MY FIRST E-READER: ONYX BOOX POKE 3

Awal tahun 2023 ini akhirnya aku memutuskan beli e-reader setelah galau cukup lama. E-reader yang aku putuskan untuk beli yaitu Onyx Boox Poke 3.

Sebelum memutuskan pakai e-reader aku membaca semua e-book melalui Tablet. Saat akhir 2019, aku mencoba untuk membaca lagi via digital dan ternyata aku sanggup tapi kendala saat itu adalah aku baca pakai HP, tau sendiri sekecil apa layar HP kita itu. Apalagi waktu itu Gramedia Digital baru-baru rilis dan makin membantu kalau mau baca buku lokal yang diterbitin oleh Gramedia. Kalo pake HP dan baca Gramedia Digital yang basic-nya pdf bisa bener-bener capek untuk mata aku.

Memutuskan beli Tablet bukan e-reader saat itu karena aku pikir kalau suatu saat aku gak pake Tab nya untuk baca maka aku bisa pake itu Tab untuk main game atau sekedar nonton aja. Aku memilih pake Samsung Tab A8 2019 yang saat itu harganya juga termasuk terjangkau hampir 2 juta, ukurannya pun termasuk Tab yang paling kecil tapi tetap lebih besar daripada ukuran HP rata-rata.

Selama 2 tahun ini aku gak punya banyak keluhan tentang pakai Tab ini sebagai device aku untuk baca, kecuali satu yaitu berat. Yap, Tab itu berat banget. Aku juga agak kaget sih karena ternyata berat banget meskipun ukurannya 8” aja. Hal ini yang bikin aku mulai memutuskan untuk melirik e-reader. Seharusnya dengan kita baca digital kita bisa baca dimana aja dengan mudah dan dibawa dengan mudah juga kan? Tapi, pakai Tab yang cukup berat ini terkadang bikin aku malas untuk bawa-bawa karena emang bikin pegel apalagi yang seharian bakalan jalan kaki terus dan lebih mengandalkan HP untuk baca di sela-sela waktu.

Ada 2 e-reader yang menarik perhatian aku yaitu kindle dan onyx boox. Keduanya mirip dan fungsinya sama bedanya kalau onyx boox berbasis android jadi lebih luas aplikasi yang bisa aku pakai untuk baca, apalagi memang aku baca dari berbagai aplikasi dan gak cuma kindle. Kindle pun aku baru 1 tahun terakhir mulai pake untuk baca. Tapi, emang harganya kalo dibandingkan kedua device ini lumayan jauh. Boox jauh lebih mahal dibandingkan kindle. Apalagi harga kindle malah lebih murah juga dibandingkan dengan Tab, cuma memang kurang praktis karena hanya bisa baca dari kindle saja.

Tapi, aku memang lebih mengarah untuk beli Onyx Boox karena aku emang banyak baca pake Gramedia Digital dan Google Playbook. Ada banyak juga tipe dan jenis Onyx Boox tapi aku memutuskan untuk beli Onyx Boox Poke 3, alasan utama aku beli ini karena harga dan ukuran. Harganya hampir 3 juta dan ukurannya paling kecil dibandingkan yang lain yaitu 6” saja.  

Loh, Onyx ada Poke 4 yang baru loh dengan harga lebih murah, kenapa gak beli yang itu? Saat berita Poke 4 keluar aku seneng banget karena harganya lebih murah daripada Poke 3, bedanya sekitar Rp 300ribuan. Tapi, setelah aku kepo-kepo harganya yang menurun itu karena emang speknya juga yang menurun. Kalau di Poke 3 ukuran ROM nya adalah 32 GB, sedangkan Poke 4 itu 16 GB. Aku yang suka menumpuk buku ini khawatir kalau Poke 4 gak akan bisa menampung semua buku digital ku, makanya aku tetap pada pilihan pertama di Poke 3.

Belum terlalu lama aku pakainya, kira-kira seminggu. Aku nyaman banget pakenya. Ukurannya yang kecil tapi enggak bikin pusing saat baca. Beratnya pun ringan, aku bawa kemana-mana gak pusing lagi karena makin berat, pake e-ink jadi bikin gak akan sakit mata ketika baca lama-lama. Kekurangannya adalah baterai boros kalo Wi-Fi dihidupkan. Cepet banget nyedot baterai kalo aku lagi mau download buku. Makanya sekarang aku gak pernah hidupin Wi-Fi nya kalo cuma mau baca-baca aja. Kalo gak dihidupin Wi-Fi nya baterainya awet banget kok. Aku dalam seminggu itu cuma 1 kali charge saat baru beli dan abis itu enggak aku charge tapi baterainya masih aman banget.

Aku berharap dengan beli e-reader ini aku semakin rajin lagi bacanya dan gak kendor untuk tahun 2023 ini. Untuk review lebih lengkapnya lagi tentang pemakaian Onyx Boox ini mungkin nanti ya kalau sudah agak lama. 

BACA JUGA: MINI REVIEW - SERBA SERBI APLIKASI BUKU DIGITAL

Post a Comment

4 Comments

  1. Wah!! Akhirnya kebeli juga Booxnyaa 😍 Ikutan senang baca postingan Kak Tika iniii karena aku ingat Kakak pernah komentar di blogku ingin punya e-reader juga, eh akhirnya kebeli juga 😆. Semoga awet dan jadi lebih rajin baca ya, Kak hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Li, bener banget. Pas liat beli kindle aku juga jadi makin semangat mau beli e-reader hehehe. Worth banget emang sih. Amiinn semoga awet dan makin rajin baca nih aku!

      Delete
  2. Yeayy welcome to onyx club! Hehe. Best buy banget kak ini apalagi udah langganan gramedia digital. Combo yg cocokkk. Asal komit baca ga cuma numpuk TBR aja, berasa kepake banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayy sesama pemakai onyx hehehe. Iya nih selama beberapa minggu ini sih nyaman dan enak. Tapi belom nyobain pake Gramdig karena belom langganan lagi, ntar deh dicoba. Huhuhu TBR makin numpuk aja kayaknya

      Delete