liter itu, kami di hari terakhir minta untuk stock di mobil.

Untuk sarapan itu di lantai 7, tempatnya enak dan makanannya lumayan lengkap kok. Kami menginap 3 hari tapi enggak bosen sih dengan menunya. Jenisnya sih beberapa sama tapi biasanya rasa makanannya dibedakan dan selalu ada jajanan pasarnya! Jadi kalo gamau makanan yang western atau nasi di pagi-pagi bisa nyemilin jajanan pasar yang mereka sediakan.

Hotelnya emang bintang 3 tapi aku suka dengan fasilitas dan layanan yang dikasih. Engga mengecewakan dan gercep juga kalo kita butuh apa-apa. Kami kemarin untuk Family Suite 4 orang itu dibandrol kurang lebih 1,4juta sudah include sarapan.

KOPI BATURONO

Awalnya aku berencana untuk ajak makan malam di Bukit Bintang, aku udah sampein juga ke keluargaku. Siapa sangka kalo Bukit Bintang ternyata persis diseberang hotel kami. Bahkan dari balkon hotel kami aja kami bisa lihat Bukit Bintang. Akhirnya batal rencana dan langsung muter otak. Untungnya aku udah nandain beberapa tempat makan yang kayaknya oke dan deket hotel.

Kopi Baturono ini jual makanan Jawa gitu dengan konsep tempat makan juga ada unsur Jawa-Jawanya gitu. Konsep kayak prasmanan tapi sebenernya diambilin sama mas-nya gitu kecuali nasi btw disini ada nasi jagung loh. Jenis lauknya banyak sih dan porsi yang dikasih itu lumayan sih kalo menurutku. Makanannya enak ya makanan khas Jawa, suasana tempat makan juga enak kok. Cuma kalo dibilang murah engga sih menurutku, kalo kebanyakan pilih jenis lauk ya jadi mahal ya. Apalagi kayak aku yang pengen dikit-dikit tapi jenisnya banyak bisa boncos juga tuh. Sayangnya pas kami dateng udah malem itu ada beberapa lauk yang udah abis, yang jaga makanannya kurang gercep kalo ada yang habis langsung isi gitu harus ditanyain dulu kayak pas aku minta sambel. Padahal udah ada cuma ga langsung ditambah lagi. Makanannya juga jadi ga anget ya karena emang ga dipanasin apalagi Batu yang dingin bikin makanannya makin dingin deh. Kayaknya sih emang gak puas-puas banget deh makan disini.

BUKIT BINTANG

Meskipun dari kamar lebih jelas keliatan, tapi ya kami tetep mampir untuk melihat ada apa sih di Bukit Bintang. Karena ada di dataran tinggi, kota yang di bawah itu kalo malam hari keliatan kayak bintang pas mereka ngidupin lampu rumah / gedung. Bukit Bintang ini sebenernya cuma lapangan luas yang kosong aja, kalo siang ga ada apa-apa tapi kalo malam di depannya rame yang jualan minuman hangat dan makanan.

Masuknya gratis, paling cuma bayar parkir doang baik untuk motor maupun mobil. Di dalem tuh ga ada tempat duduk jadi kita bisa bawa karpet atau terpal sendiri dan kalo mau mudah sih sewa aja cuma 5000 rupiah. Kalo bawa mobil bisa juga tuh parkirnya tuh diputer balik jadi bagian belakangnya dibuka dan tinggal duduk di mobil aja sambil nikmatin cahaya lampu. Saat kami datang itu lumayan rame loh padahal hari Senin, jarang sih yang keluarga gitu emang banyakan yang pacaran atau ramean sahabatan gitu. Untuk liburan gratisan malam-malam lumayanlah ya.

Hari pertama di Batu udah excited banget padahal belum mulai jalan-jalan kemanapun. Tungguin lanjutan cerita ngapain aja selama di Batu!