3 BLOG YANG JADI RACUN BUKU!

 

Aku kangen nulis tapi belum ada ide menulis huhuhu ini karena aku sekarang lagi heboh-hebohnya menjajal webtoon dan nonton drama bukan baca buku ataupun nonton film yang alhasil membuat diri ini mandek untuk nulis postingan blog. Udah lama gak blogwalking juga dan terus nemu beberapa posting blog yang ikutan challenge dari Mba Eno. Biasanya aku gak ikutan karena agak susah untuk menyatukan tema yang dikasih Mba Eno ke niche blogku (yap aku masih bertahan dengan niche ini 🤣) pas temanya tentang blogger wah menarik banget dan langsung dapet ide deh buat nulis hahaha.

CR Challenge #3 kali ini punya tema 3 rekomendasi blogger beserta alasannya. Dulu ketika aku ikut challenge 30 Days Post salah satunya adalah tentang blogger juga dan jujur aku kesulitan banget untuk kasih rekomendasi karena dulu itu jarang banget blogwalking dan nemuin blog yang klik banget di hati. Tapi, beda sama sekarang ya, sekarang mah banyak banget yang harus dikunjungin. Tapi, kali ini aku mau kasih rekomendasi 3 blogger yang selalu sukses kasih racun ke aku. Tak lain dan tak bukan tentunya racun buku ya, bikin aku makin pusing karena banyak banget buku yang harus aku tambahkan ke list TBR 🤦

BACA JUGA: [MOVIE] 5 FILM KOREA RINGAN COCOK UNTUK BERSANTAI

Bookie Looker oleh Stefanie Sugia

sumber: http://www.thebookielooker.com/

Enggak pernah inget gimana caranya bisa mampir ke blog Kak Stefani tapi bersyukur banget bisa nyampe kesini. Bookie Looker udah merilis banyak banget review buku dan bisa dibilang bukunya beragam banget. Apalagi ternyata di beberapa buku yang aku baca aku punya kesan yang sama dengan Kak Stefani jadi memudahkan aku untuk memilih buku yang mungkin akan aku suka dari blog ini.

Blog feed Kak Stefani juga rapi banget. Sederhana dan bikin nyaman dibaca terus menerus sampe kadang gak sadar udah buka postingannya banyak banget. Isi review yang dibagikan oleh Kak Stefani juga pure tentang apa yang ia rasakan ketika membaca buku tersebut. Spoilernya dikit banget dan kalau aku pribadi merasa malah jadi kayak ngobrol sama Kak Stefani karena pembawaan review yang santain. Blog ini sebagian besar berisi Bahasa Inggris tapi sepertinya tergantung dengan Bahasa dari buku yang dibaca oleh Kak Stefani sendiri.

Sempat jarang posting, di tahun 2021 ini Kak Stefani mulai rutin lagi menulis jadi racun-racun buku dari Kak Stefani terus berdatangan nih. Kalau penasaran boleh main kesini ya:

http://www.thebookielooker.com/

Kubikel Romance - Sulis

sumber: https://www.kubikelromance.com/

Kubikel Romance adalah blog buku yang memantapkan aku untuk menjadi book blogger juga. Saat aku googling, blog inilah yang ada di pencarian paling atas. Dan saat aku buka-buka langsung mendapat inspirasi, makanya blog ini sudah pasti aku jadikan rekomendasi. Kubikel Romance mungkin tidak seaktif dulu tapi sesekali masih share tentang review buku juga.

Dari segi layout, blog ini juga bersih dan rapi banget. Bikin nyaman selama baca. Pengen juga nih blog ini dibuat sebersih dan serapi Kubikel Romance. Kalo blog Bookie Looker sebagian besar buku yang di-review adalah buku luar alias berbahasa Inggris, nah di Kubikel Romance ini banyak buku-buku dari penulis Indonesia dan dari berbagai macam penerbit, jadi makin banyak penulis-penulis Indonesia yang bisa aku explore dari blognya Kak Sulis ini. Jadi, varian buku yang aku semakin banyak juga karena selama ini aku cenderung suka baca-baca novel luar baik yang Bahasa Inggris ataupun sudah diterjemahkan.

