HOLIDAY D-3: AGROWISATA & MUSEUM ANGKUT

Salah satu tempat yang pengen banget aku datengin waktu di Batu yaitu Museum Angkut! Ini tuh kayak salah satu tempat yang wajib banget untuk didatengin pas kesini ga sih? Makanya pas ada kesempatan kesini aku langsung bilang pengen banget dateng kesini meskipun aku ragu-ragu sih apakah yang lain bisa nikmatin juga kesini.

Sayangnya Museum Angkut ini baru buka jam 12 siang. Karena gak mungkin menyianyiakan setengah hari setelah dapat libur yang susah payah ini. Akhirnya aku ngajak keluargaku untuk agrowisata.

Sebenernya ada banyak banget agrowisata yang sudah aku tandain gitu kan cuma beberapa tuh cuma menawarkan kayak 1 jenis buah dan kalo ada yang cocok tuh lumayan jauh padahal kami mau nya yang dekat-dekat aja supaya bisa langsung meluncur ke Museum Angkut nantinya.

Akhirnya jatuhlah pilihan ke Kusuma Agrowisata. Awalnya kami udah rencana malah mau menginap disini karena emang disini juga tersedia Hotel gitu, cuma setelah aku dalami review orang-orang ternyata banyak yang bilang engga sebagus dulu lagi, mamaku pun dulu pernah nginep disini dan katanya suka cuma kalo membaca review orang akhir-akhir ini makanya kami memutuskan ga jadi untuk menginap disini tapi cukup datang ke Agrowisatanya aja.

 

KUSUMA AGROWISATA


Karena tempat yang dekat banget kami keluar hotel jam 9 kurang dan sudah sampai di lokasi kurang lebih 10 menit kemudian. Karena ini weekday dan bukan waktu libur jadi emang sepi banget dan kayaknya kami adalah orang pertama yang datang untuk wisata agro. Ada beberapa pilihan paket yang bisa dipilih, tergantung berapa jenis buah yang mau kalian petik. Saat kami tiba itu sayangnya lagi tidak ada apel, hanya baru mulai berbunga dan masih kecil-kecil jadi tidak bisa kami petik.

Saat kami datang, kami hanya bisa pilih buah jambu atau jeruk atau kalau mau bisa ambil paket yang petik 2 buah tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk memilih paket yang petik 2 buah yaitu jambu dan jeruk. Harga tiketnya 80.000/orang dengan fasilitas yang di dapat yaitu petik 2 jenis buah, wahana de Tjangkul, waterpark, free welcome drink.

Untuk buah yang bisa dibawa pulang itu untuk jambu 2 buah dan jeruk itu 5-6 buah. Tapi kalo cicip langsung di pohonnya itu ga masalah kok jadi kalo mau coba buahnya langsung boleh langsung makan aja dan gak akan dihitung sebagai buah yang bisa kita bawa pulang. Jenis jambu yang kami ambil itu jambu merah, karena kami ber-4 itu bisa dapat 8 buah jambu totalnya dan mamaku sengaja pilih beberapa jambu yang matangnya masih beberapa hari lagi untuk bisa dibawa pulang dan beberapa yang matang pohon untuk langsung dicicip.


Karena weekday emang sepi banget kayak cuma ada kami doang disana tapi pengalaman untuk metik buahnya tetep seru kok. Emang kebunnya enggak bersih dan rapi tapi beneran kayak kebun sendiri gitu jadi aku saranin sih pake baju yang nyaman dan gak ribet karena banyak banget rumput duri yang suka nempel di celana bagian bawah pas kita jalan dan pastinya harus pake sepatu ya!

Waktu ke kebun ini kami diantar sama petugas dan kita bisa tanya-tanya juga tentang kebunnya ini. Bisa minta pilihin juga kira-kira mana buah yang udah matang, kalo dapat buah yang katanya busuk boleh diganti aja. Puas sih sama pelayanan petugasnya yang bener-bener membantu dan ngarahin.

