[REVIEW] NOVEL CARAVAL SERIES - STEPHANIE GARBER

Semua review disini murni pendapat pribadi dan tidak berniat menjelekkan atau mengagungkan karya orang lain. Setiap orang memiliki selera bacaan masing-masing. Terima kasih.

Caraval Series (sumber: goodreads)

Judul:

Buku #1: Caraval

Buku #2: Legendary

Buku#3: Finale

Penulis: Stephanie Garber

Tahun Terbit: 2017 - 2019

Bahasa: Indonesia (Terjemahan)

SINOPSIS

Scarlett dan Donatella harus tinggal bersama ayah mereka yang kejam, sejak kepergian Ibu mereka. Hidup dikekang dan diatur, tak sekalipun Scarlett dan Tella merasakan hidup yang bahagia. Scarlett, sang kakak, sangat menyukai Caraval dan berharap bisa mengunjungi Caraval satu kali saja dalam hidupnya. Setiap tahun, Scarlett mengirimkan surat kepada Legend sang master Caraval namun tak kunjung mendapat balasan. Hingga suatu saat undangan Caraval itu datang padanya.

Permainan Caraval yang Scarlett kira hanya sekedar sebuah permainan ternyata jauh berbeda daripada itu. Scarlett dan Tella berhasil kabur dari cengkraman sang ayah mereka, namun jatuh ke bahaya yang lebih dalam lagi yaitu permainan Caraval itu sendiri serta para Takdir.

Kebangkitan perlahan para Takdir ini tak lain ada sangkut pautnya dengan kehilangan Ibu mereka, Paloma, 7 tahun yang lalu dan juga berhubungan dengan Legend yang kekal. Scarlett dan Tella sama-sama berjuang demi mengalahkan takdir dan melindungi cinta mereka masing-masing.

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL LOCKWOOD & CO. SERIES - JONATHAN STROUD

REVIEW

Akhirnya baca series lagi!!! Rasanya seneng banget bisa sekaligus menghabiskan sebuah series dalam kurun waktu hampir 1 bulan. Otomatis tumpukan TBR berkurang banyak karena aku langsung menamatkan sebuah series yang sebenarnya udah cukup lama tamat. Sepertinya terakhir kali baca series yang langsung tamat adalah Lockwood n Co., karena itu juga salah satu buku favorit aku banget yang kisahnya luar biasa dan setelah itu aku belum menemukan buku series yang benar-benar mengajak aku untuk terus membaca, karena selama ini aku baca buku pertama dan belum beres udah ganti yang lain.

Beda dengan Caraval series ini, aku merasakan ketertarikan yang luar biasa waktu bacanya. Dari awal aja aku udah suka banget dan keterusan sampe tamat deh akhirnya. Sepertinya alasan utama yang bikin aku bisa langsung “nempel” dengan buku ini karena world building-nya yang bagus banget deh. Selama baca aku bisa merasakan se-magis apa permainan Caraval itu, seindah apa dunia yang ditinggali oleh Scarlett dan Tella ini. Penulis mampu menggambarkan dunia fantasy-nya dengan indah dan mudah dicerna jadi aku sebagai pembaca mudah sekali membayangkan seperti apa latar yang ada di buku ini.

Buku pertama yaitu Caraval adalah kunci besar mengapa akhirnya aku bisa suka dengan series ini. Karena di buku inilah Caraval itu benar-benar digambarkan dengan indah. Apalagi di buku ini masih fokus dengan permainan Caraval saja jadi penulis benar-benar fokus untuk membangun Caraval secantik mungkin. Di buku ini fokusnya adalah Scarlett karena dialah yang menjadi pemain di Caraval dan didampingi oleh Julian yang akhirnya malah menyukai Scarlett. Meskipun disini Scarlett punya sifat yang sangat menyebalkan tapi di buku selanjutnya, Scarlett lah yang memiliki pengembangan karakter terbaik. Rating untuk buku pertama adalah 4/5 bintang!

Buku kedua yaitu Legendary akan berfokus pada Donatella yang ingin mencari Ibunya. Disinilah para Takdir mulai bermunculan. Meskipun permainan Caraval berlangsung di buku ini tapi aku tidak merasakan ke-magis-an ataupun keindahan Caraval seperti yang aku rasakan di buku pertama. Konflik yang diangkat jauh lebih kompleks dan seru sebenarnya tapi keseruang yang aku rasakan di buku ini ada di setengah buku belakang, awal cerita malah cenderung lambat dan membosankan. Sebagai pembaca yang menyukai couple Scarlett-Julian, disini agak kecewa sih karena sangat sedikit fokusnya dan lebih membicarakan kisah cinta segitiga Tella. Rating untuk buku kedua adalah 3,5/5 bintang!

