TODAY'S CHOICE EP.6 : KOREAN DRAMA MEDICAL I LOVE


Akhirnya balik lagiiii! Setelah hampir 1 bulan kayaknya aku gak menulis konten Today’s Choice akhirnya aku tergerak lagi untuk buat artikel ini. Untuk pemanasan lagi kayaknya aku akan memilih tema yang mudah untuk aku tulis yaitu tentang Drama Medikal yang aku suka.

Kalo ngikutin blog aku pasti pernah kebaca kalo aku udah nonton drama korea tuh lebih dari 100 judul. Yap, aku udah ngikutin drama korea tuh jauh lebih lama dibandingkan aku ngikutin KPop dan itu masih aku lakuin sampe sekarang. Sebenernya gak pernah nyangka sih kalo aku akan banyak mengikuti drama medikal. Aku dari dulu lebih suka ngikutin drama yang action, crime, mystery, sageuk dibandingkan genre lain. Tapi pas aku liat-liat ternyata aku udah ngikutin drama medikal sendiri tuh lebih dari 10 drama, karena aku belom pernah bahas ini dimana mana jadi kayaknya sih ini waktu yang tepat untuk bahas!

 

Dr. Romantic


Karena drama ini lagi tayang season 3 nya jadi kayaknya ini paling tepat untuk disebutin pertama kali. Drama ini udah ada 3 season tapi season 1 dengan season 2 dan 3 memiliki tokoh utama yang berbeda.

Menceritakan tentang Kim Sabu, dokter hebat yang tiba-tiba menghilang. Ia menjalani rumah sakit kecil di pinggiran kota dengan segala keterbatasannya.

Sejujurnya aku gak nonton season 1 nya dan loncat ke season 2. Alasan terbesar adalah karena ada aktor yang aku kurang sreg untuk tonton makanya aku skip. Nonton season 2 pun karena tokoh utamanya yang aku suka banget. Yes, I’m all about the actor! Aku sih enggak terganggu ya dengan melewatkan 1 seasonnya, mungkin aku memang gak terlalu paham jadinya tentang asal mula Doldam dan semua keriweuhannya. Apalagi beda tokoh maka beda kasus yang diangkat makanya aku jadi nyaman aja nonton season 2 langsung. Tapi kalo season 3 sih baiknya harus nonton season 2 nya ya karena ceritanya nyambung.

Aku suka emang selain Kim Sabu nya keren banget, kasus-kasus medikal tuh seru untuk diikuti. Ngeliat mereka tuh kayaknya keren banget, pinter dan pasti bikin berandai-andai pengen jadi dokter padahal liat darah aja suka takut dan aku skip-skip kalo pas nonton. Rekomendasi banget!

 

Doctor John


Diperankan oleh Ji Sung, Lee Se Young, Lee Kyu Hyung, dll. Drama ini menceritakan tentang dokter anestesi yang arogan tapi jenius. Ia membangun center-nya sendiri untuk menemukan penyebab sakit yang diderita oleh pasiennya.

Niat nonton ini karena cuma mau liat Lee Se Young, lagi-lagi aku tergoda karena actornya aja. Tapi setelah ngikutin ternyata seru banget! Mereka ada di Departemen Pain Management gitu dan ternyata penyakit langka juga yang terseret-seret.

Aku suka karena tadi ada penyakit langka yang dibahas tapi ada kayak perang dingin juga antara Cha Yohan, si dokter jenius, dengan Jaksa (kalo gak salah) yang menyebloskan dia ke penjara. Soalnya Yohan  pernah terlibat kasus euthanasia terhadap salah satu pelaku pembunuhan. Jadi sempet ricuh emang dengan statusnya Yohan ini tapi ngikutin kejeniusannya itu loh yang seru banget!

 

D-Day


Ini tuh menurut aku salah satu drama yang underated banget padahal seru banget. Menceritakan tentang kejadian gempa bumi dahsyat yang menyerang Korea dan para dokter yang berusaha mati-matian untuk menolong orang sebanyak mungkin.

