[CHALLENGE] FULL TIME OR PART TIME BLOGGER?


Sejujurnya aja, aku gak pernah kepikiran sama sekali untuk jadi seorang blogger full-time. Karena aku emang masih menikmati kerja di kantor yang mulai jam 7 selesai jam 4 sore, masih bolak-balik ke workshop, ketemu customer, dan lain-lainnya.

Aku gak pernah kepikiran bahwa blogger itu adalah sebuah mata pencaharian, aku tidak pernah kepikiran untuk meraup pundi-pundi uang melalui blog. Aku menjalankan blog karena aku suka menulis, karena aku suka tulisanku dibaca orang, karena aku suka untuk sharing ke banyak orang. Meskipun banyak yang bilang, hobi yang menjadi pekerjaan adalah pekerjaan yang terbaik.

Aku ga tau, apakah term “seorang blogger” adalah pekerjaan yang udah di akui sejak lama atau baru beberapa tahun ini. Karena aku juga baru tau beberapa tahun belakangan ini kalau nge-blog bisa jadi pekerjaan. Aku taunya adalah content writer, writer, dan lain sebagainya. Bukan dikelola dari blog pribadi kita. Kecuali untuk jualan. Mungkin aku kolot ya.

Mungkin karena aku bukan tipe orang yang menikmati duduk seharian depan laptop, tanpa ngerjain apapun dan hanya blog makanya aku berpikiran begini. Mungkin karena aku juga masih single, tanggung jawab yang aku miliki masih hanya pada diriku sendiri makanya aku masih merasa bahwa kerja harus di kantor. Mungkin bagi wanita yang punya anak akan menjadi lebih nyaman bekerja sebagai blogger full time.

Ketika disuruh memilih aku harus menjadi full time blogger atau part time blogger, aku jujur tidak akan memilih full time blogger, tapi aku juga gak tau sebenernya part time blogger itu seperti apa? Karena aku menggunakan blog memang hanya sebagai hobby, sebagai alat untuk menumpahkan kemampuan nulisku supaya tetep terasah. Oleh karena itu, aku tidak tau jawaban yang tepat atas pertanyaan tantangan ini. Yang pasti, aku belum memilih sebagai full time blogger, kalian bisa lihat aja sendiri aku sama sekali tidak berniat mengubah domain blog ku menjadi domain yang professional dan tetep pake yang gratisan, jadi mungkin part time blogger lah yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan ini.

Lalu, teman-teman blogger sendiri bagaimana? Apakah kalian full time blogger? Atau seperti aku hanya penikmat menulis di blog?



Post a Comment

1 Comments

  1. Saya masih merenungi nih mbak apakah akan jadi full time atau part time mengingat saya orangnya gampang bosenan huhu :c

    ReplyDelete