[REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA SWEET HOME - MANUSIA JADI MONSTER

netflix sweet home
Sweet Home (sumber: Asianwiki)

Sweet Home ini menjadi salah satu serial Netflix yang aku tunggu-tunggu banget sejak mereka mengumumkan para pemainnya. Awalnya gak tertarik sama sekali nih buat ikutin serial ini karena aku kan gak ikutin Webtoonnya dan pemikiranku sendiri sih kayaknya kurang menarik. Lalu saat deretan pemainnya di konfirmasi aku langsung penasaran, apalagi pas nonton teasernya.

Serial ini baru tayang di Netflix tanggal 18 Desember lalu dengan dibintangi oleh Song Kang, Lee Jin Wook, Lee Si Young, Lee Do Hyun dan masih banyak lagi pemeran keren lainnya. Serial ini, secara singkat, menceritakan tentang Cha Hyun Su yang seorang murid SMA namun jarang keluar dari kamarnya. Ia menolak untuk berbicara dengan ayah, ibu bahkan adiknya. Hingga suatu hari, seluruh keluarganya meninggal dalam kecelakaan mobil dan meninggalkan Hyun Su sendirian. Ia pun akhirnya pindah ke apartemen yang lebih kecil. Tiba-tiba saja, ada fenomena misterius yang mengubah manusia menjadi monster. Hyun Su dan penghuni apartemen lainnya berjuang untuk melawan monster ini.

Spoiler Alert!

KEMUNCULAN MONSTER TIBA-TIBA


sumber: Hancinema

Para warga Green Home, nama komplek apartemen, menjalani hari-hari seperti biasa. Apartemen yang lusuh dengan berbagai penghuni yang bisa dibilang akrab dan tak akrab satu sama lain. Saat mereka ingin keluar dari apartemen mereka ternyata mereka sudah terkunci. Semua pintu menuju keluar apartemen bahkan hingga basemen terkunci. Satpam yang biasanya menjaga apartemen ini pun sudah tak terlihat. Didorong rasa emosi mereka memaksa buka sendiri pintu yang terkunci dan tiba-tiba monster ini muncul.

Sosok tinggi menunggu mereka di depan gerbang yang terkunci, awalnya tak ada yang terlalu peduli dengan sosok ini hingga akhirnya sosok ini mengeluarkan lidah super panjang yang bisa menyedot manusia hingga kering alias tinggal kulit. Barulah para warga yang berada disekitar sini berjuang untuk mengeluarkan monster ini dari apartemen dan menutup kembali jalan keluar apartemen ini. Inilah sosok pertama yang terlihat.

Tapi, ternyata di dalam apartemen itu sendiri sudah ada beberapa monster yang berkeliaran. Para warga yang berada di lantai atas inilah yang benar-benar harus bertahan hidup dari para monster yang berkeliaran diatas. Hyun Su termasuk salah satu warga yang masih bertahan di lantai atas. Dari sana ia menyaksikan bahwa bumi ini sudah dipenuhi oleh monster. Sadar bahwa lantai satu adalah lantai teraman, para warga berusaha untuk mengumpulkan semua orang di lantai satu dan bersama-sama melawan monster.

Kemunculan monster yang masih membingungkan ini ternyata tidak dapat diprediksi. Hasrat adalah kunci yang menjadikan seorang manusia monster. Jika ada ego jahat dalam diri seorang manusia maka besar kemungkinan akan menjadi seorang monster. Penyebab seseorang menjadi monster tidak akan menular namun tak terprediksi akan menyerang siapa. Bagi yang tiba-tiba mimisan, pingsan dan menjadi sangat kuat adalah orang-orang yang akan berubah jadi monster.

WARGA YANG BEKERJA SAMA UNTUK HIDUP

sumber: Hancinema

Monster-monster yang berkeliaran ini cukup sulit untuk dibunuh. Jadi, satu-satunya cara untuk bertahan adalah dengan menjauhkan diri sejauh mungkin dari para monster yang berkeliaran. Warga-warga ini bekerja sama dengan saling menyetok makanan, air, berbagi segala macam kebutuhan bersama. Melatih diri jika ada monster yang datang hingga membuat semua peralatan yang mereka yakini bisa melindungi diri ketika ada monster datang. Meskipun tentu ada aja warga yang egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri di tengah kegentingan ini.

