[REVIEW] FILM PARASITE – FILM KOREA YANG HEBOH DIMANA MANA

SINOPSIS

Keluarga Ki-Taek yang beranggotakan 4 orang adalah pengangguran, hidup dengan menyedihkan dan hanya bergantung dengan penghasilan dari melipat box pizza. Suatu hari sahabat Ki-Taek menawarkan Ki-Taek untuk menggantikan dirinya mengajar Bahasa Inggris untuk anak orang kaya. Dengan tekad untuk memperbaiki kehidupan keluarganya, Ki-Taek pergi ke rumah Tn. Park untuk wawancara sebagai guru Bahasa Inggris disana. Kunjungannya ini lah yang membuat Ki-Taek merencanakan banyak hal untuk keluarga Tn.Park dan keluarganya sendiri.

SPOILER ALERT!!

REVIEW

Ini film heboh banget di Korea dan juga sampai ke Indonesia. Film Korea pertama yang mendapatkan gelar di Penghargaan Cannes tentu saja wajib kita tonton dong. Sekalian mencari tau kenapa film ini heboh dan booming di Indonesia karena film ini merupakan Film Korea terlaris di Indonesia mengalahkan Extreme Jobs dan Battleship Island yang keduanya emang bagus banget. Mari kita mulai saja ya reviewnya

Karena genre yang ditawarkan ada thrillernya, aku pikir film ini akan menegangkan dari awal atau ya setidaknya tidak terlalu lama dari film ini berjalan. Tapi, film ini lebih banyak menceritakan tentang “rencana licik” keluarga Ki-Taek untuk menguasai keluarga Tn.Park tapi aku akui itu keren banget sih. Mereka bisa merencanakan segala sesuatunya dengan detail dan bisa memunculkan ide tersebut saja menurutku sudah hebat banget. Apalagi banyak ide-ide spontan dari kakak beradik yang malah berguna banget untuk keluarga mereka. Memang benar-benar udah desperate sekali mereka.

Bagian thriller ternyata hanya dimunculkan pada bagian menuju akhir saja. Karena film ini dilandasi oleh keserakahan untuk menguasai maka ini pula yang menjadi landasan utama thrillernya bisa tercipta. Sebenarnya, permasalahan utama itu bukan lah dengan keluarga Tn.Park melainkan ada pihak lain yang mengancam keluarga Ki-Taek ini. Seperti salah sasaran karena bukan bersiteru dengan keluarga Tn.Park tapi malah dengan pihak lain. Meskipun pada akhirnya ada juga perseteruan dengan keluarga Tn.Park tapi ini lebih murni seperti dendam dari salah satu anggota keluarga Ki-Taek.

Ending dari film ini bagus kalo menurutku karena bukan happy ending yang diberikan untuk keluarga Ki-Taek. Tentu saja gak adil kalo diberikan happy ending dan pasti si penulis akan dihujat kan? Keluarga mereka terkena “karma”nya dan tidak bisa bersama-sama lagi berempat.

Lalu, gimana menurutku? Apakah bagus banget?
Jujur aku merasa biasa aja dan sempat bosan malahan ditengah-tengah jalan film. Aku merasa bahwa film ini dibawah ekspektasiku. Sepertinya memang ketinggian deh ekspektasiku atas film ini. Ide yang disampaikan mungkin memang beda dan kita juga bisa melihat kehidupan lainnya di Korea bukan hanya dunia glamournya dan tidak menutup kemungkinan bahwa kehidupan yang dialami Keluarga Ki-Taek ini juga terjadi di Indonesia.

Pesan moralnya gimana? Tentang kerja keras dan kerja jujur. Ini sih yang paling aku tangkap dari film ini. Kalo kalian melihat filmnya, kalian pasti sadar bahwa anggota Keluarga Ki-Taek itu sebenernya punya keahlian, mereka pintar dan cerdik. Tapi, kenapa bisa menganggur? Kalau mereka mau mencari pekerjaan dengan keahliannya seperti supir dan ART pasti bisa dapat sih. Yaaa tapi lagi-lagi namanya juga film ya.

Untuk rate sepertinya cukup di angka 7/10 ya karena aku lumayan menikmati tapi tidak sampai ke level suka banget. Tapi, tiap orang beda-beda siapa tau kalian suka banget sama film ini kan? Jadi buat yang belum nonton boleh dicoba untuk ditonton 😊

Poster Parasite (liputan6.com)


Post a Comment

2 Comments

  1. AKU SUKA BANGET SAMA FILM INI HAHAHAHAHA sampai kasih rekomendasi di blog juga. Aku endingnya suka banget karena gimana ya kayak nggak ada yang bisa disalahin gitu, terus overthinking mikirin kesenjangan sosial ini kapan berakhir wkwkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera orang emang beda-beda sih ya Mba. Film ini emang bagus tapi engga jadi favorit sih kalo buat aku sendiri. Tapi, emang endingnya mantep banget. Kesenjangan sosial itu emang nyata adanya sih

      Delete