PLACE TO GO: CIWIDEY!

Dapet kejutan tiba-tiba dari kantor karena tanggal 10 Mei kemarin kami juga mendapatkan jatah untuk libur bersama dan akhirnya mendapat libur panjang sekitar 4 hari. Karena aku kerja di perusahaan swasta yang otomatis mengikuti kebijakan Perusahaan bukan kebijakan pemerintah enggak bisa berharap banyak ketika ada libur kejepit seperti itu.

Karena emang semuanya serba mendadak, akhirnya kami memutuskan untuk healing ke tempat yang dekat-dekat aja. Pilihannya kalau ga Puncak, Ciwidey atau Pengalengan. Karena Puncak sudah sering lah ya dikunjungi akhirnya kami coba dulu ke Ciwidey karena emang belum pernah kesini sama sekali.

Hal lain yang mengacau ketika pergi mendadak itu sulitnya untuknya mencari hotel yang nyaman dan bagus karena banyak orang pasti sudah booking dari jauh-jauh hari. Kami pun cuma dapat hotel seadanya yang kalo dibilang aku rekomendasi apa engga aku akan jawab engga makanya ga akan aku ceritakan disini 🤣

Kami berangkat di hari Kamis pagi dari jam 7 dan ternyata jalanan ramai sekali, perkiraan perjalanan itu kurang lebih 3,5 jam tapi jauh meleset. Kami sampai di hotel itu sekitar jam 2an siang karena emang ada waktu istirahat dulu di rest area dan tentunya makan siang terlebih dahulu. Sebelum masuk ke daerah Ciwidey kami berhentii di Rest Area Jambu, disini semacam food court tapi dengan tempat yang indah banget, tempatnya luas dan dikelilingin sama sawah dan berbagai macam taneman, enak banget untuk istirahat disini setelah perjalanan Panjang dan harganya pun terjangkau banget!

Kebun Strawberry

Karena masih jam setengah 4 sore tapi kalau mau mengunjungi tempat wisata udah nanggung, kami yang ga bisa diam ini mencoba mencari kebun strawberry yang bisa petik sendiri, karena emang sepanjang perjalanan itu banyak banget tanda yang menawarkan untuk petik strawberry sendiri yang tentunya dengan berbagai macam harganya. Sebenernya di hotel kami pun menyediakan untuk wisata petik strawberry sendiri dengan harga 75ribu/kg strawberry, tapi pas kami lihat tidak terlalu banyak strawberry yang sudah matang akhirnya memutuskan untuk cari yang lain. Bertanya-tanya ke warung sekitar ada dimana lagi kami bisa memetic strawberry, beberapa bilang untuk turun ke bawah. Awalnya bingung maksudnya turun ke bawah kemana, apa harus turun ke jalan kami berangkat tadi karena rencananya kami mau jalan kaki saja. Ternyata diseberang hotel kami adalah perkampungan kecil dimana banyak orang menanam strawberry yang bisa dipetik.

Awalnya ketika kami keliling itu pemilik kebunnya ga terlihat akhirnya kami memutuskan untuk balik ke arah hotel dan mencari lagi yang lain tapi di jalan pulang ketemu sama rombongan hotel yang mau metik strawberry juga akhirnya kami memutuskan ngekor aja dan ikut-ikut untuk metik strawberry. Kebunnya gede dan beneran di pekarangan rumah warga, kayak hidden gem banget tapi emang harganya lebih mahal yaitu 80ribu/kg nya. Tapi tidak kecewa sama sekali dengan harga yang ditawarkan karena strawberry-nya kualitasnya bagus banget dan rasanya manis, ukurannya banyak yang gede dan selama metik pun kami diperbolehkan untuk sambil cicip-cicip strawberry-nya. Puas banget pokoknya. Tapi kalau emang ga mau metik sendiri banyak juga yang jual dengan harga murah banget untuk strawberry yang sudah di pack oleh mereka.

Kawah Putih

Tujuan pertama kami di hari kedua ini adalah Kawah Putih, memutuskan untuk mengunjungi daerah wisata ini pagi-pagi supaya tidak kepanasan nantinya. Daerah wisata Kawah Putih ini buka dari pukul 07.30-17.00. Kami sampai di lokasi sekitar pukul 08.30 dan itu sudah lumayan rame. Untuk tiket masuknya kami bayar 57ribu / orang kalau tidak salah dan sudah termasuk parker. Kawasan Kawah Putih ini punya 2 parkiran yaitu parkiran bawah dan parkiran atas. Untuk parkiran bawah bisa menggunakan ontang-anting atau semacam angkot untuk bisa naik ke parkiran atas, sedangkan parkiran atas harus membayar sebesar 160ribuan / mobil karena harus mengantongi izin lewat tapi aku gatau apakah nanti untuk orang perlu bayar lagi atau tidak karena kami naik ontang-anting.

