GIMANA CARA BACA BUKU DI TENGAH KESIBUKAN?

 

Jadi, beberapa waktu lalu aku iseng blogwalking kemana-mana bener-bener jauh dan akhirnya sampe nemu tentang blog yang bahas gimana cara dia tetep bisa baca buku meskipun ada kesibukan setiap harinya. Terus kepikiran kayaknya menarik nih kalo sharing tentang ini di blog versi aku sendiri karena ada aja temen aku yang suka tanya.

Sebagai pendahuluan, mungkin masih ada yang belum tau (atau malah gak ada yang tau) jadi kesibukan aku sehari-hari tuh adalah kerja di kantor dari 7-4 (bahkan bisa lebih dan seringnya sih emang lebih) dari hari Senin sampai Jumat. Selain di kantor sih gak ada ya karena aku udah berhenti nulis buat salah satu platform berita di Indonesia (kecapekan dan gak kuat ngejer cuan terus dan memutuskan berhenti hahaha). Jadi emang rutinitasnya berulang dan bisa dibilang lumayan membosankan ya sehari-hari sama aja jadi emang baca itu jadi momen pelarian tersendiri buat aku.

Nah, jadi gimana caranya untuk tetep bisa terus baca (bahkan banyak buku dalam sebulan) versi aku?


BACA BUKU WALAUPUN 1 HALAMAN

Intinya sih ini tiap hari harus tetep baca buku meskipun cuma 1 halaman aja. Apalagi buat yang belum terbiasa aku bener-bener saranin ini. Bisa dibilang sih ini sebagai pembentuk kebiasaan baru untuk baca, karena kalo udah terbiasa setiap hari baca dan sehari aja gak baca tuh pasti ada yang aneh dan jujur ini yang aku rasain.

Kalo udah biasa bisa tuh ditingkatin jadi beberapa halaman. Yang penting jangan ada paksaan aja, kalo udah capek ya berhenti, udah tutup bukunya dan ngelakuin hal lain. Yang penting kalo aku sih bukunya itu disentuh dan dibaca bukan dianggurin aja. Kasian kan bukunya berdebu doang tanpa pernah dibaca 😊


TENTUKAN WAKTU KHUSUS BACA

Karena udah terbiasa untuk baca saatnya kamu nentuin waktu untuk baca itu kapan. Apalagi yang punya kesibukan rutin kayak aku, nentuin waktu baca tersendiri itu penting sih biar bisa dijadiin rutinitas tiap hari juga.

Biasanya kalo bukan hari libur aku nentuin waktu baca itu 1 jam sebelum tidur. Setelah semua urusan udah beres, apa yang harus disiapin buat besok udah siap dan tinggal tidur nah saat inilah aku pake buat baca. Kadang juga engga beneran 1 jam, tergantung kondisi hari itu. Bisa lebih lama atau lebih cepet bahkan seringnya sampe ketiduran hahaha jadi gatau deh tepatnya itu berapa lama bacanya 🀦

Awalnya aku pengen coba bikin waktu baca tuh subuh abis solat dan nyiapin bekal makan. Tapi, ternyata buat aku itu susah. Karena waktunya itu bagiku udah mulai masuk ke waktu produktif bukan waktu santai jadi engga bisa tenang baca buku deh karena kepikiran mau kerja. Tapi, kalo nyoba baca subuh dan pas hari libur emang enak sih karena tenang banget gak ada gangguan sama sekali dan pastinya udah agak seger karena emang udah tidur sebelumnya.


BACA DI SELA-SELA WAKTU

Ini nih salah satu faktor yang bikin buku-buku yang aku baca bisa cepet tamat. Kalo dulu sebelum pandemic, paling suka tuh baca buku di perjalanan. Ntah kalo lagi naik bus, KRL atau mobil pun rasanya bisa lebih fokus buat baca pas waktu-waktu ini. Nah, karena udah lama banget enggak kemana-mana akhirnya aku memanfaatkan sela-sela waktu yang lain.

Sekarang ini sih sela-sela waktu yang paling sering aku manfaatin itu pas nunggu. Misalnya lagi nunggu beli makan, lagi nunggu mau meeting, apalagi sekarang meeting kan serba online jadi gak ada yang tau kalo kita nunggu meetingnya sambil baca πŸ˜† makanya aku seneng banget sekarang udah terbiasa baca e-book jadi bisa mudah baca kapan aja lewat HP doang.

