[STORY] ANTI BOROS CLUB! AYO ATUR KEUANGAN KITA!


Kali ini aku ingin berbagi bagaimana caraku untuk bisa mengatur keuangan pribadi dan tetap mempunyai tabungan dan uang emergency untuk 1 bulan. Mungkin aku memang bukan ahli di bagian keuangan ataupun yang khusus dalam management keuangan, tapi aku sudah hidup sendirian (re: ngekos) selama 5 tahun dan aku rasa aku punya cukup pengalaman untuk share dengan teman-teman semua. Cara ini mungkin bisa dipake buat yang masih “single” atau anak kuliahan tapi kalau sudah berumah tangga mungkin bisa dimodifikasi sendiri seusai kebutuhan.

Jangan mau jadi manusia boros dan gak punya tabungan ya. Malu. Apalagi sekarang semua serba mahal bisa masalah nantinya kalau kita gak punya tabungan sama sekali.

Let’s start!

1. Pake aplikasi pengatur keuangan

Ini menurutku penting banget dan wajib ada untuk temen-temen yang mau memulai buat mengatur keuangan sehari-hari. Googling aja dan akan ada banyak aplikasi untuk HP kita yang bisa membantu mengatur keuangan, kalo aku sendiri pake aplikasi MONEY LOVER. Sebagian besar aplikasi sepertinya sama karena emang dari awal aku langsung pake ini jadi tidak bisa memberikan perbandingan mana yang lebih baik.


Oke, pertama kalian harus bikin range uang yang akan kalian pake, kalo aku dimulai dari tanggal 26 bulan ini hingga tanggal 25 bulan depan, karena aku gajiannya tanggal 25 makanya aku atur sehari sesudahnya dan kalian bisa masukkan aja range ini (ke bagian custom di bagian select time range) ini lebih efektif sih karena kalian bisa tau berapa biaya hidup kalian untuk 1 bulan dan berapa sisanya yang bisa dipakai.

Kedua, kalian harus menentukan berapa biaya hidup kalian selama 1 bulan itu. Kalo kalian belum pernah menentukan, bisa dimulai dengan menentukan berapa sehari yang kalian habiskan untuk makan? Tinggal kalian kalikan 30 hari dan tinggal kalian tambahkan aja kira-kira untuk uang transport dan hidup sehari-hari (beli alat mandi dan lain-lain misalnya). Aku tidak bisa kasih contoh angka karena kebutuhan orang beda-beda termasuk juga harga-harga pada domisilinya.

Ketiga, rutin. Kalian harus rutin input pengeluaran kalian selama satu bulan apa saja. Kalo kalian sudah login, sudah menentukan tanggal mulai dan berakhir dan sudah input penghasilan/alokasi uang kalian selama 1 bulan kalian tinggal input saja deh selama satu bulan apa aja yang udah dipake. Makan 3kali, transport, jajan, nonton, nongki, beli keperluan hidup, bahkan beli baju (kalo kalian mengalokasikannya).

Kenapa harus diinput setiap apa pun yang kita beli pakai uang? Karena dengan begini kita tau berapa sih uang yang masih kita punya untuk bulan ini? Berapa uang yang bisa kita pakai? Ini benar-benar melatih kalian untuk lebih bijak dalam memakai uang. Misalkan kita terlalu boros dan hanya tersisa 100.000 dan masih ada 1 minggu lagi untuk gajian pasti kalian akan mulai mengatur berapa yang harus kalian gunakan seharinya agar cukup untuk hidup.

Aplikasi ini lebih melatih kita aja agar tidak terlalu boros dan hura-hura dalam menggunakan uang kita. Pada awalnya mungkin memang sulit dan sering lupa tapi pasang aja pengingat dari aplikasi dan aplikasinya akan ingetin kita kalo belum input apa-apa. Coba aja rutin sebulan lama-lama kalian akan terbiasa kok. Lama-lama kalian juga bisa mulai mengurangi sedikit demi sedikit biaya hidup kita dan uangnya bisa ditabung. Oh ya, kalo kalian ngekos akan lebih baik kalo biaya untuk kosan tidak usah dimasukkan agar tidak terlalu “besar” penghasilan yang keluar yang terlihat.

