[REVIEW] NOVEL TUJUH KELANA - NELLANEVA

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

review, novel, tujuh, kelana, nellaneva
Tujuh Kelana oleh Nellaneva (sumber: ebooks.gramedia.com)

Judul: Tujuh Kelana

Penulis: Nellaneva

Tanggal Terbit: 05 Agustus 2020

Jumlah Halaman: 384 halaman

ISBN: 9786230019142

Bahasa: Indonesia

BLURB

“Permata itu adalah kunci suatu ‘gerbang’ yang kaumku jaga beratus-ratus tahun lamanya. Aku belum pernah mendengar cerita bahwa dia bisa bersinar dalam gengaman tangan, atau dapat menimbulkan rasa sakit…. Pasti ada sesuatu di baliknya, sesuatu yang belum kami ketahui,” lanjut Alto, terduduk di atas karpet dan membenamkan kepala pada telapak tangan. “Nyatanya, kamu membuat fragmen kunci bersinar. Kamu juga tahu letak fragmen kunci lainnya. Lagi-lagi kutanyakan ini, siapa kamu sebenarnya?”

Aku pun tidak tahu jawabannya. Yang jelas, saat aku membereskan gudang di rumah, tanpa sengaja aku menemukan sebongkah permata merah di dalam kotak beledu. Jika kusentuh, permata itu akan menyala terang. Bingung bercampur panik, kututup kotak itu. Namun, sejak saat itu pula aku dipertemukan dengan si lelaki bermasker hitam, Alto Rialtiorre. Dia memaksaku untuk menyerahkan permata merah, tapi aku menolaknya. Betapa tidak? Ini adalah peninggalan dari kakekku. Mana boleh aku melepaskannya begitu saja?! Anehnya, beberapa kali seorang perempuan berambut pirang dengan jubah merah terus mendatangi mimpiku, berkata bahwa aku adalah dia, dia adalah aku. Kami adalah satu dan aku harus bergabung dengan Kaum Pelindung untuk mengalahkan Para Pengkhianat. Aku, Zarra Mediana, bersama permata merah, kini hidupku berubah.


BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL STRANGE THE DREAMER - LAINI TAYLOR


SINOPSIS SINGKAT

Zarra dan Dion, adalah dua manusia yang tidak sengaja menemukan permata merah yang ternyata adalah fragmen kunci untuk sebuah gerbang. Tidak hanya itu, mereka bahkan membuat fragmen kunci ini mengeluarkan cahaya terang disaat manusia lain tidak bisa melakukannya bahkan para Kaum Pelindung kesakitan ketika memegang permata ini.

Ternyata ada 7 permata yang sama yang telah disebar di seluruh dunia yang merupakan sebuah kunci atas gerbang ajaib yang ada di Pulau Keramat. Kunci ini disebar untuk mencegah gerbang tersebut bisa terbuka dan kekuatan besar di dalamnya digunakan olah pihak yang salah. Kaum Pelindung adalah makhluk ajaib yang memiliki berbagai kekuatan dan bisa hidup sangat lama, mereka telah melindungi gerbang di Pulau Keramat ini selama ratusan tahun agar Para Pengkhianat tidak bisa membuka gerbang ini hingga suatu hari fragmen kunci di gerbang ini menyala sendiri.

Para Pengkhianat yang dahulunya adalah Kaum Pelindung yang membelot ini ingin menggunakan kekuatan di gerbang ajaib ini untuk menguasai bumi. Hanya Zarra dan Dion yang bisa menemukan ke-7 fragmen kunci ini dan memegangnya. Zarra dan Dion adalah medium yang digunakan oleh Lyra dan Leon, Sang Aristokrat terakhir di bumi.

Aristokrat sendiri bisa dikatakan dewa yang menjaga bumi. Lyra dan Leon adalah Aristokrat kembar yang menjadi penjaga terakhir bumi sebelum akhirnya mereka masuk ke gerbang ajaib untuk mengunci kekuatan mereka beserta kekuatan Para Pengkhianat agar mereka tak berdaya. Namun, ntah bagaimana caranya Para Pengkhianat ini bisa menggunakan lagi kekuatannya.