Dari blog Kak Sulis inilah aku belajar bagaimana menjadi seorang book blogger. Aku belajar bagaimana caranya untuk me-review buku, teman-teman yang sudah lama bermain disini pasti sadar perubahan bertahap dari gaya review-ku. Apa saja yang aku bahas, sejauh mana aku bisa membahas isi cerita dan semua printilan tentang book blogger aku pelajari dari Kubikel Romance, makanya blog ini sudah pasti akan aku rekomendasikan ke temen-temen apalagi yang suka baca buku.

https://www.kubikelromance.com/

Novel Notions

sumber: http://novelnotions.net/

Novel Notions ini blog yang unik banget lho. Blog ini dikelola oleh 6 orang, jadi ada 6 reviewer yang mengisi blog ini. Ketemu blog ini juga secara tidak sengaja karena aku berteman di goodreads dengan salah satu penulisnya. Kagum banget karena selalu jadi top reviewer di Indonesia. Komen dan likes di review goodreads-nya selalu ramai. Setelah kepo ternyata juga menulis untuk blog beramai-ramai dengan 5 orang lainnya.

Kalau dari riwayatnya, blog ini sih udah ada sejak dari 2018 tapi karena reviewer-nya juga banyak jadi bukunya banyak banget yang disaranin. Tapi, sepertinya ini buku yang di-review semuanya berbahasa Inggris dan aku belum cek satu-satu sih karena penulisnya itu darimana-mana lho! Ada dari Malaysia, Indonesia, US, UK dan France! Jadi emang sasaran mereka adalah pembaca dari seluruh belahan dunia.

Genre bukunya juga super beragam karena setiap reviewer memiliki genre favorit masing-masing. Buku-buku disini tuh bermacam banget, engga yang bener-bener booming aja diangkat tapi luas deh. Aku saat baca-baca banyak menemukan buku menarik tapi tidak terlalu hype. Makanya aku suka banget nih berkunjung ke blog satu ini.

Blog ini adalah panutanku untuk membawa blog ini kemana. Mereka selalu konsisten untuk me-review dan juga dipercaya banyak penulis buku untuk review mereka dengan sistem ARC. Mengingatkan aku banget bahwa blogging itu gak akan pernah ketinggalan deh dari platform lain.

http://novelnotions.net/

Karena di postingan kali ini aku emang berencana hanya mengangkat para blogger yang meracuni buku jadi hanya 3 ini yang bisa aku masukin. Kalo aku mau yang bener-bener beragam wah bakalan banyak banget dan pasti sampe bingung hahaha termasuk yang ngadain acara ini, pastinya aku bakalan masukin di list rekomendasi!

Nah, kalo temen-temen sendiri paling favorit itu blog-nya siapa nih? Kalo blog-blog diatas udah pada kenal belum? Yuk share disini

BACA JUGA: [STORY] MY BLOG RECAP IN 2020

Post a Comment

18 Comments

  1. Mba Tika!! Apa kabar? Lama gak keliatan 😆

    Aku tau tau kubikelromance, aku juga sering melipir kesana buat cari inspirasi nulis review. Dan gak jarang juga nemu buku rekomendasi dari blognya mba Suliss 😁 oiya sama blognya ewafebri, aku juga banyak belajar soal review dari mba Febri. Mba Tika mungkin tau juga hehe.

    Wah lagi baca webtoon apa mba?

    Referensi bookbloggerku masih sedikit dan masih awam soal blogger, masih disitu situ aja hahaha. Tapi ada beberapa yg sering aku kunjungi, bookblogger kayak welldonemusthofa, kubikel sama blognya mba Farah✌🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Reka! Iya nih lagi bersemedi dulu mencari mood untuk baca buku 😆

      Iya blognya Mba Sulis emang sumber inspirasi bangettt. Tau dong blog Ewafebri, banyak ilmu banget juga di blog Ewafebri.