Sialnya, mereka harus tetap waspada dengan satu sama lain. Karena ada saja yang berubah menjadi monster di tengah-tengah mereka ini. Apalagi yang memiliki hasrat tersendiri. Ia yang terinfeksi ini harus siap-siap menjemput ajal mereka, karena tentunya warga yang masih manusia ini berjuang keras untuk menghindari ada monster di tengah-tengah mereka. Kecuali Hyun Su.

BACA JUGA: [REVIEW] KINGDOM - KOREAN SERIES

HYUN SU SI MONSTER

sumber: IMDB

Cha Hyun Su yang menyendiri dan pendiam ternyata telah terinfeksi. Tapi, ada yang beda dari Hyun Su. Ia tak serta merta berubah menjadi monster yang seram meskipun ia mendapati kekuatan-kekuatan dari monster. Hyun Su menjadi sangat kuat dan memiliki kemampuan untuk mengobati dirinya sendiri dengan cepat. Memang ada waktu “golden time”, yaitu masa-masa dimana manusia belum berubah jadi monster sepenuhnya tapi sudah cukup berbahaya dan disaat inilah ia harus dibunuh karena jika telah berubah berarti telah terlambat.

Hyun Su mampu menahan hasratnya sehingga ia tidak serta merta berubah menjadi monster, bahkan ia berhasil melawan monster yang ada didalam dirinya sendiri. Sayangnya, karena hal ini ia dimanfaatkan oleh warga-warga lain. Ia dijadikan senjata dan alat. Hyun Su “dilempar” ke lantai-lantai lain untuk mengambil makanan ataupun persediaan lainnya yang diinginkan oleh warga karena mereka pikir hanya Hyun Su yang bisa melawan monster dan tak akan mati. Hyun Su yang pada dasarnya memang anak yang baik, hanya menurut karena ia tau ia berbahaya meskipun dalam hatinya ia kesakitan. Untungnya para warga ini sadar bahwa Hyun Su masih manusia dan memperlakukannya sebagai manusia.

AGENDA TERSEMBUNYI PEMERINTAH

sumber: Hancinema

Dari awal monster-monster ini muncul, kinerja pemerintah itu tak terlihat. Mereka hanya memberikan pengumuman dan pemberitahuan tapi tidak terlihat ada aksi untuk evakuasi warganya. Hingga akhirnya terlihat bahwa mereka memiliki agenda sendiri. Pihak pemerintah ini sudah tau tentang gejala ini bahkan sudah melakukan penelitian tentang hal itu.

Kini bahkan mereka memanfaatkan ketakutan para warga dengan meminta mereka menyerahkan para manusia terinfeksi spesial seperti Hyun Su, untuk diteliti lebih lanjut dan dijanjikan lokasi yang aman bagi warganya. Hingga tamat masih belum jelas apa agenda dari pemerintah ini.

REVIEW SINGKAT

Yang aku rasakan ketika menonton ke-10 episode Sweet Home ini adalah nano-nano. Aku merasakan segala emosi karena serial ini. Perasaan takut, marah, kesal, sedih hingga lucu aku temukan di serial ini.

Pertama dari segi alur aku tidak bisa membandingkan dengan webtoonnya karena aku gak baca sama sekali. Tapi, kata orang-orang sih agak beda gitu dari webtoonnya. Saat aku tonton episode 1 jujur aku merasa bosan dengan cerita yang disuguhkan. Bahkan hingga episode 2 pun aku masih merasa belum menemukan serunya serial ini. Sempat agak kecewa tapi untung aku masih bertekad untuk tonton dan aku gak menyesal sama sekali!

Begitu menginjak episode 3 itu sudah mulai seru dan terus semakin seru. Yang awalnya aku tinggalkan beberapa hari setelah nonton episode 2, begitu nonton episode 3 aku langsung tancap gas sampe tamat! Perkembangan cerita bahkan sampai tokohnya bagus banget. Konflik yang ditampilkan pun tidak sesederhana hanya bertahan dari monster tapi masih banyak yang lainnya. Bagusnya, konflik ini malah semakin pelengkap bukan sekedar bumbu saja. Jadi, kalo sempet bosen jangan langsung berhenti nonton ya! Tapi dilanjut terus biar bisa merasakan keseruannya.

CGI dari serial ini keren banget! Monster-monster digambarkan dengan epic dan ya mengerikan. Tak salah sih kalau serial ini katanya mahal banget karena emang hasilnya bagus banget. Monsternya itu bener-bener bisa bikin penontonnya ketakutan lho. Oh iya, serial ini akan penuh darah banget ya! Jadi, bagi yang gak kuat dengan darah-darah harus hati-hati. Adegan darah-darah ini tidak muncul hanya dari para monster tapi juga konflik-konflik lain yang mengharuskan ada banyak adegan aksi, tembak-menembak, pedang dan api. Dan film ini juga lumayan ada jump scare ­nya, jadi harus siap-siap ya!