Perjalanan ke Kawah Putih sendiri itu masih jauh dari parkir bawah sekitar 5km kalo ga salah dan jalannya tuh terus menanjak. Cukup tricky buat orang-orang yang ga biasa jalan menanjak karena bisa-bisa turun atau berhenti di Tengah jalan (karena aku liat beberapa mobil pribadi seperti ini) apalagi jalannya juga engga mulus dan cenderung berbatu. Kami sih yang naik ontang-anting cukup duduk manis saja sampai nanti ke atas.

Begitu sampai diatas kami di himbau untuk memakai masker, karena udah siap sih kami jadi enggak perlu untuk beli masker lagi. Perjalanannya menuju kawahnya itu sendiri masih lumayan jauh melewati tangga-tangga panjang ke bawah. Karena hari libur emang rame banget rombongan yang berfoto bareng disana. Ada 2 arah dari tangga untuk menuju ke Kawah Putih, bisa belok kanan atau ke kiri/lurus gitu. Kalo aku saranin sih enakan yang belok kanan dan terus jalan sampai ke ujung untuk cari spot yang lumayan sepi karena kalo masih deket-deket tangga masuk itu rame banget!

Kalo ditanya apa sih yang dilihat disini ya kita Cuma liat kawah aja sih, kesini tuh emang cuma untuk menikmati Kawah Putih nya aja dan Menuhin galeri untuk foto-foto karena emang cakep banget sih. Karena emang daerahnya itu penuh belerang kita juga emang ga disarankan untuk lama-lama disini. Tanpa pake masker pun sebenernya bisa kok karena engga terlalu menyengat Cuma emang di beberapa spot itu kandungan belerangnya lumayan kuat dan bikin pusing.

Ada beberapa wahana baru seperti Jembatan Apung dan Sky Walk, tapi untuk masuk ke wahana ini ada biaya tambahan lagi ya. Setelah puas berfoto-foto kami pun kembali lagi ke parkiran bawah menggunakan ontang-anting tanpa bayar lagi, tinggal ikut aja mana ontang-anting yang akan turun.

Ecopark Curug Tilu

Sebenernya tujuan selanjutnya tuh Perkebunan The Rancabali karena emang itu lokasi yang disaranin oleh banyak orang cuma ternyata itu tuh Perkebunan the emang bener-bener ada sepanjang jalan dan banyak orang cuma berhenti untuk foto-foto bukan emang ada tempat khusus yang bisa untuk berhenti dan menikmati kebun tehnya. Akhirnya kami jalan lagi dan sampailah di Ecopark Curug Tilu tanpa sengaja, melihat aja disini ramai dan banyak mobil yang berhenti.

Perkebunan teh di Rancabali

Ecopark ini emang di dalamnya itu ada curug kecil yang sedemikian rupa diubah lokasinya menjadi tempat yang lebih “fotoabel” karena emang disediakan spot-spot khusus jika ingin foto dekat dengan air terjunnya. Sisanya emang lebih ke spot foto-foto yang emang udah disiapkan latar belakangnya itu Perkebunan Teh Rancabali itu. Emang cakep banget! Disini tetep butuh energi yang lumayan sih karena terus menanjak dan di bagian atas itu ada café untuk kita bisa istirahat. Aku dating tuh pas lagi jam makan siang jadi lagi panas-panasnya, kayaknya emang paling enak dating pas pagi atau sore supaya bisa duduk diluar dengan pemandangan langsung ke kebun tehnya. Makanannya affordable dan ada juga makanan berat meskipun emang gak terlalu banyak pilihannya.

Yang paling seru adanya perosotan yang tinggi banget! Sebenernya aku pengen banget untuk nyoba, sayangnya karena aku dateng pas hari Jumat dan jam solat Jumat jadi emang dia tutup untuk istirahat solat Jumat, karena udah lumayan lama istirahat dan kami masih ada tujuan lokasi lain akhirnya ya aku ga bisa nyobain deh. Setelah kami turun dan siap-siap pulang eh perosotannya buka dong, udah rame juga yang antri nyobain, mau balik lagi ke atas kayaknya udah ga sanggup deh 🤣

Rengganis Suspension Bridge

Ini adalah lokasi yang pengen banget aku datangin, meskipun orang tua ku udah bilang mereka ga berani kesini. Tapi emang di Ciwidey itu enggak terlalu banyak pilihan sih jadi mau gak mau sih kesini karena sayang udah sampe sini eh malah ga datang kan.

