PLACE TO GO: KEBUN RAYA CIBODAS


Minal aidin temen-temen blogger semua! Baru sempet untuk menyapa setelah 3 mingguan off dari blog. Karena dari kantor dapet libur lebaran yang panjang banget alias hampir 2 minggu jadi emang memutuskan off blog dan fokus ke acara keluarga yang ternyata emang gak sempet karena lebaran pertama disini jadi rame banget banyak yang dateng ke rumah.

Sejak hari pertama lebaran bener-bener gak bisa diam, ntah kami yang pergi ke rumah keluarga atau ada aja keluarga yang datang tanpa sadar liburan udah mau habis tanpa kami sempat untuk pergi atau jalan-jalan kemana gitu. Akhirnya di 3 hari libur terakhir kami memutuskan untuk libur sejenak ke Bogor dan Puncak. Yap, beneran memaksakan diri banget karena ke Puncak pas long weekend, tapi kalo gak dipaksa yaaa akan mandek aja di rumah kan.

Awalnya kami memutuskan untuk pergi ke Taman Bunga Nusantara emang jauh banget tapi karena udah pernah kesana dan bagus banget tempatnya akhirnya sih tujuan awal dibuat kesana dulu dan melihat sikon apakah Puncak bisa ditembus atau tidak. Cuma ya namanya liburan mendadak tanpa persiapan tiba-tiba ditengah perjalanan mengubah tujuan ke Kebun Raya Cibodas, kami sekeluarga belum ada yang pernah kesana dan yak terpilihlah tujuan pertama kami.

KEBUN RAYA CIBODAS

Karena pertama kali dan mendadak jadi gak ada sama sekali tau apapun tentang kondisi ke Kebun Raya Cibodas ini. Mikirnya kayak Kebun Raya Bogor ternyata agak salah yaaa. Jadi perjalanan itu emang ya lumayan lama lah ya, tapi karena udah masuk jalur one way Puncak sih agak enakan dikit waktu itu jalannya. Karena dulu pernah ke Taman Bunga Nusantara yang bener-bener lewat jalan kecil dan kampung gitu jadi gak terlalu kaget pas lewat Cibodas yang ternyata mirip-mirip cuma agak bingung aja jalannya harus sampe mana karena gak terlalu ada tanda-tanda gitu.

Setelah bayar retribusi (yang ternyata agak ketipu sama Pemda karena harus bayar orang Rp12.500/orang dan mobil Rp5.000 padahal harusnya bayar mobil doang… aji mumpung lebaran sepertinya) kita langsung dihadapi dengan semacam pasar dan banyak parkir mobil. Bingung dong mikir apakah ini parkirnya disini atau gimana tapi akhirnya nekat aja masuk terus dan ternyata baru ketemu tuh gerbang Kebun Raya Cibodasnya. Jadi yang buat naik mobil sih aku saranin masuk aja deh daripada parkir diluar karena takut didalam gak masuk. Nah, disini kami diminta bayar lagi Rp25.000/orang dan bayar mobil juga Rp20.000. Tapi ini aku lupa apakah beneran segini ya untuk mobil tapi kalo orang segitu ingetnya dan ini adalah harga weekend ya.

Begitu masuk kita bingung dong apa yang harus dilakuin, apakah parkir atau bisa keliling bawa mobil. Tapi nekat ngikutin mobil depan kami akhirnya kami keliling bawa mobil. Dapet info dari internet waktu nyari biaya masuk ternyata kalo Hari Minggu mobil cuma bisa masuk dari jam 8-12 dan kalo tanggal merah ga bisa cuma aku ga bisa validasi info ini nih karena aku masuk di hari Sabtu. Sejujurnya saking besarnya Cibodas dan gak sempet kepo kami cuma ikutin aja tanda panah yang ada didalam Cibodas yang informatif banget. Pertama masuk udah disambut hamparan taman dan orang-orang udah banyak yang bentang tiker buat makan-makan gitu. Btw didalem sini banyak banget yang jual tiker jadi gak usah panik kalo lupa bawa!

Karena gak ada tujuan memutuskan untuk keliling dulu apa isi Cibodas ini dengan mobil sebelum memutuskan berhenti. Pertama kami lewat Taman Sakura dan lagi-lagi rame orang parkir. Sebenernya yang bikin menarik itu karena ada sungai dan banyak banget orang-orang (kebanyakan yang bawa anak-anak) itu mandi atau sekedar main air dan sambil gelar tikar buat makan. Mau berhenti tapi gak bisa karena ramee banget mobil gak ada lagi tempat parkir akhirnya jalan dulu deh. Lagian kami juga gak bawa makanan apapun dan tikar juga gak ada. Lanjut terus ke jalan yang makin tinggi dan sempit, harusnya sih ini untuk 1 jalur ya kalo mobil kecuali yang naik motor. Terus jalan melewati Taman Obat (yang ayahku pengen berhenti tapi udah kelewat parkirnya) terus jalan sampe akhirnya kami melihat lagi lokasi orang ramai. Ternyata kami sampai di Kolam Besar.