Para tokoh di dalam cerita ini juga bener-bener membuat aku sebagai penonton bisa tahan untuk nonton terus. Ya mereka lah penyebab kekesalan dan kesedihanku di serial ini. Ada warga yang egois yang sampe bikin kita kesel banget tapi ada juga yang rela berkorban nyawa demi menyelamatkan yang lain, kayaknya ada 2 atau 3 kali aku nangis karena suatu adegan. Dan ada juga yang tetap kocak baik sengaja atau tak sengaja. Tapi, aku rasa porsinya pas jadi tidak mengganggu ritme cerita yang memang agak dark. Kompleksitas ceritanya juara lah! Dan para pemainnya juga juara banget! Semuanya aktor dan aktrisnya keren banget!

Oke memasuki ending jujur aku kesel banget sama Netflix, tapi ya sebagai pengikut serial-serial Netflix harusnya aku paham. Kenapa? Karena ceritanya dibuat menggantung! Ya, para penonton yang ingin mengikuti serial ini harus siap dengan kenyataan ini ya. Lebih parahnya lagi, ending-nya bukan cuma sekedar dibuat “gantung” tapi diputarbalikkan! Wah, saat aku melihat plot twisnya bener-bener gak nyangka. Bener-bener berubah banget dengan apa yang aku pikirkan dan pastinya menimbulkan pertanyaan banyak banget. Kalo sampe gak ada season 2 nya mungkin aku akan marah nih 🤣 Aku belom baca berita resminya apakah akan ada season 2 atau tidak tapi meskipun ada sih katanya akan tayang 2022. Wah, siap-siap menanti lagi 😂

Nah, apakah teman-teman disini udah pernah tonton film ini? Atau ada yang baru mau coba tonton? Share cerita kalian disini ya 😊

BACA JUGA: [REVIEW] SERIAL NETFLIX ORIGINAL KOREA - THE SCHOOL NURSE FILES

Post a Comment

37 Comments

  1. Lagi nonton ini baru sampe episode tiga karena udah baca di Webtoon. Emang sedikit beda alurnya sih, tapi kalo ditonton tetep berasa dagdigdug nya! 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok ayok tamatin! Biar sama2 ngerasain nano nano pas nonton ini 😆

      Delete
  2. Saya baru lihat episode pertama mba Tika, itupun hanya beberapa menit karena seram hahahaahaha 🤣 Padahal waktu saya tonton belum keluar tuh monsternya. Mungkin karena dark genre, feeling saya jadi heavy, alhasil saya stop, kawatir kebawa mimpi hahahahaha 😆

    Saya paling payah kalau diajak melihat series atau film zombie, monster dan setan-setanan. Thankfully mba Tika tulis review jelas dan panjang, jadi saya bisa bayangkan alur ceritanya. Thank you so mucchhhhh mba Tikaaa 😍💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang agak serem sih vibe nya series ini. Dan kalo gak kuat emang bisa mimpi buruk karna monsternya total banget dibuat.

      Makasih juga udah berkunjung Mba Eno 🥰

      Delete
  3. Terima kasih atas spoilernya, Kak Tika 🤭
    Aku yang penasaran banget sama serial ini karena hitz jadi terbantu banget dengan cerita dari Kakak wkwkwk
    Walaupun endingnya masih dirahasiakan nih 😝 tapi kurang lebih aku tahu ceritanya tentang apa. Soalnya aku maju mundur mau nonton karena tahu banyak darah dan jump scare, takut nggak kuat 🤣
    Mungkin nanti aku langsung nonton eps akhir aja #lhoo
    Terima kasih banyak atas reviewnya, Kak Tika 😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya Lia kayaknya sayang deh kalo endingnya dijabarin disini, biar para pembaca bisa ikutan langsung nonton 😁

      Wah sayang banget Li kalo langsung nonton ending ntar ga dapet gregetnya lhooo 😆 Coba tonton aja tp sambil dipercepat haha atau skip pas bagian monsternya

      Delete
  4. HAAA aku belom nonton, tapi kalo webtoonnya aku udah baca sampe tamat. Webtoonnya laris di indonesia, sempet rame diperbincangkan karena memang ceritanya gak berpusat pada monster aja. Dan aku suka banget sama webtoon ini!! Webtoonnya bagus mba, mba Tika kalo suka baca webtoon harus coba baca 👍🏻😭

