[REVIEW] FILM KOREA UNLOCKED - PETAKA KEHILANGAN HANDPHONE

IMDB

Menceritakan tentang Na Mi yang kehilangan handphone-nya sepulang berpesta dengan teman-temannya. Keesokan harinya ada seseorang yang menemukan HP nya di bus tapi tanpa sengaja merusak layar HP tersebut dan memberikan HP itu untuk diperbaiki ke reparasi HP. Na Mi diminta untuk segera ke reparasi HP tersebut untuk menunggu hasil perbaikan HP nya. Tanpa sadar Na Mi memberikan passsword HP nya dengan sukarela dan banyak keanehan mulai muncul dalam hidup Na Mi.

Film Netflix Korea bergenre mystery thriller ini mulai tayang di Netflix sejak tanggal 17 Februari 2023. Film ini dibintangi oleh Im Si Wan, Chun Woo Hee, Kim Ye Won, Kim Hee Won dan masih banyak aktor dan aktris lainnya.

 

Cerita dekat dengan kehidupan sehari-hari

nytimes.com

Film ini menceritakan kita yang sudah tidak bisa lagi lepas dari handphone. Kemana pun kita pergi pasti kita membawa HP, apalagi sekarang ini semua aktivitas sudah bisa kita lakukan dari HP, mulai dari perbankan, jual beli, komunikasi, dll. Di film ini benar-benar ditunjukkan bahwa si tokoh utama itu gak pernah lepas dari HP kecuali saat tidur. Kehilangan HP yang digambarkan sebagai keteledoran korban pun sering kita temukan dilakukan oleh banyak orang, seperti jatuh di bus atau kendaraan / tempat umum lainnya.


Bukan sekedar pencurian identitas

IMDB

Awalnya aku menduga film ini akan mengusut tentang pencurian identitas karena ada proses hacking ke handphone milik korban, Na Mi. Tapi ternyata kasusnya jauh lebih besar daripada itu. Kita melihat disini bagaimana mudahnya orang lain dalam hal ini repairer yang ngebenerin HP Na Mi ini untuk menyisipkan program hacker ke HP Na Mi, disitu kita melihat bahwa si penjahat ini mengawasi kehidupan Na Mi secara ketat, melihat teman-teman dekatnya, melihat apa saja kesukaan Na Mi, jadwalnya apa, bisa melihat apa yang dia lakukan dan bisa mendengarkan semua pembicaraannya selama HP nya ada didekat Na Mi.

Serem banget sih karena itu artinya kamera dan speaker kita bisa jadi boomerang. Apalagi kalau si hacker ini bisa mengirim pesan melalui akun kita juga. Terlihat juga kan bahwa Ayah Na Mi terkena hacker karena link yang dikirim oleh Na Mi alias si hacker. Makin waspada dengan link-link yang dikirim ke kita meskipun itu dari kenalan kita.


Kasus pembunuhan berantai

IMDB

Sungguh tak disangka ternyata modus ini digunakan sebagai modus dari pembunuh berantai dan korbannya banyak banget dengan cara yang sama persis. Selain melihat dari sisi Na Mi kita juga akan melihat sedikit cerita kepolisian yang berusaha untuk membongkar kasus pembunuhan ini. Apalagi pembunuhnya ini tuh personal banget karena dia mencari tau segala sesuatu yang berhubungan dengan korbannya. Serem sih karena selain tragis dan kejam, si pembunuhnya ini juga menyerang mental si korban dulu yang bikin korban jadi bener-bener drop dan makin mudah untuk dibunuh.

 

MINI REVIEW

Udah mau nonton film ini dari sejak tayang, tapi baru nyiapin mental kemarin. Karena genre-nya ada thriller aku agak was-was juga nontonnya. Tapi ternyata filmnya mudah untuk dicerna meskipun memang proses pembunuhannya enggak ditunjukkan banget dan gak berdarah-darah banget tapi tetep ada darah dan mayat itu tetep ditunjukkan. 

Aku suka cinematografi pembukanya, yang menunjukkan seberapa kita gak bisa lepas dari handphone. Cukup unik pembukanya makanya cukup memorable juga untukku. Konflik yang diangkat emang sederhana tapi bener-bener jadi pengingat banget sih buat kita tuh bener-bener menjaga smart phone kita. Apalagi semua data-data kita tuh pasti ada di Hand phone. Jujur bikin aku takut untuk benerin HPšŸ¤£ meskipun ke dealer resmi kita kadang gak tau orang.

