[REVIEW] THE RED PYRAMID - RICK RIORDAN


Telat banget emang kalo baru review dan baca buku karangan Rick Riordan yang ini. Buku ini udah terbit dari tahun 2011/2012 kalo gak salah dan aku sendiri udah punya buku ini sejak tahun 2014 dan baru disentuh tahun 2019. 5 tahun! Mungkin saat kuliah aku memang enggak sanggup baca novel-novel yang tebel nya hampir kayak kamus karena buku kuliah aja udah setebel itu. Tapi, gak ada salahnya aku me review lagi buku yang udah dibaca banyak orang (sepertinya) dan siapa tau ada yang bernasib sama denganku dan belum baca buku ini.

Novel Rick Riordan kali ini gak jauh-jauh la ya dengan seri pertamanya yaitu si Percy Jackson. Pada tau kan ya Percy? Bahkan ada filmnya loh coba aja ditonton kalo males buat baca novelnya.

Bercerita tentang 2 anak manusia si Carter dan Sadie Kane, kakak beradik yang harus tinggal berpisah ketika sang ibu meninggal dunia dan Carter ikut ayah sedangkan Sadie harus tinggal bersama kakek neneknya. Ketika suatu hari mereka mengetahui ternyata sang Ayah dan Ibu adalah penyihir dan harus menghilang karena kesalahan mereka. Sekarang beban keluarga ditumpukan pada kakak beradik Carter dan Sadie untuk menyelamatkan dunia.

Jadi, apa yang sama dengan Percy Jackson?
Tema. Tema yang dipake tetep sama yaitu dewa dan menyelamatkan dunia. Tapi, kalo aku perhatikan sih sepertinya emang Rick Riordan memfokuskan novel-novelnya ini dengan dunia sekitar mitos dewa-dewa dan manusia yang nantinya akan menyelamatkan dunia.

Bagaimana reviewnya?

Kali ini dewa dewi yang diangkat bukan Yunani ataupun Roma, tapi Mesir. Kalian pasti banyak tau kan ya dengan legenda-legenda di Mesir? Karena itu terkenal sekali dan bahan yang menarik banget untuk dijadikan tulisan. Selain itu kalo di Percy Jackson kita kenal dengan anak-anak yang setengah manusia setengah dewa disini adalah penyihir. Tapi, mungkin kalian jangan samakan dengan penyihir yang ada di Harry Potter yaaa sepertinya sama karena tetap ada mantera-mantera nya dan menggunakan tongkat tapi feelnya berbeda sekali.

Ada 3 buku untuk seri The Kane Chronicles ini, dan kukira akan sama seperti Percy Jackson juga yaitu dalam 5 buku lawan utamanya sudah tau sejak awal dan mereka lama-lama akan fokus dengan itu, tapi di Kane Chronicles ini pada buku satu itu langsung ketemu musuh dan langsung terjadi perangnya juga tapi ternyata memang bukan musuh sebenernya.

Aku jujur aja sih suka dengan Kane Chronicles ini, karena dewa dewi nya tentang Mesir dan aku rasa familiar dengan banyak orang atau aku mungkin karena emang pernah baca buku tentang Mesir juga dan seru melihat pertengkaran konyol kakak beradik ini. Oh ya dalam novel ini berbentuk rekaman, maksudnya si kakak beradik ini merekam perjalanan mereka dan disebar ke orang-orang lain dan ceritanya si Rick Riordan ini akan menuliskannya dalam bentuk novel.

Tapi tetep aja ada yang kurang di buku pertama ini. Terlalu panjang. Kalau dibandingkan dengan kedua buku lainnya buku ini terlihat lebih tebal, aku gak tau apa karena mereka harus menceritakan asal-usul keluarga mereka dulu dan banyak cerita-cerita tentang kisah dewa nya. Mungkin kisah itu akan berguna nanti untuk lanjut ke buku selanjutnya berhubung aku belum baca. Tapi aku memang merasa alurnya agak lambat aja dibuku ini padahal dalam realitanya mereka bertualang hanya 5 hari tapi terasa sangat lama.

Selain itu, akan agak susah membayangkan cerita di novel ini dalam pikiran kita. Penggambaran sosok yang dituliskan dibuku juju raja amat sulit. Bahasa yang digunakan ada beberapa yang tidak familiar jadi kita tidak tau itu apa. Apalagi, dewa dewi Mesir ini perwujudannya itu kadang manusia dan kadang hewan jadi makin sulit membayangkannya. Saranku kalo kalian mau baca, setiap ada dewa baru yang muncul kalian boleh banget untuk googling dulu dewa nya berbentuk seperti apa. Karena juju raja sulit banget dibayangkan dibanding dengan buku Rick Riordan sebelumnya. Gak usah khawatir gak dapet di google, karena dewa dewi yang disebut itu emang sesuai dengan mitos nya orang-orang Mesir jadi pasti ada dan dengan begitu kalian bisa lebih gampang deh untuk membayangkan seperti apa yang terjadi.

Karena memang aku baru baca 1 buku dan buku pertama lagi jadi mungkin memang belum seseru itu “perang-perang” yang terjadi dan katanya akan makin seru dibuku selanjutnya karena udah tau siapa musuh utama mereka.

Untuk rate buku 1 ini aku kasih nilai 3,5/5
Suka dengan ide yang disampaikan meskipun terlalu panjang penjabarannya.
Okee saatnya lanjut buku 2! Happy Reading!!



Post a Comment

4 Comments

  1. I love Rick Riordan's books..especially Percy Jackson and Kane's Chronicle, including this one! Aku udah baca semua and koleksiku lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru baca yang Percy Jackson, Heroes Olympus dan Kane Chronicle lagi otw. Aku juga suka banget! beruntungnyaa punya semua koleksinya aku cuma PJ dan Kane ini ajaa

      Delete
  2. Percy Jackson is my favourite from the author far. Segera meluncur untuk membaca buku ini, ah.

    ReplyDelete