Buat yang tumpukan TBR nya banyak banget, ini salah satu cara ampuh buat ngabisin tumpukannya nih, lambat tapi yang penting ada progresnya.


CARI BACA BARENG

Sejak pandemic ini aku manfaatin banget social media buat nyari temen-temen yang suka baca kayak aku. Istilah baca bareng pun aku baru tau waktu liat komunitas-komunitas baca buku ngajakin untuk baca buku barengan.

Ada 2 jenis baca bareng nih yang biasanya diadain oleh para komunitas ini. Pertama, emang beneran baca barengan. Biasanya mereka nentuin nih tanggal berapa dan jam berapa untuk baca barengnya. Setelah waktunya datang kita tinggal hidupin online meetingnya trus baca deh. Emang beneran gitu doang, baca di depan laptop sama orang-orang yang enggak kita kenal dan mereka juga baca. Jadi roomnya hening banget. Biasanya kalo yang aku ikuti itu, 1 jam untuk baca dan 1 jam ada sharing-sharingnya jadi totalnya 2 jam.

Buat aku pribadi ini ampuh banget, kayak berasa lagi di perpustakaan terus semua orang juga baca. Jadi ada motivasi sendiri buat baca dan emang ada temennya jadi keinginan buat main HP atau yang lain tuh ilang. Cobain deh bikin grup kecil bareng temen yang suka baca dan tiap minggu di jadwalin pasti buku-bukunya bakal kebaca!

Kedua itu baca bareng buku yang sama. Pertama kali aku tau ini pas nonton youtube-nya Kak Aya, Kanaya Sophia. Kak Aya biasanya ngajak baca buku dengan judul yang sama selama 1 bulan terus nanti di akhir bulan akan dibahas bareng-bareng di live youtube-nya Kak Aya. Seru banget karena ada diskusinya jadi buat baca buku itu semangat banget apalagi waktunya 1 bulan jadi engga keburu-buru deh.


BACA BUKU TERNYAMAN

Supaya bisa nyaman terus selama baca buku maka pilihlah buku yang emang bikin kalian nyaman. Bagiku buku itu personal, jadi ya emang aku cuma baca buku yang aku suka aja. Salah satunya itu berada di genre ternyaman ku.

Aku baca sebuah buku itu karena emang aku pengen baca, bukan karena lagi hits atau karena semua orang sudah baca. Menurutku ini penting ya, karena kalo kita baca buku karena ikut-ikutan doang tanpa ada rasa tertarik malah bikin baca buku itu jadi beban bukannya bikin nyaman. Makanya aku kayaknya banyak banget belom baca buku-buku populer yang disebut orang-orang.

Baca buku dengan berada di “zona nyaman” juga bisa menyelamatkan dari reading slump loh. Aku sempet ngalamin reading slump parah dan akhirnya bisa terselamatkan ketika aku baca lagi buku yang bikin aku nyaman. Siapa tau temen-temen yang reading slump bisa segera mengakhiri reading slump-nya dengan car aini πŸ˜„


JANGAN ADA PAKSAAN ANTARA KITA

Paling terakhir dan paling penting, jangan pernah bikin baca buku itu sebuah paksaan karena kalian malah bakal jadi benci untuk baca buku. Kalo emang lagi lelah dan gak pengen baca ya enggak perlu dipaksain. Yang penting kalian lakuin aja apa yang pengen kalian lakuin saat itu tanpa beban!

Segini dulu aja sharing yang kayaknya sih udah panjang banget. Semoga bermanfaat buat temen-temen yang masih belum terbiasa dengan baca tapi pengen nyoba buat baca 😊

Post a Comment

16 Comments

  1. Suka kalimat akhirnya, kalau baca buku sebaiknya jangan dipaksakan. Makanya aku pribadi nggak bisa gabung klub buku kak karena suka ada target.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, karena emang ngapain kan maksain baca buku toh gak bakal ada yang marahin hehehe
      Aku juga engga gabung klub buku sih, cuma suka nyimak aja dan kalo ada ngajak baca bareng gitu ikutan karena nyari temen buat baca aja hahaha seru kan selingkaran sama yang suka baca juga :)