Satu-satunya yang bikin aku tertarik untuk nonton ini adalah gempa bumi yang terjadi. Karena nonton DOTS dan salah satu episode yang aku suka banget itu pas kejadian gempa buminya. Disini kita melihat gimana dokter dan tim kesehatan mati-matian untuk nyelamatin banyak pasien tanpa mikirin kondisi mereka sendiri.

Di drama ini tuh lengkap banget kita dapet, mulai dari keterbatasan supply obat karena gempa hebat, listrik yang padam, reruntuhan dimana-mana dan ada politik rumah sakit yang cukup kental juga disini ya. Kita ngeliat dari awal kejadian sampe terselesaikan meskipun itu tadi di akhir-akhir yang cukup banyak dibahas itu politik rumah sakit yang terjadi.

 

Descendants of The Sun


Drama fenomenal yang terkenal banget di tahun 2016 yang sempet menciptakan Song-Song Couple walau berakhir tidak terlalu bahagia. Awalnya gak pengen nonton drama ini karena ada militer-militernya dan aku pikir ini tuh romance banget jadi agak males eh tapi salah satu pemainnya Onew Shinee dong, bias aku di grup yang paling aku suka jadi merasa ada kewajiban untuk nonton ini hahaha

Eh tapi ternyata dramanya sendiri bagus banget! Emang dia lebih ke romance, medical, military gitu ya tapi porsi medikalnya cukup besar jadi bisa banget masuk ke list ini dan emang dari seluruh episode aku suka banget dengan episode-episode yang berbau medikal nya. Mulai dari operasi kepala negara Arab, kasus gempa besar sampe virus mematikan yang tiba-tiba menyerang. Kasusnya itu berat-berat banget jadi bikin penasaran pas nontonnya. Drama ini tuh jadi salah satu drama yang sering banget aku tonton ulang.

 

Hospital Playlist


Satu lagi drama yang rame banget dibicarakan dalam 3 tahun terakhir. Hospital Playlist dengan 2 season emang sukses banget dapet banyak fans. Menceritakan tentang hari-hari 5 dokter yang bersahabat di rumah sakit tempat mereka kerja.

Drama ini agak beda dengan drama medikal biasanya karena lebih menceritakan aspek kehidupan di rumah sakit, pasien, suster dan hubungan persahabatan dokter ini. Jadi kita mungkin enggak sesering itu melihat adegan dokter berdarah-darah di operasi meskipun emang ditampilkan juga mereka yang sibuk operasi. Yang diangkat emang lebih banyak ke sesudah operasi terjadi dan masa pemulihan, makanya kita banyak melihat interaksi dokter ini dengan pasien diluar meja operasi. Apalagi kelima dokter ini punya bidang yang beda-beda semua jadi kita bisa dapet perspektif dokter yang jauh lebih luas.

Dari seluruh drama medikal yang udah aku tonton emang cuma 5 drama ini yang berkesan banget buat aku. Makanya aku semangat banget untuk rekomendasiin drama ini ke temen-temen sekalian!

Next week Ep.7: Fantasy Romance Favorite!

Post a Comment

3 Comments

  1. Hospital Playlist myluvv 🤍🤍🤍 aku juga suka Dr Romantic. Tp nggak tahu knp ya yg S3 ini males bgt ntnnya 😬 kayaknya gegara di tiktok kebanyakan spoiler romance jd ogah. Kalo DOTS mah hmmmm jgn ditanya lg aku suka bgt!! Asli masih agak sedih karena Song Song couple pisah. Semoga aja keduanya bs bahagia selalu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hospital Playlist sih emang bener-bener ya mbaaaaa
      Eh sama bangettttt, aku ngikutin tapi ketinggalan alias ga tiap minggu... kayaknya bener deh banyak bgt spoilernyaa jadi kayak udah tau jalan ceritanya ya...
      DOTS emang sih juara banget ya mba.. aku juga cuma berharap keduanya bisa bahagia aja yang penting

      Delete
  2. Hospital Playlist favoritku jugaaa!! Ini kalau sampai ada 5 seasons juga bakalan aku tonton, saking sukanya 🤣
    Aku belum nonton Dr. Romantic, tapi jujur agak penasaran sama drama yang 1 ini. Dia lebiih banyak porsi romancenya kah, Kak?

    ReplyDelete