[REVIEW] NOVEL LOCKWOOD & CO: UNDAKAN MENJERIT - JONATHAN STROUD

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.


Aplikasi: Ipusnas

Lockwood & Co: Undakan Menjerit

Penulis: Jonathan Stroud

Tahun Terbit: 2016

ISBN: 9786020334202

Halaman: 424

Bahasa: Indonesia 


Setelah gelap, bunyikan lonceng dan tunggu di luar garis besi. 

Selama lima puluh tahun lebih, wabah hantu menyerang Inggris. Lucy Carlyle, penyelidik paranormal yang masih muda, menginginkan karier cemerlang. Namun, kenyataannya ia bergabung dengan agensi pembasmi hantu paling kecil, paling kumuh di London, dipimpin Anthony Lockwood yang karismatis.

Ketika salah satu kasus mereka berakhir dengan kekacauan fatal, Lockwood & Co. memiliki peluang untuk memperbaiki keadaan. Sayangnya, itu berarti mereka harus menginap di rumah paling berhantu di Inggris.

Buku Lockwood & Co ini sebenarnya buku series dan terdiri dari 5 buku. Layaknya review buku sebelumnya, seharusnya aku merangkum review ini dalam 1 series tapi karena aku secara pribadi sudah gak sabar untuk mereview buku ini akhirnya dengan amat senang hati aku akan review buku ini terlebih dahulu.

Buku Lockwood & Co ini bisa dikatakan sebagai novel horror mengingat tema yang diangkat adalah pembasmian hantu dan segala jenis agensi pengusiran hantu dan ada sedikit bumbu kisah detektif didalamnya ketika Lockwood berusaha mencari tau kebenaran yang terjadi dibalik kemunculan suatu penampakan. Sebenarnya ini bukan jenis buku yang aku baca, karena aku ini penakut kalo soal hantu. Bisa berpikir yang tidak-tidak setelah nonton atau baca horror. Aku lebih menikmati misteri thriller dibandingkan hantu karena ketika dibayangkan tidak akan menjadi terlalu seram berbeda ketika kita membaca horror. Tapi, ketika banyak orang mengatakan bahwa buku ini harus dibaca tentu saja aku tidak boleh terlewat juga kan kalau begitu.

Baik di goodreads maupun blog-blog reviewer buku mengatakan bahwa buku ini membuat kita tidak akan berhenti membacanya setelah terjun ke buku ini. Dan kali ini aku harus setuju bukan main. Malam adalah satu-satunya waktu aku akan berhenti membaca buku ini karena aku takut membayangkan apa yang ada di buku dan malah membuatku susah tidur.

Buku ini sangat nyaman dibaca karena tidak bertele-tele sama sekali. Penulis tidak repot-repot menjelaskan segala sesuatunya secara sangat detil hingga membuat pembacanya lelah membaca. Perkenalan tokoh pun dilakukan seadanya tapi membuat kita paham atas pekerjaan masing-masing tokoh utama yang dibicarakan disini. Penggambaran suasana maupun kehidupan seperti apa yang dijalani tokoh pun tidak dibuat terlalu panjang sehingga membuat pembaca mengantuk. Semua penggambaran yang dipaparkan disini semuanya terasa cukup dan cukup disini dalam artian yang sangat baik.

Alur ceritanya juga sangat menarik. Penjelasan yang detil tentang penampakan hantu atau “Pengunjung” mereka menyebutnya juga sangat membantu kita sebagai pembaca membayangkan apa yang terjadi dengan para tokohnya ini. Karena aku belum pernah membaca novel horror jadi aku tidak bisa memberikan penilaian secara objektif mengenai cerita horror yang diangkat. Tapi, menurutku cerita horror yang disampaikan mampu membuatku merinding dan ketakutan. Awalnya aku mencoba untuk membacanya di malam hari menjelang tidur tapi ketika yang aku baca adalah puncak cerita dan sudah pasti bagian hantu yang mengerikan aku memutuskan untuk tidak melanjutkannya karena terlalu takut. Jadi, aku sangat salut dengan penulis yang mampu membuat merinding hanya melalui tulisan dan tanpa visual apapun. Cerita yang diangkat juga berkembang dengan baik, perpaduan antara horror dan kisah detektifnya semakin membuat novel ini seru. Setelah buku pertama ini dijamin pembacanya akan sangat penasaran kisah besar apa yang akan diangkat di novel series ini.

Hal yang paling aku sukai dari novel ini mungkin semuanya karena menurutku tidak ada alasan untuk tidak menyukai novel ini dan terasa memuaskan sekali membacanya. Tapi, jika harus memilih maka akan aku bilang bahwa aku jatuh cinta dengan tokoh Lockwood. Dia seorang pemimpin yang mungkin bisa dibilang agak egois dan terlalu tertutup tapi kepintarannya dan tingkahnya yang dewasa benar-benar membuat kagum. Padahal di buku ini umurnya mungkin hanya 15 tahunan. Pembangunan karakternya sangat hebat dan membuat penasaran di buku-buku selanjutnya.

Kalau hal yang tidak disukai jujur aku belum menemukannya jadi aku tidak bisa membahas tentang hal-hal yang tidak kusukai. Untuk hal yang kurang dalam novel ini, aku juga agak kesulitan menemukannya, karena meskipun ini novel terjemahan tapi Bahasa yang dipakai tidak aneh dan sangat mudah dipahami tidak terasa seperti novel terjemahan. Mungkin akan agak bingung dengan istilah mereka seperti “Pengunjung”, “Masalah”, “Wabah” dll tapi di akhir buku ada glosarium yang bisa menjelaskan sedikit.

Buat yang butuh bacaan buku ini wajib banget untuk dicoba karena mencampurkan unsur horror+detektif yang seru. Dijamin bakal lanjut terus sampe tamat kalo udah baca buku ini, kecuali ketakutan tiba-tiba saat baca. Untuk buku ini aku kasih rating 5/5! Yang penting jangan dibaca saat malam hari jika benar-benar takut. Selamat membaca 😊


Post a Comment

2 Comments

  1. Aku juga suka banget sama novel ini. Dan baru kenal novel ini karena teman Ig rame baca buku ini. Ternyata memang benar. Aku sudah baca sampai buku ke-4 nya sejauh ini. Tinggal buku terakhir.

    Dan... semakin kebelakang semakin seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sekarang masih otw buku ke-4, bener2 bikin ga berenti baca banget bukunya wkwk

      Delete