UNIVERSITY WAR - AJANG ANAK PINTAR ADU KECERDASAN

Belakangan ini lagi viral banget di jagad media twitter (x) dan tiktok tentang salah satu variety show Korea yaitu University War. Padahal ini variety show sudah selesai tayang sejak tahun lalu cuma di Indonesia baru bisa menikmati karena akhirnya dapet yang ada subtitle-nya. Dengan enggak bangga sebenernya aku nulis ini karena untuk nonton variety show ini cuma bisa lewat platform ilegal karena ga ada dimanapun kecuali platform Korea yaitu Coupang Play (yang katanya ini tuh kayak Netflix tapi asli buatan Korea)

Sebenernya aku kayaknya udah pernah liat sekilas tentang University War ini dari agak lama sebelum booming seperti ini. Cuma waktu itu aku ga tertarik untuk melihat karena sebenernya ini tuh bukan kali pertama ada variety show kayak gini, sebelumnya yang lumayan terkenal tuh judulnya The Genius, terus dari Netflix juga ada The Devils Plan, aku juga pernah nonton yang Great Escape makanya aku pikir ini ya sama aja sih tapi justru pesertanya ini yang jadi pembeda dan bikin aku malah jadi penasaran pake banget.

Sesuai judulnya para pesertanya ini dari universitas terbaik di Korea Selatan seperti dari SNU (Seoul National University), KAIST, Yonsei, Korea University, Postech dan tambahan di episode ke-2 yaitu Harvard tapi katanya sih bukan yang terbaik yang dikirimkan melainkan dari orang-orang Korea yang kuliah di Harvard, mungkin mereka yang terbaik diantara para orang Korea disana. Karena aku lumayan familiar dengan rumor-rumor universitas sana jadi aku beneran penasaran dong dengan kualitas mereka makanya aku ngikutin dan beneran TAKJUB BANGET!

 

KONSEP PERMAINAN

sumber: Kapanlagi.com

Setiap universitas diwakili oleh 4 orang pemain yang akan 1 tim. Sebelum pertandingan antar universitas ini dimulai akan ada mini games dimana mereka harus bersaing satu sama lain alias game individu memecahkan sebuah masalah dimana jawabannya akan menjadi kunci supaya mereka bisa keluar dari ruangan masing-masing. Itupun memang cuma 1 yang bisa keluar dan akan menjadi ACE tim tersebut tapi tetap permasalahan harus diselesaikan oleh tiap individu. Setelah terpilih ACE maka yang pertama kali keluar akan memilih ACE dari tim lain untuk bertanding 1 by 1 dimana pemenangnya akan diberikan keuntungan tim.

Selesai pertandingan antar ACE akan dilanjutkan dengan permainan antar tim universitas. Mereka harus bekerja sama sebagai tim untuk memenangkan universitas mereka ke babak selanjutnya dan menghindari DEATHMATCH. DEATHMATCH adalah perjuangan terakhir antar 2 universitas yang mendapatkan hasil terbawah pada permainan sebelumnya, yang menang akan terus melanjutkan ke babak selanjutnya.

 

SOAL-SOAL YANG MEMUSINGKAN


Atau kalau boleh aku bilang mematikan? Pertama-tama bravo sekali untuk tim produksi yang bisa membuat soal sedemikian rupa susahnya dan butuh nalar yang panjang banget! Belum lagi mereka harus bisa memverifikasi apakah jawaban dari peserta ini udah bener apa belom.

Soal-soal yang diberikan pun makin susah, awalnya emang berfokus pada perhitungan dan matematika karena belum apa-apa aja mereka udah harus ngerjain 300 soal matematika, harus cepet dan tepat. Aku liat soalnya aja udah mabok duluan padahal aku ya anak Saintek yang harusnya udah biasa melihat angka tapi ini bener-bener sih.

Engga melulu soal angka, beberapa permainan juga itu bergantung pada kekuatan strategi, nalar, hapalan yang bikin aku tuh cuma bisa ngomong “KOK KEPIKIRAN SIHHHH?” karena emang parah sih soalnya kayak sederhana tapi malah bikin otak nyut-nyutan banget.

 

TEAMWORK YANG TERBAIK


Karena aku emang penasaran banget dengan anak-anak yang jenius ini gimana caranya mereka bisa kerjasama satu sama lainnya padahal biasanya akan ada ego dalam diri mereka masing-masing kan. Tapi justru mereka kerjasama nya keren banget. Mereka tuh terima ide-ide dari masing-masing personel. Engga menyalahkan orang lain kalo dia kurang perform atau misalkan ternyata idenya zonk. Mereka selalu nyemangatin satu sama lain dan dukung banget. Gila sih ini, aku kira bakal ada drama perselisihan gitu tapi ternyata minim banget loh. Salut banget sama orang-orang jenius ini!


MY FAVORITE!


Dari seluruh tim aku suka banget sama SNU. Semua peserta menurut aku keren banget. Mereka kepikiran gimana cara menyelesaikan masalah yang kayaknya mustahil dan strategi mereka keren-keren. Tapi tim SNU ini beda banget. Emang sih label mereka udah yang terbaik gitu kaaan di Korsel makanya pasti banyak orang yang punya ekspektasi tinggi ke mereka. Tapi aku tuh justru suka banget mereka karena interaksi mereka satu sama lain. Apalagi ada si Hyunbin, pemegang score CSAT sempurna, yang udah jadi ancaman dari tiap grup tapi dia yang ambis gitu tetep nyatu banget sama timnya. Kerjasama mereka tuh bagus banget, akrab banget ga kayak cuma baru kenal sehari dua hari gitu. Mereka yang ngelindungin maknae-nya lucu bangettt pokoknya jatuh cinta banget sama tim ini karena semua peserta di SNU tuh keren-keren banget!!!

Aku bener-bener saranin banget sih buat nonton ini. Puyeng emang tapi kita bisa ngeliat cara berpikir orang-orang pinter yang luar biasa banget. Mana ada kan orang gabut ngerjain perhitungan perpangkatan sampe pangkat 91? Di University War adaaa wkwkwk kocaklah. Bagus banget. Cuma 8 episode jadi bisa nonton ini tuh cepet apalagi seru dan penasaran selanjutnya jadi makin ga bisa berhenti nonton! Selamat menikmati perang para anak jenius ini 😆

Post a Comment

6 Comments

  1. Iya, tiktok saya sekarang isinya University War, dan ternyata ini tayangnya udah sejak tahun lalu toh. Keren yah Korea, enggak cuma ajang nyanyi & nari, mereka juga bisa bikin tv show ttg pendidikan kayak gini. Btw bisa nonton di B-station, ada yg upload di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaaa rame banget yaa di tiktok. Bener mereka tuh emang kreatif dan niat banget sih kalo acara-acara tv gini tuh.
      Waahh makasih infonyaa

      Delete
  2. ini nih yang lagi viral ya, aku kira awalnya drama ternyata bukan
    yaampunn isinya orang jenius semua, tapi kalau melihat mereka, jadi aku yang bangga hahaha
    kalau liat orang orang jenius cuman bisa bilang woww kerenn, cara belajarnya gimana , ngatur waktunya gimana
    kalau episodenya ga terlalu panjang, boleh lah nih ditonton, tapi kudu jalur ilegal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo tonton mbaaa cuma 8 episode kok, ngeliatin org jenius tuh emang enak yaaa kayak mudah banget apapun yang mereka kerjain padahal aslinya mah susah banget. Gak kepikiran gimana caranya mereka bisa nemuin cara nyelesain soalnya

      Delete
  3. Liat temen nonton ini sedikit tertarik

    ReplyDelete