    Karena ini di garap netflix udah keliatan bagus dari segi visualisasinya, dan terutama pemain disini ya, jujur aku cuman tau jin wook dan mba si young aja 😅, udah pasti akan ku tonton karena ada om Jin wook *-*

    Sip Terima kasih buat reviewnya mba, aku jadi punya perkiraan ttg seriesnya, gak sabar mau nonton juga👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo tonton Mba Reka... aku malah belom baca webtoonnya. Maju mundur nih mau baca apa enggak... takut feel seriesnya hilang 🤣

      Akting Jin Wook sama Si Young keren bangettt emang juara banget lah mereka kalo udah urusan action gitu!

      Makasih juga udah berkunjung Reka 😍

      Delete
    2. Aku udah nonton mba!! Ya ampun aku agak kesel sama endingnya sih. Jadi gimana ya itu eun hyuk, sang wook, hyun soo dan uimyung? Uimyung bukan ya namanya lupa wkwkk. Mereka ini masih misteri gimana kelanjutannya .... huhu bingung mau melampiaskan emosi kemana setelah menonton dan mengingat ingat webtoonnya 😭

      Delete
    3. Hahahahah kesel kan Mbaaa 😆 Emang lah Netflix ini selalu jago gantungin penontonnya. Aku juga gregetan banget Mba sama endingnya... nungguin season 2 pasti masih lama banget 😭

      Delete
    4. Wuaaa baru tau ternyata ini dr webtoon yaaa 😍

      Btw, Mba Eka header baruuu yaa.. Baguuuuss 💖💖

      Delete
  5. Sepertinya aku harus nonton juga nih

    ReplyDelete
  6. Saya jg barusan selesai nonton nih mba, jadi penasaran pgn liat webtoonnya juga. Anyway, thanks reviewnya mba tika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Mba? Masih penasaran banget ga gara2 ending? Hehehe 😆

      Makasih juga udah berkunjung ya

      Delete
  7. Kayaknya menarik untuk ditonton ya mba, seru gitu kalau baca tulisannya mba tika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru emang Mba! Sehari bisa langsung tamat kok 😆 karena alurnya emang bikin nagih banget

      Delete
  8. Serial ini lagi rame dibahas sama temen-temenku di twitter wkwkwk tapi aku nggak nonton ah apalagi itu banyak darah-darah dan jumpscare huhu takut.
    Btw gile Lee Siyoung emang badannya nggak berubah walaupun udah punya anak tetep atletis gitu, mantan atlet memang beda.
    Hmmm dari yang aku tangkap dari tulisan ini, berarti terinfeksinya dari dalam diri ya? Bukan dari virus luar kayak cerita zombie.
    Aku jadi penasaran sama webtoonnya kayak apa, kalau baca kan nggak ada jumpscare ya hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, sayang banget lho Mba kalo ga nonton. Emang serem sih tapi bisa lah tutup2in dikit pas nontonnya 🤣
      Wah, iya Mba udah gak paham lagi juga sama Lee Siyoung, badannya bagus, actionnya juga keren banget Mba di serial ini. Dia lagi hamil aja bisa syuting adegan action Mba apalagi udah melahirkan makin ga ngaruh kayaknya ahahaha
      Iya, kalo sepemahaman aku sih gitu Mba. Gatau kalo di webtoon ya aku ga baca soalnya

      Delete
  9. Aku tipe orang yang lebih suka baca sesuatu jika itu difilmkan wkwk. Aku tadi langsung nyari di webtoon. Udah dapat, rasanya jadi penasaran dengan asli webtoonnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo aku sih mood2an hahaha kalo udah suka sama filmnya biasanya gak akan baca novel/webtoonnya takut kecewa soalnya hehehe

      Delete
  10. Sama nih, bakal marah banget kalo nggak ada season 2 hehee... pokoknya seru banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaaa bener banget! Bakal ngamuk kalo ga ada season 2 nya 😣

