TODAY'S CHOICE EP.5 : THINGS I HATE ON BOOKS!


Baru sadar waktu ngecek postingan sebelumnya ternyata aku lupa untuk memasukkan tema minggu depan yang akan aku bahas di minggu ini. Minggu ini aku akan membahas apa-apa aja yang aku kurang suka  dari sebuah buku. Tidak mengikat pada kontennya saja tapi juga dari fisik buku itu sendiri.

Pembahasan ini tuh udah banyak banget yang bahas kalo gak salah baik di youtube ataupun di tiktok dan aku pun memutuskan untuk ikut membahas ini juga. Memang beberapa alasan yang aku sebutkan ini tidak menutup kemungkinan 100% bukunya benar-benar tidak akan aku baca, tapi aku cenderung untuk menjadikannya pilihan akhir-akhir, berusaha dihindari dan kalau memang tidak benar-benar ada yang mendorong untuk baca maka aku akan tidak baca sama sekali buku tersebut.


Cover with real people on it

Aku gak pernah suka dengan buku-buku yang bikin cover pake wajah manusia. Aku merasa terganggu dan malah bisa bikin males untuk baca. Mau yang wajahnya terpampang nyata atau cuma keliatan badannya aja dan wajahnya kepotong, aku lebih suka untuk cover buku yang pake ilustrasi manusia. Gak masalah mau ada wajahnya atau cuma polosan doang. Mungkin alasan terbesar aku menghindari buku macam ini tuh karena merasa aneh aja sih dan gak nyaman. Apalagi buku-buku romance luar tuh banyak banget yang pake wajah orang yang ntah siapa, tapi untungnya sih sekarang itu udah banyak banget cover alternatif jadi bukunya biasanya jadi lebih polos dan simple aja.


Cover from movie adaptation


Terkadang suatu buku yang diangkat menjadi sebuah film atau series biasanya akan diterbitkan ulang dengan menggunakan aktor/aktris di film tersebut menjadi cover bukunya. Mirip dengan alasan yang diatas, aku kurang nyaman. Menurutku itu bukan hal yang perlu juga, jika memang ingin menarik penontonnya untuk ikut membaca bukunya aku rasa bisa dengan cara lain promosinya. Karena terkadang malah jadi sulit mencari buku dengan cover asli kalau sudah ada buku dengan cover dari film itu.


Long chapters

Sebagai seorang pembaca yang sering gonta ganti device dan terkadang malas untuk menghubungkan devicenya dengan internet, salah satu cara mudah untuk menandai bacaan adalah dengan chapter / bab. Biasanya aku selalu mengusahakan untuk berhenti di akhir bab bukan ditengah-tengah bab. Selain itu aku rasa dengan bab yang terlalu panjang itu justru membuat kita capek untuk baca, kita jadi menanti-nanti kapan bisa break dulu tanpa ganggu ritme baca yang kadang nanggung kalo harus berhenti ditengah bab. Apalagi dengan bab yang pendek-pendek justru bikin aku malah makin cepet bacanya karena jadi lebih semangat untuk meneruskan bab-bab selanjutnya.


Stiff Paperback

Kalo beli buku fisik aku kurang suka buku paperback yang enggak lentur. Buku tipe ini tuh susah untuk dibaca dan bikin cepet spine buku rusak karena waktu baca buku itu kita terpaksa buka bukunya lebar-lebar. Dulu aku mungkin gak terlalu masalah, tapi sejak kenalan sama buku yang floppy jadi kerasa banget sulitnya baca buku yang stiff, apalagi kalo kita udah bukanya kecil-kecil biar spine gak rusak eh tiba-tiba aja ketutup bikin lupa terakhir baca halaman berapa….. 


Love Triangle


Salah satu trope yang paling aku benci untuk baca. Biasanya kalo aku menemukan trope ini di buku yang aku baca bisa aku langsung berhenti baca atau kalo series gak akan aku baca lagi lanjutannya. Alasan terbesar sih karena aku gak suka salah pilih tokoh yang nantinya aku suka cuma buat kecewa karena bukan dia “pemenangnya”. Terkadang suka kasian juga sama yang second lead, karena kita tau tokoh itu orang baik dan deserve much better. Daripada sakit hati mending gak mulai sama sekali.

Ada juga beberapa hal yang aku kurang suka dari sebuah buku tapi masih bisa aku toleransi sedikit demi sedikit.


Mismatch series

credit to: https://www.litreadernotes.com/home/2021/11/16/a-court-of-thorns-and-roses-series

Sebagai yang juga suka mengoleksi sebuah buku, aku cenderung untuk koleksi buku yang emang sebuah series dan tentunya aku suka banget. Atau buku itu bukan series tapi sebuah interconnecting wolrd yang dimana tokoh-tokohnya saling berhubungan tapi bukan series berkelanjutan dan masih bisa dibaca sebagai stand alone. Nah, terkadang yang aku gak suka itu, dipertengahan series tiba-tiba ada aja yang berubah, ntah cover yang berubah konsep, atau tiba-tiba buku yang awalnya hardcover berubah jadi softcover dan buku dari series-series ini memiliki tinggi yang beda. Kesel gak sih kalo liat di rak buku kita tiba-tiba ada yang beda sendiri tingginya padahal masih dalam satu series? 


