[STORY] #MONEYSMARTMENGINSPIRASI PENGHEMATAN UANG YANG MENJEBAK

Apakah ada yang merasa bahwa setiap bulan uang gaji kita tidak cukup? Atau merasa uang yang ditabungkan itu tidak pernah bertambah-tambah? Pasti ada banyak orang yang merasakan hal yang sama seperti pertanyaanku diatas. Kita selalu mengeluh tapi tidak pernah mencari tahu apa penyebab “hilangnya” uang dari tabungan kita itu.

Aku juga sebagai salah satu korban yang merasakan betapa cepatnya uang yang diterima saat gajian hilang begitu saja. Padahal aku juga termasuk rajin untuk langsung menyisihkan gaji yang aku terima ke tabungan khususku. Tapi tetap saja aku merasa uang yang aku sisihkan untuk biaya hidup cenderung tidak cukup dan malah membuatku nakal untuk mengambil uang yang ada di tabungan.  

Aku pun kali ini bukan lagi mencari-cari tips bagaimana untuk menabung atau menghemat uang tapi aku mencari-cari apa yang menyebabkan uang yang ada ditabungan itu tidak betah untuk berdiam diri alias gampang sekali keluar dari tabungan sampai akhirnya aku bertemu banyak artikel-artikel bermanfaat mengenai tabungan di MoneySmart

www.moneysmart.id
Setelah berseluncur di berbagai artikel Smart Money ada satu artikel yang benar-benar “menampar” aku mengenai kebiasaan-kebiasaan yang harusnya bisa aku terapkan atau aku hilangkan. Untuk artikel lengkapnya bisa kamu cek disini. Artikel ini menjelaskan tips hemat tapi ternyata malah membuat kita semakin boros tanpa sadar. Dari beberapa poin yang dijelaskan ada 2 poin yang benar-benar mengena sekali dengan kondisi keuanganku sekarang.

1.    Berbelanja Bahan masakan Bulanan

Setelah aku pikir-pikir ini ada benarnya. Bahkan cenderung sangat benar dengan kondisiku sekarang. Artikel ini (backuplink) menyatakan bahwa berbelanja makanan itu bisa efektif jika kita rajin masak sehari-harinya. Sedangkan aku sangat jarang masak, masak pun yang sangat sederhana dan cenderung moody saat masak. Aku juga sering mengalami bahwa sayur-sayuran yang aku beli itu membusuk di kulkas karena tidak dimasak dan terlupakan. Meskipun hanya sayur tapi itu bisa masuk ke pemborosan.

Selain itu belanja bulanan itu membuat kita mencuci mata dan khilaf membeli makanan-makanan lain yang tidak kita butuhkan seperti jajanan yang terlihat enak tapi kita sebenernya tidak terlalu butuh jajanan itu apalagi yang sedang diet semakin tidak membutuhkan.

Akan lebih baik jika kita ingin membeli bahan masakan itu tepat disaat kita ingin memasak. Akan lebih terkontrol apa yang ingin kita beli. Memang lebih repot karena kita akan jadi sering bolak balik pasar atau swalayan jika kita tidak beli banyak sekaligus tapi itu justru lebih bisa mengerem kita dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan catatan belanja apa yang ingin kita beli. Catetan ini yang akan membuat kita tidak mengira-ngira apa yang harus dibeli sehingga kita membeli barang yang malah tidak tepat.

idntimes.com
2. Berbelanja barang diskon

Ada pro dan kontra sendiri mengenai hal ini sebenernya. Pertama, apabila kita membeli barang-barang yang memang kita butuhkan dan bisa berjangka panjang, diskon akan menjadi sangat penting dan wajib kita buru. Misalkan kita membeli alat-alat mandi seperti sabun, shampoo itu merupakan barang-barang dengan expired yang lama sehingga akan sangat menguntungkan jika bisa kita stok dalam jumlah banyak dengan harga diskon. Tapi, berbeda dengan baju ya. Meskipun tahan lama tapi baju bisa menjadi barang bukan prioritas karena berbelanja pakaian itu bisa menyebabkan pemborosan jika terlalu sering dan memang tidak terlalu dibutuhkan.

Sisi negatifnya, promo-promo diskon dan cashback ini terkadang menjebak kita dan aku sudah merasakan sendiri akibatnya. Sekarang setiap dekat-dekat tanggal gajian pasti akan banyak promo cashback ataupun diskon dengan menggunakan alat pembayaran tertentu. Promo diskon dan cashback ini cenderung membuat kita semakin konsumtif karena kita berpikir barang atau makanan yang kita beli ini didapat dengan harga murah sehingga kita tidak akan rugi jika membelinya. Padahal bisa saja kita tidak membeli makanan atau barang-barang itu. Tapi emang namanya manusia apalagi cewek ya liat harga yang di diskon sedikit aja bikin kita kalap karena mikirnya kapan lagi barang atau makanan ini bisa diskon. Padahal ini lah perilaku yang salah. Kita akan lebih hemat kalau tidak membeli barang-barang diskonan tersebut. Sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih barang yang akan dibeli jika tidak mendesak bisa ditabung dahulu uangnya dan dibeli saat ada diskon kembali. Karena dalam satu tahun itu pasti akan ada saja diskon yang ditawarkan kepada kita.

bisnis.tempo.co
Artikel-artikel di MoneySmart (backup link) ini sangat banyak yang bisa menginspirasi kita mengenai keuangan sehari-hari dan cara-cara pintar untuk mengatasi masalah keuangan, kita jadi lebih paham apa yang harus kita lakukan dan bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan sekaligus mengajarkan kita juga ilmu-ilmu tentang investasi. Sangat disarankan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan mengatur keuangannya.

Post a Comment

0 Comments