HOLIDAY D-4: TAMAN BUNGA SELECTA & JATIM PARK 3

Liburannya kapan, cerita-cerita sebelumnya juga kapan eh nulisnya juga kapan. Karena kesibukan dan jujur juga aku yang lumayan males banget untuk nulis akhir-akhir ini bikin aku belum melanjutkan tulisan liburan ini padahal aku bikin tulisan ini juga sebagai catatan perjalanan pribadi dan dokumentasi untuk kedepannya. Yah lebih baik terlambat daripada enggak sama sekali kan!

Di hari ke-4 ini kami juga gak mau menyianyiakan waktu karena lagi-lagi Jatim Park 3 itu bukanya jam 12. Akhirnya paginya kami memutuskan untuk melihat bunga-bunga di dekat sini. Ada 2 pilihan waktu yang ingin kami datangi yaitu Taman Bunga Selecta atau Florawisata Senterra. Aku sih awalnya pengen ke Senterra itu karena kayaknya lebih bagus aja kalo sekilas liat foto-fotonya tapi karena Mama-ku udah pengennya ke Taman Bunga Selecta ya akhirnya kami kesana deh.

TAMAN BUNGA SELECTA

Jarak Taman Bunga Selecta dari hotel kami itu sekitar 7 km dan cukup memakan waktu kurang dari 30 menit. Bener-bener serba deket banget kalo di Batu ini. Disekitar perjalanan menuju Taman Bunga ini juga banyak banget yang jualan tanaman dan yang menawarkan untuk tour petik apel.

Untuk masuk ke Taman Bunga Selecta ini butuh tiket sebesar 40ribu/orang dan parkir mobil 10ribu. Awalnya aku membayangkan Taman Bunga yang besar seperti di Taman Bunga Nusantara, sayangnya emang tidak sebesar itu dan bahkan kita bisa liat keseluruhan taman ini dengan mudah. Bedanya memang ada beberapa wahana yang bisa kita naiki dan tentunya berbayar lagi. Meskipun tidak sebesar itu aku senang melihat bunga-bunga yang banyak tumbuh di tempat dingin. Salah satunya adalah hortensia. Aku suka banget ngeliat bunga hortensia yang besar dengan berbagai warna yang cantik banget. Untuk foto-foto dengan latar belakang bunga masih cakep banget kok.

Kami sekeluarga mencoba beberapa wahana yang ada di Taman Selecta ini seperti Sky Bike dimana kita akan melihat bunga ini dari atas dengan dibandrol 20ribu/2 orang, lalu naik mini roller coaster juga dengan tiket 35ribu/2 orang, ada juga perahu-perahuan semacam kora-kora dan flying fox yang pengen banget aku coba tapi terlalu mager untuk naik lagi keatas. Jadi emang Taman ini cukup unik ya karena dia gak terlalu luas tapi tinggi karena kita bisa menikmati dari atas dan disatu sisi juga sudah dipenuhi dengan water park.

Untuk Taman Bunga-nya memang tidak terlalu luas tapi kalau keseluruhan Taman mencakup water park, kolam-kolam ikan dan berbagai gazebo yang ada di tingkatan taman ini lumayan luas jadinya. Jadi disini juga disediakan beberapa gazebo jadi kalo mau makan-makan bersama keluarga bawa makanan sendiri juga enak banget. Saat kami menjelajah keatas itu masih banyak area yang diperbaiki dan ditambah-tambah untuk Taman ini tapi duduk-duduk di ayunan sambil menikmati cuaca sejuk yang ademin banget sambil bengong dari atas itu beneran nikmat banget. Sambil baca buku wihhh tambah nikmat banget, betah banget disini lama-lama. Tapi karena kami udah mau lanjut lagi ke Jatim Park 3 kami harus segera lanjut makan dan segera pergi.

Untuk makan ada beberapa resto sebenernya dan semacam food court gitu. Cuma pas kami datang, food court-nya pada tutup dan yang buka cuma 2 resto aja. Apa karena bukan musim libur jadi mereka banyak yang tutup ya? Sebagian emang lebih banyak bawa makanan sendiri sih. Tapi tetep aman lah buat yang mau makan disini tanpa bawa makan sendiri.

JAWA TIMUR PARK 3

Karena taman yang satu ini terbilang baru jadi lokasinya lumayan agak jauh dari Taman Selecta ini. Dateng kesini karena pengen liat Dino Park-nya. Ya ampun udah umur berapa tapi masih aja ya tertarik ngeliat yang beginian. Yahhh kalo kami sih prinsipnya jangan gak pernah dicoba aja tuh ahahaha dan sejujurnya aku tertarik juga karena mau naik kereta yang kayak di Jurassic Park itu.

Begitu sampai kami agak bingung sih, karena kok malah nyampe ke Dino Mall, cukup bingung masuknya dimana dan beli tiketnya sebelah mana. Apalagi waktu kami dateng ramainya bukan main! Ternyata emang Jatim Park 3 ini pake konsep kayak mall yang di dalemnya emang udah banyak banget wahana-wahana sendiri dan gede banget!

