[REVIEW] FILM MIRACLE IN CELL NO.7 VERSI REMAKE INDONESIA

 

sumber: IMDB

Film Miracle in Cell No.7 adalah salah satu film yang bikin aku teriak “akhirnya tayang juga!” sama kayak Mencuri Raden Saleh. Film ini juga udah lama banget diumumin, tapi kayaknya karena pandemi jadi penayangannya di bioskop pun tertunda.

Film Miracle in Cell No.7 ini adalah film remake dari film Korea dengan judul yang sama. Film Korea-nya sendiri sangat sukses dan sudah di remake di beberapa negara lain juga seperti Turki, Filipina, Arab, dll. Waktu liat berita Indonesia juga remake film ini aku udah pasti excited banget tapi juga takut karena aku tau sebagus apa film aslinya.

Karena ini film remake jadi aku mungkin akan menyebarkan beberapa spoiler dalam review ini karena aku yakin udah banyak banget yang nonton film ini apalagi para pecinta film/drama Korea. Film ini wajib banget ditonton kalau kalian lagi pengen nangis-nangis! Tapi, bagaimana dengan yang versi Indonesia-nya?

Film ini menceritakan tentang Dodo Rozak, ia seorang ayah tunggal namun memiliki keterbelakangan karena ia idiot. Tapi, ia tidak pernah menyerah untuk bekerja demi membahagiakan anak satu-satunya yaitu Kartika. Pada suatu hari, Dodo dituduh melakukan pembunuhan sekaligus pemerkosaan terhadap seorang anak kecil bernama Melati. Ia pun akhirnya dihukum dipenjara dan dikenai hukuman mati.

Salah satu kekhawatiran aku ketika film ini dinyatakan akan di-remake oleh Indonesia adalah siapa yang akan memerankan tokoh Lee Young Gu, sosok ayah dalam film ini, karena ia adalah tokoh utama dan yang membuat film ini hidup. Sikap idiot yang ditunjukkan oleh pemain senior Korea, Ryu Seung Ryong itu dapet banget, makanya agak was-was siapa yang biasa membuat sosok yang begitu kuat pengaruhnya di film ini. Waktu ngeliat Vino G. Bastian yang menjadi tokoh utamanya agak lega sih tapi masih penasaran akan seperti apa eksekusinya.

Tapi, aku puas banget sih dengan akting Vino disini! Kalo dari penglihatanku sih dapet banget, aku ngeliat acuannya di film Koreanya bukan yang real kehidupan nyata jadi menurutku sih masih dapet aktingnya. Bagaimana sulitnya dia menjelaskan, bagaimana sikapnya yang sulit paham dengan keadaan. Selain itu tokoh-tokoh lain seperti anaknya, Ika, sipir, dan juga para napi yang bareng mereka tuh juga kerasa banget tokoh seperti apa yang pengen mereka sampein. Menurutku pemilihan para aktornya tuh cocok banget, puas! Aku merasakan lagi kekeluargaan yang hangat antara semuanya. Dapet banget! Yang meranin Kartika juga aktingnya bagus banget! Lucu, gemesin sampe bikin ikutan nangisnya itu nular banget ke penonton.

Yang aku suka juga dari film ini tidak terlalu banyak perubahan yang dibuat alias masih lurus dengan film Korea-nya. Perbedaannya paling perbedaan budaya aja dan mengikuti perkembangan zaman. Karena film aslinya dibuat tahun 2013 jadi masih jadul banget apa-apa yang digambarkan tapi di film ini mengikuti perkembangan zaman. Paling signifikan sih penyebab kematian si anak kecil alias Melati disini beda banget tapi karena disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, malah menurutku jadi bikin lebih masuk akal tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan yang ditujukan ke Dodo Rozak.

Unsur kocak dan komedi di film ini juga dapet banget. Saat adegan lucu ya semuanya di bioskop tuh juga ketawa ngakak dan itu tuh banyak banget dalam film ini. Apalagi kalo bukan karena tingkah nya para napi yang barengan sama si Dodo Rozak. Lagi-lagi, pemilihan aktornya itu tepat banget!

Gimana dengan yang bikin nangis-nangisnya? Tidak perlu kecewa karena udah pasti bikin banjir banget. Buat aku yang udah hapal banget adegan demi adegan yang ada di film Koreanya tetep aja ngerasain sedihnya. Kalo udah masuk akhir-akhir udahlah banjir banget! Deretan kursiku kayaknya pada nangis semua sih gara-gara film ini, makanya jangan lupa bawa tissue! Bagus banget karena kita bisa ngerasain apa yang mereka rasakan.

Waktu nonton ini aku nonton dengan Mamaku, beliau belum pernah tonton versi Koreanya tapi udah tau jalan ceritanya kemana karena udah aku ceritakan. Kalo menurut beliau sih malah alur maju mundurnya yang agak membingungkan karena enggak tau jadi bingung melihat si Kartika udah dewasa kok tiba-tiba kecil lagi. Tapi, emang di film aslinya juga kan alur yang digunakan itu maju mundur ya.

Terus satu lagi yang bikin orang banyak keganggu yaitu tone warna yang digunakan itu kuning, kata temenku kayak ketumpahan kunyit. Tone kuning itu digunakan untuk menggambarkan masa lalu, masa-masa ketika Dodo Rozak dituduh sebagai pembunuh itu. Mungkin hal ini dilakukan supaya penonton bisa membedakan mana yang masa lalu dan mana yang masa sekarang. Tapi, kalo aku sendiri sih gak terlalu terganggu dengan tone warna kuning ini.

Untuk film ini aku kasih rating 5/5 ⭐! Bukan karena aku suka film aslinya, tapi aku beri rating sempurna karena film ini berhasil membawa apa yang ada di film aslinya dengan sangat baik, enggak gagal sama sekali dan masih menyesuaikan dengan budaya kita. Aku rekomendasiin banget buat segere ditonton!

Ah, sedikit kasih tau aja di film ini tuh ada beberapa adegan kekerasan ya namanya juga di penjara kan jadi adegan jontos-jontosan itu beberapa kali ada. Meskipun labelnya untuk semua umur mungkin bisa pikir-pikir lagi sih yang mau bawa anak karena anak disebelahku nangis ketakutan pas adegan ini 😅 dan mungkin kurang baik juga ya untuk ngeliat adegan kasarnya tapi emang gak banyak kok.

Post a Comment

6 Comments

  1. Salah satu film Korea yang bisa bikin saya nangis sampai banjir. Dan dari sekian remakenya, saya lebih suka sama yang versi Turkinya. Dari reviewnya, sepertinya menjanjikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, film koreanya tuh emang sukses bikin banjir banget! Aku belom pernah nonton remake yang lain sih tapi menurutku yang Indonesia ini bagus banget! Harus coba nonton nih kalo ada waktu luang

      Delete
  2. makin penasaraan jadinya, berhubung udah nonton versi korea-nya jg. apakah harus disegerakan menonton? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus segera nonton juga mbaaaaa, gak akan kecewa

      Delete
  3. Mba Tikaaa ya ampun aku pas pertama kali nonton trailer film ini aja udah nangis. Jadi aku gak mau ke bioskop nonton daripada banjir air mata hiks hiks srot di dalam studio, wkwkwkwk. Nanti aja kalau filmnya masuk ke aplikasi streaming. :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh sama Mbaaa, aku juga nonton trailernya nangis.... waahh aku keluar bioskop udah sembab banget matanya Mba hahaha

      Delete