[CHALLENGE] YEAR IN REVIEW BLOG CHALLENGE


Challenge terakhir di tahun 2018. Me-review apa yang sudah terjadi dalam perjalanan panjang blogku tahun ini.

Jujur saja tahun ini aku rasa adalah puncak dari perjalanan blog yang sudah aku jalani sejak aku masih murid SMP. Mengapa puncak? Karena di tahun inilah aku merasa blog ku sangat produktif dan sangat bermanfaat.

Seperti yang aku ceritakan sebelumnya kalo blog ku ini hanya sebagai diary atas perasaan hati yang gak bisa aku tuangkan dengan mudah ke orang secara langsung. Yang bisa berujung baik karena membawa penyelesaian bisa juga tidak karena tak ada yang terjadi tapi mungkin lebih ke membuat tenang hati karena sudah meluapkan apa yang ada di dalam hati ini.

Tahun 2018 ini, tepatnya di bulan Juli, aku buat suatu perubahan besar di blog ku. Aku membuat blog ini menjadi sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang bisa orang lain baca dan beri komentar, bukan sekedar luapan hati yang tak jelas. Dimulai dengan aku rombak habis-habisan layout blog ku, aku hide semua curhatan-curhatan galau yang “mengganggu” postingan ku. Aku buat tema-tema khusus yang akan bisa aku jadikan postingan nantinya. Semua aku rombak habis-habisan, menjadi blog yang benar-benar berbeda. Hanya 1 yang tak bisa aku ubah, domain dan nama blog, aku merasa saying saja untuk mengubahnya padahal aku ingin mengubahnya menjadi blog yang lebih professional.

Satu lagi perubahan besar yang aku lakukan, yaitu join komunitas blog, ya komunitas blogger perempuan. Suatu pencapaian yang besar bagiku dalam dunia per-blog-an ini, karena tak sedikit pun aku pernah terpikir untuk join suatu komunitas karena memang mungkin bukan kepribadianku untuk join-join komunitas yang mengikat. Tapi ternyata aku salah, dengan join komunitas ini aku jadi bisa ikut challenge, aku bisa sharing ke lebih banyk orang lagi apa yang aku lakukan dengan blog-ku, aku punya motivasi-motivasi lain untuk menulis di blog ku.

Aku benar-benar terkejut dengan perubahan yang aku alami dengan blog ini selama kurang lebih hanya 5 bulan, karena aku baru mulai tekun menulis lagi sejak bulan Juli meskipun itu hanya satu postingan sebulan tapi aku bener-bener senang.  Selama kurang lebih 5 bulan ini aku sudah me-review setidaknya ada 15 film/buku. Rekor yang hebat mengingat aku selama ini gak pernah sama sekali terpikirkan untuk melakukan review ini.

Aku harap di 2019 bisa membawa perubahan besar untuk blog aku dan tak akan kembali menjadi NOL BESAR dalam dunia blog.

Kalau gitu selamat tahun baru wahai kalian para blogger~~



Post a Comment

6 Comments

  1. wah hebat.. semangat terus ya ngeblog nya :)

    ReplyDelete
  2. Gara-gara ikut 30 day blog challenge bikin kita ngerasa jadi produktif banget ya mbak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah bener bangeeet berasa beda banget blognya

      Delete
  3. Salam kenal mbak...baru kali ini berkunjung ke blog embaakkk...sama mbak,,pencapaian kita ikut challenge dan ikut komunitas Blogger Perempuan yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Semoga tahun 2019 semakin semangat menulis blog dan makin produktif. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga yaa...
      Iya bener banget join BPN bener-bener mengubah hidup blog banget hehe
      Aamiin.. semoga mbak juga makin produktif :)

      Delete