[REVIEW] YOUNG ADULT: TEN YEARS CHALLENGE - MUTIARINI

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Young Adult: Ten Years Challenge (ebooks.gramedia.com)

Judul: Young Adult: Ten Years Challenge

Penulis: Mutiarini

Tanggal Terbit: 3 Agustus 2020

Jumlah Halaman: 202 halaman

ISBN: 9786020642772

Bahasa: Indonesia


Passion mungkin mengingatkan siapa kita sebenarnya, dan apa yang ingin kita lakukan dalam hidup. Tapi, kegigihan seperti motor yang memberi kita kekuatan untuk terus bergerak ke depan (hal.192)


BLURB


Agastya Renandi merasa hidupnya hancur. Pada usia 27 tahun, ia diputuskan sepihak oleh Diga, pacarnya sejak SMA. Otomatis, ia juga kehilangan pekerjaannya di perusahaan milik Diga. Atya merasa sendirian dan nyaris tak punya uang sepeser pun.


Reuni SMA yang diharapkannya bisa sedikit menghibur, malah berakhir dengan buruk setelah Atya melabrak Diga yang membawa pacar baru. Atya mengalami kecelakaan dalam perjalanan pulang dari reuni. Saat membuka mata dan melihat cahaya menyilaukan, ia berpikir dirinya pasti sudah mati. Namun, ia justru mengalami hal ajaib dan mendapatkan kesempatan untunk menjalani kembali masa SMA-nya.


Atya harus memperbaiki semua kesalahan yang diperbuatnya saat remaja. Ia berfokus mencari cara agar tidak kehilangan pacarnya yang sempurna. Namun, hidup selalu punya rencana tak terduga. Atya bimbang saat hatinya mulai terbuka pada pilihan lain yang terbentang di hadapannya.


BACA JUGA: [REVIEW] METROPOP: SECOND CHANCE - FLARA DEVIANA


REVIEW


Novel Young Adult ini mungkin yang pertama berhasil aku tamatkan, mengingat novel Young Adult sebelumnya berakhir hanya berada di box buku. Novel ini aku pilih sebagai selingan karena aku lagi membaca sebuah novel yang cukup berat jadi aku mencari novel dampingan yang hanya memiliki halaman sedikit yaitu 200 halaman.


Mungkin ketika membaca blurb nya Sebagian besar pembaca buku sudah lumayan sering menemukan novel dengan plot kembali ke masa lalu. Aku sendiri lebih sering menemukannya di drama Korea sih daripada di novel tapi ini menjadi salah satu alasan yang menarik aku untuk membaca.


Novel ini menceritakan Atya yang diberikan kesempatan untuk mengulang hidupnya kembali ke umur 17 tahun, dimana ia harus memperbaiki semua kesalahan yang pernah ia perbuat selama ia berumur 17 tahun. Ternyata kehidupan Atya drastis berubah Ketika Atya menginjakkan kakinya di SMA. Ia menjadi super hits, bergabung geng paling popular di sekolah dan sekaligus paling ditakuti di sekolahan. Ia dan grupnya menjadi orang-orang paling menyebalkan bagi Sebagian anak-anak karena sikap mereka yang semena-mena.


Atya yang menyetujui untuk kembali ke masa SMA hanya memiliki satu tujuan yaitu menemukan mimpinya kembali dan tidak akan berpisah dari Diga, pacarnya tercinta. Tapi ternyata dalam proses mengejar mimpinya ia diharuskan memilih antara cinta atau mimpinya yang baru ia temukan.


Novel ini termasuk novel yang ringan menurutku dan konfliknya juga tidak terlalu memusingkan. Melalui novel ini kita akan diajak untuk berpikir mengenai mimpi apa yang benar-benar kita inginkan bukan hanya mengikuti orang-orang terdekat kita. Sering dijumpai bahwa terkadang anak muda itu hanya mengikuti teman terdekatnya karena tidak ingin merasa berbeda dan tersingkirkan.


Diberi kesempatan hidup lagi Atya jelas tidak menyianyiakannya. Ia memperbaiki segala hal buruk yang ia lakukan ketika masa SMA. Ia menjadi lebih dewasa dan itu perkembangan karakter yang bagus menurutku. Aku suka Atya yang serius dengan masa depannya dan bukan hanya fokus untuk mempertahankan hubungannya dengan Diga saja. Atya yang menjadi fokus utama dicerita ini bukan jadi tipe wanita yang lemah dan menyebalkan yang pasrah saja dan itu benar-benar membuat novel ini semakin seru untuk diikuti.


Kekurangan dari novel ini mungkin dari penggambaran bagaimana Atya kembali ke dunia yang sesungguhnya. Diceritakan di novel ini tiba-tiba saja dia kembali ke 10 tahun kemudian dan ini malah membuat puncak dari cerita agak menjadi aneh sih. Aku suka endingnya tapi tetap saja menurutku agak dipaksakan dari puncak permasalahannya tiba-tiba muncul di ending. Merasa terburu-buru sih ketika membacanya.


Untuk keseluruhan aku beri rating 4/5. Aku suka semua tokoh, cerita dan perkembangan karakter yang ditampilkan. Hanya agak sayang saja di bagian ending puncaknya. Nah, bagi yang sudah baca bagaimana menurut kalian?


BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL D'ANGEL LIFE BY LUNA TORASHYNGU - KISAH KEEMPAT PARA GENOID


Post a Comment

10 Comments

  1. Aku pernah nonton series dengan plot begini. Ternyata dia memilih jalan yg lain. Aku rasa aku juga akan berbuat sama sih *ngayal mode on*. Kalau hanya untuk membuat pilihan2 yang sama, buat apa diulangi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget mba. Kalau diberi kesempatan "mengulang" pasti kita udah tau apa yang harus diperbaikin kan ya

      Delete
  2. Aku belum pernah baca buku ini tapi dari alur ceritanya kelihatan ringan dan cocok untuk jadi selingan haha.
    Aku malah penasaran, habis ini kak Tika akan baca novel berat apa? 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, ini cocok banget buat selingan karena bisa cepet banget ditamatin.
      Wahh, tunggu aja ya reviewnya disini, buku "berat" apaan yang bakal aku baca hahaha

      Delete
  3. Aku juga belum pernah baca novel itu, mbak. Nampaknya menarik yaa. Kapan2 pengen baca deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, lumayan kok kalo butuh bacaan yang ringan ini cocok sih buat dicoba baca

      Delete
  4. Bener banget ya, sering kali waktu masih muda kita suka ikutan pilihan temen karena nggak mau dianggap berbeda. Padahal harusnya kita punya pilihan sendiri. Dari review ini kayaknya bukunya keren dan simple. Cocok untuk bacaan saat bersantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba, waktu muda kadang kita terlalu acuh dengan masa depan hehe cocok banget nih dibaca buat yang masih meraba-raba masa depannya.

      Delete
  5. Baca ulasan ini jd inget movie 17 Again.. Karena di masa lalu mereka mau memperbaiki, tp ujung2nya malah menyadari klo masa lalu lbh baik dibiarkan begitu aja ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya sih aku tau deh Mba film 17 Again tapi belom ketonton deh kayaknya jadi gak ada bayangannya nih.
      Terkadang emang kan semua terjadi udah ada alasannya ya Mba (tiba2 sok bijak) hehe

      Delete