Zarra dan Dion bersama dengan Kaum Pelindung berusaha untuk menemukan ke-7 fragmen kunci ini dan melindungi gerbang di Pulau Keramat ini dari Para Pengkhianat yang berusaha merebut kekuatan ajaib di dalamnya.


REVIEW

Bagi kalian yang mungkin belum pernah atau tidak terbiasa dengan novel fantasi, bisa memulai dengan novel Tujuh Kelana ini. Tujuh Kelana ini merupakan novel local yang menyajikan cerita fantasi yang sangat seru dan mendebarkan.

Ceritanya memiliki fast pace, sejak awal saja sudah dibeberkan dan masuk ke permasalahan yang ada di novel ini. Kalian tidak perlu berhadapan dengan cerita-cerita pembuka yang panjang yang terkadang tidak terlalu berhubungan dengan inti cerita. Pembangunan alurnya pun sangat kokoh, tidak akan membuat kita merasa diburu-buru ketika membaca ini karena semuanya dijelaskan dengan jelas dan tidak akan menimbulkan tanda tanya.

Meskipun memiliki alur yang fast pace, tidak perlu takut bahwa cerita yang dibawakan akan menimbulkan banyak pertanyaan tak terjawab. Penggunaan medium mimpi untuk menjelaskan hubungan antara tokoh Zarra, Dion dengan Lyra, Leon adalah langkah yang sangat pintar. Kita bisa mengetahui kisah lengkap diantara keduanya hingga ke akar permasalahan secara lengkap dan tepat. Tidak ada pemaksaan sama sekali di dalam cerita ini.

Kisahnya pun tidak membosankan. Meskipun aku cukup familiar dengan novel-novel yang berbau petualangan seperti ini. Misalnya dengan kisah Percy Jackson, pattern yang digunakan adalah ada misi lalu melakukan perjalanan dan menghadapi musuh. Buku ini juga menjelaskan alur yang seperti itu, ada mimpi dari Zarra dan mereka akan melakukan pencarian terhadap permata itu dilengkapi dengan halauan musuh-musuhnya. Tapi, emosi yang ditimbulkan beda sehingga tidak ada rasa bosan ketika membacanya.

Tokoh utamanya, Zarra, pun untungnya digambarkan sebagai perempuan yang kuat. Jadi kita memiliki tokoh utama yang kuat dan pintar sebenarnya. Penulis juga memasukkan sifat-sifat manusiawi sehingga kita bisa bersimpati dengan tokoh ini karena dibuat bukan sebagai manusia yang sempurna. Tapi, mungkin cukup disayangkan juga bahwa tokoh Dion atau Alto yang seharusnya berhubungan dekat dengan Zarra agak kurang dieksplore menurutku.

Kekurangan dari buku ini yaitu pertama bahasa yang digunakan cukup kaku, membaca novel ini membuatku berpikiran sedang membaca sebuah novel terjemahan. Ada beberapa kata yang sangat asing dan sepertinya sih sangat jarang dipakai di kehidupan sehari-hari dan itu membuatku harus mencari tau dulu apa artinya. Selain itu juga ada lumayan banyak kesalahan penulisan, sebenarnya bukan typo tapi lebih kearah salah spasi. Jadi tulisannya menyambung yang kalau aku tidak fokus jadi mikir kata apa yang dimaksud tapi ternyata cuma kurang spasi.

Untuk keseluruhan aku suka buku ini, semua dari alur, perkembangan tokohnya dan sedikit bumbu romance-nya membuat buku ini terasa paket lengkap. Aku memberikan rating 4,5/5 untuk buku ini!

Apakah teman-teman ada yang udah pernah baca buku ini juga? Atau ada yang sedang dan berencana untuk baca? Boleh banget ya share-share cerita kalian.

