[REVIEW] SERIAL NETFLIX KOREA 'EXTRACURRICULAR' - SISI GELAP SISWA DI KOREA

poster, serial, korea
Poster Serial Extracurricular (sumber: IMDB)


Akhir April kemarin, Netflix baru saja mengeluarkan sebuah serial drama Korea yang berjudul ‘Extracurricular’ dengan 10 episode. Serial ini dibintangi oleh aktor dan aktris muda Korea yang memiliki cerita disekitar dunia sekolah. Kim Dong Hee, Jung Da Bin, Nam Yoon Soo dan Park Joohyun menjadi bintang utama di serial ini.


Serial ini bercerita tentang Ji Soo, seorang siswa teladan di sekolahnya. Ia memiliki sikap yang baik dan juga nilai yang baik di sekolahnya. Namun, karena sulitnya hidup yang ia jalani, Ji Soo harus melakukan pekerjaan ‘kotor’ untuk bisa membiayai hidupnya sendiri mulai dari kehidupan sehari-hari hingga biaya sekolahnya. Sampai suatu hari ternyata pekerjaannya ini malah menyeretnya ke suatu kejahatan serius. Bersama dengan Gyuri yang juga ikut dalam pekerjaan ‘kotor’ ini mereka berdua berusaha untuk menyelesaikannya tanpa kehilangan apapun.


Serial Netflix ini sempat menjadi perbincangan hangat karena mengangkat tema yang tak biasa disuguhkan oleh drama Korea manapun dan juga alur ceritanya yang sangat menarik. Nah, ini dia review untuk serial Netflix ‘Extracurricular’


1.     Pekerjaan gelap sang siswa


Ji Soo menjadi focus utama cerita serial Netflix ini. Ia menjalani sebuah usaha illegal yang tidak bisa dipercaya dilakukan oleh seorang anak SMA. Ia menjalani usaha perdagangan seks dimana Ji Soo menjadi otak atau perencana dari seluruh aktivitas usaha ini. Meskipun ia mengaku sebagai ‘jasa asuransi’ dimana ia menawarkan keselamatan dan keamanan dari client-nya jika menemukan pelanggan yang tak biasa atau memiliki sifat psikopat. Ia memiliki tim sebanyak satu orang yaitu Mr. Lee yang akan turun tangan langsung di lapangan jika ada pelanggan yang bertabiat buruk.


Mengejutkan memang ketika seorang siswa menjadi otak dari perdagangan seks, apalagi tujuannya adalah untuk membayar seluruh biaya sekolah dan les yang dia ambil demi untuk mencapai kampus impiannya. Bukannya tanpa alasan Ji Soo melakukan ini, ia ditinggal sendirian oleh orang tuanya yang tak bertanggung jawab sedikit pun atas hidupnya. Oleh karena itu, ia nekat melakukan pekerjaan illegal ini.


2.     Penuh tokoh bermuka dua


Serial ini memang penuh dengan kejutan dibalik setiap tokoh yang kita temui. Bermula dari Ji Soo yang siswa teladan tapi memiliki pekerjaan sampingan yang sangat gelap dan berbahaya. Ada juga Gyuri yang akhirnya menjadi partner kerja dari Ji Soo. Gyuri adalah seorang anak dengan orang tua kaya raya dan sudah dipastikan Gyuri akan menggantikan orang tuanya menjadi CEO sebuah perusahaan entertainment. Di depan orang tuanya, ia adalah anak yang berbakti dan selalu menurut tapi aslinya ia memiliki otak yang sangat kejam dan nekat. Banyak tingkah lakunya yang dapat membahayakan Ji Soo dan dirinya sendiri.


Belum lagi siswa-siswa di sekolah Ji Soo yang juga banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan illegal yang tidak sesuai dengan umurnya. Seperti Min Hee yang ternyata adalah pekerja untuk Ji Soo.


3.     Penuh aksi keras


Ketika kita menyaksikan sebuah Drama Korea dengan tema thriller maka dibayangan kita akan banyak darah ataupun mayat di dalam drama ini namun biasanya pun itu sudah di sensor sehingga kita tidak akan melihat secara langsung darah atau potongan tubuh di drama thriller tersebut.


