[REVIEW] NOVEL A PIECE OF SMERALDO - TIFFANY EKA (+ GIVEAWAY!)

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Cabaca

Judul: A Piece of Smeraldo

Penulis: Tiffany Eka

Tanggal Terbit: 4 Maret 2019 – 14 Oktober 2019

Jumlah Halaman:  31 Bab

ISBN: -

Bahasa: Indonesia

BLURB

They call it music but i call it life.

Musik bagi Narendra adalah hidup. Mimpi seorang Narendra hanya satu, kelak bisa memberikan sedikit ilmunya untuk orang lain. Tapi, kejadian dua tahun lalu telah mengubah seluruh pemikirannya. Dia tetap mencintai musik, tapi tidak dengan kepercayaannya pada orang lain. Narendra juga berubah jadi sosok keras kepala.

Renata Andara, seorang mahasiswi tingkat satu jurusan komunikasi, mencoba peruntungan untuk menjadi vokalis baru The Authors, grup jaz yang Narendra bentuk sejak duduk di bangku SMA.

Kepribadian mereka yang sangat berbeda, menimbulkan percik pertikaian di tubuh The Authors.

Akankah kekuatan musik bisa mengalahkan ego masing-masing untuk membentuk sebuah grup yang harmonis? Dan, akankah sinergi antara musik dan Renata dapat membuat Narendra menemukan kembali dirinya yang dulu?

 

CABACA

Sebelum masuk ke reviewnya aku mau ngenalin sedikit ini tentang platform / apps yang aku pakai untuk baca cerita ini. CABACA ini merupakan aplikasi baca novel di Indonesia yang bisa diakses lewat HP dan juga lewat website CABACA . Ada banyak banget novel-novel yang bisa kamu baca dengan berbagai genre dan tema.

Novel-novel ini akan terbit setiap minggu jadi kalian bisa langganan aja ke novel yang bikin kalian tertarik supaya gak ketinggalan update-nya. Untuk cara bacanya gimana sih? Jadi setiap novel yang akan kalian baca itu harus bayar dulu supaya bisa dibaca bab-nya dan hanya 3 bab pertama saja yang gratis jadi kalau mau kepo tentang suatu novel selain dari blurb-nya bisa kepoin 3 bab pertamanya!

Nah, sistem pembayaran yang berlaku di Cabaca ini menggunakan kerang. Kalian bisa beli kerang mulai dari harga Rp5.000 aja dan udah dapet 50 kerang hingga maksimal bisa beli 1000 kerang dengan harga Rp100.000. Harga per bab tiap novel itu berbeda-beda mulai dari 10 kerang sampai 30 kerang, tergantung juga dengan novel yang kalian pilih! Pembayarannya juga mudah banget kok bisa lewat E-Wallet dan pulsa juga bisa loh tapi jangan lupa tetep ada pajaknya ya! Bisa juga dapet kerang gratis setiap harinya kalau nyelesain misi harian, lumayan kan!

Selain jadi pembaca kalian juga bisa setor tulisan kalian disini loh! Jadi, kalo punya karya tapi bingung harus diapakan siapa tau Cabaca bisa jadi solusinya! Daftar menjadi anggotanya pun tidak sulit sama sekali. Cuma daftarkan email kalian buat password dan gak lama jadi deh akunnya, yang belum buat buruan buat supaya bisa ikut Giveaway nanti dibawah ya!

 BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SEMANGAT, TANTE SASA! - THESSALIVIA


REVIEW

Sebelumnya aku udah pernah tau tentang Cabaca ini karena ada blogger yang pernah bahas dan di Instagram juga pernah ada yang mengenalkan tentang Cabaca ini, waktu dapet kesempatan untuk join tour-nya aku langsung semangat banget untuk coba baca novel di Cabaca ini.

A Piece of Smeraldo ini menceritakan tentang sebuah grup band Jazz, The Authors, yang kehilangan sang vokalis dan berencana untuk mencari vokalis baru. Narendra, yang merupakan ketua dari The Authors ini awalnya menolak untuk menambah personil baru karena ia yakin band mereka masih bisa berjalan tanpa seorang vokalis, meskipun akhirnya Narendra menerima tapi tidak mudah bagi Narendra untuk terbuka kembali. Renata adalah sang vokalis terpilih, meskipun ia sempat sakit hati kepada Narendra atas omongannya yang membuat Renata sakit hati saat audisi tapi ia tidak ingin kehilangan kesempatan untuk hidup bersama mimpinya.

Cerita ini awalnya aku pikir akan berfokus pada dua sisi yaitu Renata dan Narendra, karena diawal kita diperkenalkan melalui dua sudut pandang tokoh ini, namun seiring berjalan alur ceritanya lama-lama fokus cerita ini mengerucut pada Narendra. Konflik yang diangkat memang berputar di keberlangsungan band The Authors ini mencoba untuk bangkit dengan komposisi baru, tapi juga menekankan tentang masalah yang dialami oleh Narendra, yang akan disebut Ren kedepannya.

Ren bisa dibilang keras kepala banget. Ada trauma dan pembuktian yang ingin ia capai hingga akhirnya ia berubah menjadi sosok yang keras kepala dan juga sangat mendorong ego-nya ke teman-teman band-nya yang lain, sehingga permasalahan di The Authors pun terjadi.