Selesai ngambil buah kami dibawa untuk mendapatkan jus gratis, saat itu kami dapat jus jambu merah yang seger dan enak. Istirahat di cafe-nya, sebelah cafe ini adalah de Tjangkul. De Tjangkul itu lebih kayak tempat untuk foto-foto dan ada juga beberapa spot berbayar kayak sepeda terbang dan ayunan tinggi. Untuk sepeda terbang tiketnya Rp20.000 dan ayunan Rp10.000. Kalau mau dibantu pake kamera bagus dari sana juga bisa dan kalo mau fotonya bisa bayar Rp5000 per foto.






Aku sih ga bakal nyianyian kesempatan ya hahahah cobain semua yang ada terlihat menarik. Mungkin paling membekas sih yang sepeda ya karena lebih kerasa banget seremnya dibandingkan ayunan. Ada banyak spot foto tapi beberapa emang berbayar sih kalo yang mau masuk gitu, jadi jatuhnya emang jadi lumayan mahal. Untuk makan siang karena langsung mau ke museum angkut kami memutuskan makan disini aja. Sayangnya pilihan menunya dikit sih dan rasanya biasa aja. Tapi lumayan lah untuk mengisi tenaga sebelum ke Museum Angkut.

 

MUSEUM ANGKUT

Setelah makan dan solat, kami sekeluarga langsung meluncur ke Museum Angkut yang jaraknya cuma 1,5 km doang jadi gak nyampe 10 menit naik mobil udah sampe. Untuk tiket masuknya per orang itu Rp100.000 untuk weekday dan kalo weekend itu kemarin Rp120.000 per orang. Begitu masuk kita langsung disambut dengan berbagai koleksi mobil, sepeda, kereta kuda, helicopter pokoknya macem-macem banget.

Lucu banget pas kita baru masuk kan emang kayak ga ada tema gitu ya di ruang pertama ini tuh dan kayak semua jenis kendaraan tuh langsung ditampilin gitu, ayah aku udah agak kecewa tuh kok bisa bayar 100.000 tapi yang dilihat cuma 1 lantai begini doang, koleksi dikit dan 10 menitan juga bisa liat semua koleksinya. Eh ternyata terlalu meremehkan karena ternyata museum angkut ini gede banget! Iya gaes beneran gede dan bikin lelah banget. Ada banyak banget zona-nya jadi tiap zona itu punya tema yang beda-beda gitu.

Setelah masuk ke hall utama itu ada zona sunda kelapa & batavia, flight simulation, pecinan, gangster & broadway, zona eropa, hollywood, buckingham palace dan masih ada lagi yang lupa aku apa aja.

Keliling jalan kaki sambil nikmatin berbagai macam pajangan yang disedian itu seru banget sih, capek udah pasti tapi bikin memory HP penuh juga udah pasti. Ada banyak banget spot foto yang menarik yang bikin hasil foto kita tuh jadi makin bagus. Siapin memory HP deh pokoknya!

Kami ngelilingin semua zona itu kira-kira 4 jam lebih. Mungkin lama karena emang banyak momen foto-fotonya. Kami juga santai jadi kalo capek ya makan. Enaknya disini tuh banyak banget yang jual makanan dan minuman jadi kayak mini cafe gitu dan sesuai dengan tema zona nya. Enggak perlu memaksakan diri kalo capek ya istirahat jadi kelilingnya itu puas banget.








Disini juga ada kayak show setiap jam 3 dan jam 4 atau 5 gitu aku lupa. Tapi kami sempet ngeliat show yang jam 3. Kami melihat mobil-mobil ini dipakai lagi untuk “dipamerin” dengan ajang kebut-kebutan. Disini juga diajak 6 penonton loh dan beberapa penonton tambahan untuk ikut naik di dalam mobilnya. Ayahku tuh pengen banget tapi pas dipanggil-panggilin 6 orang kirain itu buat tanya jawab, beliau udah takut duluan eh ternyata diajak untuk balap-balapan. Seru banget sih tapi liatnya doang, ngeliat wajah panik penumpang ketika diajak balapan.

