[REVIEW] NOVEL IF I MET YOU FIRST - THESSALIVIA

 Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

 

sumber: Goodreads

Judul: If I Met You First

Penulis: Thessalivia

Tanggal Terbit: 1 Agustus 2023

Jumlah Halaman: 312 halaman

ISBN: 9786020672335

Bahasa: Indonesia

 

BLURB

Riana selalu bernasib jelek dalam percintaan. Setiap kali pacaran, selalu saja dia yang diputusin. Dia bahkan pernah diselingkuhin!

Untung ada Ardi, sahabat setia Riana. Laki-laki itu selalu siap menyediakan bahu untuk Riana bersandar. Sayangnya, laki-laki sehebat Ardi sudah bertunangan. Seandainya Riana bertemu Ardi lebih dulu, apakah mereka akan berjodoh?

Tiba-tiba saja Riana mendapat kesempatan untuk mengubah nasib. Lewat mesin dingdong yang bisa mengabulkan permintaan, dia memiliki kesempatan untuk mencuri hati Ardi. Benarkah bertemu Ardi lebih dulu akan membuat laki-laki tersebut berjodoh dengannya?


REVIEW

Pertama-tama aku ngucapin selamat atas buku baru Mba Thessa yang akhirnya terbit juga! Udah tau buku ini dari lama dan tertarik banget untuk baca karena ber-genre fantasy romance.

Begitu buku ini terbit aku langsung pesen ke Mba Thessa langsung supaya bisa dapet tanda tangannya beliau. Yang mau bertanda tangan bisa juga langsung pesen ke Mba Thessa ya atau beli disini juga bisa.

BTW, SPOILER ALERT! Aku takut tanpa sengaja spoiler huhuhu

Pas baru baca blurb-nya aku excited banget dengan hubungan yang bakal dijalanin sama Riana dan Ardi. Soalnya trope best friend to lover tuh salah satu yang aku suka banget. Tapi pas udah baca, baru awal buku aja aku udah khawatir banget sama Riana. Kenapa karena kayak yang ada di blurb kalo Ardi tuh udah punya tunangan…. selama baca tuh aku malah was-was banget waduh apakah akan ada bau-bau pelakor disini tapi kan situasinya beda tapi aku kasian juga dengan Ardi tapi aku juga nyesek dengan Riana. Banyak banget yang aku pikirin selama baca buku ini tuh.

Riana tuh tokoh yang bikin aku nyesek banget dan gak bisa nyalahin dia sepenuhnya dengan keadaan yang dia ciptakan. Riana bukan tokoh perempuan kuat yang punya percaya diri tinggi dengan kecantikan luar biasa dan dunia ada di tangannya (wkwkwkwk maaf sengaja dibuat lebay). Tapi dia lebih sering insecure, gak berani mencari kebahagiaan sendiri, menggantungkan kebahagiaan dengan orang, pokoknya dia tuh kayak gak PD dengan dirinya sendiri.

Punya sahabat kayak Clarissa dan Ardi yang bikin hidup Riana tuh jadi jauh lebih berwarna. Aku suka banget dengan persahabatan mereka. Clarissa yang kayaknya rame banget dan berisik tapi aku rasa cocok banget temenan sama Riana. Belum lagi Ardi yang sweet banget dengan kedua temennya ini. Wajar sih Riana sampe baper, apa yang dilakuin Ardi emang gampang banget bikin ciwi-ciwi baper hahahaha. Tapi di kehidupan nyata kan ya emang ada cowok-cowok baik ke segala orang gitu. Jadi emang gak bisa nyalahin Ardi maupun Riana untuk keadaan yang terjadi ini.

Konfliknya itu awalnya bisa aku tebak lah arahnya kemana dan apa yang aku prediksi emang bener jadi alur ceritanya. Cuma eksekusi setelah itu yang gak ketebak banget buat aku. Masa lalu Ardi yang tiba-tiba jadi masalah lainnya bikin aku makin penasaran banget ending-nya itu bakal dibawa kemana. Dan ending-nya menurut aku bagus banget! Aku suka gimana Mba Thessa buat ini se realistis mungkin atau karena aku setuju dengan ending yang diberikan makanya aku merasa puas banget pas baca buku ini. Karena aku rasa ending yang dikasih udah jadi ending terbaik banget buat semuanya.

Aku selalu suka dengan penulisan Mba Thessa yang mudah dan ngalir banget jadi bikin baca buku ini tuh cepet dan gak kerasa udah jauh aja padahal baru mulai baca (ini aku aja yang baru review padahal udah selesai baca dari kapan). Unsur fantasy-nya emang gak banyak tapi tetep jadi unsur paling penting dan tetep kerasa banget karena ini emang lebih banyak kejadian di dunia nyata gini.

Di buku ini juga aku suka banget dengan tiap tokoh yang diperkenalkan. Gak ada satupun yang aku suka. Apalagi Riana sebagai tokoh utama tuh beneran kelihatan banget perkembangan dirinya. Emang agak lama tapi aku ngerasain banget perubahan tokoh Riana disini. Tapi kalo untuk tokoh utama aku malah suka banget sama Clarissa. Mungkin karena dia tipe yang rame dan setia kawan banget bikin aku mudah jatuh cinta sama dia.

Menjadi dewasa itu adalah saat kita sudah mengenal diri kita sendiri. Saat kita tahu apa yang kita butuhkan, apa yang membuat kita bahagia, masalah apa yang kita punya, dan cara apa yang paling cocok untuk kita.

Overall untuk buku ini aku kasih rating 4/5 ⭐! Bukunya lumayan bikin dilema aku selama baca tapi dengan ngalirnya buku ini bikin aku nyaman banget pas baca. Suka banget dan aku rekomendasiin banget! Kalo ada buku selanjutnya sih aku setuju banget nih Mba Thessa! Hehehe btw aku suka juga dengan card ilustrasi tokohnya. Selama baca jadi mudah bayangin seperti apa sih tokoh-tokohnya itu. 

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL SEMANGAT, TANTE SASA! - THESSALIVIA

Post a Comment

4 Comments

  1. Covernya keren..ilustratornya jd penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus banget yaaa, menggambarkan ceritanya juga lagi!
      cusss baca bukunya ntar ketauan siapa yang ilustrasiin

      Delete
  2. Hmm saya sukanya novel thriller gimana yah lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk sekali-sekali nyobain yang lain laah

      Delete