SEQUIS - ASURANSI PILIHAN DEMI MASA DEPAN KELUARGA


“Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya – Jonathan Swift”

Sekarang kesehatan itu sudah termasuk barang mewah. Mau orang kaya atau kurang mampu, yang tua maupun yang muda, pasti semuanya setuju akan hal tersebut. Biaya yang dihabiskan untuk berobat sekarang bisa dibilang cukup besar, untuk bayar rumah sakit, untuk bayar dokter apalagi untuk membayar obatnya. Terkadang bisa mencapai jutaan rupiah agar kita bisa kembali sehat.

Pernah mendengar istilah “lebih baik mencegah daripada mengobati”? Menurut teman-teman sendiri kenapa bisa ada istilah ini? Sudah jelas karena kalau kita sudah sakit tentu diri kita sendiri yang akan menderita. Baik dari segi fisik dan juga materi. Sakit itu sebuah kerugian loh, tidak pernah ada orang yang merasa beruntung ketika dirinya jatuh sakit. Menginvestasikan beberapa materi kita untuk kesehatan bukanlah suatu kerugian melainkan suatu keharusan.

"Umur saya baru 23 tahun, apakah saya sudah harus memikirkan investasi kesehatan? Ikut bayar asuransi setiap bulan? Bukannya itu malah jadi pemborosan dan lebih baik uangnya dialokasikan ke hal-hal lain?"

Ada beberapa teman saya yang sempat berpikiran seperti itu. Apalagi dengan umur tersebut biasanya orang-orang muda masih berjuang untuk bisa membiayai dirinya sendiri bahkan masih ada juga beberapa yang masih harus mengharapkan dari orang tuanya sehingga masalah kesehatan apalagi memikirkan untuk ikut asuransi kesehatan belum menjadi prioritas penting.

Kenapa saya berpikir bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi bagi anak muda atau milenial sekarang ini?

Sewaktu saya kuliah saya pernah mengalami kecelakaan motor. Motor saya ditabrak oleh motor lain hingga menyebabkan saya terjatuh dan muncul bentuk abnormal pada salah satu tangan saya dan teman-teman saya langsung proaktif untuk membawa saya ke emergency. Sesampainya saya di rumah sakit saya langsung di cek untuk di rontgen pada bagian tangan saya dan juga kaki saya, saat itu tangan saya sudah tidak bisa menekuk sama sekali. Untungnya saat itu saya tidak mengalami patah tulang apapun dan tangan saya juga dinyatakan baik-baik saja hanya diberikan perban penuh pada tangan kiri saya.

Setelah selesai tentu saja saya bersyukur karena tidak harus sampai menginap apalagi di operasi dan saya termasuk mengalami kecelakaan yang ringan. Pada saat saya membayar terkejutlah saya bahwa biaya yang saya keluarkan hampir 1 juta rupiah. Padahal saya ingat sekali saya hanya di rontgen, di perban dan diberikan obat minum yang tidak terlalu banyak. Tapi, nominal yang saya keluarkan cukup besar setelah saya teliti ternyata biaya untuk rontgen adalah yang paling mahal saat itu bisa mencapai 500 ribu rupiah.

Pada saat itu untungnya saya masih terdaftar asuransi pada kantor ayah saya bekerja jadi saya bisa bebas tidak membayar sama sekali meskipun butuh waktu untuk mengurusnya, saya ingat kira-kira 1 minggu baru saya selesai mengurus semua itu. Sejak itu saya berpikir, beruntungnya saya masih terdaftar penerima asuransi dari kantor ayah saya. Kalau tidak, bagaimana saya bisa membayar uang rumah sakit saya padahal saya adalah anak rantau yang hanya dikirim uang 1 bulan sekali. Setelah tamat kuliah tentu saja saya sudah dianggap dewasa dan bisa menanggung diri sendiri sehingga asuransi saya pun sudah tidak bisa di claim lagi.

Ketika saya bekerja, tentu saja saya mendapatkan lagi asuransi kesehatan yang standar dan tentu sangat berbeda jauh dengan waktu saya masih bawaan ayah saya. Hidup sendiri menjadi lebih mandiri, mau apa pun yang kita lakukan sekarang menggunakan uang saya sendiri. Saya harus menjadi lebih bijak dalam mengalokasikan penggunaan uang saya. Salah satunya untuk asuransi ini, saya yakin ini bisa menjadi “penyelamat terdesak” ketika suatu hal terjadi pada saya.