Untuk beli tiketnya sih bebas bisa dimana aja yang tertuliskan ticketing meskipun mungkin itu untuk pembelian tiket wahana lain. Kami beli tiket di Museum Dunia Musik. Karena ada banyak wahana dan gak mungkin semua bisa dijalani kami akhirnya memutuskan untuk beli tiket Dino Park + The Legend Star yang dibandrol harga 140ribu/orang untuk weekday.

DINO PARK

Bener-bener konsep Jatim Park ini tuh penuh kejutan banget, sekilas kayak mall, kecil dan banyak yang jual makan-makanan gitu pas turun ke bawah baru deh keliatan segede apa ini Taman. Pertama langsung masuk ke Dino Park dulu. Lagi-lagi terkecoh karena kok kecil, 1 lantai doang dan isinya itu kayak museum kerangka dinosaurus dengan beberapa ukuran real-nya. Ada juga beberapa informasi tentang kehidupan dinosaurus ini.

Sebenernya dateng kesini tuh cuma penasaran sama 1 hal yaitu sama wahana jelajah 5 zaman. Beberapa kali liat videonya kok kayak seru gitu, seakan-akan kita lagi ke Jurasic Park film pertama yang naik kereta itu. Antrinya lumayan panjang pas kami datang tapi karena wahana ini bisa muat banyak orang jadi sebanyak itu pun bisa langsung naik ke wahana itu semua. Sayangnya wahana ini tuh pendek banget, kayaknya durasinya cuma 5-10 menit bahkan kurang sih jadi kayak pendek gitu emang, dan selama perjalanan kita ngeliat beberapa patung rekayasa (yang bisa gerak) dan ada yang cerita juga sepanjang kita jalan. Meskipun ada kesalahan sih karena ada zamannya yang penjelasannya tertukar.

Setelah selesai aku pikir udah selesai dong Dino Park nya ternyata salah besar! Kami jalan lagi masuk yang lumayan sih jauhnya ke taman yang jauh lebih besar! Disini kayak mini dufan gitu loh, banyak permainan dan tenan jual makanan juga. Aku nyobain beberapa permainannya yang terlihat seru tapi emang yang wajib dicoba itu Dino Action Naga Cloning! Emang paling rame juga sih antrinya tapi kita lagi-lagi naik semacam perahu arus dan didalamnya itu berbagai macam robot dino yang beberapa ada yang extreme gitu, mirip Istana Boneka di Dufan tapi ini versi ada ceritanya dan agak extreme karena di akhir kita kaya naik Niagara-Gara Dufan tapi versi pendeknya, ya tetep aja sih harus tetep siap basah! Tapi seru, rekomendasi banget untuk kesini! Yang beneran kayak Istana Boneka pun ada yang ramah anak-anak, sayangnya pas kami naik eh kayaknya kok bocil banget ahahaha mana sempet error lagi itu wahana karena gelap dan gak ada musik sama sekali padahal harusnya ada.

Dino Park emang gede dan puas sih jelajahinnya, aku juga nyobain masuk ke The Rimba dan Ice Age. Spot foto-foto banyak, tenant makanan juga banyak jadi gak khawatir sih kali kelaperan pas kesini tuh. Buat yang bawa anak-anak pasti suka. Kami keliling disini sekitar 2,5 jam itu pun ga semua wahana dicobain sih.

THE LEGEND STAR

Selesai keliling Dino Park, kami masih ada jatah tiket ke The Legend Park. Tapi enggak langsung jalan kami istirahat dulu meluruskan kaki sambil nyemil dan minum. Lumayan kan masuk ke Dino Park yang begitu luasnya dan aku yakin sih The Legend Star bakal sama luasnya juga.

The Legend Star ini lokasinya persis disebelah Dino Park. Konsep The Legend Park ini ada yang kayak Madam Tussauds gitu dengan berbagai patung replika tokoh-tokoh dan juga ada replika negara-negara, kayak disulap seakan-akan sedang berada disana.

Begitu masuk langsung disambut ala-ala Istana Negara, kita bisa liat ruangan untuk Presiden, pajangan foto-foto Presiden Indonesia dan banyak lagi. Lanjut ke World Figures, Sport Zone, China, Hollywood. Untuk negara-negaranya kita bisa berkunjung ke Italia, Jepang, Korea, Majapahit, India, USA, Belanda dan terakhir kita ditutup dengan ketemu Superheroes Zone. Kalo mau ketemu pahlawan Marvel nah ada disini!