Bukunya bisa di dapatkan disini Gramedia ya!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL MELANGKAH - J.S. KHAIREN

Post a Comment

14 Comments

  1. Wahh jadi penasaran gimana petualangan zarra. Kudu masuk list ini, kebetulan aku juga suka sama novel fantasi☺ ini novel bahasa aslinya bahasa Indonesia kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh harus masuk banget ini mba hehe
      Iyaaa asli bahasa indonesia kok

      Delete
  2. Kak Tika, aku belum pernah baca nov terbitan Elex Media lho 😂
    Selama ini aku pikir Elex Media hanya terbitin komik dan buku pelajaran aja 🤣

    Anyway, seperti biasa, rekomendasi Kak Tika selalu menarik perhatianku!! Makin bertambah banyaklah TBR aku 🤣
    Aku lebih suka novel fast pace gitu sih, jadi nggak terlalu bertele-tele di awal 😂 *padahal pengenalan akan karakter kan penting ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Liaaa aku juga baru tau kalo Elex ada novelnya juga

      Hahaha kita saling neracuni TBR jadinya... gapapa itu baik kok.
      Btw sama persis Lia! Aku juga gak suka nih yang bertele2 di awal bikin males baca hahaha

      Delete
    2. Wkwkw kok kita bisa samaan gini, Kak 🙈

      Jadi banyak banget bacaan yang ingin dibaca, semoga bisa kelar sebelum kena reading slump 😂

      Ehh, samaan lagi 🙈 sama Kak. Aku juga ngerasa gitu, kadang kalau pendahuluannya bertele-tele, masih aku coba paksa baca sampai berapa halaman sih, kalau udah ngebosenin parah, aku tinggal 😂

      Delete
    3. Iyaa Li, semoga gak kena reading slump.... susah banget nih kalo mau naikin moodnya lagi hehehe

      Wkwkwkwk kayaknya kita emang setipe dalam urusan bacaan ya Li, sama muluuu

      Delete
    4. wih sama aku juga tahunya Elex ini cuma nerbitin komik aja. Dulu ingetnya kakakku suka ngoleksi komik tentang dragon ball yang udah sekardus lebih dan sekarang entah ada di mana.

      Novel fantasi ini menarik, aku biasanya sambil berimajinasi membayangkan alur ceritanya. Tapi, kenapa jadi bnyk typo gitu yaa, sayang banget. Jadi kudu mikir dua kali, mikir fantasinya mikir bacanya, hihi..

      Aku belum baca bukunya sih kak. Aku kalo butuh referensi jadi tinggal buka blogkanya kak tika nih, Kalo bosen tinggal mlipir sini, terus buka youtube atao ipusnas, kali aja ada. hihi. Makasih ya kak tika sudah review buku ini

      Delete
    5. Wahh aku juga golongan yang suka koleksi komik nih Kak hahaha
      Iya nih ada typo-typo tapi bukan ke tulisan sih tapi lebih ke typo spasi gitu ya beberapa emang mgkn agak ganggu sih karena kita lgi fokus2nya baca

      Makasih juga udah mampir ya Kak Ghina :)

      Delete
  3. Wah menarik nih sepertinya Mba Tika 😍 Sampai dikasi 4.5 bintang.
    Aku jujur jarang bgd bs ketemu genre fantasy lokal yg oke. Makasi rekomendasinya ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba... aku juga jarang banget nemu buku fantasi lokal yang oke banget apalagi yang standalone gitu. Meskipun agak familiar karena udah kebanyakan baca buku fantasi tapi tetep menarik banget hehe
      Makasih juga udah berkunjung Mba

      Delete
  4. Baca review nya sepertinya seru, jadi pengen baca novel fantasi lagi. Terima kasih rekomendasinya. Nambah lagi kan list bacaan buat tahun 2021 heheh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba dibacaaa ini seru banget lho!
      Makasih juga udah berkunjung :)

      Delete
  5. Setuju banget! Walau pace cepat tapi cukup detail juga. Seperti biasa ulasanku ada di Goodreads, gak jauh berbeda dari ulasan yang ini. Makin seneng deh rasanya baca buku fantasi lokal 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget nih Mba! Berharap makin banyak buku fantasi lokal juga nih

      Delete