2. Punya 2 tabungan

Sewaktu kuliah aku menabung tapi hanya dengan 1 buku tabungan dan aku rasa itu sia-sia. Misalkan saat itu aku input 1,5 jt untuk hidup perlahan lahan aku kurangi menjadi 1,4 jt lalu 1,3 jt dan uang sisanya aku tabung. Tapi karena menumpuk di satu tabungan terkadang manusia bisa khilaf dan melihat, wah uangku banyak ternyata, dan akhirnya kita membelanjakannya untuk hal-hal yang tidak berguna sama sekali.

Saat kerja aku memutuskan untuk mencari produk tabungan yang benar-benar hanya untuk menabung dan tidak bisa dipakai sama sekali uangnya. Mungkin bisa tapi tidak sebebas tabungan biasanya. Aku pun menemukan produk TABUNGANKU. Produk ini merupakan program pemerintah untuk membuat masyarakat mau menabung. Jadi, setiap bank nasional punya produk ini.

cermati.com

Apa keunggulannya?

Keunggulan yang aku sebutkan ini untuk BNI ya karena aku pake nya itu. Dan akan berbeda setiap banknya.

Produk ini gak ada biaya administrasinya jadi uang kita gak akan terpotong sia-sia tiap bulannya hanya saja ada pajaknya tapi kecil kok dan bisa tertutupi dengan bunga yang kita dapat. Selain itu ada buku tabungannya juga dan ada ATM, meskipun gak semua bank ada ATMnya. Mungkin bisa lebih tertahan lagi niat borosnya kalo pake produk yang tidak ada ATM nya. ATM yang aku punya juga kusimpan di tempat yang tidak terlihat supaya tidak khilaf.

Untuk ATM itu ada limitnya hanya 1 juta sehari dan aku tidak tau apa bisa transfer dengan beda bank karena aku tidak pakai sama sekali. Lalu, limit penarikan di teller juga hanya bisa 2 kali dalam sebulan.

Aku benar-benar menggunakan produk ini hanya untuk menyimpan uang dan tidak aku otak-atik. Setiap bulan setelah menerima gaji aku pasti langsung transfer sekian rupiah sesuai janji uang yang harus aku tabung ke rekening tabunganku supaya uang itu gak akan aku sentuh lagi kalo masih memendap di rekening utama. Selain itu biasanya kalau ada sisa uang bulanan aku masukkan juga ke tabunganku supaya makin banyak tabungannya

Jadi, kalo memang niat menabung kalian harus punya 2 tabungan dan membagi uang kalian supaya ada pegangan kalian. Usahakan uang yang ada di rekening utama benar-benar hanya uang hidup sehari hari dan sedikit uang emergency.

3. Harus investasi

Jujur aku bener-bener menyesal kenapa aku baru kepikiran untuk investasi sekarang ketika aku sudah bekerja. Diawali ketika aku ingin sekali bisa tinggal di studio apartment dibandingkan harus tinggal di kosan. Aku pun melihat-lihat dan kaget harganya semahal itu. Sebenernya aku sudah tau tapi tidak pernah memerhatikan kalau semahal itu. Aku pun kepikiran kalo apartment aja segitu gimana harga rumah apalagi di Jakarta pasti mahal sekali. Aku pun memutuskan untuk investasi selain menabung.

Investasi pertama yang aku lakukan adalah deposito. Sebenernya deposito ini lebih aku manfaatkan untuk “menyembunyikan” sejumlah uang dari rekeningku jadi aku tidak sadar kalau aku ada uang tersebut dan akan aku tarik nanti ketika aku membutuhkannya. Aku memilih deposito dengan range 3 bulan karena memberikan bunga paling besar dibandingkan range lainnya. Aku tau dalam Islam bunga itu tidak boleh tapi aku memakai bunga ini untuk membayar biaya-biaya yang diwajibkan oleh bank padaku. Biaya apa itu? Seperti biaya administrasi (Rp 11.000), biaya kartu atm, dan biaya pajaknya. Bunga dari deposito ini memang aku pindah ke rekening utamaku dengan tujuan itu dan alhamdulillah bisa menutupi. Karena kalian hitung-hitung aja, bisa 20ribu lebih biaya yang dibebankan dan itu lumayan loh teman-teman. Nantinya setiap 3 bulan atau 6 bulan (belum bisa memutuskan) aku akan menambah uang yang akan aku depositokan.

Nah, aku juga mulai tertarik untuk melakukan investasi lainnya. Ada banyak banget kan macam-macam investasi? Bisa di kepo deh ke google apa aja. Ayahku menyarankan ke investasi saham karena beliau sudah bercimpung lama juga di dunia saham tapi aku jujur takut karena kerugiannya juga besar kalo enggak pintar menganalisis lagian aku kerja full seharian dan gak akan punya waktu untuk melihat aliran saham itu.