      Delete
  11. 1. Kebetulan tahun ini mau explore serial Jepang. Sebelum ke ranah yang lebih spesifik, kayaknya Sweet Home sebagai pemanasan akan sangat menyenangkan. Apalagi saya senang dengan Stranger Things.
    2. Ngomong-ngomong Stranger Things, saya dengar CGI Sweet Home memang bagus. Itu juga karena tukang CGI yang sama dengan yang bikin CGI Stranger Things. Jadi makin tidak sabar.
    3. Tema yang mirip sebenarnya banyak, tapi entah kenapa Sweet Home kayak punya daya tarik untuk saya. Apalagi baca impresi dari kawan-kawan yang menarik. Ohya, saya skip beberapa sub-tulisan kak Tika untuk menghindari spoiler. Meski pada akhirnya tetap kena juga. Ha ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tau malahan nih kalo tim CGI nya Sweet Home sama kayak Stranger Things! Emang bagus banget sih, bener-bener kayak real semua deh monster2nya tuh!
      Hahahaha maaf ya Rahul malah kena jebakan batman 🙈

      Delete
  12. Mampir ke sini karena Mba Eno mention reviewnya Mba Tika tentang Sweet Home. Penasaran Mba Eno akhirnya binge watching padahal genrenya menyeramkan yaak 😆

    Aku sendiri tuh cupu banget kalau nonton film bertemakan apocalypse begini, bawaannya tegang dan pasti merem-merem terus. Apalagi ini banyak penampakan monsternya 🙈 tapi aku penasaran, apa kaitannya tokoh utama yang nggak pernah ngomong dengan anggota keluarganya sendiri, kemudian meninggal terus dia terinsfeksi namun nggak jadi monster 🤔 mau nonton tapi takuttt wkwkw aku anaknya lebih kuat baca buku horor daripada nonton 😆 but thanks for the review, Mba Tika! ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoookk Mba tonton! hehehe Mba Eno aja udah berani lho 🙈 emang ceritanya nagih banget lho ini... gak nyesel deh kalo tonton hihihi
      Makasih juga udah berkunjung ya Mba :)

      Delete
  13. awal tahun 2020 aku sempet ngikutin webtoon ini tapi belum baca sampai selesai eh udah ada seriesnya aja. ini menarik banget sih dan meskipun judulnya horror tapi menurutku nggak nakutin sama sekali, mungkin agak-agak ya buat yang takut darah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kalau suka webtoonnya mungkin bisa ikutin serial ini juga. Meskipun katanya beda tapi tetep memuaskan kok! Buat aku yang gak kuat liat darah2 ini ekstrim sih Mba hehehe apalagi visualisasinya jelas banget kalo di serial

      Delete
  14. Seremmmmm.....

    Mirip Kingdom ya? Saya nonton Kingdom karena dibintangi Ju Ji Hoon dan Bae Doo Na
    Selama nonton saya harus nahan ngeri dong
    Daaannnnn .... kingdom 2 pun saya lalap abis, menunggu yang ke-3

    Sedangkan sweet home ini ...... hihihi ....sebentar saya timbang2 dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibilang mirip Kingdom sih bisa dibilang setipe Mba tapi jalan ceritanya jauh beda banget dengan Kingdom. Dan iya, saya juga nungguin banget ini Season 3 nya!
      Bagus kok Mba, kayak saya bilang di postingan, nonton ini tuh nano-nano banget. Ada senengnya, sedih, takut, dan kocaknya juga

      Delete
  15. Hiii serem bgt bacanya. Kayanya ga bakal kuat nonton deh. Train to Busan aja cukup dagdigdug 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang cukup serem sih Mba, tapi cobain dulu 1 episode siapa tau nagih lho 😁

      Delete
    2. Liat posternya aja udah serem banget. Dulu saya pernah nonton film psikologi tentang psikopat. Dia ngebunuh orang-orang itu pake pisau dapur, parang, atau nggak kampak. Hampir 2 bulan abis nonton saya ga berani deket-deket apalagi pegang pisau. Alhasil ga masak deh tuh selama itu, hahaha.

      Jadi, yang kayak gini lewat aja...

      Delete
    3. Hahaha ini emang serem sih Mba, tapi beda kalo sama film-film psikopat gitu... karena ya mereka sih demi bertahan hidup ya ini 😅

      Delete
  16. Waaahhh sayang banget serial ya, padahal bahkan baca ini aja udah deg-degan, kayaknya menarik banget nih, cuman memang kalau serial butuh banget waktu yang banyak buat nontoninnya.
    Makanya saya biasanya lebih milih film, meski kadang juga saya cicil 2 kali saking saya tertidur hahaha.

    Btw di Netflix banyak banget ya film bagus-bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rey, serial yang ini emang seru banget! Bikin deg-degan banget deh. Tapi emang ya gitu deh kalo serial harus punya waktu luang dan harus sabar banget nih kalo belom selesai serialnya alias lanjut ke season selanjutnya 🙈

      Iya Mba, di Netflix banyak banget film-film bagus

      Delete