Namun, beda dengan yang lainnya. Semua yang ada di serial ‘Extracurricular’ ini dipaparkan dengan nyata dan tanpa sensor. Selain itu aksi kekerasannya sangat banyak dan bisa dijumpai di hampir seluruh episodenya. Mulai dari aksi pukul memukul, tusuk menusuk, penggunaan alat-alat atau benda tajam yang semuanya membuat para penontonnya akan merinding. Aksi semacam tawuran pun akan semakin sering terlihat Ketika menuju puncak dari konflik drama ini. Sangat disarankan untuk tidak ditonton bersama anak kecil karena cukup berbahaya dan mengerikan.


4.     Menunjukkan kehidupan keras di Korea


Dimulai dari sulitnya kehidupan Ji Soo hingga akhirnya ia nekat untuk mengambil pekerjaan illegal tersebut sebagai sumber penghasilannya memberikan sedikit gambaran nyata bahwa hal ini memang benar terjadi di kehidupan nyata.


Beberapa bagian cerita juga mengisahkan tentang para ‘gang’ yang berkuasa yang sangat sadis yang tidak memiliki lagi hati nurani karena dengan mudahnya melakukan aksi kejam jika tujuannya terhalangi. Belum lagi bisnis-bisnis gelap yang terselubung di balik kerlap kerlipnya kehidupan Korea. Dari serial ini kita bisa tau bahwa apa yang diceritakan disini sangat nyata dan memang terjadi di kehidupan sekitar kita.


5.     Para pemain muda yang luar biasa


Para bintang utama di drama ini adalah pemain muda yang sangat luar biasa dari segi kualitas aktingnya. Kita bisa melihat dengan jelas karakter apa yang mereka bawakan dan kita bisa ikut bersimpati dengan karakter-karakter yang mereka sajikan.


Bahkan beberapa aktor dan aktris yang membintangi serial ini terbilang masih sangat baru dan sudah berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya yang luar biasa. Sebut saja Nam Yoon Soo dan Park Joohyun yang baru saja aktif sebagai aktor di tahun 2020 ini di serial Extracurricular. Kim Dong Hee pun sebenarnya termasuk pemain baru karena ia memulai debutnya di KDrama spektakuler Sky Castle.


Meskipun pemainnya masih terbilang sangat baru tapi tak satupun kemampuan aktingnya yang bisa kita remehkan. Semua aktor dan aktrisnya memberikan acting terbaiknya yang akan menyihir para penontonnya untuk ikut tegang selama serial ini berlangsung.


Serial Netflix ‘Extracurricular’ ini memang terbilang sangat berbeda dari KDrama yang biasa kita saksikan. Sangat cocok untuk dijadikan pilihan jika mulai bosan dengan drama dan film yang memiliki tema yang sejenis. Aku beri rating series ini sebesar 3,5/5 bintang! Jangan lupa jika menyaksikan serial ini untuk tidak ditonton bersama anak kecil ya! Selamat menonton 😊


Post a Comment

8 Comments

  1. kemarin udah coba nonton episode 1, tapi cuman beberapa menit doang dan merasa kok kayaknya aneh ya haha setelah baca review ini jadi tertarik nonton lagi deh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. persis kayak yang aku alamin hahaha aku sempet nonton 1 episode dan gak kuat karena kesel. Tapi, karena banyak yang bilang bagus jadi penasaran deh hahaha. Coba ditonton deh menarik banget kok ini. Btw, terima kasih udah mampir :)

      Delete
  2. Replies
    1. emang bagus kok, ceritanya unik jadi sayang untuk dilewatkan

      Delete
  3. Film ini buat genre film drama jadi seru ditonton (yg biasanya membosankan untuk gue) . Setiap episode nya sukses bikin insercure sama deg deg an sendiri asli.
    Btw, goodjob ! Suka dengan review nya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener banget, emang beda dari drama-drama yang biasanya. Tema yang diangkat juga unik banget jadi bikin penasaran tiap episodenya deh.

      wahh terima kasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Sejujurnya aku maju mundur banget nonton drama ini karena banyak yang bilang ceritanya se-'dark' itu. Tapi makin penasaran setelah baca review Mbak Tika! Sepertinya aku harus nonton weekend ini x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lumayan dark dan harus kuat-kuatan sih nonton series ini tapi emang bagus jadi gak akan kecewa deh! Selamat menikmati yaaa :)

      Delete