REKAM JEJAK UMROH 9 HARI DI TANAH SUCI - PART 1


Halo semuanya! Selamat tahun baru 2023 ya! *gak telat kan ngucapinnya baru sekarang*

Postingan ini akan jadi alasan kenapa aku baru ngucapin tahun baru sekarang dan banyak setoran tulisan akhir tahun yang belum aku buat untuk blog ini. Yap, akhir tahun lalu tepatnya 29 Desember 2022 aku menjalani umroh sekeluarga selama 9 hari lamanya.

Tulisan ini aku buat sebagai kenang-kenangan, pengingat dan siapa tau bisa jadi penyemangat untuk teman-teman sekalian. Karena aku belum tau apakah di masa mendatang akan bisa berkunjung lagi ke Tanah Suci atau tidak, jadi aku akan buat rekam jejaknya yang bisa aku baca kapanpun dan juga untuk mengingatkan aku apa aja yang udah aku lakuin selama ada disana.

29 Desember 2022

Berangkat dari Jakarta jam 12.30-an dan langsung menuju ke Madinah. Perjalanan 10 jam lamanya dan sampai di Madinah sekitar jam 20.00 waktu setempat. Perbedaan waktu Indonesia dan Saudi Arabia adalah 4 jam, dimana Indonesia lebih cepat 4 jam. Jadi kalau mengikuti jam Indonesia itu sudah tengah malam.

Hal pertama begitu sampai di hotel langsung istirahat? Tentu tidak, kami para jemaah langsung siap-siap untuk pergi ke Masjid Nabawi. Kenapa malem-malem gini pergi ke Masjid Nabawi? Sekalian untuk sholat Magrib-Isya dan juga latihan supaya jemaah hapal jalan ke Masjid Nabawi sendiri, karena emang selama di Madinah itu lebih banyak aktifitas sendiri daripada berkelompoknya.

Masjid Nabawi

30 Desember 2022

Beruntungnya dapet hotel yang deket dengan Masjid Nabawi jadi jalan kaki 10 menitan udah sampe deh. Sebenarnya sih banyak hotel-hotel yang jauh lebih dekat lagi, begitu turun langsung pelataran Masjid Nabawi, udah pasti hotel-hotel gini mahal kan harganya.

Selesai sholat Shubuh di Masjid, kami yang perempuan harus segera buru-buru balik ke hotel karena jam 7 janji untuk pergi ke Raudhoh. Disinilah “perang” dan uji kesabaran dimulai. Memang waktu yang diberikan itu sangat mepet. Di Arab sana Shubuh mulai jam 6 kurang dan kalau dengan ikut solat jamaah baru selesai jam 6 lewat dan untuk sampai ke hotel itu jam setengah 7. Aku dan mamaku benar-benar ngebut untuk segera pulang, sarapan dan siap-siap untuk ke Raudhoh. Kenapa ke Raudhoh ini penting banget? Karena ini adalah tempat yang istimewa, tempat dimana katanya doa itu sangat didengar oleh Allah. Raudhoh ini disebut sebagai salah satu taman yang ada nantinya di surga, tempatnya ada di antara Mimbar Nabi Muhammad dan Makam Nabi Muhammad, tempatnya kecil tapi orang yang mau masuk itu ribuan bahkan puluh ribuan. Per hari itu sudah dijatah untuk bisa masuk kedalam, syukur-syukur bisa berada disana selama 30 menit dan tidak diusir. Apalagi dalam sehari itu harus gantian antara pria dan wanita.

Kubah Hijau Makam Nabi - Kubah Putih Masjid Nabawi pertama

Uji kesabaran dimulai ketika janjian jam 7 dan ditunggu sampai setengah 8 untuk kumpul. Dapat jatah masuk ke Raudhoh itu susah banget. Sedangkan untuk Indonesia dijadwalkan masuk jam 08.00 pagi, bayangkan jemaah Indonesia itu bukan kami saja dan masih banyak jemaah Asia lainnya yang mau masuk. Tapi, dengan enaknya ada yang masih berleha-leha di masjid padahal sudah diingati untuk segera kembali karena kalau lewat jadwalnya jangan harap bisa masuk ke Raudhoh lagi.