      Delete
  2. Dari cara-cara mba Tika itu yang belum aku coba cuma yang baca barengan. Lainnya sama terutama untuk berhenti baca kalau udah capek dan nggak baca buku-buku yang emang nggak yakin mau baca. Penting banget sih itu biar nggak benci sama buku dan kegiatan membaca wkwkwkwk. Membaca buku yang nyaman buat kita emang ampuh mengatasi reading slump, baru aja beberapa bulan lalu ngalamin. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget Mba Endah... jangan sampe baca buku malah jadi kegiatan yang dibenci ya Mba! Hahaha obat reading slump banget sih emang baca buku dengan genre ternyaman tuh Mba

      Delete
  3. Sebelum punya anak aku juga hobby banget baca buku. Tp lebih suka baca buku dalam bentuk fisik bukan e-book, krn mata saya cepet lelah kalo natap layar terlalu fokus. Dan memang novel setebel apapun cepet banget abisnya krn mengasyikkan. Buku2 review mbk tika spertinya menarik2. Aku baca 1 1 lah nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba, buku fisik mah gak bakalan ada yang bisa gantiin emang! hehehe
      Makasih udah berkunjung Mba :)

      Delete
  4. Beberapa point di atas ada yang aku terapkan juga dalam keseharianku πŸ˜†. Menurutku untuk bangun kebiasaan, 1 hari harus diusahakan untuk baca beberapa halaman soalnya kalau bolong 1 hari aja, suka jadi keterusan nggak baca 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget Li. Kalo engga tiap hari tuh mesti susah lagi untuk mau baca di haris seterusnya ya

      Delete
  5. Sama seperti teman-teman dan kak Tika, saya juga kerapkali menggunakan cara-cara yang kak Tika sebut. Paling baca bareng online itu yang belum pernah, sama kayak kak Endah. Tapi kalo baca bareng buku yang sama dalam seminggu terus didiskusikan, itu pernah saya coba. Hasilnya lumayan bagus, terutama karena bukunya juga menarik.

    Sekarang kalo lagi ke kampus atau urusan di luar, saya selalu bawa tas kecil yang saya isi buku. Kalo ada waktu luang dan lagi ngga pengen main hape, saya baca buku mesti kadang situasinya yang tidak mendukung. Waktu ternyaman baca untuk saya itu pas bangun pagi dan malam sebelum tidur. Tapi kalo malam, kadang saya bagi untuk baca buku dan blog atau artikel.

    Sekarang, lagi fokus mau nerapin untuk mulai baca-baca jurnal. Hitung-hitung nyicil untuk tugas akhir. Ha ha ha.

    Nice share kak Tika. Tulisannya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Rahul, kalo baca barengan yang bukunya samaan itu emang harus yang menarik biar gak bosen di tengah jalan dan malah kepaksa karena udah janjian sama yang lain.

      Yap, baca buku di jalan emang paling enak juga buat aku meskipun kadang berisik tapi malah bisa jadi lebih fokus daripada main Hp terus kan ya.

      Wooo semangat baca jurnalnya! Bacaan berat hahaha semoga lancar untuk tugas akhirnya!

      Delete
  6. “Jangan ada paksaan antara kita” , menurutku, ini poin paling dasar dan penting dalam membaca buku. Jika ada paksaan efeknya bisa kemana-mana, bikin jengkel sendiri dan malah jadi bebanπŸ˜…. Overall aku setuju banget dengan seluruh poin yang disampaikan mba Tika πŸ‘πŸ»πŸ‘€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget. Kalo udah terpaksa hilang udah esensi untuk bacanya kan :)

      Delete
  7. Penasaran banget sama baca bareng. Belom nyoba sih maju mundur. Sejak kenal klub baca, bookstagram dll di medsos itu membantu banget untukku dapet rekomendasi dan semangat baca. Mereka aja menggebu-gebu gitu dan keliatan menikmati proses bacanya, jadi aku sedikit banyak terdorong juga untuk baca setiap hari. Nice sharing kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ikutan deh kalo ada waktu, meskipun pas baca diem2an tapi beneran kayak ditemenin gitu jadi semangat baca banget apalagi kalo ada sesi diskusi setelahnya jadi nambah kenalan2 baru juga!

      Delete
  8. akhirnya nemu tips biar bisa tetep rajin baca buku walaupun di saat sibuk, ternyata emang butuh membiasakan hal kecil seperti membaca minimal 1 halaman yaa kakk, huhuuu thanks a lot for the tips. akan aku coba praktikan dehh:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bisa karena biasa kan hehehe semangat prakitikan yaaa semoga hobi bacanya bisa meningkat :)

      Delete