Setelah googling ternyata ada investasi yang mudah dan cocok untuk pemula yaitu REKSADANA. Aku baru banget terjun ke dunia ini karena memang aku terlalu lama mempelajarinya. Tapi, enaknya REKSADANA ini kita cukup menyetorkan dana yang ingin diinvestasikan dan akan ada Manajer Investasi yang mengelola uang kita. Untuk investasi reksadana juga gak butuh biaya gede, minimal Rp 100.000 kalian udah bisa ikut deh investasi. Kalian tinggal pilih mau low, medium atau high risk. Setelah itu kalian tinggal seperti nabung deh. Setiap bulan aja rutin bayar reksadana sekian rupiah dan biarkan MI yang bekerja.


Tapi jangan harap dalam waktu 1 bulan kalian langsung kaya mendadak yaaa. Reksadana ini untuk jangka panjang, misalkan 3 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun. Anggap saja ini persiapan nanti di masa tua.

Aku masih 20an buat apa mikir masa tua? Masih pengen seneng-seneng nih.
Penting loh berinvestasi dari sekarang, karena semakin lama semakin mahal dan kalo hanya mengandalkan gaji tanpa ada persiapan tabungan tentu akan susah nantinya. Lagian reksadana itu udah gampang banget, bener-bener kayak nabung biasanya dan nanti hasilnya kita lihat kapan-kapan aja. Jangan terlalu sering diintip deh nilai uang investasinya udah berapa nanti kecewa aja karena emang nilainya gak langsung cepat beda dengan saham.

Semoga sharing ini bisa membantu teman-teman ya dan jangan lupa untuk memulai dari sekarang!

Post a Comment

6 Comments

  1. klo saya dan istri sementara baru buat perencanaan keuangan standar dan baru menabung bulanan secara rutin. Tapi dari salah satu situs dan portal keuangan, Duitologi.com memang harus mulai dari sekarang membuat perencanaan keuangan

    ReplyDelete
  2. Wah, aku juga pengen coba Reksadana karena denger-denger Reksadana termasuk investasi yang resikonya lebih rendah kalau dibanding investasi di bidang saham maupun forex. Tapi masih belum paham bagaimana caranya dan dimana beli produk reksadananya.Hehehe.
    Btw kalau deposito bisa coba pakai produknya bank syariah lho, sistemnya menggunakan bagi hasil bukan pakai bunga. Jadi lebih nyaman berinvestasi bagi umat Islam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa reksadana emang jauh lebih aman tapi emang hasilnya gak secepet ataupun segede saham..

      kemaren emang pengen pake yang syariah tapi di tempat tinggal agak jauh dan cuma bisa weekend sedangkan tutup, jadi yang deket dulu aja. Semoga kedepannya bisa pake yang syariah

      Delete
  3. Salam pembuka,
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.
    hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    [helenahernandez432@gmail.com]

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Bunga Rendah 2%, kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    [helenahernandez432@gmail.com]

    Salam,
    Nyonya HELENA HERNANDEZ
    [helenahernandez432@gmail.com]

    saya berharap dapat mendengar dari Anda sesegera mungkin.

    ReplyDelete
  4. Salam kepada semua warga negara Indonesia dan seluruh ASIA, nama saya Ny. Ririn Syafrida, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia, Malaysia, dan seluruh Asia, terutama saudara dan saudari Indonesia untuk Berhati-hatilah dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu yang baik, Ibu Carmela Pedro

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp14.755.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Carmela, yang merupakan Direktur sebuah perusahaan TEXCO, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Carmela, jadi saya mengumpulkan keberanian dan hubungi Ny. Carmela.
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp850.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan melalui transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp850 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.
    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Ny. Carmela Pedro untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Carmela melalui email: (carmelapedro24@gmail.com) untuk pinjaman Anda atau melalui nomor WhatsApp: +1-585 -326-2165

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai hasrat egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini.

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati dalam hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Ririn Syafrida, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: ririnsyafrida4@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Thanks infonya. Oiya ngomongin keuangan, tau ga sih temen-temen kalo ternyata tuh ada beberapa tanda kalo keuangan kita itu sedang tidak baik dan harus segera dibenahi. Mau tau apa aja tandanya? Yuk cek di sini: Tanda keuangan tidak sehat

    ReplyDelete