Lokasinya lumayan menanjak banget karena mungkin emang tujuannya kita mau ke jembatan ya. Sayangnya karena lagi musim liburan gini, jadi macet banget untuk masuk kesana dan bayangin gimana sulitnya keadaan antri dan menanjak, emosi tiada tara! Ternyata yang bikin macet adalah si penjual tiket harus menjelaskan jenis tiket yang dijual apa aja dan harganya apa, dapetnya apa ke setiap mobil. Ini yang bikin lama banget, padahal harusnya mah bikin aja papan informasi gede tentang harga tiket dan dapetnya apa aja, jadi yang pada ngantri tuh bisa sambil mikir mau beli paket yang mana kan ya. Semoga bisa jadi perbaikan untuk kedepannya.

Kami sekeluarga beli paket yang VIP, dimana ini udah dapet tiket Suspension Bridge, Kereta Sultan, Situ Patenggang, dan banyak lagi dengan harga Rp100.000. Tujuan sebenarnya di tempat ini yaitu Kawah Rengganis, jadi kita menyebrang melalui Jembatan Rengganis yang katanya sekarang terpanjang di Asia Tenggara itu untuk turun lagi ke Kawah Rengganis yang jaraknya lumayan banget. Awalnya kami pikir dengan beli tiket Kereta Sultan itu turun ke Kawah Rengganis itu bisa langsung eh ternyata ya tetep harus jalan kaki melewati jalanan batu dan di Kawah Rengganis itu nanti ada sumber-sumber air panas yang bisa dipake untuk berendam mau rendam kaki ataupun berendam badan. Bener-bener tanpa rencana apapun kami kayak selalu gak siap dan terjebak dalam perjalanan kali ini. Untungnya kami selalu pake sepatu, coba kalo aku pake sendal, hancur deh kaki aku dari awal perjalanan 😅

pemandangan dari Kereta Sultan

Mau ikutan berendam tapi ternyata panas banget dan ga bisa lama-lama akhirnya ga lama kami naik lagi untuk nyoba Kereta Sultannya karena emang saat kami pergi tadi antrinya panjang banget, beda kalo naik dari sisi satunya yang antrinya ga terlalu panjang.

Ternyata eh ternyata orang-orang tuh banyak juga yang engga turun ke kawahnya. Sekedar naik Kereta Sultan terus langsung jalan kaki untuk balik lagi ke pos awal tanpa melewati jembatan nan panjang itu lagi.

Situ Patenggang

Karena sebentar banget di Rengganis dan jam tanggung untuk makan, kami akhirnya mencoba aja ke Situ Patenggang yang lokasinya itu berbeda jadi harus keluar lagi naik mobil. Tapi enggak jauh sih, cuma sekitar 10 menit. Cukup menunjukkan tiket dari Rengganis tadi kami bisa langsung masuk lagi. Ada 2 lokasi di wilayah Situ Patenggang ini yaitu danaunya sendiri dan Glamping Lakeside yang didalamnya juga ada Resto Phinisi, sebuah resto dengan bentuk kapal.

Kami sampai itu sekitar jam 4 sore, bagian luar Danau nya sendiri itu rame banget yang jualan akhirnya kami sekedar beli makanan untuk nyemil dan minuman ke Danau, sekalian bawa tikar sendiri buat duduk-duduk sekitar Danau.

Sebelum masuk lagi-lagi akan scan tiket jadi jangan lupa untuk dibawa ya! Lokasinya luas, banyak juga yang naik kapal dan udah ada gazebo-gazebonya juga buat istirahat. Lokasinya rimbun banget karena banyak pohon-pohon rindang didalamnya. Enak banget emang buat nyantai dan bengong-bengong gitu. Sayang banget ga lama kami sampai di Danau ini hujan turun akhirnya cuma bisa ngadem di gazebo dan ga lama kami pulang deh karena masih hujan. Tapi ada untungnya juga sih udah enggak di Rengganis, bayangin hujan lewatin jembatan pasti kan licin banget itu jalannya.

Keesokannya kami pulang sekitar jam 10an, emang gak terlalu banyak lokasi yang bisa di jelajahi disini. Sebenernya pengen coba pemandian air panasnya, cuma karena harus pulang di hari Sabtu kami takut akan terlalu ngantuk di jalan yang malah jadi bahaya saking relax-nya abis berendam akhirnya tidak jadi niat kami untuk berendam. Ada juga lokasi 1 lagi yaitu Rancaupas yang tidak kami kunjungi karena itu penangkaran rusa dan kami tidak terlalu berminat untuk melihat penangkaran rusa di Ciwidey ini.

