[REVIEW] NOVEL WHEN EVERYTHING FEELS LIKE ROMCOMS - CANDRA ADITYA

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: goodreads

Judul: When Everything Feels Like Romcoms

Penulis: Candra Aditya

Tanggal Terbit: 22 Juni 2020

Jumlah Halaman: 312 halaman

ISBN: 9786024813789

Bahasa: Indonesia

BLURB

When Everything Feels Like Romcoms bercerita tentang dua orang pekerja film, Reza dan Kimmy. Reza adalah seorang sutradara yang hendak mencoba membuat film panjang pertamanya. Sementara Kimmy adalah seorang penulis naskah film komedi romantis. Keduanya saling menyukai dan melengkapi satu sama lain. Tapi pertemuan mereka, yang terjadi pada waktu yang salah, membuat segalanya jadi terasa seperti film komedi romantis.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL METROPOP: THE CASE WE MET - FLAZIA

SINOPSIS

Kimmy dan Reza baru pertama kali bertemu ketika merka akan meeting untuk membicarakan konsep foto dan video pre-wedding Paul dan Kimmy. Dikenalkan oleh Sarah, sahabat mereka berdua. Sejak pertama kali mereka bertemu siapa yang sangka bahwa Kimmy dan Reza akan se-klop ini! Semua obrolan mereka mengalir begitu aja dan Kimmy tidak pernah merasakan ngobrol dengan orang yang benar-benar nyambung dengan dirinya.

Reza yang juga baru saja kehilangan kesempatan untuk menjadi sutradara film panjang pertamanya, terpaksa harus menerima permintaan Sarah untuk menjadi fotografer sahabatnya. Kimmy yang notabene berada di dunia yang sama yaitu dunia perfilm-an membuat Reza semakin tertarik dengan Kimmy.

Hubungan Kimmy dan Paul juga tidak bisa dibilang mulus-mulus saja. Sejak pertengkaran mereka, Kimmy merasakan bahwa ada yang berubah diantara hubungan mereka. Kimmy semakin ragu dengan keputusan yang ia ambil untuk menikah dengan Paul. Kerenggangan ini semakin memuncak ketika Kimmy dan Paul bahkan tidak saling memberi kabar sama sekali dan memutuskan hanya akan bertemu di hari pernikahan mereka.

Kimmy dan Reza kini menghabiskan waktu bersama lebih banyak. Dan tak bisa dipungkiri kini keduanya sedang dilemma dengan apa yang mereka rasakan karena Kimmy bahkan tidaklah available.

SPOILER ENDING!:
Kimmy dan Paul pada akhirnya batal menikah. Keduanya memilih untuk bahagia meskipun harus mengorbankan nama baik kedua orang tuanya. Mereka mebatalkan pernikahan tepat di hari pernikahan mereka. Paul ternyata lebih bahagia bersama dengan Sarah dan Kimmy pun mengejar cintanya untuk bersama dengan Reza.

REVIEW

Setelah bacaannya berat semua mulai dari fantasy ke mystery ke sci-fi juga akhirnya aku memutuskan balik ke romance! Karena emang baca novel romance itu adalah salah satu jalan supaya bisa kembali semangat membaca. Awalnya aku mau baca yang fluffy romance gitu tapi abis nyari-nyari malah ke novel-novel berbahasa Inggris semua, sedangkan aku lagi gak mood untuk baca Bahasa Inggris. Bongkar-bongkar Gramdig dan nemu deh buku ini meskipun aku gak yakin se-fluffy itu tapi karena berlatar dunia film kayaknya menarik.

Dimulai dari alur, jadi di buku ini akan digambarkan dari dua sudut pandang yaitu Reza dan Kimmy. Lagi dan lagi tidak ada keterangan sama sekali giliran siapa yang ngomong and for sure I hate this kind of book, karena bisa misleading gitu. Untung aja gaya bahasanya berbeda banget antara Kimmy dan Reza. Ketika Kimmy menarasikan pakai Lu gua, Reza pakai kata saya dan itu bisa jadi penyelamat.

Di awal aku bilang tertarik karena berlatar dunia film dan pembahasan tentang kerja di balik layar itu cuma dijelaskan di awal doang. Berharap banget ada lumayan banyak hal yang bisa dijelasin tentang dunia dibalik layar gitu apalagi pas di buku ini disebutin banyak nama artis dan sutradara yang nyata, real ada di dunia kita. Aku jadi penasaran banget apakah tokoh Kimmy dan Reza ini juga orang yang ada di dunia nyata hahaha meskipun itu gak mungkin ya.

Pertemuan dua tokoh utama juga terbilang cukup lama ya, setelah 100 halaman! Mungkin karena ingin menceritakan latar belakang kedua tokoh ini dengan sejelas-jelasnya jadi mereka baru bisa bertemu di halaman 100 sekian. Untuk konfliknya juju raja ketebak banget sih ini. Mulai dari ketertarikan tak terduga antara Kimmy dan Reza padahal posisinya Kimmy udah mau nikah sampe ending-nya juga udah ketebak oleh aku. Masalah yang muncul juga udah ketebak apaan. Jadi, menurutku jangan terlalu berharap konflik yang seru banget ya disini.

Selama baca buku ini malah kayak lagi nonton film romcom juga sih. Ada tuh yang nge-review gitu di goodreads dan pas aku baca sendiri kerasa banget emang lagi kayak nonton gitu 😆 apalagi endingnya tuh, film banget! Kayak adegannya tuh pernah aku tonton gitu, coba baca deh mungkin paham maksudku yang “film banget” itu gimana apalagi pas bagian ending.