Kita tidak bisa menebak nasib kita di masa yang akan datang.  Umur, kesehatan siapa yang tau kan? Bisa saja saya tiba-tiba mengalami kecelakaan lagi karena disini saya juga bekerja dan menggunakan motor lagi bahkan lebih berbahaya karena di lingkungan industry yang setiap hari ada saja truk yang melintas. Maka saya kira asuransi adalah penyelamat saya nantinya.

Ada banyak produk asuransi yang bisa ditawarkan ke kita dan dari berbagai macam perusahaan juga. Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa asuransi adalah Sequis. Asuransi Sequis ini telah bercimpung di dunia asuransi sejak 1984 dan telah terdaftar pula di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan seperti asuransi jiwa, asuransi Pendidikan, dana pensiun, asuransi kesehatan, bahkan untuk investasi dalam bentuk saham dan reksadana pun ada.
Produk asuransi yang menarik perhatian adalah produk asuransi kesehatannya. Ada 3 jenis produk yang ditawarkan lagi kepada para pelanggannya, yaitu:
  1. Asuransi Kesehatan & Rawat Inap
  2. Proteksi Penyakit Kritis
  3. Proteksi Kesehatan Wanita
1. Asuransi Kesehatan & Rawat Inap

  • Sequis Q Infinite MedCare Rider
Sequis product (http://www.sequis.co.id)
  • Sequis Q Health Platinum Plus Rider
Sequis product (http://www.sequis.co.id)
  • Q Health Easy Insurance
Dari ketiga produk yang ditawarkan saya lebih tertarik dengan yang Easy Insurance karena saya rasa paling cocok dengan situasi saya sekarang ini. Untuk Infinite MedCare Rider maupun Platinum Plus Rider tidak terlalu berbeda jauh hanya perlakuan pada rumah sakit yang berbeda (seperti terlihat pada gambar diatas) paling terlihat berbeda yaitu Negara yang dapat kita claimed asuransinya.

2. Asuransi Penyakit Kritis

Pada sequis juga menawarkan asuransi untuk penyakit kritis dan menawarkan banyak produk yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
  • TelePro Prima : Produk ini khusus jika ada penyakit kritis dan meninggal karena penyakit tersebut.
  • Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider : Produk ini difokuskan sejak tahap awal penyakit hingga tahap lanjutan. Fokusnya untuk membantu financial keluarga dan ada 120 penyakit kritis yang ditanggung.
  • Sequis Family Income Dread Disease Rider Insure / Payor : 2 Produk yang sama karena bertujuan sebagai asuransi untuk hal-hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi dan perbedaannya adalah untuk PAYOR mendapatkan annual benefit untuk keluarganya
  •  Sequis Payor Benefit Dread Disease Rider : Merupakan versi premium untuk produk asuransi jenis ini (khusus untuk penyakit kritis)
3. Proteksi Kesehatan Wanita

Merupakan produk paling special karena memberikan produk asuransi khusus untuk perempuan. Tentu saja, saya sebagai seorang perempuan semakin tertarik karena seperti yang kita ketahui ada banyak penyakit yang hanya seorang perempuan yang bisa terjangkiti dan penyakitnya pun bukanlah penyakit ringan melainkan penyakit berat yang bisa menyebabkan kematian. Asuransi ini untuk penyakit seperti kanker payudara, kanker serviks, lupus, dll.

Paparan singkat diatas adalah beberapa produk asuransi yang bisa kita pertimbangkan dan masih banyak lagi diluar sana yang menawarkan produk-produk asuransi untuk kita. Sekarang tinggal kita yang memutuskan apakah akan menyiapkan diri dari sekarang atau bersikap “masa bodoh” dengan kepentingan masa depan keluarga kita nanti.

Penyakit yang kita derita bukan hanya penyakit kita pribadi tapi juga menjadi penyakit keluarga kita. Semuanya ditanggung bersama dan semuanya menjadi kerugian untuk keluarga kita. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita tidak akan bisa menebak penyakit apa yang akan menghampiri karena lihat saja sekeliling kita, kita hidup bukan lagi di bumi yang sehat. Banyak yang bisa terjadi dengan kesehatan kita di masa depan.

Tinggal tentukan saja pilihan bijak apa yang akan kalian ambil ke depannya readers 😊 

Post a Comment

1 Comments

  1. Iya betul, kalo tanpa asuransi emang susah, iya emang kita gak sakit tiap hari, tapi pas sakit, biayanya bisa berjuta juta..

    ReplyDelete