      Kalo webtoon mah ngikutin yang ada di webtoon Indonesia aja nih, tapi aku juga lagi heboh bacain Korean Manhwa wkwkwkwk

      Wooo aku juga sebenernya dikit banget tau bookblogger, dari yang Reka sebut paling Farah yang sering aku kunjungin

      Delete
  2. halo mba Tika, aku gak tau semua....hehehe. tapi aku jadi kepo dong semua satu-satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Eka!
      Yukkss kepoinnn, keren-keren loh mereka

      Delete
  3. Otw ngunjungin satu persatu hehe penasaran soalnya

    ReplyDelete
  4. Referensi soal book blogger sangat cetek, jadi pas dengar tiga nama yang kak Tika sebut, semuanya sangat asing ditelinga saya.

    Diantara ketiganya, saya senang dengan blog Kubikel Romance. Desain blognya simpel dan menarik. Pas baca juga bahasanya ngga kaku.

    Selama ini, taunya book blogger cuma kak Tika dan kak Reka. Kalo yang lain, kayaknya ngga mau disebut book blogger meski tulisannya banyak bahas buku macam blog kak Lia dan kak Jane. Dulu, sebelum kenal nama-nama diatas, book blogger yang saya tau cuma Kang Rido. Tulisannya asik.

    Terimakasih untuk referensi blognya kak Tika. Jadi kalo ditanya, pengetahuan saya sudah ngga cetek-cetek banget. Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya book blogger emang banyak, tapi aku sendiri juga masih byk yg belum tau hul dan kebetulan 3 ini yang paling sering aku kunjungin.

      Iya Kubikel Romance emang bagus banget dari segi design blog dan isinya. Semoga kedepan kalo ditanyain udah bisa jawab lah yaa tentang bookblogger 🤣

      Delete
  5. Wah mumpung semangat baca lagi membumbung, bisa nih nyari referensi buku di blog Kak Tika dan 3 lainnya. Terima kasih infonya, Kak. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaahh asikk semoga makin banyak keracunan buku ya Kak :)

      Delete
  6. Waah mba Tika, seneeeeng deh dpt rekomendasi baru blog ttg buku. Karena selama ini aku jrg baca blog yg bener2 hanya mengulas buku.

    Aku suka banget baca dan sdg belajar membuat review singkat, tp hanya utk di posting di IG sih, one week, one book ceritanya. Aku ga tulis di blog, Krn memang blogku hanya ttg traveling kuliner, ga akan aku campur dengan tema lain.

    Masih hrs memperbanyak bacaan ttg review buku sih, supaya reviewku makin lama makin lancar juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh cocok banget nih Mba, 3 blog ini untuk belajar review apalagi buku emang cocok banget. Aku pribadi juga belajar review dari mereka ini, jadi makin mantep reviewnya.

      Woooo asik banget nih Mba, one week one book dan instagram juga jadi salah satu platform yang rame banget untuk mengulas buku. Semakin sering review semakin dapet feelnya kok Mba, jadi tetep semangat terus ya!

      Delete
  7. Blog mba sulis salah satu favorit aku juga. Saat member2 BBI lain banyak yg hiatus, mba sulis masih konsisten nulis. Selain mba sulis, ada juga blog dionyulianto n lucky pustakawin yg dr dulu selalu konsisten posting review di blog.
    Makasii buat postingannya mba, seru juga baca ulasan tntng book blogger ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba bener banget! Mba Sulis masih aktif aja sampe sekarang nulis terus. Tapi sedih aku mau join BBI udah ga ada lagi kayaknya yang ngurusin wkwkwk
      Wooo nama2 baru nih yang belom pernah aku denger. Thanks Mba Thessa atas sarannya, lumayan nambah lagi nih koleksi blog-blognya hehehe

      Delete
  8. huwaaahh boleh juga nih. aku baru tahu ada blog-blog itu hihi bisalah blogwalking skalian meningkatkan mood buat baca lagi hehe 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Dea.... kalo butuh rekomendasi bisa banget mampir ke blog-blog yang udah pro ini hehehe

      Delete
  9. Artikel yang menarik, kamu bisa baca artikel lain di link ini http://news.unair.ac.id/tag/infrastruktur/

    ReplyDelete