Salah satu alasan utama orang nonton film romcom adalah karena mereka pengen ngelepas beban hidup mereka yang udah berat

Dari tokoh-tokoh yang ada aku paling suka sama Reza. Menurutku dia keren banget sih. Meskipun beberapa kali dia nganggep dirinya culun, malah aku salut sama ketegasan hati dan logikanya dia di buku ini. Cara dia menghadapi masalah juga menurutku oke banget! Salut sama tokoh Reza di buku ini.

Well, pelajaran yang didapet itu mungkin kalo jodoh itu ga ada yang tau? Ahahaha klise banget tapi ya kira-kira itu sih pesan yang paling menonjol. Bukan soal kuantitas tapi kualitas. Hahaha dan itu kayaknya berlaku banget di buku ini. Mungkin temen-temen juga udah tau arahnya kemana.

Btw, buku ini dikhususin untuk 21+ lho ya! Jadi, yang kurang umur tolong jangan coba-coba. Aku juga baru ngeh karena mau nyalin blurb di belakang bukunya, lah buat 21 tahun keatas, pantes aja! Jadi buku ini menurutku lumayan vulgar sih, dari jokes-jokes-nya dan juga cerita yang dibawain. Banyak bahasan-bahasan tentang rokok, alkohol, sampe sex. Tapi ini bukan digambarin gambling gitu ya cuma ya ada pembahasan kalo kehidupan tongkrongan itu begini loh, se bebas ini. Bikin buku ini makin real aja sih karena katanya ya pergaulan sekarang emang banyak gitu kan. Jadi, yang gak nyaman mungkin bisa skip buku ini.

Rating dari aku itu 3/5 bintang! Tidak terlalu spesial dan tertebak banget buat aku jadi ya aku pun merasa flat aja. Tapi, buat yang suka dengan cerita romance, ini dapet banget karena kalian juga mungkin bisa ikutan baper pas baca kisah Kimmy dan Reza ini. 

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL FRANKLY IN LOVE - DAVID YOON

Post a Comment

10 Comments

  1. Aku sempat ingin baca buku ini karena covernya menarik, Kak 🤣 terus pas baca blurbnya, aku ngerasa kayak kurang menarik dan udah bisa nebak akhirannya gimana. Setelah baca review Kak Tika, ternyata dugaanku benar 🤣 bahkan dari sinopsis yang Kakak tulis udah ketebak banget endingnya gimana dan rasanya kayak lagi nonton FTV banget ya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Li, kalo liat dari cover sih emang bagus! Tapi pas baca wah beneran kayak nonton FTV sih 🤣

      Delete
  2. Komen ah. Boleh, ya? Resensinya bagus, bisa jadi patokan buat yang suka genrenya. Sayang, irisan genre kita kayaknya hanya di sci-fi dan fantasy. Buku romantis aku belum bisa nikmatin. Blognya juga keren. Tapi aku bukan mau komen soal buku atau blog sih, tapi sharing soal "ketika kita, yang suka baca buku, tiba-tiba mentok". Pengen baca tapi bingung mau baca apa. Padahal kita tahu genre apa yang kita paling suka tapi tetep aja, baru berapa halaman udah males ngelanjutin. Ada sih istilahnya kondisi kayak gini, tapi aku lupa. Nah, sekarang aku lagi kayak gitu ... genre favoritku fiksi-ilmiah dan petualangan tapi ya kayak gitu tadi, baca berapa halaman lalu males ngelanjutin. Akhirnya aku sekarang lagi sibuk baca komik lagi, dan komik-komik itu sebenarnya udah kubaca dulu sekali, tahun 2000an jaman persewaan buku masih jadi raja di Jogja. Nah, berhubung jaman sekarang komik lama gampang banget nemunya di internet, sekarang aku puas-puasin deh ngubek-ngubek jagat Marvel. :) Omong-omong, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal juga! 😊 Main genre aku sendiri emang lebih ke fantasy sih sesekali baca yang lain biar gak bosen dan malah jadi reading slump. Yap, kondisi itu sering banget aku alamin. Makanya aku mencoba berbagai genre, kebanyakan baca fantasy dan sci-fi itu lumayan lelah yaaa apalagi kalo udah masuk high fantasy, wiiih khayalannya bekerja keras hahaha🤣 Tapi, aku juga pernah di tahap itu kemarin2, saking bingungnya dan capek baca novel akhirnya malah explore komik-komik tapi ya emang komik-komik cewek sih hahaha

      Delete
  3. Salam kenal kak Tika.
    Sayang banget ya endingnya ga unpredictable banget di novel when everything feels like romcoms ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Iya cukup disayangkan emang...

      Delete
  4. setelah baca reviewnya kayaknya menarik nih! siap masuk dalam list. makasih reviewnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semoga cocok di kamu yaaa :)

      Delete
  5. Mba Tika apa kabar? Udah lama nggak main ke sini :D

    Wah aku dengan Lia, beberapa waktu lalu liat ini di GrameDig karena tertarik dengan cover-nya, kirain novel terjemahan gitu 😆 tapi setelah baca review dan rating-nya Mba Tika, kayaknya aku mengurungkan niatku 🙈 mungkin kalo beneran dijadikan filmnya lebih menarik hahaha Akhirnya sekarang lagi beralih baca genre psychological thriller lagi deh, padahal udah lama juga pengen baca romance hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Jane! Alhamdulillah kabar baik Mba! Mba Jane gimana? Aku beberapa kali main ke blog Mba Jane tapi kayaknya engga sempet ninggalin komen 🤦‍♀️

      Covernya emang cantik ya Mba, simple tapi menarik orang buat baca. Dan emang kayaknya akan lebih menarik kalo disaksikan lewat film/FTV gitu sih ceritanya karena ringan banget menurutku

      Delete