Miscommunication trope

Biasanya aku temuin di buku-buku romance dan ini tuh banyak banget. Malah emang kayaknya jadi main conflict tokoh-tokohnya. Aku gak benci sih karena selama ini ya masih bisa aja untuk dibaca tapi kadang udah capek duluan kalo nemuin trope begini.


Amnesia trope

Jarang aku temuin tapi pas udah ketemu buku yang kayak gini kayaknya malah bikin aku kurang tertarik untuk lanjut baca. Kayak lagi disuruh baca ulang lagi aja kisah-kisah tokohnya dari awal lagi. Mending aku baca ulang buku awalnya aja gak sih kalo ada yang gini? Gregetan dan bikin kasian sendiri sih sama tokoh-tokoh yang ada di bukunya.

Setelah diliat-liat ternyata lumayan banyak juga yang aku kurang suka dari sebuah buku. Emang makin dewasa makin pemilih banget baca bukunya, kayak gak mau menyia-nyiakan waktu baca hal yang gak disukai karena waktu untuk baca buku sendiri tuh udah mepet banget. Nah kalo temen-temen sendiri ada gak sih hal-hal yang kurang disukai dari sebuah buku?

Post a Comment

11 Comments

  1. Samaaa aku juga gasuka kalo covernya ganti jadi cover filmnya😆 Kayak apa ya, gak nyaman aja gitu buatku. Tetep lebih milih yang cover aslinya, sebelum ada filmnya. Kalau dari segi isi, aku paling gak suka dengan cerita yang tokohnya meleng ke orang lain padahal udah punya pacar (lebih-lebih kalau statusnya udah tunangan). Beuh...itu udah bikin ilfil dan menguap lah simpati dan empatiku ke tokoh tersebut. 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba! Kayaknya emang kurang perlu ya kalo harus mengubah buku jadi cover filmnya... mau se populer apapun film itu..
      Wahh aku juga gak suka mba kalo yang kayak gini! Aku juga udah males duluan bacanya, apalagi alasan melengnya itu cuma hal sepele banget gitu

      Delete
  2. Sama, paling gak suka sama buku yang covernya gambar orang apalagi kalo mukanya ngliatin terus. Mau sebagus apapun ceritanya nggak akan dibeli, mending minjem punya orang. Nggak akan pernah mau ngoleksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa ke ganggu banget ya? Aku juga ga mau koleksi buku yang gitu... kayak gak cocok aja untuk dikoleksi....

      Delete
  3. Saya udah jarang banget baca buku mbk, tapi saya juga nggak suka sama buku yang covernya gambar manusia karena nanti pas baca jadi ngebayangin wajah tokohnya yang di cover itu, padahal kan lebih enak bayangin sendiri ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh bener banget Mba, aku lebih suka "menghalu" sendiri untuk sosok karakter di bukunya yaaa

      Delete
  4. Saya ikut Today's Choice episode ini, tapi postingnya telat dan digabungin sama Tuesday Book Trivia, hihihi, maafkan Mbak *sungkem*.

    Toss untuk nomor 1 dan 2. Ntah kenapa saya juga tak suka buku dengan kedua jenis cover itu, huhu. Setuju juga sama makin dewasa kita jadi semakin pemilih sama buku yang mau dibaca. Selain semakin kurangnya waktu untuk membaca, bagi saya alasan budget juga jadi penentu, *uhuk*.

    Btw, tema untuk Today's Choice Ep.6 apa Mbak? *nanyadenganmukapoloswkwkwk*, *kabursebelumkenakeplak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh asik dong join jugaaa, ntar aku mau mampir ah baca versi Mba...

      Suka heran juga kenapa suka banget pake cover orang apalagi yang tiba2 ganti film.... lebih suka yang cover biasa atau kartun ya mba... hahaha asli sih! pemilih itu wajib banget sekarang mah!

      Wahhh karena libur lebaran belom ngeluarin nih Today's Choice Ep.6 semoga bisa segera!

      Delete
  5. aku juga kurang sreg dengan cover buku yang gambarnya orang asli 😂 malah bikin nggak pengin baca 😂 kecuali buku-buku Radit yang meski ada foto dia asli, tapi masih bisa dimaafkan(?) wkwk

    kalau tentang isi, aku paling nggak suka sama cerita yang semua karakternya terlalu toxic. Capek banget bacanyaa, bikin emosi djiwa 😭.

    ReplyDelete
  6. Kurang lebih sama sih Kak, tapi Teddy lebih nyesek kalau harus baca buku bagus tapi bahasa asing. Jadi susah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini mah artinya harus belajar bahasa nya biar bisa nyaman terus baca!

      Delete