Selain kasus pembunuhan dan hacking ini ada diselipin juga sedikit, sedikit banget, tentang hubungan orang tua dan anak. Yang jujur aja ini tuh agak bikin aku kesel sama si polisi yang terbawa emosi. Polisi di film ini gak keren nih wkwkwk agak lempeng dan kayak kok tidak gercep gitu loh, malah Na Mi nya yang keren banget disini! Na Mi digambarkan pinter banget nih, dia meskipun awalnya udah kayak pasrah dan percaya aja sama yang jahat tapi dia masih bisa mikir dan nebak-nebak darimana akar permasalahannya dimulai. Na Mi juga berani banget untuk mengambil keputusan menjebak yang jahatnya. Perjuangan Na Mi sih joss banget apalagi bagian endingnya! Waw bener-bener bikin dia kayak tokoh yang beda banget.

Si penjahatnya juga udah ditunjukkan dari awal, jadi kita udah tau siapa pelakunya dan sang aktor, Im Siwan yang meraninnya keren banget! Kayaknya dia udah “khatam” untuk ambil peran sebagai psikopat! Meskipun kita udah tau penjahatnya tapi seru juga melihat dia menyusun rencana untuk ngelakuin kejahatan itu. Durasinya yang 1 jam 57 menit juga gak kerasa lama karena emang kita tuh kebawa banget selama nonton film ini. Penasaran dengan gimana akhirnya si Na Mi apakah selamat atau jadi korban juga.

Untuk film ini aku kasih rating 4/5 ⭐! Menurutku pesannya bagus dan konflik yang diangkat yang dekat dengan kehidupan kita juga di eksekusi dengan baik banget meskipun aku kesel dikit dengan polisinya. Tapi tetep aku rekomendasiin banget film ini buat ditonton!

BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA CALL - PETAKA DI BALIK TELEPON

Post a Comment

5 Comments

  1. ((Im Si Wan udah khatam ambil peran psikopat)) šŸ¤£ yaampun, aku setuju banget šŸ¤£. Dari jaman Strangers from Hell terus kemarin aku nonton Emergency Declaration dan dia juga yang jadi psikopat, sekarang dia main lagi di Unlocked jadi psikopat, gimana nggak khatam, Kak šŸ¤£
    Aku belum nonton yang Unlocked niiih karena belum langganan Netflix lagi. Rencana minggu ini mau langganan sekalian nunggu The Glory rilis hahaha. Penasaran gimana cerita Unlocked soalnya udah banyak banget yang bahas dan hampir semua kasih review positif >.< nanti aku mau nonton juga kalau udah langganan lagi wkwk. Btw, Kak Tika juga nonton The Glory nggak?

    ReplyDelete
  2. Benerkan? Im Siwan keren banget sih, ambil peran polos bisa jadi psikopat juga cocok wkwkwk
    Aku pengen nonton The Glory tapi tunggu yang season 2 tamat dulu deh, aku takut penasaran hahaha biar keselnya sekalian aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mukanya tuh sebenernya polos deh dan rata-rata psikopat kan kelihatannya polos gitu ya kalau di film jadi cocok(?)
      Wkwk pilihan yg tepat karena aku gregetan banget sama ending S1 hiks. Aku tunggu review Kakak untuk drama The Glory ya šŸ™ˆ

      Delete
  3. Membaca review mba Tika tentang polisinya, aku jadi mikir...jangan-jangan karakter dan tindakan polisi di film ini untuk mengkritik polisi beneran yang ada di sana. xD Terus aku sebel tau mba nonton kepolosan wajah Im Siwan waktu mau bunuh Nami. Aku kayak...dih elu habis ini ketangkep mampus. Saking bagusnya akting Siwan jadi psikopat aku sampe sebel lihatnya. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh kepikiran aja sih mbaaa, bisa jadi emang sih buat kritik polisi yaa abis kesel banget liatnyaa wkwkwk. Im Siwan beneran lempeng banget mukanya yaaa, aku juga kesel banget nih liatnyaaa

      Delete