area Atlet

area USA

area Majapahit

Area Jepang

Area Korea

Area India

Area China

Area Superheroes

Tempatnya luas banget dan hati-hati nyasar hahaha soalnya karena tempatnya itu melingkar tapi bercabang kadang bingung harus ke jalur mana dulu, emang udah dikasih petunjuk sih harus kemana tapi kami kemarin tetep aja bingung harus kemana dulu. Supaya semua lokasi dikunjungin harus banget download petanya sih supaya tau apa aja yang udah dan belum dikunjungi. Sama yang yang lain disini juga banyak banget jualan makanan, mau foto-foto pake baju adat suatu negaranya juga bisa kok. Kami dateng tuh gak terlalu rame kalo disini dibandingkan Dino Park jadi enak banget buat yang suka foto-foto. Kami juga sekitar 2,5 jam lamanya disini. Jangan tanya capek apa engga, capek banget! Karena full jalan terus dari pagi. Padahal udah banyak duduknya tapi tetep aja masih capek.

Karena kami keluar sudah hampir malam ya kami memutuskan untuk makan di mall dan langsung pulang ke hotel karena besok kami sudah harus meninggalkan Batu dan lanjut perjalanan ke Malang. Satu tempat yang pengen aku datengin itu House of Zombie, sayangnya keluarga aku ga ada yang mau dan takut. Apalagi aku selesai dari The Legend Park itu malem, bisa makin malem dan udah capek juga akhirnya gagal deh kesana.  Semoga next time ada kesempatan buat dateng lagi kesana!

BACA JUGA: HOLIDAY D-3: AGROWISATA & MUSEUM ANGKUT

Post a Comment

8 Comments

1. Wahhh udah bagus banget sekarang Jatim Park 3. Ada wahana Jepang, Korea, sama Indianya. Dulu pas ke sana pas masih awal-awal buka, jadi masih banyak yang belum jadi mba Tika, wkwkwkwk. Bahkan wahana kerangka dinosaurusnya dulu masih ditutup kalo gak salah inget. Makasih tulisannya, bisa jadi inspirasiku untuk ke JP 3 lagi hahahaha (padahal tinggal deket Kota Batu).

1. Ihhh enaknya tinggal deket Kota Batuuuu, aku meng-iriiii hahahaha
      Wah berarti aku datengnya pas yaaa, udah jadi dan kayaknya yang out of service dikit doang deh gak banyak, tapi pas di India itu Taj Mahalnya lagi dirobohin, pas aku dateng ga ada sama sekali cuma bangunan hancur hahaha

Delete
  2. Di Jatim Park 3 ini bikin wahananya niat banget pokoknya, istana aja mirip, area kerajaan, area korea semuanya bagus-bagus, entah habisin berapa memori di hape nih kalau pake hapekuu, pasti langsung full.
    Aku masuk ke Taman selecta baru sekali aja dan itupun kalau ga salah pas SD. Terus sempet tinggal lama di Malang, tapi ga pernah masuk lagi ke Selecta

Replies
    1. Iya mba, emang bagus banget sih jadi merasa worth banget untuk uang yang dikeluarkan tuh. Harus siapin memory yang banyak sih mbaa, aku juga balik liburan langsung full bangett.
      Ehh udah lama yaa ternyata Taman Selecta, aku kirain ini Tamannya baru tuh

Delete
  3. Cuma Selecta doang yg aku pernah visit, itupun di tahun 2013 mba 😅. Dah lama BANGETTTT. Mungkin udah banyak berubah Selecta nya.

Waktu itu memang berasa ga guede2 amat. Tapi sejuuuk makanya aku seneng kesana. Ada waterpark, cuma anakku mana mau berenang kalo dingin 😄😂

Ada plan sih buat ke batu lagi dan malang. Trus eksplor Jatim Park beberapa hari. Secara memang gede sih yaa. Ga mungkin sehari kalo kesana.

Replies
    1. ihhh udah lama banget ya itu mbaa.
      Setuju mbaaa, emang sejuk banget sih dan betah buat ngelamun-ngelamun gitu disana, ada matahari pun tetep sejuk banget. Iya ya pasti dingin di Batu tapi kemarin pas kesana masih banyak juga loh yang berenang itu 😅

Kalo ke Jatim Park emang alokasi beberapa hari sih mbaa, apalagi Jatim Park 3 banyak bangettt wahananya, sehari cuma cukup 2 dan itupun udah capek banget 😆

Delete
  4. Kak Tika, aku seneng banget baca tulisan ini. Makasih sudah diajak jalan-jalan ke jatim park 3. Jadi mupeng pengen ke sana. Pas ke malang dulu ga sempat mampir ke sini. kemudian kepikiran untuk ngajak keponakan ke sini. Pasti mereka bakal seneng kalau diajak ke sini. Mereka seneng kalau diajak jalan-jalan.

Replies
    1. Wahhh kalo bawa anak2 pasti cocok banget nih bawa ke Jatim Park 3 ini. Pasti seneng banget karena banyak permainan yang cocok banget untuk anak-anak tapi kalo udah gedean juga tetep bisa have fun kok disini!