Susah dapet parkir lagi tapi kami bertekad untuk parkir apapun yang terjadi disekitar sini. Baru dapet tempat parkir agak kosong (setelah sedikit nekat banget parkir pinggir jalan aja) kami berhenti di dekat Taman Lumut dan Koleksi Bunga Bangkai. Perhentian pertama langsung liat Bunga Bangkai. Ternyata kami cukup beruntung loh, Bunga Bangkai baru aja mekar di tanggal 27 April 2023 dan kami datang tanggal 29 April 2023. Emang gak semekar yang diharapkan tapi lumayan lah ya soalnya bunga bangkai ini mekar cuma 4 tahun sekali!

Bunga Bangkai Raksasa

Tujuan kami emang ke arah Kolam Besar, emang lumayan jauh tapi gak masalah sih jalan-jalan ngelewatin banyak banget taneman. Lewat Taman Paku, Taman Lumut, ada penginapan juga, Araucaria Avenue yang berbentuk semacam lorong pepohonan dengan pohon yang tinggi-tinggi banget dan baru sampe deh ke taman dekat Kolam Besar. Setiap sudut disini tuh enak dan adem banget, meskipun panas tapi adem karena emang diatas gunung kali ya jadi tetep dingin apalagi banyak pohon yang rimbun banget. Mau gelar tiker dimanapun enak karena rindang dan pastinya enak banget buat foto-foto hahaha yang suka foto-foto sih pasti puas banget. Aku agak nyesel ninggalin tripod di mobil dan cuma bawa tongsis nya aja.

Taman Lumut

Araucaria Avenue

Taman dekat Kolam Besar

Taman dekat Kolam Besar

Buat yang ga bawa makanan kayak kami tenang ada kafe nya kok. Kami makan siang dan nongki-nongki di Cafe Gardenia. Makanan berat maupun ringan ada, semua jenis minuman juga ada kok mau kopi, susu, atau apapun ada. Harganya juga gak melambung jauh banget kok jadi masih layak banget. 2 jam lebih disana akhirnya memutuskan untuk pulang dan melihat tempat lain lagi. Ohiya jangan takut buat yang suka ke kamar mandi disini lumayan banyak kok tersedia di lokasi-lokasi utamanya dan bersih. Dekat area kami ini ada toilet yang bersebelahan juga dengan musholla jadi bisa tenang untuk ibadah.

Sebelum keluar kami gak sengaja lewat konservatorium dan memutuskan untuk melihat-lihat. Ada kolam besar dan rumah kacanya juga. Isinya banyak taneman-taneman kayak keluarga kaktus gitu. Seru sih. Dan disini tuh ada penyewaan juga kayak sepeda gitu cuma karena udah mau pulang emang gak terlalu fokus kesitu sih. Buat yang gak bawa kendaraan juga bisa ikut bisnya kok karena dia sering keliling gitu jadi misal mau turun dimana kayaknya bisa deh cuma gatau ya itu bayar apa enggak juga.


Konservatorium

Setelah selesai langsung diarahkan keluar lewat pasar-pasar tadi. Tapi pasarnya itu isinya taneman semua ya, ada banyak banget tanaman yang dijual cuma emang agak susah kalo mau berhenti didepan tokonya, harus cari parkir dulu dan jalan ke pasar itu. Rame banget kalo pas weekend gitu.

Selesai juga deh liburan ala-ala hari pertama ini. Liat-liat di petanya ternyata ada 3 gerbang masuk loh, cuma kalo lewat Google Maps kayaknya cuma diarahkan ke Gerbang Utamanya aja deh. Seru banget sih main disini, lebih seru emang kalo ramean dan gelar tikar makan-makan gitu. Ada ngeliat orang yang sambil tiduran baca buku dibawah pohon rindang, kok menarik hahaha jujur gak kapok sih kalo aku pribadi meskipun harus lewat Puncak dulu.

Tadinya sih pengen sekalian ceritain liburan 3 hari ngapain aja tapi baru di Cibodas aja udah panjang banget supaya gak makin panjang untuk cerita liburan di Kebun Raya Bogor akan aku share di postingan selanjutnya!