Lalu, ada Renata, vokalis baru mereka yang sangat ceplas-ceplos dalam berbicara dan tentunya membuat seorang Ren pusing. Pada awal membaca jujur aku agak kurang suka dengan sifat Renata yang sepertinya juga terlalu mendorong ego-nya dan kekanak-kanakan banget padahal setting cerita ini mereka sudah kuliah. Tapi, untungnya sih lama kelamaan tidak terlalu muncul kekanak-kanakan itu karena kemunculannya sendiri juga sudah agak terbatas.

Seperti yang aku bicarakan diatas, awalnya aku kira ini akan mengangkat konflik utama tentang band mereka ini. Tapi, ternyata aku salah. Justru penekanan konflik ada di Ren, dimana muncul selisih dengan sang ayah yang membuat Ren mati-matian untuk menunjukkan kemampuannya kepada sang ayah. Jadi, di novel ini memang akan ada banyak masalah keluarga yang diungkit dan juga penyelesaiannya. Tokoh Ren ini sendiri mengalami perkembangan tokoh yang bagus banget, dari awal yang seperti batu lama-lama bisa lebih ramah dan terbuka dengan anggota lainnya. Sayangnya menurutku konflik yang diangkat ini tidak cukup kokoh, kurang gregetan dan cukup lempeng aja meskipun emang ketika membaca itu enak sih mengalir aja cuma memang jadi ya berasa ada yang kurang karena konflik yang tidak kuat tadi. Padahal sih ada potensi sebenernya untuk membuat cerita ini jadi seru, cukup disayangkan dengan 31 bab yang ditawarkan ini.

Tokoh-tokoh lain juga tidak terlalu kuat untuk diperkenalkan ke pembaca, tapi aku bisa menangkap seperti apa sifat-sifat atau tingkah dari tokoh ini karena terlihat sekali perbedaannya antar tokoh. Apalagi anggota band-nya yang mungkin muncul tapi memang tidak terlalu menonjol dibandingkan Ren.

Kita juga akan banyak mengikuti perjalanan band The Authors ini mulai dari latihan sampai manggung. Kita juga akan melihat sebagaimana jauh band ini mampu berkembang. Memang tidak terlalu mendetil tapi aku suka dengan vibes yang coba ditawarkan oleh si penulis.

Apakah akan ada romance antara Ren dan Renata? Jawabannya tidak. Fokus dari novel ini lebih mengangkat masalah keluarga baik keluarga Ren maupun The Authors itu sendiri. Bukan hal yang salah sebenarnya karena aku justru suka dengan cerita keluarga seperti ini namun mungkin ada sedikit misleading aja bagiku ketika baca blurb-nya 😅

Secara pribadi aku akan kasih buku ini rating 3.5/5 ⭐. Aku menikmati jalan cerita yang ditawarkan dan suka banget dengan fokus permasalahan keluarga yang diangkat disini meskipun seperti yang aku bilang agak kurang greget gitu ya.


✨✨✨ GIVEAWAY ✨✨✨

Seperti yang ada di judul dan sempet aku kasih tau sedikit diatas kalau aku akan mengadakan giveaway nih! Apakah hadiahnya? Untuk 3 orang yang beruntung masing-masing akan dapat kerang sebesar 250 kerang atau senilai Rp25.000!

Caranya gimana?

  • Punya akun Cabaca, jadi kalo mau ikutan boleh banget bikin dulu ya (pasti dong nanti kirim kerangnya kemana )
  • Komen kenapa kalian tertarik untuk baca novel di Cabaca ini, jangan lupa kasih tau juga alamat email yang aktif atau username Instagram kalian untuk aku hubungi nantinya kalau kalian jadi pemenangnya!

Pengumuman pemenang juga akan aku sampein di postingan ini. Giveaway ini berlangsung mulai 21 Juni 2022 - 26 Juni 2022 dan aku akan umumin hasilnya langsung ditanggal 27 Juni! Kesempatan bagus nih buat yang pengen baca di Cabaca! Segera ikutan ya!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LAST TANG STANDING - LAUREN HO

Post a Comment

3 Comments

  1. Wiih jadi pengen punya akun Cabaca juga biar bisa baca novel tanpa harus bawa buku fisiknya kemana-mana, juga pengen give away nya sih hehe

    ReplyDelete
  2. Ya ampun saya langsung buat akun Cabaca lho! Pengen baca kisah ini selengkapnya, karena memang saya suka dengan cerita yang konfliknya gak melulu tentang cinta remaja, tapi ada cita-cita, cerita keluarga, juga persahabatan. Semoga menang GA-nya hehe. IG@laela.awalia. Email : azkia_04@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. aku baru tau soal Cabaca ini, pengen cobain juga, jadi lebih spesifik aja gitu ya
    kalau novel yang ringan-ringan ceritanya kayak metropop atau teenlit bolehlah baca dari Cabaca ya
    tadi pas aku baca awal-awal, aku kira akan ada konflik percintaan di grup band ini, bayanganku udah kayak FTV gitu ceritanya. Ternyata dibocorin juga contekannya, lumayan ga jadi menerka-nerka sendiri aku
    Wish me luck :D
    IG : @ainun_isnaeni
    email : ainunisnaeni@yahoo.co.id

    ReplyDelete