[REVIEW] FILM KOREA 'ALIVE' - BERJUANG HIDUP DITENGAH ZOMBIE

Poster, Film, Korea, Alive
Poster Film Alive (www.hancinema.net)


Film yang tayang 24 Juni lalu ini menjadi salah satu film yang aku tunggu-tunggu nih. Pertama film ini dibintangi oleh aktor dan aktris yang udah familiar banget buat aku yaitu Park Shin Hye dan Yoo Ah In jadi gak bakal ragu lagi sama kualitas akting mereka kan. Kedua, film ini mengangkat tema zombie! Pasti mikirnya kalau film dengan tema zombie itu sekedar ikutan ramai aja karena udah banyak banget kayak Train to Busan, Kingdom, dan Peninsula yang lagi tayang di bioskop Korea.


Tapi, karena aku memang pecinta genre film yang begini jadi tidak ada salahnya dong. Apalagi setiap film tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Film ini sendiri menceritakan tentang sebuah virus misterius yang tiba-tiba menyebar di kota dan membuat kekacauan di segala penjuru kota. Joon Woo (Yoo Ah In) dan Yoo Bin (Park Shin Hye) terjebak di kompleks apartemen mereka dan dikelilingi oleh para “zombie” ini. Mereka harus bisa bertahan hidup tanpa ada internet, listrik dan air.


BACA JUGA: [REVIEW] FILM KOREA ASHFALL, KISAH PERJUANGAN UNTUK MENGHENTIKAN BENCANA


Nah, berikut review dari film Alive ini!


Alur super cepat

Yoo, Ah, In
Yoo Ah In sebagai Joon Woo (www.hancinema.net)

Belum ada 5 menit film ini berjalan, tiba-tiba kita langsung disuguhi kekacauan yang akan menghadang sepanjang film. Termasuk cepat bahkan sangat cepat kalau dipikir-pikir untuk sebuah film dengan durasi 1 jam 38 menit. Tokoh utama pun diceritakan baru bangun tidur dan kita tidak mengetahui sedikit pun latar belakang dari si tokoh dan tiba-tiba saja


Film dengan alur cepat ini sebenarnya bisa dibilang bagus karena to the point ke permasalahan tanpa butuh banyak hal-hal remeh yang tidak dibutuhkan di cerita. Hanya kaget saja kok bisa kita langsung bertemu dengan masalahnya. Film ini memang tampaknya ingin memfokuskan kepada cara 2 tokoh utama ini bisa bertahan ditengah


Perjuangan 2 orang ditengah kegilaan

Zombie, Alive, Film, Korea
Perjuangan ditengah zombie (www.hancinema.net)

Sebagai fokus dalam film ini tentu kita akan melihat bagaimana 2 orang terakhir yang hidup di kompleks apartemen ini bisa bertahan tanpa apa-apa. Kita bisa melihat hitungan harinya mencapai 20 hari bagi mereka harus menghemat makanan dan air. Setiap hujan mereka harus menampung air hujan untuk minum, belum lagi berjuang untuk menghemat makanan hingga nekat keluar rumah demi mencari makanan.


Apalagi keduanya tidak bisa berisik sedikitpun karena dikelilingi zombie-zombie kelaparan yang sewaktu-waktu bisa masuk ke rumah mereka dan mengganggu ketenangan mereka. Sedikitpun tidak boleh ada suara yang cukup besar bagi mereka ketika beraktivitas.


Keduanya juga harus bisa keluar dari tekanan yang bahkan membuat mereka ingin bunuh diri karena mereka piker akan lebih baik mati sebagai manusia daripada sebagai zombie.


Menegangkan dari awal film

Park, Shin, Hye
Park Shin Hye sebagai Yoo Bin (www.hancinema.net)

Dengan cepatnya alur film yang disajikan maka bagian yang menegangkan pun sudah bisa kita rasakan. Apalagi saat awal-awal tokoh utama belum tau apa yang terjadi atau belum paham, banyak kejadian-kejadian yang bisa membuat kita teriak. Hati-hati jangan ditonton malam-malam ya! Bisa ganggu tetangga kalau teriak-teriak hehe.


Salah satu adegan yang paling membekas bagiku yaitu ketika ada zombie yang berhasil memanjat ke apartemen Yoo Bin. Yoo Bin yang paling siap dalam menghadapi zombie-zombie ini pun tetap merasa tertekan dan bahkan sempat pingsan yang membuat ketegangan semakin menjadi-jadi. Aku ingat aku merasa deg-degan selama adegan ini karena jika berhasil memanjat maka habislah sudah.


