[STORY] NYOBAIN HOTEL KAPSUL PERTAMA KALI DI SLEEP & SLEEP CAPSULE SEMARANG


Weekend kemarin berkesempatan untuk berkunjung ke Semarang karena ada rekan kantor yang kebetulan nikah disana, jadi berangkatlah kami temen-temen seangkatan kantor ke Semarang. Masih dengan mental mahasiswanya, kami tentu saja mencari penginapan yang murah dan bisa menampung kami semua yang berjumlah hampir 20 orang. Berawal ingin menyewa homestay hingga akhirnya ada yang menyarankan untuk mecoba hotel kapsul yang murah meriah aja dan akhirnya jatuhlah pilihan kami di Sleep n Sleep Capsule Semarang.

TAMPAK DEPAN HOTEL + UNAKI (sumber dari google.com)

Kebetulan hotel kapsul ini udah gak asing sih buat aku meskipun ini pertama kalinya nyoba ini hotel kapsul, sempet beberapa kali nonton review hotel kapsul Jakarta di Youtubenya Gritte Agatha jadi udah punya gambaran sih bakalan seperti apa bentukannya ini.

Sleep n Sleep ini terletak di Jl. Imam Bonjol dan deket banget sama Stasiun Semarang Pocol jadi kalo yang mau main ke Semarang naik kereta gak bakalan kesulitan mencarinya, selain itu juga hotel ini dekat dengan Kawasan Kota Lama salah satu tempat wisata di Semarang, Kawasan yang ramai oleh pemburu foto untuk instagramnya. Salah satu keuntungannya juga nih dengan wilayah yang strategis. Tapi, kalo kalian ma uke Simpang Lima Semarang atau kulineran di daerah Pecinan Semarang juga deket banget kok dari hotel ini jadi kayaknya pas banget buat yang mau backpackeran ke Semarang ya.

Dari segi fasilitas sepertinya standar untuk ukuran harga yang bisa dibilang murah. FYI, harga kamarnya permalam adalah Rp 59.000 untuk kapsul yang bawah dan Rp 49.000 untuk kapsul yang atas. Murah banget kan? Tapi dengan harga yang murah yaaa tentu akan berbeda sekali dengan fasilitas personal yang diberikan ke kita.

Fasilitas umumnya ada musholla diluar dan juga kamar mandi yang banyak di dalam kamar. Untuk kapsulnya sendiri kita hanya dapat bantal serta soket 1 buah. Kalau kalian mau tambah selimut (karena emang dingin banget loh) bisa sewa Rp 10.000, untuk handuk bisa disewa sebesar Rp 10.000 dan untuk perlengkapan mandi Rp 10.000 tapi kalo kalian pesan ketiganya sekaligus cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 saja. Tapi, karena saya terbiasa membawa peralatannya sendiri jadi saya tidak sewa apapun. Tapi, kalo kalian gak tahan dingin disarankan untuk menyewa selimutnya kalo kalian gak bawa selimut atau jaket yang tebal. Oh ya, kita juga dikasih loker + kuncinya kok untuk nyimpan barang-barang kita supaya gak ilang dan menuh-menuhin kapsulnya. Tapi, lokernya ada diluar yaaa. Nah, ini aku share sedikit kondisi hotelnya.

 
    
Tampak Ruang Tunggu (google.com)
Tampak Ruang Tunggu (google.com)



















Doc. pribadi

Doc. pribadi

Nah kira-kira begitulah fasilitasnya ya. Hotelnya juga gak gede dan dia tepat banget dibelakang/dibawah Unaki (universitas) jadi kalau siang dan hari biasa mungkin bakalan bisa kedengaran suara dari Unaki ini.

Lalu, kalo menurutku sendiri bagaimana?
Untuk harga segitu aku rasa udah sangat pantas lah ya. Apalagi kalau cuma dipakai untuk tidur dan seharian aktifitas di luar. Aku rasa aku akan rekomendasikan ini ke orang-orang. Tapi, kalau memang yang mencari kenyamanan mungkin belum bisa disini, karena ini sistemnya seperti asrama gitu jadi dalam satu kamar itu rame banget mungkin bisa ada 20 orang deh dalam 1 kamar dan kapsulnya juga atas bawah kayak bunk bed gitu nah ini yang tadi aku kasih tau kenapa bisa beda harga kapsulnya.