Dengan jurus kepepet akhirnya berhasil juga antri dan itupun masih harus sabar lagi. Setelah masuk ke Raudhoh ada 3 amalan yang disarankan oleh ustadzah kami, sholat tahiyat masjid (karena disebelahnya ini adalah Masjid Nabawi pertama yang dibangun Nabi Muhammad), sholat Hajat, sholat taubat dan sholat Dhuha. Jangan bayangkan bisa solat dengan mudah kayak di masjid ya. Aku waktu sujud harus rela diinjak dan ditendang kepalanya saking banyaknya orang mau sholat. Tapi, beruntungnya aku bisa ngelakuin semuanya ya dengan perjuangan berat tadi.

Sedikit bocoran, kata Ustadzah kami yang termasuk Raudhoh adalah tempat tepat didepan tiang emas. Kalau kalian sholat masih dikelilingi tiang putih yang ada Al-Qur’annya itu belum Raudhoh. Nah, hati-hati karena penjaganya itu suka bilang kalo yang tiang-tiang Al-Qur’an adalah Raudhoh padahal bukan.

Disini harus siap-siap egois sih hahahaha karena kalo mikirin orang kita gak bakalan bisa tuh sholat, dll. Apalagi itu penjaganya berisik banget ngusir-ngusirin padahal baru aja masuk.

31 Desember 2022

Hari ini adalah hari City Tour di Madinah, kami bersama jemaah Tour lainnya akan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah.

Pertama kami akan mengunjungi Masjid Quba, Masjid Pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad. Sangat dianjurkan untuk sholat Sunnah 2 rakaat di Masjid Quba, karena katanya pahalanya akan sama dengan 1x Umroh, tapi alangkah baiknya untuk sudah berwudhu dari rumah / hotel. Karena emang disana juga ramai banget, bisa ketinggalan rombongan kalo belom wudhu. Kalo aku sih kemarin, sholat tahiyat masjid lalu dilanjutkan sholat Dhuha 2 rakaat.

Masjid Quba

Selanjutnya kami mengunjungi Kebun Kurma, sebenarnya daripada Kebun Kurma lebih disebut Pasar Kurma sih karena emang kebunnya gak keliatan dan ada jual kurmanya aja. Enaknya disini kalian bisa puas nyicipin semua kurma yang ada tanpa perlu bayar, jadi kenyang-kenyangin aja tuh makan kurma disini. Tapi, kalo mau bawa keluar ya tentu harus bayar ya! Kalo gak punya uang Riyal gak masalah karena bisa bayar pake Rupiah kok, tapi hati-hati ya nilai tukarnya gede banget! 1 Riyal diitung 4.500 Rupiah, padahal biasanya 4.000 aja. Gak cuma kurma tapi oleh-oleh khas haji dan umroh lainnya juga ada kok disini. Hati-hati khilaf deh disini pokoknya!

Selanjutnya kami berkunjung ke Jabal Uhud, atau yang dikenal sebagai Gunung Uhud tempat terjadinya Perang Uhud. Disini kami juga ziarah ke Makam Hamzah dan para pejuang di Perang Uhud. Katanya pada tahun 2003, makam ini pernah terkena banjir sehingga mayat-mayat yang ada di dalam kuburan terangkat semua dan katanya mayatnya masih segar dan masih berdarah. Kuasa Allah banget, udah ribuan tahun mayatnya masih segar dan gak busuk sama sekali.