Lalu, ada juga tokoh tak terpikirkan yang tiba-tiba muncul yang membuat film ini semakin menegangkan. Tidak terbayangkan sekali bahwa akan ada manusia lain yang hidup kan!


Penuh adegan berdarah

Zombie, Film, Korea, Alive
Para zombie (www.hancinema.net) 

Perlu diperhatikan nih bagi yang ingin nonton ini bersama keluarga, karena film ini sangat berdarah-darah. Penuh adegan zombie-zombie yang selalu mengejar manusia yang masih hidup, dimakan, diserang, diseret-seret membuat kita akan banyak menyaksikan jejak darah dimana-mana. Si zombie nya pun berdarah-darah!


Demi bertahan hidup ditengah kumpulan zombie ini, tentu para tokoh utama harus melakukan segala hal untuk menghindari gigitan zombie ini. Jadi tentu tak jarang kita akan melihat banyak senjata yang digunakan untuk membantai para zombie. Senjata tajam, senjata api semuanya digunakan untuk mempertahankan diri agar tetap hidup.


Kekurangan


Sebenarnya bukan kekurangan yang sangat besar tapi selama menonton ini aku merasakan kejanggalan saja. Pertama, dikatakan bahwa listrik tidak ada teralirkan ke kompleks apartemen itu, terbukti dengan tidak ada cahaya apapun. Tapi, diberbagai kesempatan aku melihat HP milik Joon Woo tetap full lalu lift juga masih berjalan. Cukup janggal apalagi ceritanya sudah 20 hari lebih keadaan seperti itu, apa mungkin pembangkit cadangan bisa bertahan selama itu. Hanya kejanggalan kecil saja yang cukup mengganggu saat menonton.


Kedua adalah tidak dijabarkan sedikitpun mengenai penyebab virus zombie ini. Meskipun diawal dipaparkan ini misterius tapi setidaknya kukira aka nada semacam penjelasan singkat saja di akhir penyebabnya. Tidak tau aku yang


Secara keseluruhan film ini oke banget. Kalian akan puas menontonnya apalagi yang sedang butuh asupan-asupan teriakan kalian bisa nih untuk coba film ini! Aku akan kasih rating film ini 4/5 karena tidak mengecewakan aku sebagai penontonnya. Oke, selamat menonton ya! 😊


BACA JUGA: [REVIEW] FILM EXIT - BUKAN FILM DISASTER SEMBARANGAN!! (FILM KOREA)

Post a Comment

8 Comments

  1. Udah nonton filmnya juga. Cukup menegangkan. Tapi sayang banget nggak dijelasin penyebab kenapa bisa jadi zombie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, kalo dijelasin penyebabnya pasti bakalan lebih komplit lagi deh filmnya

      Delete
  2. Saya juga udah nonton nih mbak... Seru-seru aja nontonya. Awalnya saya pikir ini diangkat dari webtoon dead days soalnya tokoh utamanya memiliki warna rambut yang sama dan kisahnya juga hampir mirip...
    Btw saya juga suka nonton film zombi begini ketimbang film horor saya nggak berani banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa seru kok emang mba film ini.
      Aku juga lebih mending zombi sih daripada horror hantu, kalo zombie udah ada bayangan bentuknya gimana hehehe

      Delete
  3. Dari semua genre horor, zombie yang masih bisa masuk di aku. Yah walaupun tetep butuh temen buat nonton. Film ini mau aku masukkan ke list juga ah, sambil nunggu temen yang bisa aku pinjam punggungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib banget mba untuk nonton film ini! tidak mengecewakan kok!
      Kalo belom dapet temennya bisa pake bantal dulu mba hehehe

      Delete
  4. Kalau ini aku lumayan bisa menikmati lah ya daripada Peninsula. Tentang virus zombi yang nggak dijelaskan asalnya dari mana itu malah aku suka, kayak jadi apa ya hmmm semacam sebuah misteri yang membebaskan penontonnnya untuk menyusun skenario sendiri gitu hahahaha.
    Yang paling aku suka dari film ini adalah tentang penggambaran aktor dan aktrisnya yang selaras dengan wabah covid 19 yang terjadi sekarang ini. Tentang karantina dan gimana frustrasinya waktu dipaksa terkurung di dalam rumah, walaupun endingnya yaaa khas film-film Korea yang cepet-cepet ingin diakhiri aja ini film daripada lama-lama wkwkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos Mba! Menurutku emang kalo dibandingkan Peninsula, film Alive ini lebih kerasa zombienya. Kalo Peninsula kayaknya sih kurang terasa aja deh gregetnya dengan zombienya... gatau kenapa deh padahal zombienya mah udah banyak juga ya.

      Delete