Aku dan temenku satu lagi yang perempuan juga termasuk beruntung karena dapat kamar yang cewek, jadi dalam 1 kamar itu semuanya cewek buat yang berjilbab seperti aku pasti jadi gak akan was was deh kalo mau tidur bentukannya gimana pun. Tapi, temen-temenku yang cowok yang tidur di kamar sebelah ngakunya sih ada cewek di kamar mereka. Jadi, sepertinya kamar yang kedua itu untuk campur jadi kalo kalian mau pesen pastikan dulu kalian dapet kamar yang khusus cewek.

Untuk masalah kamar mandi sih gak usah khawatir karena jumlahnya banyak, meskipun aku gak sempet hitung ada berapa nah yang bermasalah adalah WC cuma ada 2! Gimana kalau udah kebelet tapi masih ada orang? Jadi susah deh. Selain itu ada lagi yang bermasalah. Ternyata kamar mandinya campur dan tembus ke kamar yang campur! Waktu aku melihat-lihat ke kamar mandi udah seneng tuh ternyata ada banyak banget disediain buat cewek-cewek jadi gak akan khawatir antri panjang tapi ternyata jalan sedikit lagi langsung terlihatlah kamar para lelaki itu. Wah ini sih sama aja bohong aku pikir karena malah kamar mandinya yang disatuin. Bukan masalah jumlah tapi masalah privacy sih menurutku. Waktu lagi dandan eh tiba-tiba aja ada cowok yang nyelonong mau mandi di belakang kita. Kan kaget ya jadi was was bangetlah karena memang aku berjilbab itu. Jadi harus selalu pake pakaian panjang dan handuk untuk nutupin rambut.

Mungkin kalo kalian pernah coba hotel kapsul di Jakarta atau daerah lain mungkin sebaiknya untuk tidak membandingkan ya. Aku yang udah lihat-lihat di Jakarta juga ngerasa beda sekali karena tentu aja dari segi harga juga beda banget. Kayaknya sih yang di Jakarta masih menyentuh angka Rp100.000an atau lebih jelas beda banget dengan yang di Semarang ini. Ah dan satu hal lagi yang agak mengganggu yaitu pintu dari kapsulnya cuma berupa tirai tipis aja. Padahal yang aku lihat biasanya berupa pintu dan bisa dikunci gitu jadi kalo kita mau ke toilet sebentar bisa ditinggal dan dikunci aja sedangkan ini kan gak bisa. Kita gak akan tau orang seperti apa pemikirannya jadi emang ada baiknya untuk selalu waspada. Tapi, sebenernya di kamarnya juga ada CCTV sih dan bisa dipantau dari resepsionisnya.

Oke, menurutku ini hotel lumayan banget buat backpacker yang mau jalan-jalan tapi budget secukupnya. Gak akan rugi-rugi amat dan untuk tempat tidur pada malam aja sih menurutku udah oke lah. Bisa istirahat dengan nyaman karena tempat tidurnya nyaman kok. Kalo kalian mau main ke Semarang sendirian atau sama temen-temen yang lain bisa banget deh ini dicoba. Peraturannya check in-nya persis kayak hotel pada umumnya yaitu Check in jam 14.00 dan Check out maksimal 12.00.
Selamat mencoba 😊


Post a Comment

4 Comments

  1. waaahhh jadi kangen Semaraanggg 😍
    waktu itu pengen nyobain hotel kapsul juga tp gajadi deh
    next kudu cobain nih
    thank you udah sharing mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah selesai pandemi, boleh banget Mba nyobain hotel kapsul. Seru juga ternyata lho karena kayak dapet mini kamar private hehehe
      Makasih udah berkunjung juga Mba :)

      Delete