BACA JUGA: PLACE TO GO: TAMAN BUNGA NUSANTARA

Post a Comment

8 Comments

1. Kak Tika, terima kasih udah diajak jalan-jalan virtual! Aku jadi kangen ke Ciwidey deh habis baca tulisan ini 😭. Dari semua tempat yang Kakak kunjungi, aku baru pernah ke Kawah Putih dan Situ Patenggang. Sayang banget waktu Kakak di Situ Patenggang malah hujan 😭. Waktu aku ke sana cuacanya lagi gloomy juga, tapi masih ada kesempatan untuk naik bebek-bebekan di danaunya dan itu suasananya enak banget pas di tengah danau, Kak, kayak lagi nggak di Bandung 🤣. Mungkin next Kakak bisa coba kalau mau wkwk. Aku baru tahu kalau jembatan itu sama Situ Patenggang tuh deketan!

Btw, di Kawah Putihnya kayak sepi banget, Kak? Waktu aku ke sana juga naik ontang-antingnya dan itu jalanannya memang extreme sih 😂 mana abangnya ngebut, macam naik wahana Dufan rasanya wkwk but seru!! Penangkaran rusa aku mampir, tapi emang bukan yang gimana banget, cuma bagus aja kalau suka foto-foto 🤣.

Dari semua tempat yang Kakak kunjungi di atas, mana yang terfavorit? 😆

Replies
    1. Iyaaaa sayang banget emang pas di Situ Patenggang hujan, padahal aku sempet duduk-duduk bentar dipinggir danau sambil bengong tuh enak banget apalagi adem kan banyak pohon-pohon, sayang banget sih timingnya ga pas gitu tiba-tiba hujan.

Ke Kawah Putih kemarin rame banget kok Li, banyak rombongan bis-bis malahan. Cuma kita sekeluarga emang nyari spot yang sepi gitu kalo jalan agak ke ujung tuh banyak banget spot kosong kayaknya sih orang-orang mager deh jalannya jauh-jauh 🤣 tapi setuju banget emang ontang-antingnya luar biasa sih dan selalu ngebut deh dia tuh jadi kayak maen di wahan dufan beneran kayak kata Lia...

Kalo ditanya yang favorit kayaknya sih malah pas ke Ecopark deh hahahaha. Kawah Putih itu cantik banget tapi sayang ga bisa lama-lama, sama kayak Rengganis yang menguras energi. Di Ecopark itu bisa nikmatin pelataran kebun teh, adem dan bisa lama-lama disana sambil makan-makan. Mungkin kalo Situ Patenggang ga ujan bisa jadi yang favorit juga tuh!

Delete
  2. Tidak singgah di rancaupas yaa kak. Dulu pas ke ciwidey aku malah camping di rancaupas. Kemudian kami langsung balik, tanpa berkeliling daerah ciwidey.

Saat itu udara sangat sejuk di siang hari dan dingin ketika malam hari. Sepanjang jalan disuguhi perkebunan teh.

Jadi pengen ke ciwidey lagi.

Replies
    1. iyaaa nih enggak mampir ke Rancaupas soalnya milih lokasi yang lain biar sempet dikunjungin, siapa tau ada kesempatan nanti akan cobain ke Rancaupas!

Wah iyaa bener sih, disana dingin banget apalagi udah menjelang malam tuh

Semoga bisa segera ke Ciwidey lagi ya!

Delete
  3. Seru banget liburannya, mba Tika🤩🤩 Kawah Putih adalah wishlist-ku ketika masih ada di zaman traveling menggebu-gebu. Karena belum keturutan juga akhirnya terlupakan, wkwk. Baca cerita mba Tika jadi pingin ke sana🤩 Anyway daerah Ciwidey ini kayaknya mirip-mirip sama Kota Batu, minus danau aja karena di sana gak ada danau. Wah semoga suatu hari nanti aku bisa ke Kawah Putih💪💪

Replies
    1. Mirip Batu mirip Puncak juga Mbaa cuma emang versi engga terlalu ramai sih jalanannya kayak Puncak dan lebih mendaki dibanding daerah Batu deh tapi emang sama-sama dingin disana.
      Cakep bangett Mbaaa Kawah Putih emang, semoga bisa kesana segera ya mbaaa

Delete
  4. yang aku pengen dari dulu, ke kawah putih yang viral gara-gara film yang dibintangi sama Acha, Nirina.
    Dan memang bagus banget ya kalau buat poto poto, jadi pengen. Meskipun perjalanannya lumayan juga ya mbak
    Terus kalau denger Ciwidey, yang ada dipikiranku pasti strawberry, Bandung kota yang adem jadi sepertinya kebun Strawberry disana tumbuh dengan baik
    semoga suatu saat bisa main main kesini juga

Replies
    1. Iyaaa baru ngeh juga emang kalo Kawah Putih tuh terkenal banget karena film Heart ya, tapi emang secakep ituuu sih disini.
      Sepanjang perjalanan banget sih Mba itu strawberry membentang 🤣 pasti bikin ngiler dan mampir deh.
      Semoga bisa segera kesini juga ya Mbaaa