Post a Comment

10 Comments

  1. Huaaa udah lama banget sejak terakhir ke sini dan postingan Kak Tika ini bikin aku melepas rindu 🙈. Kayaknya udah agak berubah dari terakhir aku ke sini. Waktu itu conservatoriumnya nggak dibuka, jadi aku nggak bisa masuk. Kakak juga beruntung banget bisa lihat bunga bangkainya mekar!! Aku lupa kalau di sini juga ada bunga bangkai. Aku ingatnya hanya di KRB aja, tapi waktu ke KRB katanya bunga bangkainya udah lama nggak ada 😭.

    Btw, di Kebun Raya Cibodas ini sih bener-bener lahan yang pas banget untuk piknik!! Waktu aku ke sana juga lihat banyak banget keluarga yang gelar tikar terus makan sate yang dijual asongan di dalam Kebun Raya wkwk. Sebenarnya ada air terjun juga lho di sana, Kakk. Cuma harus jalan kaki agak lamaa, mungkin sekitar 30 menitan, agak jauh dan tracknya lumayan naik turun dan agak licin saat dulu aku ke sana. Tapi air terjunnya termasuk tinggi, besar, dan nggak sangka banyak pengunjungnya juga di sana hahaha. Kapan-kapan cobain trekking ke air terjunnya, Kak! 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Lia kapan tuh kesana? Aku juga gak sengaja tuh liat konservatoriumnya pas mau pulang. langsung aja berhenti untuk liat-liat. Aku aja baru tau pas nulis artikel ini kalo ternyata itu bunga bangkai baru mekar. Aku pas ke KRB juga gak liat tuh yang mana bunga bangkainya... katanya sih baru mekar 2020 jadi nunggu 2024 dulu baru keliatan tapi bunganya aja aku gak liat kemarin wkwkwk

      Iyaaa emang harus banget piknik sih kalo disini, seru banget. Ahh.. aku cuma liat air terjun kecil yang deket Taman Sakura itu pas lewat jalan air. Belom pernah sih nyobain trekking ke air terjun kayaknya bisa nih kapan-kapan nyobain kesana

      Delete
  2. Ya ampun aku naksir Araucaria Avenue-nya!!! <3 Main ke kebun raya memang enak pas di bagian pepohonan. Udaranya sejuk, nggak panas, asal gak hujan ya, wkwkwkwk. Ditunggu postingan yang ke Kebun Raya Bogor, mba Tika~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang cantik banget sih Mbaa Araucaria Avenue-nya trus adem jadi enak banget jalan-jalan disitu. Nahhh asal gak hujan. Cukup repot sih kalo hujan karena tempat berlindung paling ke cafe atau mushola 😅

      Delete
  3. akhirnya ada post baru lagi nih
    ngeliat foto foto kebun raya cibodas, alamakk gede amat, kalau jalan kaki mayan juga mungkin ya kalau diputerin
    tapi kalau sama keluarga rame-rame, piknik ke kebun raya asik juga sebenernya, bersih juga ya, seneng liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnyaa post lagi wkwkwk
      Gedenya pake banget sih Mba, aku kayaknya ga sanggup kalo harus jalan kaki ngelilinginnya hahaha, bener enaknya sih piknik gitu mba disini ramean jadi makin seru. Aku juga seneng banget liatnya bersih dan gak ada sampah gini, semoga emang pengunjungnya pada sadar dan ada yang bersih2in juga

      Delete
  4. Sekitar tahun 2008 aku pernah ke sini naik motor dari sentul. Tahun segitu jalur puncak juga sudah buka tutup. Seeprtinya sudah semakin berkembang dibandingkan pas pertama kali ke sana. Dulu sempat ke kebun sakura, tapi pas itu belum masuk musim mekar. Jadi hanya jalan kaki keliling taman aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh udah lama banget gak kesana lagi Kak Rivai, kayaknya bisa tuh diagendakan lagi kesana hehehe. Sekarang udah pasti banyak perubahan banget ya dibandingkan tahun 2008, fasilitasnya juga pasti udah jauh berubah

      Delete
  5. Aku pernahnya ke kebun raya bogor kak. Ternyata ada kebun raya cibodas juga yaa baru tau .Tempatnya juga keliatan sejuk banget cocok buat piknik sambil baca buku gitu. Next kayaknya aku bakalan jadiin tempat ini wishlist deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebun Raya Bogor emang kota sih jadi mudah untuk dijangkau ya, kalo Cibodas lumayan sih perjuangan masuk-masuknya gitu. Wah ini enak banget sih buat baca buku di bawah pohon rindang gitu

      Delete