[REVIEW] FILM EXIT - BUKAN FILM DISASTER SEMBARANGAN!! (FILM KOREA)

Tahun ini sepertinya film-film Korea sedang naik daun, bukan sekedar naik daun tapi memang diiringi dengan jalan cerita yang bagus dan cinematography yang ditawarkan juga bagus sekali. Kali ini ada film EXIT sebuah film dengan latar belakang sebuah bencana yang terjadi di Korea Selatan.


google.com
SINOPSIS

Yong Nam (Jo Jung Suk) telah lulus dari universitas beberapa tahun yang lalu, tapi ia masih mencari pekerjaan. Yong Nam memiliki hobby rock climbing yang aktif dia ikuti semasa kuliahnya. Sedangkan ibu dari Yong Nam, Hyun Ok (Ko Du Shim), akan merayakan ulang tahunnya ke 70 pada suatu convention hall. Pada acara itu lah Yong Nam bertemu Ui Joo (Yoona SNSD) yang bekerja sebagai assistant manager. Mereka berdua adalah anggota rock climbing saat masa kuliah. Yong Nam pernah menyatakan perasaannya ke Ui Joo namun ditolak. Hingga saat ini Yong Nam masih menyimpan perasaan ke Ui Joo. Namun, tiba-tiba gas beracun menyebar di kota. 


REVIEW: SPOILER ALERT!!

Awalnya sih aku enggak terlalu berekspektasi tinggi untuk film ini, aku kira kepopuleran film ini karena pemainnya yang memang udah terkenal banget apalagi ada sang idol Im Yoona sebagai salah satu pemeran utamanya. Tapi, aku SALAH BESAR! Film ini memang bagus banget dan wajar bisa booming di Korea hingga penontonnya mencapai 9 JUTA (menurut info ya).

Film ini dibuka dengan menceritakan kehidupan Yong Nam yang menurut aku sih agak membosankan, mungkin hanya sekitar 10 menit awal aja karena abis itu bencananya langsung terjadi. Menurutku ini jadi nilai plus karena filmnya "tidak berisik" alias tidak perlu basa basi terlalu lama untuk mencapai permasalahannya cukup memperkenalkan sekenanya tentang tokohnya dan langsung diluncurkan masalahnya.

Bencana yang diangkat juga agak berbeda dengan yang biasanya, yaitu gas beracun. Selama ini film bencana pasti mengangkat tentang bencana alam seperti gempa, tsunami ataupun bukan bencana alam paling banter adalah pengeboman. Tapi, di film ini menggunakan gas beracun yang efeknya luar biasa cepat. Meskipun aku agak bingung juga ya kenapa gas beracun yang hanya ada di satu tangki truk bisa menyebar ke kota dengan cepat bahkan bisa naik ke permukaan sampe ke gedung-gedung tinggi. Aku gak terlalu paham apakah memang ada sifat gas yang seperti itu atau ini memang hanya karangan belaka yang tidak mungkin bisa terjadi.

Usaha yang dilakukan si Yong Nam dan Ui Joo untuk menyelamatkan keluarga Yong Nam yang terjebak di atap juga keren banget. Bagaimana mereka bisa bekerja sama untuk mencari cara supaya bisa diselamatkan dari atap gedung hall itu. Apalagi setelah Yong Nam dan Ui Joo ternyata tidak bisa ikut dalam penyelamatan dan mereka harus menunggu tim penyelamat lain yang tidak tau datangnya kapan. Disinilah usaha mereka akan mewarnai film ini selama 1,5 jam film ini. 


kincir.com

Sepertinya film ini ada unsur komedinya juga karena beberapa kali disisipkan hal-hal lucu padahal lagi serius jadi terkadang bikin ketawa juga. Tapi, jangan salah. Film ini banyak juga adegan-adegan menegangkan yang bisa bikin jantung copot. Karena mereka hanya bisa bergerak dari atap suatu gedung ke gedung lainnya jadi ada banyak sekali ketegangan antara satu tali ke tali lain, satu lari ke lari yang lainnya lagi. Didukung dengan background kedua tokoh yang seorang rock climber jadi kita tidak akan berpikir bahwa semua ini mustahil dilakukan tapi memang beruntung sekali mereka berdua memiliki background tersebut.

BACA JUGA: [REVIEW] FILM PARASITE - FILM KOREA YANG HEBOH DIMANA MANA

Disini juga ditunjukkan kekuatan social media yang membuat mereka juga akhirnya bisa diselamatkan. Karena hanya tinggal berdua tanpa alat komunikasi sama sekali tapi bisa selamat karena ada drone yang menangkap pergerakan mereka hingga mereka bisa viral di social media dan televisi. Satu hal lagi, disini salut juga sama sifat tokoh yang bisa dibilang tidak egois sama sekali. 2 kali mereka harus merelakan agar tidak diangkut oleh helikopter penyelamat karena ada yang lebih membutuhkan yaitu orang tua dan anak-anak. Bukan hal yang mudah ditemui di kehidupan nyata sepertinya karena kita biasanya lebih mementingkan diri kita sendiri untuk selamat dari bencana apalagi bencana gas beracun.

Film ini benar-benar aku sarankan untuk ditonton, tidak terasa lama karena memang tiap adegan itu disampaikan dengan baik dan to the point. Bravo lah untuk film yang satu ini. Bahkan aku jujur lebih suka film ini daripada film Parasite yang juga heboh. Tapi, keduanya memiliki charming nya masing-masing. Film ini akan aku kasih rate 4,5/5!! Buat yang belum nonton wajib banget untuk nonton film ini. 

Selamat menonton :)

Post a Comment

1 Comments

  1. film ini salah satu film korea yang menurut saya terbaik di categorynya .

    ReplyDelete