PLACE TO TRY: KOPI KLOTOK CISARUA BOGOR


Kopi Klotok yang ada di Yogyakarta punya cabang di Puncak tepatnya di Cisarua. Setelah pulang dari Taman Bunga Nusantara, dengan impulsive nya kami tiba-tiba mampir kesana. Padahal saat itu kami sudah makan siang dan waktu pun udah menunjukkan jam setengah 3 sore. Aku tau kalo Kopi Klotok pasti akan rame banget tapi ada sedikit harapan untuk kami karena jam makan siang sudah lewat. Kami pun berencana untuk mencicip pisang goreng dan kopi klotoknya aja. Kalo ternyata emang rame dan gak dapet tempat ya kami memutuskan untuk lanjut pulang aja.

Mamaku udah lama banget pengen nyobain Kopi Klotok yang di Yogya sebenernya. Cuma pas mereka ke Yogya gak pernah dapat kesempatan untuk dateng ke Kopi Klotok dan makin penasaran pas aku bilang aku suka makanan dan suasananya yang ada di Yogya. Pas tau ada Kopi Klotok cabang Cisarua makin-makin beliau ingin cicip.


LOKASI

Kopi Klotok Cisarua ini dimiliki oleh Titiek Soeharto beralamat di Kopo, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750. Buka dari pukul 10.00 - 21.00.


EXPERIENCE

Aku sendiri sudah pernah ke Kopi Klotok yang ada di Yogya jadi aku tau dengan pasti menu makanan dan minumannya seperti apa. Aku tau pasti kalo orang tua aku dibawa kesini akan cocok karena emang makanannya sesuai dengan lidah mereka banget. Sebenernya aku ingin mereka nyoba yang di Yogya karena menurutku yang di Yogya itu juga menjual pemandangan yang oke banget, bisa makan di tepi sungai atau di pinggir sawah. Dan itu yang gak kita dapatkan di Cisarua ini.

Karena emang terletak di tengah puncak emang jadi sulit untuk mencari lokasi yang seperti di Yogya. Tapi untungnya Kopi Klotok Cisarua ini masih mengusung tempat yang lesehan gitu. Jadi kita ambil tikar dan pilih deh mau duduk disebelah mana yang nyaman. Mau duduk di kursi juga ada kok disediakan. Dan disini juga khusus dibuat tempat lesehan yang ada atapnya jadi gak perlu khawatir kalo panas banget atau pas lagi ada hujan. Tapi kalo gak hujan emang paling enak duduk dibawah pohonnya jadi adem. Ada banyak pohon juga kok jadi gak masalah.




Lokasinya juga luas jadi banyak tempat untuk pilih tempat duduk. Karena kami datang setelah lewat makan siang jadi tidak terlalu berdesakan dan riweuh mencari tempat jadi masih nyaman meskipun tetap ramai. Mungkin kalau mau makan siang disini bisa datang agak cepat. 




Menunya masih sama dan cara ambil prasmanannya pun masih sama. Kita ambil makanan yang kita inginkan dan bayar deh. Tapi kemarin sepertinya tidak selengkap yang ada di Yogya karena aku ingat ada banyak banget ragam jenis lauk dan sayurnya. Apakah karena sudah habis atau emang itu saja menunya aku kurang tau.

Karena emang cuma ingin coba jadi kami pilih untuk makan snack-nya aja. Kami beli pisang goreng yang tentunya wajib banget dibeli, dengan tempe mendoan dan kopi klotoknya. Untuk pisang goreng, harganya Rp15.000 per porsi dengan isi porsi 2 buah, tempe mendoan Rp14.500 per porsi dengan isi 2, kopi klotok Rp14.000 dan aku pesan kopi susu Rp16.000.



Untuk rasa sih cocok banget karena menurutku enak, tempenya enak dan pisangnya juga enak masih panas. Jadi emang kita pesen dan akan datang masih panas-panasnya. Sayang banget emang gak sempet cicip sayur lodeh dan telur krispinya yang khas itu. Semoga suatu saat bisa!

Satu hal yang agak disayangkan adalah jam bukanya itu jam 10 pagi beda dengan yang di Yogya dari jam 6 pagi udah buka. Buat kami yang selalu lewat puncak pagi-pagi banget jadi gak bisa untuk sarapan disitu dan pastinya sulit kalo mau makan siang disana aja tanpa ada rencana ke puncak. Parkirnya juga kayaknya lumayan luas kok meskipun tetep terbatas. Untuk pengambilan makan sih aman karena prasmanan kecuali yang pesenan dan minum ya, harus diingetin sih karena ada stationnya sendiri. Kami sih kemarin langsung nungguin di depan tempat ambil makanannya itu dan gak nunggu dianter, kebetulan kosong jadi kita tinggal bilang dan tunggu sebentar kalo ada yang lupa tinggal bilang nanti langsung dibuatkan. Emang sering-sering ingetin aja sih.

Overall aku sih puas-puas aja ya. Enak buat nyantai bareng keluarga dan makanannya juga enak kok yang snack nya. Untuk orang tua juga oke dan mungkin yang agak susah yang masih remaja kayak adekku. Langsung bete pas liat makanannya cuma ada makanan berat dan jenis snack dan minumannya gitu doang alias cuma pisang goreng, mendoan dan jadah goreng. Gak ada juga minuman kekinian.

Post a Comment

4 Comments

  1. Tempat makanannya kayak tersembunyi banget, tapi surprisingly dalamnya ramai pengunjung ya wkwk. Kayaknya jam Kakak datang sih jam yang paling tepat karena sudah nggak terlalu terik dan lagi sepi pengunjung juga, jadi kalau mau makan outdoor bisa banget ya 😆. Aku baru tahu kalau di Puncak ada tempat makan ini! Udah lama banget nggak ke Puncak, jadi kurang update sama tempat makan di sana 😂 cuma tahu ada Cimory yang baru doang 😂. Kak Tika nggak mampir ke Cimory yang baru? Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya emang jam segini tuh tepat banget datengnya tapi agak udah lewat jam makan siang sih jadi sayang sebenernya kalo gak makan siang juga disitu. Kalo gak salah Kopi Klotok ini emang baru buka deh tahun 2022 kemarin makanya belom tau Lia karena udah lama ga ke Puncak juga. Sebenernya sih penasaran dengan Cimory yang di Puncak, aku udah pernah nyoba yang di Semarang soalnya tapi ada temen yang cerita di Cimory lebih cocok kalo bawa anak kecil gitu makanya agak ragu deh kalo mau kesana

      Delete
  2. tempatnya luas, asri juga, bisa pilih duduk yang sambil gelar tikar, terus makan bareng keluarga besar, nikmat banget mbak
    Kopi klotok yang di Yogya, aku sendiri belum kesana hahaha, kalau ke Jogya malah suka bingung mau kemana dulu saking banyaknya list yang dipengeni
    Kopi klotok yang di Yogya memang nggak pernah sepi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Kopi Klotok Yogya sih emang rame terus dari pagi sampe tutup kayaknya jarang sepi, bisa sih alternatif kesini buat yang ga di Yogya meskipun lumayan beda jauh sih untuk pemandangannya tapi tetep lumayan juga buat duduk-duduk di bawah pohon gitu

      Delete