[REVIEW] THE CUCKOO'S CALLING - ROBERT GALBRAITH


Lagi-lagi novel lama!

Maklumi saja ya teman teman karena memang aku sedang mencoba mengikuti lagi perkembangan novel yang dulu sangat aku gila-gilai dan mencoba untuk membacanya satu persatu kembali.

Kali ini aku mau membahas novel karangan Robert Galbraith atau yang kita tau yaitu nama samaran dari penulis terkenal J.K. Rowling yaitu The Cuckoo’s Calling. Novel bergenre misteri ini berbeda dengan novel-novel fantastis karangannya yaitu sekuel Harry Potter.

Novel ini bercerita tentang Cormoran Strike, mantan anggota khusus yang menjadi detektif partikelir. Disewa untuk menyelidiki kasus bunuh diri model terkenal yaitu Lula Landry, yang dipercaya oleh sang kakak bahwa telah dibunuh bukannya bunuh diri seperti keputusan dari polisi yang menangani kasusnya. Novel setebal 517 halaman ini bercerita tentang seputar penyelidikannya dan diselingi dengan kehidupan-kehidupan si Strike ini.

Aku bakalan review jujur dari sudut pandang aku sebagai penyuka novel apalagi dengan genre misteri, detektif begini ya. Jadi jangan habisin aku atas apapun review yang aku sampaikan disini.

Dari segi cerita sih aku jujur aja kurang terlalu suka ya karena menurutku sih biasa aja dan cerita pembunuhannya juga biasa aja. Mungkin aku sudah terlalu sering baca novel misteri yang emang udah juara di genrenya jadi sedikit membandingkan padahal ini adalah karyanya yang berbeda jauh dengan genre yang biasa dia tulis.

Tapi aku suka dengan tokoh utamanya yang menurutku sih keren banget. Si Strike ini mampu menganalisa dengan segitu detil dan bisa membaca situasi dengan pandangan yang berbeda. Bener-bener detektif deh, karena dia bisa melihat dari segala sisinya dan bisa melihat hal-hal ganjil dari yang terlewatkan dari orang lain liat. Juara deh kalo udah berurusan dengan cara analisis si Strike ini.

Balik lagi mengenai alur, aku juga kurang suka terlalu banyak cerita-cerita “bomb” yang menurutku tidak terlalu penting. Mungkin memang perlu untuk menceritakan sekilas tentang perjalanan hidup si tokoh utama ini baik dari percintaannya, sosialnya, kehidupannya tapi menurutku terlalu banyak malahan yang diceritakan. Aku merasa capek untuk membacanya jujur aja. Aku sering skip part-part yang menurutku tidak terlalu penting dan bahkan di sekuelnya pun (buku ini ada lanjutannya loh) tidak terlalu perlu. Mungkin si penulis ingin membuat novel ini benar-benar terlihat nyata dengan menceritakan detil yang sangat detil terhadap novel ini yang malah membuat jenuh. Bayangkan saja kita harus membaca novel 500an halaman tapi banyak bagian kecil-kecil yang bahkan tidak berhubungan sama sekali dengan kasusnya.

Aku bukan bermaksud untuk membandingkan dengan karangannya yang lain ataupun dengan pengarang lain, tapi jujur saja aku kecewa sih. Karena claim dari banyak pihak yang menyatakan novel ini sangat luar biasa dan bagus banget tapi aku tidak bisa menemukan itu. Aku berharap agar novel ini lebih compact dan menjelaskan memang point-point yang bisa membuat kita penasaran terus untuk membaca, karena menurutku Namanya novel misteri penting banget untuk membuat pembacanya ikut berpikir dan ikut penasaran dengan akhirnya.

Cerita yang ditampilkan memang unpredict kalo menurutku, ketika kita sudah sampai di akhir dan tau siapa pelakunya itu membuat keseluruhan cerita jadi hidup lagi meskipun udah mendekati ke endingnya. Tapi tetap saja ada missed ketika ada beberapa fakta penting yang terpapar tapi kita ga tau itu faktanya muncul dari mana… tiba-tiba saja muncul tanpa ada dasarnya. Ntah aku yang terlewat ketika bacanya atau memang tidak dijabarkan.

Secara keseluruhan mungkin ini belum masuk novel yang sangat aku suka ya… masih berada di level cukuplah kalo bagiku. Mungkin di novel keduanya akan lebih menarik, karena emang ini aku juga sedang proses baca novel yang keduanya dan aku menaruh harapan lebih lah yaaa semoga tidak mengecewakan juga.

Untuk rate aku kasih 3/5 deh karena memang tidak terlalu bikin cinta.
Kalo pendapat kalian gimana?



Post a Comment

4 Comments

  1. Tebel banget halamannya ya mbak haha.

    ReplyDelete
  2. belom baca nih. Tapi sempet jadi list novel yg mau dibaca hehe. liat review di internet pda bilang ini karya yg bagus. Apakah alur ceritanya lambat atau cepat? btw reviewnya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... aku juga baca di internet katanya wajib banget dibaca makanya aku baca tapi ya ternyata begitulah hasilnya hehe. Alurnya termasuk lambat sih kalo ini menurutku.
      Waahh terima kasih udah suka reviewnya :)

      Delete