[REVIEW] NOVEL PROGRESNYA BERAPA PERSEN? - SORAYA NASUTION

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

sumber: Goodreads

Judul: Progresnya Berapa Persen?

Penulis: Soraya Nasution

Tanggal Terbit: 21 Agustus 2019

Jumlah Halaman: 360 halaman

ISBN: 9786230003745

Bahasa: Indonesia

SINOPSIS

Sudah setahun April mengabdi di sebuah kantor konsultan yang bergerak di bidang konstruksi. Nyaman, minim persaingan, dan fleksibel. Suasana yang sulit dijumpai di lingkungan kerja kebanyakan. Namun, selalu ada harga yang harus dibayar. Seperti bobot pekerjaan yang bikin puyeng, deadline yang suka tiba-tiba, delegasi tugas tanpa instruksi detail, dan puluhan tender yang diikuti dalam waktu berdekatan.

Seakan semuanya belum cukup, rasanya kepalanya mau pecah saat sebuah pertanyaan muncul ketika dia sedang mengerjakan tugas lain yang juga mendesak. Seringnya, pertanyaan itu meluncur dari seorang manajer teknik bernama Dewangga Bayuzena, laki-laki yang entah kenapa selalu bikin jantung para staf ketar-ketir dengan satu pertanyaan kebanggaannya ini;

"Progresnya berapa persen?”


REVIEW

Udah tau lama banget sama buku ini karena rame yang ngomongin, pas tau bukunya bakal diangkat jadi series oleh Vio Original aku memutuskan untuk baca bukunya juga deh supaya bisa ikutan rame juga nanti meskipun aku sih kayaknya gak bakal nonton versi serialnya (karena preferensi pribadii aja sih).

Baca review-reviewnya buku ini lumayan ya, banyak yang suka dan di Goodreads sendiri ratingnya diatas 4 jadi aku makin mantap deh untuk baca dan enggak menyesal sama sekali karena aku SUKA sama buku ini! Setting kantor yang ditawarkan disini tuh enggak abal-abal sama sekali karena emang banyak banget setting kantor yang dipake. Mereka ini bekerja sebagai konsultan konstruksi, jadi masalah progres dan deadline tuh udah akrab banget buat mereka. Karena aku sendiri kerja di konstruksi aku tuh merasa familiar banget dengan berbagai keluhan dan istilah yang disebutin, seneng banget gak sih kalo pas baca buku tuh kita bisa ikutan connect dengan suasana yang berusaha dibangun oleh penulis?

Gak terlalu keliatan di blurb tapi buku ini akan mengajak kita melihat perkembangan hubungan antara April dan Dewangga, yang dimana mereka ini adalah atasan dan bawahan. Melihat dilema April yang di PDKT-in sama bos sendiri itu seru sih. Buku ini berhasil banget bikin aku ikutan senyum-senyum sendiri kalo Dewangga udah PDKT-in April, belom lagi gemes dan gerem juga sama tingkah nih 2 orang. Dewangga itu digambarkan sebagai sosok yang kaku banget dan aku sih bisa merasakannya karena dari penggambaran tokoh dan cara bicaranya tuh keliatan banget kakunya. Beda dengan tokoh-tokoh lain yang ada di buku ini.

“Jelita cuma satu dari sekian barbie di hidup Bapak. I don’t compete with barbies. Saya manusia biasa.”
”You don’t have to. Kamu pemenangnya sejak awal”

Mungkin beberapa orang (termasuk aku) akan gerem sih sama tingkah April yang begitu ke Dewangga padahal itu orang udah usaha banget. Tapi kalo kita liat dari sisi April ya masuk akal banget, semua insecure-nya, beban yang dia tanggung bikin masuk akal dan bikin aku ya gak bisa lama-lama kesel sama April. Tapi aku suka dengan perkembangan tokoh April ini, kita bisa ngeliat April yang juga usaha buat dirinya dan hubungannya. Konflik yang diangkat juga gak berat menurutku, cocok dengan plot yang udah dijabarkan. Aku jadi ikut ngerasain apa yang dirasain tokohnya banget selama baca ini konfliknya. Satu hal yang aku kurang puas adalah aku masih ingin melihat April dan Dewangga pada akhirnya akan berubah jadi kayak apa karena gak lama konfliknya beres eh bukunya juga abis.

Aku juga suka banget sama tokoh lain yang ada di buku ini. Penambah bumbu yang pas banget. Tokohnya kocak, lovable dan persahabatannya bagus banget! Menggambarkan suasana kantor impian banget (karena nyatanya sulit sekali bung). Aku suka ngeliat tiap tokoh ini yang mendukung satu sama lain dan ngikutin cerita mereka juga seru. Paling ngakak itu epilognya sih, aku ngebayangin ekspresi mereka tuh pasti kocak banget sih.

Aku kasih buku ini rate 4/5 ⭐rekomendasi banget pokoknya! Kalo kalian mau baca office romance yang bagus, masih kerasa banget suasana kantornya tapi enggak terlalu berat, buku ini buat kalian banget!

Bukunya bisa di dapatkan disini Gramedia ya!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL ASMARALOKA - ARATA KIM


Post a Comment

2 Comments

  1. Ini termasuk cerita CinLok kah?

    Ternyata sudah ada serialnya juga ya.
    Ada beberapa alasan para penikmat buku memilih untuk tidak nonton serial dari buku yang pernah meraka baca.

    Alasan yang saya tau, mereka takut serialnya tidak sesuai dengan imajinasi yang telah dibangun saat mereka membaca bukunya.

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bisa dibilang ini emang cinlok sih

      Iya serialnya mau tayang sebentar lagi kalo gak salah.
      Betul sekali, apalagi pemilihan tokoh juga kalo gak sesuai dengan deskripsi kadang kita yang baca bukunya jadi berat mau nonton filmnya...

      Salam kenal juga :)

      Delete