Buku ketiga yaitu Finale akan berfokus pada Tella, Scarlett dan Legend yang berjuang mati-matian untuk menghalau para Takdir untuk menguasai kerajaan. Di buku ini konfliknya benar-benar memuncak dan bisa dikemas dengan sangat baik. Menarik untuk diikuti dari awal hingga akhir. Aku puas dengan buku Finale karena sebagai buku penutup semua konfliknya dijelaskan dengan tuntas dan tidak mengambang satu pun. Meskipun mungkin puncaknya agak sedikit kurang klimaks tapi tetap memuaskan. Disini aku merasa benar-benar jatuh cinta dengan tokoh Scarlett yang luar biasa perjuangannya demi melindungi orang-orang yang ia cintai. Hubungan Scarlett-Julian juga justru menjadi penyelamat di buku ini. Aku sampai sekarang masih belum bisa menerima ketidaktegasan sikap Tella dalam menghadapi masalah yang ada. Sampe kesel banget waktu bacanya. Rating untuk buku terakhir adalah 4/5 bintang!

Secara keseluruhan menurutku buku ini bagus banget! Kalo yang suka fantasy aku mewajibkan banget buat baca buku ini! World building-nya keren, dunia fantasy-nya kerasa banget dan tokoh-tokohnya juga berkembang dengan baik khususnya Scarlett yang jadi favorit aku di buku ini. Konflik yang diangkat juga terselesaikan dan dipaparkan dengan baik banget. Selama baca ntah kenapa aku selalu membayangkan dunia Caraval ini seperti dunia di Alice in Wonderland. Padahal bukan retelling tapi kesan yang aku dapatkan justru seperti itu, tapi ini tidak mempengaruhi sama sekali dengan cerita yang ada.

Untuk kekurangannya dari series ini mungkin aku pribadi yang kecewa dengan tokoh Tella. Lalu pada beberapa bagian cukup lambat pace-nya yang tentunya aku kurang suka sih dengan cerita yang seperti itu. Tapi, selain dari itu aku puas ketika membaca. Secara keseluruhan series ini mendapat rating 3,8/5 bintang!

Nah, buat yang mau baca novel ini ada terjemahannya diterbitkan oleh Mizan selain itu juga tersedia di play book dan Rakata. Btw, aku dapetin buku ini di Rakata pas lagi diskon dan jadi cuma 10ribu doang lho! Jadi 3 buku aku dapetin cuma 30ribu 😆 yang tertarik boleh langsung cek, siapa tau masih ada!

BACA JUGA: [REVIEW] NOVEL RED QUEEN SERIES - VICTORIA AVEYARD

Post a Comment

8 Comments

  1. Wahhh bukunya menarik banget sih, ada berbagai series yang bisa dibaca.. Walaupun cuma potongan cerita tapi serasa kek membayangkan sesuatu yang wah banget.. Apalagi kalau ada gambar ilustrasi untuk menggambarkan setiap seriesnya itu mantep abiss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain baca juga kalo suka baca apalagi yang fantasy 😁 Wah bener banget, emang paling enak baca novel tuh kalo ada ilustrasinya jadi bisa bayangin deh tokohnya seperti apa atau alurnya seperti apa

      Delete
  2. Aku sebenarnya belum pernah baca novel fantasy, Mbak Tika. Harry Potter pun cuma nonton filmnya doang, novelnya belum baca sama sekali. Hehehe 😅

    Tapi baca review nya Mbak Tika aku jadi pengen baca novel fantasy juga. Sepertinya seru bisa membayangkan dunia fantasy yang digambarkan dengan kata-kata yang ada dalam novelnya. Bisa jadi gambaran di dalam fantasy otak kita lebih bagus daripada yang digambarkan dalam film (kalau novelnya difilmkan). 🤭

    ReplyDelete
  3. Ayo Mba Roem cobain baca novel fantasy juga, siapa tau cocok dan malah ketagihan hehehe.
    Mungkin bisa dicoba dari baca novel yang udah ada filmnya jadi bisa dijadiin pembanding deh

    ReplyDelete
  4. Saya sekarang sedang ngumpulin banyak buku" novel buat dibaca. Dilihat dari reviewnya kayaknya seru nih.
    Btw, mbaknya punya akun Goodreds gak? Pengen tahu apa aja buku rekomendasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo suka fantasy atau mau nyoba baca fantasy bisa banget dimulai dengan buku ini nih :)
      Ada kok, akun goodreads aku tikainsani, add aja ya kalo tertarik :)

      Delete
  5. Asli aku juga lebih suka kisah scarlett julian di buku pertama sekarang baru baca series keduanya tapi stop ditengah jalan karena ga seseru series pertamanya. Alurnya terlalu lambat dan kurang kerasa fantasynya. Btw aku masih agak bingung sama hubungan scarlet-leged di series pertama. Kenapa legend yg tadinya baik jadi jahatin scarlet? Karena legend kan bukan tipe yg bisa jatuh cinta dan di caraval dia perannya cuma buat godain scarlet. Kenapa dia sampe semarah itu pas ditolak scarlett ya? Apa sebenernya dia berharap scarlett bisa bikin dia jatuh cinta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget. Buku pertama itu yang paling kerasa banget sih fantasy-nya dan dunianya juga bagus banget di buku pertama itu.
      Hmmm sepertinya karena ada hubungannya dengan Julian sih makanya si Legend bisa marah banget, kan Legend dan Julian juga hubungannya kompleks

      Delete