[BLOG] EGA (Ecotech GArden), Solusi Penyelamatan Bumi Kita!

Selokan air pastinya bukanlah hal asing bagi kita. Kita bisa menjumpai selokan air ini dimana saja kita berada. Selokan ini berfungsi untuk menyalurkan air hujan yang tumpah ke bumi kita ini untuk dialirkan ke sungai atau laut agar tidak mengganggu lingkungan hidup kita. Akan tetapi, jika kita lihat disekeliling kita sekarang ini fungsi selokan yang sesungguhnya itu sudah terlupakan. Banyak orang telah menggunakan selokan ini sebagai "tempat sampah" mereka. Bagaimana tidak? Orang-orang kerap membuang sampah rumah tangga, ataupun limbah sisa cucian pakaian ke selokan. Hal-hal yang mencemari selokan ini biasa dikenal sebagai  grey water yang tentunya berbahaya bagi bumi ini.

Akan tetapi jangan khawatir, sekarang ini para penggerak pecinta bumi telah menemukan teknologi yang bisa membantu bumi untuk mengatasi permasalahan limbah yang salah tempat ini. Teknologi itu bisa kita kenal dengan nama EGA. EGA  merupakan singkatan dari Ecotech GArden yang merupakan teknologi tepat guna yang mampu membantu mengatasi permasalahan ini. 

Cara kerja dari EGA itu sendiri sebagai berikut:

Pengaliran grey water ke EGA, dilakukan dengan cara memasang bendung di selokan, sehingga air dapat dibelokkan ke EGA. Sistem EGA tersebut dapat dibangun di halaman rumah, atau taman taman yang ada di kompleks perumahan atau di bagian atas suatu situ atau danau alami.

EGA akan menyaring unsur unsur hara (pupuk) yang terkandung didalam air , dan unsur bahan pencemar air lainnya. Unsur pupuk digunakan oleh tanaman untuk bertumbuh, sedangkan unsur pencemar, disaring oleh akar dan media penahan tanaman.

Air yang keluar dari EGA (sudah disaring secara biologis), dapat dialirkan kembali ke selokan dibagian hilir bendung, atau dialirkan ke waduk, dan sumber sumber air lainnya. Karena bahan cemaran dalam air sudah berkurang, maka kualitas air yang dikembalikan ke selokan atau ke badan badan air lainnya, sudah lebih baik dari kualitas air sebelum melalui EGA.

Pemanfaatan EGA ini sangatlah baik dimana seperti yang kita ketahui jumlah orang yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan khususnya di Indonesia sendiri masihlah sangat sedikit. Dengan teknologi EGA ini kita bisa membantu bumi  kita agar lebih sehat lagi dan kita juga bisa mengurangi penyakit dimana seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan yang kotor itu bisa menyebabkan banyak penyakit. 

Teknologi EGA ini sendiri memiliki banyak manfaat lain selain membantu pengolahan grey water yaitu bisa menambah estetika lingkungan di pemukiman, dapat menurunkan bau dengan kadar sampai 50%, air sisa olahan juga bisa digunakan lagi untuk pengairan kolam ikan.

Jadi, penggunaan teknologi EGA ini sangatlah baik untuk diterapkan terkhususnya bagi orang-orang yang sedang berencana untuk membuat daerah pemukiman baru karena seperti yang kita ketahui mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi sebelum terlalu terlambat kita masih bisa mengurangi permasalahan lingkungan yang ada ini.

Ayo kita bantu selamatkan bumi ini!!

Post a Comment

0 Comments