[STORY] BELAJAR UNTUK COBA ZERO WASTE YUK!


Bermula pada saat streaming youtube dan sering melihat iklan-iklan youtube yang muncul menceritakan tentang para relawan-relawan yang membersihkan laut dari sampah-sampah plastik. Membaca berita-berita tentang hewan laut seperti paus yang mati dan ternyata ditemukan plastik didalam perutnya, sedotan yang ada di hidung kura-kura, bungkus indomie yang selama 19 tahun masih dalam kondisi baik. Membuatku berpikir betapa mengerikannya keberadaan plastik bagi lingkungan ini.

Memulai dengan menonton youtube yang menceritakan kisah mereka dalam zero waste, bagaimana seorang wanita bisa menampung sampah setahun mereka hanya dalam jar kecil dan cara-cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. Aku pun bertekad untuk sedikit demi sedikit ikut menjadi bagian orang-orang yang bisa zero waste. Ini sedikit cara yang mulai aku biasakan untuk melatih diri mengurangi penggunaan plastik.

google

1. Pakai stainless straw atau tidak pakai sama sekali

Kalo ini harusnya sudah lebih gampang karena beberapa fast food sudah tidak menyediakan sedotan plastik lagi kecuali untuk minuman tertentu. Tapi, masih banyak juga yang memberikan sedotan plastik ke pelanggannya.

Cara pertama yang aku lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik ini adalah menolak. Menolak menggunakan sedotan yang diberikan saat kita makan atau saat memesan langsung bilang untuk tidak usah diberikan sedotan plastik. Tidak usah malu kalo orang-orang melihat, yang penting kita yakin untuk menolong bumi ini.

Kalo kalian masih malu, beli aja stainless straw yang lagi hits itu. Sekarang harganya udah murah kok dan banyak banget online shop yang jualan jadi tidak akan sulit digunakan. Kita bisa bawa kemana mana dan pakai itu untuk menggantikan sedotan plastiknya. Hanya saja kalau sering lupa bawa bisa menolak saja untuk pakai sedotan plastiknya.


2. Bawa container atau tempat makan sendiri

Sebagai anak kos yang sangat jarang masak dan lebih sering bungkus makanan dari luar. Aku mulai membiasakan diri untuk membawa tempat makan sendiri. Warung-warung disekitar kita pasti menerima kok paling-paling ditanyain kenapa.

Aku selalu stok kotak makan dan wadah kecil untuk saus kalau misalkan ada. Ini cara sederhana yang membantu banget loh. Sekarang kan banyak yang pakai plastik atau Styrofoam sebagai pembungkus makanannya. Bayangkan kalo aku setiap hari beli dibungkus begitu. Berapa banyak sampah plastik yang aku hasilkan seorang diri?

 

3. Bawa botol minum

Kalo lagi jalan-jalan bisa tuh untuk bawa botol minumnya sendiri. Siapa tau kalo lagi butuh minum gak perlu lagi beli minum botolan. Semakin hemat juga kan jadinya. Bisa juga kalo lagi makan masih ada minum gak perlu beli minum tambah hemat lagi deh. Sayang di Indonesia belom banyak penyedia air minum gratis di tempat-tempat umum seperti di luar negeri. Tapi bisa deh mulai perlahan-lahan engga beli minum botolan.

 

4. Bawa tas belanja sendiri

Nah ini juga salah satu cara yang udah umum banget dan digalakkan sama banyak orang dan supermarket. Beberapa supermarket sudah menerapkan harus membayar jika ingin menggunakan plastik, tapi karena harga yang ditawarkan sangat murah orang-orang tidak merasakan efeknya.
Padahal ini sangat penting apalagi yang sering belanja tuh pasti banyak banget menghasilkan plastik 

Gak harus beli sih, biasanya kalo kita belanja gitu suka dikasih tas-tas “karung” gitu yang bisa kita pake lagi, atau kalo mau beli bisa beli totte bag atau langsung beli tas belanja yang bisa dilipat, jadi mudah untuk dibawa kemana-mana karena selalu di tas dan gak akan lupa. Kalo aku sih selalu simpan di jok motor jadi gak akan kerasa deh bawa-bawa tas itu.