Ada untungnya juga sih dateng pas weekday dan bukan musim liburan gini. Enggak terlalu ramai meskipun ternyata banyak juga orang yang dateng tapi engga berdesak-desakan gitu. Mau foto-foto mudah banget serasa punya sendiri dan gak ada photo bomb-nya yang pasti. Staf yang jaga juga baik-baik banget loh. Karena kami ber-4 jadi kalo mau foto ber-4 terpaksa harus memakai mini tripod kekinian yang udah aku bawa, eh mereka nawarin untuk ambilin fotonya. Dan itu tuh enggak 1 kali doang tapi di berbagai zona mereka mau bantuin. Mungkin karena sepi jadi mereka bisa lebih leluasa juga untuk bantuin tanpa kami minta.




Untuk harga makanan dan minuman juga standar sih enggak terlalu mahal banget yang bikin boncos kalo sering jajan pas di dalam. Nanti kita keluar akan diarahkan ke Pasar Apung. Pasar Apung ini tuh kayak food court versi gede dan mengapung karena ada beberapa tenant yang ditengah kolam gitu. Saat beli tiket kita dapet voucher Pasar Apung ini dengan potongan Rp7500, lumayanlah yaa untuk penghematan kecil-kecilan. Makanannya juga beragam banget mau dari Indonesia ada, Jepang, Korea, Thailand, Mediterannian ada semua pokoknya. Tinggal pilih yang dipengen apa. Disini juga bisa naik perahunya loh. Keluar dari museum ini kami langsung balik ke hotel.




AWANG-AWANG SKY LOUNGE & BAR

Karena masih kenyang setelah makan di Pasar Apung. Malamnya kami cobain naik ke Awang-Awang Sky Lounge & Bar yang ada di lantai 8 hotel kami. Ternyata banyak juga orang-orang yang gak menginap tapi dateng kesini loh.

Kalo aku pribadi kayaknya sih enak datang kesini tuh sore kali ya karena kalo malem gelep banget! Emang konsepnya yang gelap-gelapan deh kayaknya jadi bisa nikmatin bukit bintangnya dari lebih atas lagi. Cuma kalo aku sih enakan siang ke sore, pemandangan gunungnya keliatan mungkin kalo sunset bisa keliatan juga dan kalo malam dingin pollll. Wajib banget pake jaket! Aku pesen hot chocolate gak lama udah jadi dingin 😂

Untuk harganya emang pricey sih karena jual suasanya juga ya. Untuk makanannya lebih banyak ke western juga sih.


Untuk hari pertama ini puas banget sih, bener-bener memanfatkan waktu sebaik-baiknya banget mumpung udah di Batu. Tunggu cerita liburan lanjutannya ya!

Post a Comment

2 Comments

  1. Agrowisatanya beneran serasa milik sendiri dong 🤣. Dimana-mana spot fotonya kosong banget gitu, pasti puas banget foto-foto di sana ya, Kak 🤣.

    Awalnya aku juga kaget kok tiket museum angkut harganya 100rb 😱 kayaknya ini harga tiket museum termahal yang pernah aku tahu 🤣, ternyata pas baca terus tulisan Kakak, eh ternyata museumnya bagus banget! Ini udah campuran museum dan theme park sih jatuhnya 🤣. Keren banget sih~ aku suka karena tempatnya cukup maksimal untuk detil-detil desainnya, kayaknya nggak ada museum yang kayak gini deh di Jakarta 😂. Museum Angkut terlihat fun dan fresh banget sih untuk kategori museum!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Li, emang paling enak itu liburan pas bukan orang libur ya jadi serasa milik sendiri banget!

      Kayaknya emang mahal tiketnya karena harga maintain mereka lumayan mahal yak. Tapi emang puas sih kalo main kesini dan gak nyesel. Lumayan buat pengalaman sekali. Kayaknya emang ini lebih jatuhnya ke theme park ya. Kalo di Jakarta lebih banyak museum budaya dan kekinian sih ya.

      Delete