[REVIEW] FILM KOREA TUNNEL - BENCANA ALAM YANG MENGERIKAN

poster, film, korea, tunnel, 2016
Poster Film Tunnel (kumparan.com)

Film ini sebenarnya bukan film baru melainkan film di tahun 2016. Alasan utama menonton film ini sebenarnya juga karena beberapa orang di twitter menyarankan untuk mencoba menonton film ini bagi yang menyukai film disaster. Kebetulan karena aku menyukai film dengan tema seperti ini tidak ada salahnya kan untuk mencoba meskipun terlambat.


Bercerita tentang Lee Jung Soo yang sedang menyetir pulang ke rumah karena hari itu adalah ulang tahun si anaknya. Ketika ia sedang melewati terowongan di suatu gunung, terowongan itu tiba-tiba ambruk. Ketika sadar, Lee Jung Soo mendapati dirinya terjebak di dalam mobilnya, terkubur dibawah banyak beton dan puing-puing. Hanya ada handphone yang tidak penuh, 2 botol air minum dan sekotak kue ulang tahun anaknya yang bisa ia andalkan. Kini, ia harus berjuang hidup dengan keterbatasan ini sambil menunggu ia diselamatkan.


Nah, berikut review dari film Tunnel.


BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA ASHFALL, KISAH PERJUANGAN UNTUK MENGHENTIKAN BENCANA


Adegan super menegangkan


Sejak dimulai runtuhnya terowongan hingga film ini selesai kita akan disuguhi banyak adegan menegangkan. Bayangkan saja dahulu bagaimana frustasinya Jung Soo yang harus terjebak sendirian di dalam mobil sempit dengan bekal seadanya. Apalagi, terowongan ini sangat panjang dan mereka memiliki keterbatasan data mengenai terowongan ini.


Pada awalnya ia dijanjikan 7 hari oleh para petugas penyelamat dan diminta untuk bertahan selama itu. Dengan persediaan yang serba terbatas Jung Soo harus bisa menghemat segala yang ia miliki termasuk baterai hp yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan petugas penyelamat dan keluarganya. Tapi, ternyata tidak semudah itu, hingga puncaknya ia harus bertahan selama 35 hari lamanya! Selama menonton film ini kita akan diuji kesabarannya.


Penyelamatan yang mustahil


Ketika keadaan serba sulit kita saja yang menonton pasti sampai berpikir bagaimana caranya para petugas ini bisa menyelamatkan Jung Soo. Terowongan yang sudah porak poranda ini sangat sensitive, bahkan dengan suara saja menyebabkan getaran pada reruntuhannya dan berakibat kembali runtuhnya beberapa bagian terowongan.


Lalu, yang terjebak di dalam terowongan yang panjang ini hanya 1 orang tapi segala macam usaha mereka lakukan untuk penyelamatan dengan skala besar. Banyak pekerja yang nonstop menggali, mencari lokasi pasti Jung Soo. Hingga puncaknya, misi penyelamatan ini memakan korban dan mulai banyak orang yang mempertanyakan apakah setimpal usaha yang mereka lakukan untuk menyelamatkan 1 orang terjebak didalam terowongan. Sulit karena komunikasi dengan Jung Soo telah terputus dan tidak ada yang tau apakah Jung Soo masih hidup atau telah mati.


Kemanusiaan yang diuji


Jung Soo ternyata bukan satu-satunya yang terjebak di terowongan awalnya. Ada wanita muda dan seekor anjing di depannya. Sialnya, wanita ini tidak bisa bergerak sama sekali karena tertimpa pilar besar. Jung Soo yang memiliki bekal terbatas harus berbagi dengan wanita ini seperti air minum dan juga ponsel. Selain itu ia juga harus mengurus anjing wanita itu yang tidak paham kondisinya. Tapi, patut diacungi jempol bahwa Jung Soo tetap membantu tanpa memikirkan dirinya padahal ia juga kesulitan air.


Bagian paling sedih di film ini adalah ketika Se Hyun, istrinya Jung Soo, mendapat tekanan dari banyak pihak untuk menghentikan pencarian karena meyakini Jung Soo telah tiada. Se Hyun yang meyakini Jung Soo masih hidup tapi tidak kuat menanggung beban moralnya sehingga harus mengakhiri pencarian. Cerita pamit Se Hyun di radio mampu membuat aku menangis. Membuat kita juga merasakan betapa sakitnya yang ia rasakan.


Selain itu ada juga pansos yang dilakukan oleh pihak pemerintah atau atasan pasukan penyelamat yang masih mementingkan image mereka tanpa memberikan simpati yang semestinya pada pihak korban dan keluarga. Mungkin ini untuk menunjukkan bahwa memang masih banyak hal-hal seperti ini terjadi di dunia nyata.


Para aktor dan aktris yang luar biasa


Ha Jung Woo dan Bae Doo Na tentunya bukan nama yang asing bukan? Along with the Gods, Ashfall, Serial Netflix Kingdom merupakan contoh kecil project yang mereka bintangi. Sudah pasti tidak perlu diragukan lagi kemampuan keduanya. Tapi, bagiku yang paling mengena adalah saat Bae Doo Na yang menjadi istri dari Ha Jung Woo mengucapkan salam perpisahan untuk suaminya dan didengar oleh sang suami, ketika mereka menangis mampu membuat aku juga ikut menangis. Tidak menyangka di film ini akan ada bagian yang menyedihkan.


Nah, inilah review singkat untuk film Tunnel yang bertemakan tentang disaster yang mengerikan. Untuk film ini akan aku beri rating 4/5! Bagi yang belum nonton, aku saranin banget nih untuk segera ditonton juga. Selamat menonton 😊


BACA JUGA: [REVIEW] FILM ALONG WITH THE GODS 2 - THE LAST 49 DAYS



Post a Comment

0 Comments