 

5. Bawa tumblr sendiri (Optional)

Kalo kalian suka ngopi-ngopi atau beli kopi yang hits zaman sekarang, cobalah untuk bawa tumblr/gelas sendiri (ada tuh gelas-gelas khusus ngopi gitu). Apalagi yang toko kopinya emang menyediakan kopinya dalam gelas plastik. Tapi, sepertinya di Indo gak semua toko kopi yang welcome juga sih sama keinginan baik kita ini. Karena aku emang jarang ngopi jadi belom pernah coba. Tapi ini salah satu saran yang aku dapet dari nonton youtube-youtube para zero waste.
google.com
Cara-cara sederhana ini kalo bisa kita terapkan dan ajak orang lain untuk melakukannya akan besar sekali efek yang terjadi untuk lingkungan. Meskipun belum 100% karena di Indonesia sendiri belum terlalu mendukung penggunaan less plastic. Berbelanja ke supermarket juga belum banyak yang mengizinkan kita untuk menggunakan wadah sendiri atau tas khusus untuk membungkus buah atau sayurnya. Mereka hanya menoleransi penggunaan tas belanja di akhir prosesnya saja. Selain itu kita kalau mau membeli apapun pasti telah dibungkus oleh plastik dan ini juga salah satu tantangannya. Kebanyakan barang-barang yang dijual itu selalu dibungkus plastik terlebih dahulu tanpa bisa kita beli yang tidak ada plastiknya. Makanan-makanan cemilan ataupun bahan makan lainnya pasti sudah dibungkus plastik. Di Indonesia juga belum ada bulk store yang bisa membantu kita untuk lebih hemat plastik.

Dimulai dari hal yang sederhana saja terlebih dahulu, yang bisa kita lakukan sehari-hari tanpa memberatkan kita. Meskipun kecil tapi sangat berarti dan aku sangat berharap para pembaca blog ini bisa terinspirasi dan mulai ikut menerapkan hidup less plastic.

Post a Comment

15 Comments

  1. alhamdulillah beberapa tahun terakhir aku udah menerapkan gaya hidup zero waste. Kalau udah terbiasa gampang sebenarnya. Malahan kadang jadi ada rasa bersalah kalau ke supermarket lupa bawa tote bag sendiri

    ReplyDelete
  2. Yeay. Sudah beberapa tahun mulai mengurangi penggunaan plastik dana kemasan sekali pakai. Jujur bagian tersulit itu sebenernya air minum kemasan ketika lagi ke mall. Di mall ga ada tap water kan, jadi kadang-kadang kepaksa beli biar ga dehidrasi. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa disini belom terlalu didukung sih untuk penggunaan tap water, baru ada di bandara doang..

      Delete
  3. Saya udah terbiasa bawa tempat minum sendiri gara-garapas dulu ditempat kerja gak disediain gelas. Lama-lama jadi terbiasa kemana-mana bawa botol minum sendiri :D dan sekarang lagi berusaha untuk ngurangi konsumsi plastik kalo pas belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ayoo coba sama2 untuk kurangin konsumsi plastik...

      Delete
  4. kren Kak, kalau saya belum bisa konsisten menerapkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih berjuang untuk konsisten kok...
      ayok sama2 berjuang

      Delete
  5. ibuku kuajarin ke pasar bawa wadah sndr susah bener.. :/ yang lupalah, yg malulah sm yg jual. Susah sejujurnya merubah kebiasaan. Tp semoga bisa konsisten dan menyeluruh ke semua orang n_n

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa sih karena disini hal itu gak lumrah jd kadang suka jd omongan deh... aamiin semoga bisa konsisten

      Delete
  6. Ini yang lagi berjuang buat diterapkan tapi kadang inget kadang lupa. Duh sesusah itu ya mbak membuat habit baru :" doakan saya juga bisa istiqomah ya mbak, terimakasih sharingnya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiinnn... emang susah banget tp ayok sama2 belajar konsisten :)

      Delete
  7. semangat terus mbak! smoga kita tetap konsisten yaaa hehe terima kasih sharingnya

    ReplyDelete