Jabal Uhud

Tujuan terakhir hari ini adalah Jabal  Magnet, tempat tambahan karena request salah satu jemaah yang ingin naik unta. Ada apa disini? Katanya disini itu adalah tempat dengan gravitasi Nol, jadi kalau parkir mobil dan gak dikunci bisa pindah tuh mobilnya. Ini pun kami buktikan dengan mematikan mesin bis kami dan bisnya terus bisa melaju bahkan terus menambah kecepatan sampai 100 km/jam!

Jabal Magnet

Malamnya, para ustad kami mengajak untuk ziarah ke tempat bersejarah disekitar Masjid Nabawi. Tanpa aku ketahui ternyata setiap hari aku melewati tempat bersejarah! Ada Masjid Awan, disini Nabi Muhammad berdoa untuk diturunkan hujan dan akhirnya hujan di Madinah, makanya disebut Masjid Awan. Lalu ada juga rumahnya Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib, bahkan di dekat hotel kami ternyata ada rumahnya Umar bin Khattab. Sayangnya rumah Utsman bin Affan sudah menjadi bagian Masjid Nabawi jadi tidak bisa kami kunjungi dan hanya ada pintunya saja di dalam Masjid Nabawi. Kalo keesokan paginya yang laki-laki bisa ziarah ke Baqi dimana ada makamnya Ustman bin Affan dan juga Aisyah serta anak cucunya Nabi. Sayangnya perempuan ga bisa ikut kesini karena cuma laki-laki yang diizinkan.

Masjid Awan

Keesokannya kami sudah harus siap-siap untuk ke Mekkah dan menjalankan ibadah umroh, tujuan utama perjalanan ini dilakukan. Di Madinah emang enak banget, gak ada beban, sholat setiap hari ke Masjid mudah, jalan-jalan disekitar Masjid Nabawi pun enak banget. Tapi, disini dingin pake banget! Kalo kalian umroh di bulan yang sama seperti aku jangan lupa bawa dan pake john! Bener-bener penyelamat hidup banget. Sisa perjalanan di Mekkah akan aku share di posting selanjutnya ya karena ini udah panjang banget dan akan aku share juga tips-tips yang siapa tau penting nantinya buat temen-temen sekalian!

Post a Comment

10 Comments

  1. MasyaAllah.. Pengennya pergi umroh bareng keluarga. Semoga ada kesempatan kami, aamiin..

    Tahun baru yang diisi dengan kegiatan umroh, MasyaAllah. Pasti bakal kangen balik ke sana lagi yah, kak. Semoga selalu dikasih sehat dan kelancaran rezeki aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga segera ada rejeki waktu dan kesempatan supaya bisa umroh sekeluarga ya...

      Iya nih... belum apa2 udah kangen kesana lagi hehehehe... Amiin makasih Kak

      Delete
  2. MasyaAllah.. makasih yaa kak udah sharing. Semoga saya bisa Umroh juga bareng keluarga, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mba, semoga bisa segera juga yaa 😊

      Delete
  3. Mba Tikaaa ya ampun alhamdulillah umrohnya lancar kemarin, semoga berkah ya. Lihat foto-fotonya jadi pingin ke sana juga. Ditunggu part 2-nya. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbaaa aamiin.... alhamdulillah yaaa.. semoga mba Endah juga bisa segera kesana yaaa
      udah up mbaaaa yang part 2 hehehe

      Delete
  4. ngeliatnya adem mbak, seneng banget. Kalau udah di depan ka'bah, ngeliatnya aja udah terharu dan seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaaa, aku pas pertama kali liat tuh langsung haru banget

      Delete
  5. Seru sekali mbak jadwalnya sepertinya padat ya, kalau bawa bocil masih ngejar nggak tu ya mbak?, mudah-mudahan dikasih kesempatan umroh juga segera Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mungkin karena emang ambil jadwal yang sebentar jadi padat banget.
      tergantung anak-anaknya sih mbaaa, kemarin yang satu tour ada kok yang bawa anak dan bisa, cuma emang mereka katanya rewel banget kalo dibangunin pagi2 buta hahaha apalagi mereka panik pas berhimpitan sama org2 rame

      Delete